Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pendidikan Anak di SD Lengkap Jawaban
- Salah satu prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo Kartadinata adalah....a. Inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai titik sentralb. Perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayatc. Setiap pendidikan dan proses pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang berkembangd. Prinsip dan hukum-hukum perkembangan individu harus menjadi titik tolak pendidikan
- Contoh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap sensorimotor menurut Piaget adalah anak mampu untuk....a. Meniru perilaku orang yang berada di sekelilingnyab. Mengurutkan cerita sesuai kejadianc. Mencari penyelesaian masalah setelah menganalisis dan membuat hipotesis sederhanad. Mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar mainannya
- Pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar adalah....a. Kondisi di dalam diri seseorang yang memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khususb. Kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujudc. Kemampuan untuk melakukan suatu tugas tanpa tergantung pada banyak latihand. Kondisi dimana kemampuan sesorang muncul akibat latihan terus menerus
- Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan yang berkaitan dengan....a. Dukungan keluargab. Minat anakc. Dukungan masyarakatd. Minat orang tua
- Contoh kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD adalah....a. Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 kepingb. Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelasc. Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk laind. Desi mampu menyebutkan nama-nama binatang dalam bahasa Inggris
- Sunaryo Kartadinata mengemukakan bahwa pendidikan SD adalah....a. Proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnyab. Suatu proses menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan yang berdimensi lokal, nasional, dan globalc. Pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap, dan tingkah lakud. Pemberian informasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan
- Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah memberikan kemampuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai tingkat perkembangannya, yakni dengan cara....a. Memberikan materi yang sama kepada seluruh siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa samab. Menyiapkan anak dengan berbagai pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakatc. Memberikan dasar-dasar pengetahuan membaca, menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakatd. Menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah
- Fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga negara adalah....a. Membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekunb. Membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlakuc. Mewariskan budaya dari generasi satu ke generasi berikutnyad. Memberi berbagai kemampuan, sikap, serta keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan dirinya
- Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi terhadap perkembangan emosional anak, yaitu....a. Kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marahb. Kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatuc. Anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti pelajarand. Kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak
- Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....a. Terpenuhinya kebutuhan fisikb. Dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinyac. Meningkatkan harga dirid. Terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman
- Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri pada anak SD adalah....a. Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolahb. Fery merupakan anak yang lambat dalam belajarc. Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang senid. Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya
- Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....a. Tantanganb. Rasa ingin tahuc. Kontrold. Fantasi
- Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen adalah....a. Perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentub. Proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadic. Perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena pengalamand. Pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang
- Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, yaitu....a. Belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuhb. Belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik sentralc. Aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hatid. Belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif
- Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak dari segi proses adalah....a. Masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnyab. Interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anakc. Perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajard.Masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas
- Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....a. Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematikab. Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakitc. Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelasd. Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya
- Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru yang dikemukakan oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu teori harus....a. Memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang kompleks menjadi penjelasan yang rasional dan mudah dipahamib. Menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori yang baruc. Dapat memperkirakan terjadinya sesuatu atas dasar peristiwa sebelumnyad. Menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat
- Hakikat belajar menurut eksperiential learning adalah....a. Proses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan realitas yang dipelajarinyab. Kemampuan memanipulasi struktur atau bunyi bahasac. Kepekaan terhadap logika, kausalitas, fungsi, dan abstraksid. Kemampuan mengamati ruang dan visual secara akurat serta melakukan transformasi terhadap persepsi
- Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan mampu beradaptasi ketika berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh penerapan multiple intelligence di SD, yaitu kecerdasan....a. Interpersonalb. Kinestetikc. Matematika-logikad. Intrapersonal
- Salah satu bentuk pengembangan pendidikan SD secara vertikal adalah....a. Program pendidikan khusus bagi rumpun sekolah dasar luar biasab. Pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikanc. Upaya penampungan anak-anak yang putus sekolahd. Model pendidikan yang terintegrasi
- Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan, terdapat tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan, yaitu kecuali hubungan....a. Reaktifb. Proaktifc. Responsifd. Interaktif
- Berikut merupakan contoh penerapan inovasi di SD, yaitu....a. Mengembangkan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk mata pelajaran IPAb. Menggunakan alternative fasilitas belajarc. Mengembangkan media yang mahald. Mengajukan bantuan biaya pengadaan sarana dan prasarana ke pemerintah
- Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak anak adalah....a. Sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorangb. Tugas dan tanggung jawab terhadap pihak lainc. Perjanjian yang mengikat secara yuridisd. Sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir
- Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh Jebb dalam buku “Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....a. Mengemukakan pendapatb. Dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau kebangsaannyac. Mendapat perawatan jasmani dan rohani yang memadaid. Berkembang dengan baik secara fisik dan psikologis
- Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari langkah-langkah implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak sipil dan kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan konvensi hak anak berdasarkan....a. Pihak yang berkewajiban melaksanakan konvensi hak anakb. Konvensi induk hak asasi manusiac. Komite hak anak PBBd. Cakupan hak yang terkandung dalam konvensi hak anak
Kunci Jawaban:
- b. Perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayat
- d. Mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar mainannya
- b. Kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud
- b. Minat anak
- c. Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain
- a. Proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnya
- d. Menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah
- b. Membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku
- a. Kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah
- b. Dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
- c. Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni
- a. Tantangan
- a. Perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu
- c. Aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati
- b. Interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
- c. Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
- d. Menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat
- a. Proses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan realitas yang dipelajarinya
- d. Intrapersonal
- b. Pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan
- c. Responsif
- a. Mengembangkan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk mata pelajaran IPA
- d. Sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir
- b. Dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau kebangsaannya
- c. Komite hak anak PBB
Post a Comment for "Pendidikan Anak di SD - Soal dan Jawaban"