Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Komunikasi Bisnis Lengkap Jawaban
- Manfaat dari kecerdasan budaya adalah...a. Bisa memanfaatkan keragaman budayab. Sebagai perangkat penting untuk staf dalam berkomunikasic. Upaya kita mengenali perbedaan budaya dalam konteks komunikasid. Untuk mengembangkan kegiatan belajar yang terus-menerus untuk memahami keragaman budaya
- Salah satu saran komunikasi lintas budaya yang efektif menurut McNaB. ..a. Mengembangkan pengertian yang mendasar tentang keragaman budayab. Keterbukaan terhadap perspektif yang samac. Tidak bisa menerima dan menyesuaikan dengan berbagai komunikasid. Memiliki keterampulan menyimak dan bertanya yang aktif
- Menyediakan waktu untuk memahami ketersediaan, kemudahan penggunaan dan dampak media komunikasi dalam memilih anggota tim, merupakan salah satu saran dari keterampilan menjadi anggota tim lintas budaya menurut ...a. Schulerb. McNabc. John Murphyd. Lee
- Orang yang memandang bahwa kelompok etniknya atau budayanya yang paling baik di dunia, disebuta. Stereotipeb. Buta budayac. Diskrimisnasid. Etnosentrisme
- Pengorganisasian pesan ditulis secara deduktif jika. ...a. Pesannya menyenangkan pembacab. Pesannya tak menyenangkan pembacac. Pembaca kemungkinan tidak meminatinyad. Pesannya rutin tidak disampaikan
- Pengorganisasian pesan ditulis secara induktif jikA. ...a. Pesannya menyenangkan Pembacab. Pesannya tak menyenangkan Pembacac. Sifat pesannya rutin disampaikan (baik pesan menyenangkan maupun sebaliknya)d. Pesannya rutin tidak disampaikan
- Surat yang disampaikan kepada pihak lain yang meminta untuk dilakukan penyelesaian atas masalah tertentu,disebut surat....a. Klaim rutinb. Orderc. Khususd. Rutin tentang kredit
- Isi surat ’permintaan informasi kredit’ yang efektif hendaknya …a. Permintaan kita ditempatkan pada kalimat pertamab. Menjelaskan rinci hal yang mendukung permintaan ituc. Pada akhir surat tersebut terdapat kalimat yang menunjukkan kepercayaan pengirim surat kepada pihak yang menerima pesanand. Menguraikan informasi yang diminta.
- Yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif adalah komunikasi....a. Yang mampu membawa kita pada tujuan komunikasib. Dua arahc. Satu arahd. Sebagai transaksi
- Melalui kegiatan membaca, dari keseluruhan informasi yang dibaca ternyata kita hanya mampu menyerap sebesar ….a. 10 %b. 20%c. 30%d. 50%
- Gaya direktif adalah salah satu gaya manajemen yang berpengaruh terhadap iklim komunikasi. Gaya ini merupakan gaya manajemen yang....a. Menuntut manajer menjalankan peran seperti dalam gaya direktif namun manajemen memandang bawahan sebagai anggota timb. Menuntut karyawan melakukan apa yang dilakukan manajerc. Menganggap bawahan memiliki kemampuan dan keterampilan serta memiliki motivasi untuk bekerja sebaik-baiknyad. Membiarkan bawahannya untuk memperlihatkan kemampuannya
- Yang dimaksud dengan consideration adalah…a. Pesan yang dikomunikasikan disusun dalam kalimat yang mudah difahami komunikanb. Sopan-santun dan tata-krama merupakan hal yang penting dalam berkomunikasi yang merupakan bentuk penghargaan kepada komunikan.c. Pesan yang disampaikan harus mempertimbangkan situasi penerima/komunikan.d. Pesan yang dikomunikasikan dibuat secara cermat
- Pengertian komunikator adalah...a. Orang/lembaga yang menerima pesan. Biasa disebut juga penerima, destinasi atau khalayakb. Orang/lembaga yang mengirimkan pesan. Biasa disebut juga pengirim atau sumberc. Proses penyampaian pesan (informasi, gagasan, pikiran, pendapat, pengetahuan) dari seseorang/satu lembaga kepada orang/lembaga lain dengan menggunakan atau tanpa media dengan tujuan tertentud. Salah satu komponen komunikasi yang menunjukkan respons yang diberikan oleh pihak yang terlibat dalam komunikasi
- Keuntungan dari penyampaian pesan secara tertulis adalah...a. Adanya peluang untuk mengontrol pesanb. Tidak adanya kesadaran bahwa pembicaraan (komunikasi lisan) sebenarnya merupakan sarana untuk mencapai tujuan bisnisc. Tak berpikir soal tujuan komunikasi sehingga tidak merumuskan pesan yang akan disampaikan dan menetapkan khalayak yang menjadi sasarand. Tak merancang dan menyampaikan pesan secara logis
- Salah satu jenis komunikasi non-verbal adalah proxemics, yang artinya…a. Untuk menunujukkan gerak-gerik atau sikap tubuhb. Yang berkaitan dengan cara kita menghargai waktuc. Untuk menunjukkan adanya ruang atau teritorial baku dan ruang personal yang kita gunakan dalam berkomunikasid. Yang menunjuk pada unsur-unsur non-verbal suara dalam percakapan verbal
- Fungsi komunikasi non-verbal, adalah…a. Menggantikan pesan lisanb. Menyampaikan pesan-pesan yang enak disampaikan secara lisanc. Membentuk kesan yang tidak mengarahkan komunikasid. Tidak memperjelas relasi
- Salah satu jenis imbauan pesan adalah imbauan rasional, yaitu merupakan jenis imbauan yang…a. Meyakinkan orang lain dengan pendekatan yang menyentuh sisi emosi orang lainb. Meyakinkan orang lain dengan menunjukkan sisi-sisi menyeramkan dari satu fakta untuk mendorong orang lain mengikuti apa yang kita inginkan.c. Mengubah sikap, pendapat dan perilaku orang lain dengan memberikan imbalan tertentu seperti pujian, penghargaan atau hadiah.d. Meyakinkan orang lain dengan pendekatan logis atau penyajian bukti-bukti
- Salah satu ciri pesan yang efektif adalah jernih, dengan pengertian...a. Cermat menggunakan kata-katab. Disajikan secara benar dan disajikan dengan bahasan yang sederhanac. Ditentukan oleh panjang pesan melainkan oleh pesan yang disampaikand. Pesan yang bisa dipahami oleh mereka yang tidak tamat SMP sekalipun
- Yang dimaksud komunikasi antar budaya menurut LA. Samovar dan R.E. Porter, adalah…a. Proses komunikasi yang berlangsung di antara orang-orang yang berbeda budayanyab. Sebagai komunikasi yang terjadi ketika orang-orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut melibatkan latar belakang pengalaman budaya yang berbeda yang menunjukkan nilai-nilai yang dianut oleh kelompoknya yang berupa pengalaman, pengetahuan dan nilai-nilai.c. Komunikasi yang dilakukan oleh beberapa orang yang berbeda negarad. Komunikasi yang dilakukan kelompok dari beberapa daerah
- Laporan rutin yang seringkali hanya didistribusikan secara internal meski mungkin juga didistribusikan secara eksternal, disebut....a. Memorandumb. Manuskripc. Laporan justifikasid. Laporan kelayakan
Kunci Jawaban:
- a. Bisa memanfaatkan keragaman budaya
- a. Mengembangkan pengertian yang mendasar tentang keragaman budaya
- b. McNab
- d. Etnosentrisme
- a. Pesannya menyenangkan pembaca
- b. Pesannya tak menyenangkan Pembaca
- a. Klaim rutin
- d. Menguraikan informasi yang diminta
- a. Yang mampu membawa kita pada tujuan komunikasi
- a. 10 %
- b. Menuntut karyawan melakukan apa yang dilakukan manajer
- c. Pesan yang disampaikan harus mempertimbangkan situasi penerima/komunikan.
- b. Orang/lembaga yang mengirimkan pesan. Biasa disebut juga pengirim atau sumber
- a. Adanya peluang untuk mengontrol pesan
- c. Untuk menunjukkan adanya ruang atau teritorial baku dan ruang personal yang kita gunakan dalam berkomunikasi
- a. Menggantikan pesan lisan
- d. Meyakinkan orang lain dengan pendekatan logis atau penyajian bukti-bukti
- d. Pesan yang bisa dipahami oleh mereka yang tidak tamat SMP sekalipun
- b. Sebagai komunikasi yang terjadi ketika orang-orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut melibatkan latar belakang pengalaman budaya yang berbeda yang menunjukkan nilai-nilai yang dianut oleh kelompoknya yang berupa pengalaman, pengetahuan dan nilai-nilai.
- a. Memorandum
Post a Comment for "Komunikasi Bisnis - Soal dan Jawaban"