Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Manajemen Kualitas Lengkap Jawaban
- Elemen pertama dalam upaya mengurangi pemborosan pada JIT adalah…a. Syarat-syarat dalam proses perencanaanb. Digunakannya sistem produksi tarik dengan kartu Kanbanc. Tersedianya peralatan secara maksimum sehingga mencegah kerusakan mesind. Tanggap terhadap orang-orang dalam sistem atau organisasi
- Gap atau kesenjangan kedua dalam model kualitas pelayanan adalah…a. Ketidaktahuan terhadap keinginan pelangganb. Perbedaan kinerja pelayananc. Kesalahan dalam standar kualitasd. Perbedaan antara pelayanan yang diharapkan dengan pelayanan yang diterima
- Pengertian kualitas sebagai upaya dalam memperbaiki kinerja organisasi dengan menggunakan metode cause and effect diagram dikemukakan oleh...a. Ishikawab. Demingc. Garvind. Elliot
- Proses produksi dilaksanakan berdasarkan kemampuan tanpa memperhatikan permintaan pelanggan kemudian berubah menjadi lebih fokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan merupakan perubahan budaya dari…a. Pengendalian ke pemberdayaanb. Fokus internal ke fokus eksternalc. Inspeksi ke pencegahand. Fokus eksternal ke fokus internal
- Perubahan budaya memerlukan perubahan mendasar dari…a. Para pejabat perusahaanb. Para personil perusahaanc. Orang ahli atau para spesialis sajad. Pimpinan puncak
- Perubahan dalam JIT mendorong dilakukannya sinkronisasi dengan supplier sehingga proses produksi harian dapat berjalan dengan lancar merupakan taktik penggabungan sistem MRP II dan sistem JIT menurut Schneiderjans yaitu…a. Meningkatkan fleksibilitas dengan karyawanb. Menyusun layout yang tepatc. Pengubahan dalam kebijakan pemesanan dengan pelanggand. Meningkatkan fleksibilitas dalam kebijakan pembelian dengan supplier
- Kemampuan mewujudkan pelayanan yang dijanjikan secara akurat dan dapat dipercaya merupakan dimensi dari kualitas pelayanan yaitu…a. Responsivenessb. Emphatyc. Reliabilityd. Tangibles
- Learning organization menurut Pedler et al. adalah…a. Proses, cara atau perbuatan mempelajarib. Organisasi yang dapat menangani dan siap menghadapi tantanganc. Organisasi yang mendukung proses pembelajaran semua anggota dan terus menerus mengadakan perubahand. Hasil pembelajaran dan perilaku anggotanya, karena organisasi terdiri dari orang-orang yang berpengaruh
- Salah satu perbedaan antara tradisional HRM dengan TQHRM dalam karakteristik proses adalah…a. Tradisional HRM, berdasar pekerjaan sedangkan TQHRM berdasar personaliab. Tradisional HRM, orientasi pada karyawan sedangkan TQHRM orientasi pada sistemc. Tradisional HRM, nomothetic sedangkan TQHRM pluralisticd. Tradisional HRM, sentralisasi sedangkan TQHRM desentralisasi
- Tujuan dari benchmarking adalah…a. Mempertahankan dan mengadakan peningkatan jangka panjang dari proses bisnis inti yang menyediakan keunggulan daya saingb. Mengadakan perbaikan penting yang dramatik dan mengukur performansinya dengan biaya, kualitas, dan kecepatanc. Menciptakan model baru untuk merealisasikan sasaran performansid. Mengadakan perbaikan khusus pada satu departemen
- Untuk mencapai sasaran kinerja dan kualitas diperlukan manajemen proses yang berdasarkan informasi, data dan analisis yang dapat dipercaya, merupakan konsep inti dalam Strategic Quality Management yaitu…a. Strategic quality planningb. Fact base managementc. Leadershipd. Continous improvement
- Hasil yang dicapai dari organisasi belajar adalah…a. Perubahan perilaku secara nyatab. Perubahan perilaku potensialc. Perubahan organisasi secara kuatd. Perbaikan organisasi
- Konsep pembelajaran pragmatik untuk pembelajaran kelompok yaitu…a. Siklus pembelajaran kelompokb. Siklus belajaran berdasarkan pengalamanc. Kondisi yang membantu siklus pembelajarand. Evolusi organisasi berdasarkan pengetahuan
- Model pembelajaran dengan mengubah perilaku jangka pendek berupa koreksi terhadap kesalahan yang dilakukan sistem pembelajaran adalah merupakan lingkar...a. Tunggalb. Gandac. Multid. Paralel
- Menghilangkan pemborosan dalam JIT akan menimbulkan…a. Berkurangnya lead timeb. Memperbaiki aliran produksic. Meningkatnya produktivitas perusahaand. Berkurangnya berbagai persediaan
- Affinity diagram merupakan alat pengendalian kualitas untuk...a. Membuat suatu standarisasi operasi yang ada maupun yang direncanakanb. Menyaring data yang berjumlah besar dan menciptakan pola pikir baruc. Mencari penyebab utama suatu masalahd. Mencari penyebab minor yang merupakan bagian dari penyebab utama
- Grafik yang menunjukkan variasi ukuran sepanjang waktu, kecenderungan, daur dan pola lain dalam suatu proses disebut...a. Control chartb. Check sheetc. Run chartd. Analisis matriks
- Metode untuk membantu mengidentifikasi hubungan produk atau proses hasil indentifikasi kebutuhan pelanggan dengan teknik QFD disebut...a. Hoshin planningb. Daily controlc. The house of qualityd. Taguchi’s robust design
- Alat manajemen yang digunakan untuk mengevaluasi, mengkonfirmasi atau memverifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kualitas disebut audit...a. Kualitasb. Sistemc. Prosesd. Kebijakan dan program
- Auditor sistem manajemen mutu sebaiknya memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam bidang…a. Ilmu pengetahuan dan teknologi lingkunganb. Metode dan teknik yang terkait dengan mutuc. Metode dan teknik manajemen lingkungand. Prinsip-prinsip, prosedur dan teknik audit
- Dalam industri jasa, pelanggan berperan sebagai..a. Konsumenb. Outputc. Inputd. Konsumen sekaligus input
- Salah satu dimensi kualitas yang menekankan pada kepercayaan pelanggan terhadap produk karena kehandalannya atau kemungkinan rusaknya rendah adalah...a. Performanceb. Featurec. Reliabilityd. Conformance
- Jenis produktivitas tenaga kerja yang khusus disediakan bagi pelayanan adalah...a. Produktivitasb. Produktivitas jenis Ic. Produktivitas jenis IId. Produktivitas jenis III
Kunci Jawaban:
- d. Tanggap terhadap orang-orang dalam sistem atau organisasi
- c. Kesalahan dalam standar kualitas
- a. Ishikawa
- b. Fokus internal ke fokus eksternal
- b. Para personil perusahaan
- d. Meningkatkan fleksibilitas dalam kebijakan pembelian dengan supplier
- c. Reliability
- c. Organisasi yang mendukung proses pembelajaran semua anggota dan terus menerus mengadakan perubahan
- d. Tradisional HRM, sentralisasi sedangkan TQHRM desentralisasi
- a. Mempertahankan dan mengadakan peningkatan jangka panjang dari proses bisnis inti yang menyediakan keunggulan daya saing
- b. Fact base management
- a. Perubahan perilaku secara nyata
- a. Siklus pembelajaran kelompok
- a. Tunggal
- c. Meningkatnya produktivitas perusahaan
- b. Menyaring data yang berjumlah besar dan menciptakan pola pikir baru
- c. Run chart
- d. Taguchi’s robust design
- a. Kualitas
- b. Metode dan teknik yang terkait dengan mutu
- d. Konsumen sekaligus input
- c. Reliability
- b. Produktivitas jenis I
Post a Comment for "Manajemen Kualitas - Soal dan Jawaban"