Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Model Pembelajaran Lengkap Jawaban
- Pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas maupun tutorial merupakan...
a. Model pembelajaran
b. Metode pembelajaran
c. Evaluasi pembelajaran
d. Program pembelajaran - Kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksi konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri merupakan model pembelajaran...
a. Koperatif
b. Kontekstual
c. Realistik
d. Langsung - Pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan (ramah, terbuka, negosiasi) yang terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa (daily life modeling), sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif – nyaman dan menyenangkan merupakan model pembelajaran...
a. Koperatif
b. Kontekstual
c. Realistik
d. Langsung - Aktivitas (doing) konstruksivis, realitas (kebermaknaan proses-aplikasi), pemahaman (menemukan-informal daam konteks melalui refleksi, informal ke formal), inter-twinment (keterkaitan-intekoneksi antar konsep), interaksi (pembelajaran sebagai aktivitas sosial, sharing), dan bimbingan (dari guru dalam penemuan) merupakan model pembelajaran...
a. Koperatif
b. Kontekstual
c. Realistik
d. Langsung - Melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah otentik dari kehidupan aktual siswa, untuk merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan model pembelajaran...
a. Koperatif
b. Kontekstual
c. Realistik
d. Berbasis masalah - Mencari atau menemukan cara penyelesaian (menemukan pola, aturan, atau algoritma) merupakan model pembelajaran...
a. Problem solving
b. Problem posing
c. Problem terbuka
d. Probing-prompting - Pemecahan masalah dengan melalui elaborasi, yaitu merumuskan kembali masalah menjadi bagian-bagian yang lebih simple sehingga dipahami merupakan model pembelajaran...
a. Problem solving
b. Problem posing
c. Problem terbuka
d. Probing-prompting - Pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam (multi jawab, fluency) merupakan model pembelajaran...
a. Problem solving
b. Problem posing
c. Problem terbuka
d. Probing-prompting - Pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari merupakan model pembelajaran...
a. Problem solving
b. Problem posing
c. Problem terbuka
d. Probing-prompting - Mulai dari eksplorasi (deskripsi), kemudian eksplanasi (empiric), dan diakhiri dengan aplikasi (aduktif) merupakan model pembelajaran...
a. Bersiklus
b. Resiprokal
c. SAVI
d. TGT - Informasi, pengarahan, berkelompok mengerjakan LKSD-modul, membaca-merangkum merupakan model pembelajaran...
a. Bersiklus
b. Resiprokal
c. SAVI
d. TGT - Pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa merupakan model pembelajaran...
a. Bersiklus
b. Resiprokal
c. SAVI
d. TGT - Penerapan model dengan cara mengelompokkan siswa heterogen, tugas tiap kelompok bisa sama bisa berbeda. Setelah memperoleh tugas, setiap kelompok bekerja sama dalam bentuk kerja individual dan diskusi. Usahakan dinamika kelompok kohesif dan kompak serta tumbuh rasa kompetisi antar kelompok, suasana diskusi nyaman dan menyenangkan seperti dalam kondisi permainan (games) yaitu dengan cara guru bersikap terbuka, ramah , lembut, santun, dan ada sajian bodoran. Setelah selesai kerja kelompok sajikan hasil kelompok sehingga terjadi diskusi kelas merupakan model pembelajaran...
a. Bersiklus
b. Resiprokal
c. SAVI
d. TGT - Pembelajaran ini sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal siswa. Informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka, siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatif jawaban, presentasi hasil diskusi kelompok, siswa membuat kesimpulan dari hasil setiap kelompok, evaluasi dan refleksi merupakan model pembelajaran...
a. Mind Mapping
b. STAD
c. Jigsaw
d. Debate - Pengarahan, buat kelompok heterogen (4-5 orang), diskusikan bahan belajar-LKS-modul secara kolabratif, sajian-presentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok, umumkan rekor tim dan individual dan berikan reward merupakan model pembelajaran...
a. Mind Mapping
b. STAD
c. Jigsaw
d. Debate - Pengarahan, informasi bahan ajar, buat kelompok heterogen, berikan bahan ajar (LKS) yang terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan banyak siswa dalam kelompok, tiap anggota kelompok bertugas membahas bagian tertentu, tiap kelompok bahan belajar sama, buat kelompok ahli sesuai bagian bahan ajar yang sama sehingga terjadi kerja sama dan diskusi, kembali ke kelompok asal, pelaksanaan tutorial pada kelompok asal oleh anggota kelompok ahli, penyimpulan dan evaluasi, refleksi merupakan model pembelajaran...
a. Mind Mapping
b. STAD
c. Jigsaw
d. Debate - Siswa menjadi 2 kelompok kemudian duduk berhadapan, siswa membaca materi bahan ajar untuk dicermati oleh masing-masing kelompok, sajian presentasi hasil bacaan oleh perwakilan salah satu kelompok kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya begitu seterusnya secara bergantian, guru membimbing membuat kesimpulan dan menambahkannya biola perlu merupakan model pembelajaran...
a. Mind Mapping
b. STAD
c. Jigsaw
d. Debate
Kunci Jawaban:
- a. Model pembelajaran
- a. Koperatif
- b. Kontekstual
- c. Realistik
- d. Berbasis masalah
- a. Problem solving
- b. Problem posing
- c. Problem terbuka
- d. Probing-prompting
- a. Bersiklus
- b. Resiprokal
- c. SAVI
- d. TGT
- a. Mind Mapping
- b. STAD
- c. Jigsaw
- d. Debate
Post a Comment for "Model Pembelajaran - Soal dan Jawaban"