Perencanaan Pemasaran - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Perencanaan Pemasaran Lengkap Jawaban 
  1. Salah satu aspek yang harus muncul dalam pernyataan misi atau tujuan adalah..
    a. Pilihan strategi yang akan diambil
    b. Definisi yang menceritakan produk jasa yang dibuat
    c. Pesaing yang dihadapi
    d. Indikasi atau arahan untuk masa depan
  2. Kajian sistematik,kritis, tidak bias, dan merupakan penilaian terhadap lingkungan dan operasi perusahaan, disebut...
    a. Audit
    b. Audit internal
    c. Audit kinerja
    d. Audit trail
  3. Pernyataan Misi atau tujuan harus menyatakan kompetensi khusus, maksudnya...
    a. Pernyataan harus menawarkan keuntungan bagi pelanggan
    b. Dalam misi tersebut harus memuat keahlian atau kemampuan penting yang perlu dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing
    c. Harus menggambarkan sejauh mana pernyataan tujuan berperan terhadap organisasi
    d. Menggambarkan apa yang akan dikerjakan perusahaan
  4. Peran segmentasi pasar dalam perencanaan pemasaran adalah..
    a. Membuat pasar sasaran menjadi luas
    b. Merupakan alat bagi perusahaan mendapatkan keuntungan diferensial dibandingkan kompetitornya
    c. Perusahaan agar mampu bersaing karena harga produk yang murah
    d. Perusahaan agar mampu memasuki semua konsumen
  5. Definisi pemetaan pemasaran adalah ...
    a. Suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli
    b. Distribusi dan rantai nilai antar pemasok dan pengguna akhir , dimana harus dipertimbangkan mekanisme pembelian yang beragam termasuk didalamnya peranan yang dimainkan oleh para pemberi pengaruh
    c. Cara mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif , yaitu dengan memillih target market yang tepat
    d. Apa yang kita inginkan di benak konsumen ketika mereka mendengar brand kita
  6. Definisi Perencanaan pemasaran adalah …
    a. Pemanfaatan secara terencana sumber-sumber daya pemasaran untuk mencapai sasaran pemasaran
    b. Proses pelaksanaan tahapan-tahapan aktivitas dalam pemasaran yang melibatkan keseluruhan aspek dalam organisasi
    c. Proses manajemen untuk mengantisipasi kegiatan pemasaran yang akan dilaksanakan
    d. Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan
  7. Salah satu manfaat perencanaan pemasaran adalah “bertindak sebagai peta”. Maksud dari pernyataan tersebut adalah...
    a. Dengan perencanaan pemasaran akan jelas terlihat perbedaaan antara apa yang terjadi selama implementasi strategi dan apa yang anda antisipasi akan terjadi
    b. Perencanaan pemasaran memegang peranan penting untuk membujuk siapa saja pemilik otoritas pengalokasian sumber daya, baik uang, manusia dan aset perusahaan lain
    c. Perencanaan pemasaran menggambarkan situasi pasar dari berbagai sisi termasuk pesaing
    d. Perencanaan pemasaran mengantisipasi perubahan lingkungan yang mungkin terjadi
  8. Salah satu aturan umum agar sasaran pemasaran memberi keuntungan dan mendukung tujuan perusahaan adalah fleksibel, maksudnya...
    a. Sasaran harus secara jelas menyebutkan apa yang anda harapkan terjadi dan kapan
    b. Sasaran anda harus mendukung tujuan dasar perusahaan
    c. Sasaran anda harus jelas dan memakai bahasa yang sederhana sehingga tidak disalah-mengertikan oleh orang lain
    d. Sasaran harus dapat beradaptasi terhadap perubahan situsi lingkungan
  9. Keputusan Wijaya Karya (WIKA), perusahaan yang bergerak dalm bidang konstruksi, untuk membuat Inlet Manifold -saluran penghubung sistem injeksi dan ruang pembakaran mesin- yang kebetulan cocok untuk dikerjakan oleh insinyur-insinyur mesin WIKA , dalam strategi piramida dikelompokkan sebagai keputusan ...
    a. Manajemen pemasaran strategi
    b. Strategi pemasaran
    c. Taktik pemasaran
    d. Ekspansi pasar
  10. Suatu perusahaan memutuskan untuk menggunakan strategi penetrasi pasar dalam memeperkenalkan produk barunya. dalam strategi piramida hal ini dikategorikan sebagai...
    a. Manajemen pemasaran stratejik
    b. Strategi pemasaran
    c. Taktik pemasaran
    d. Audit pemasaran
  11. Produk seperti asuransi mobil, yang memiliki diferensiasi rendah dan anggaran relatif tinggi, pada Matriks Strategi Generik, berada pada kwadran...
    a. Bencana
    b. Ceruk
    c. Berbiaya murah
    d. Sukses
  12. Jika suatu perusahaan menggunakan strategi yang efektif namun dengan taktik yang tidak efisien, maka perusahaan tersebut berada dalam kuadran ...
    a. Bertahan (survive)
    b. Mati (lambat)
    c. Berhasil
    d. Mati (cepat)
  13. Salah satu langkah yang harus dilakukan dalam mengidentifikasi audiens sasaran adalah mengukur perasaan audiens terhadap produk tersebut dengan menggunakan ...
    a. Skala pengenalan (familiarity scale)
    b. Skala kesukaan (favorability scale)
    c. Product knowledge
    d. Affordable method
  14. Pernyataan yang benar mengenai saluran pemasaran menurut Stern & Al-Ansary adalah...
    a. Saluran pemasaran hanya terdiri dari satu perusahaan
    b. Saluran pemasaran terdiri dari beberpa elemen yang bekerja masing-masing
    c. Saluran pemasaran merupakan suatu kegiatan
    d. Saluran pemasaran terdiri dari beberapa elemen yang adalam melaksanakan tugasnya saling bergantung satu sama lain
  15. Salah satu fungsi perantara adalah mengumpulkan barang yang hampir sama dari beberapa sumber bersama-sama ke dalam pasokan yang lebih homogen, yang disebut dengan ...
    a. Alokasi
    b. Akumulasi
    c. Pemilahan
    d. Assorting
  16. Mengupayakan agar tercapai persetujuan akhir tentang harga dan syarat merupakan fungsi anggota saluran pemasaran untuk...
    a. Menyediakan informasi
    b. Mempromosikan
    c. Melakukan negosiasi
    d. Melakukan pemesanan
  17. Strategi distribusi yang banyak dipakai pada produk-produk yang mudah ditemui (convenience goods) dengan mengupayakan sebanyak mungkin jumlah perantara demi mencapai dan menjamin ketersediaan produk di pasar disebut sebagai distribusi ...
    a. Eksklusif
    b. Diferensiatif
    c. Selektif
    d. Intensif
  18. Produsen yang memberikan ancaman akan memutuskan hubungan jika perantara gagal, dalam hal ini produsen tersebut menggunakan kekuasaan yang bersumber pada...
    a. Coercive power
    b. Reward power
    c. Legitimate power
    d. Expert power
  19. Proses identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebaran informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan identifikasi atau pemecahan masalah dan peluang dalam pemasaran merupakan definisi dari…
    a. Audit pemasaran
    b. Perencanaan pemasaran
    c. Penelitian pemasaran
    d. Peramalan pemasaran
  20. Suatu penelitian pemasaran yang baik harus memberikan nilai tambah yang lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan, dalam hal ini penelitian tersebut bersifat…
    a. Akurat
    b. Efisien
    c. Relevan
    d. Tepat waktu
  21. Nokia memiliki berbagai model handphone yang disesuaikan kebutuhan kelompok konsumennya. Segmentasi yang dipilih oleh Nokia adalah…
    a. Undifferentiated marketing strategy
    b. Konsentrasi
    c. Diferensiasi
    d. Atomisasi
  22. Salah satu ciri metode Interdepensi adalah…
    a. Ada hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen
    b. Menggunakan teknik analisis AID (Automated Interaction Detection)
    c. Variabel terikat merupakan hal penting yang ingin diketahui dari konsumen
    d. Menggunakan teknik Hierarchical Cluster
  23. Fase pertama dari proses perencanaan pemasaran adalah...
    a. Evolusi terpimpin
    b. Evolusi delegasi
    c. Evolusi koordinasi
    d. Evolusi kreatif
Kunci Jawaban:
  1. d. Indikasi atau arahan untuk masa depan
  2. a. Audit
  3. b. Dalam misi tersebut harus memuat keahlian atau kemampuan penting yang perlu dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing
  4. b. Merupakan alat bagi perusahaan mendapatkan keuntungan diferensial dibandingkan kompetitornya
  5. b. Distribusi dan rantai nilai antar pemasok dan pengguna akhir , dimana harus dipertimbangkan mekanisme pembelian yang beragam termasuk didalamnya peranan yang dimainkan oleh para pemberi pengaruh
  6. a. Pemanfaatan secara terencana sumber-sumber daya pemasaran untuk mencapai sasaran pemasaran
  7. c. Perencanaan pemasaran menggambarkan situasi pasar dari berbagai sisi termasuk pesaing
  8. d. Sasaran harus dapat beradaptasi terhadap perubahan situsi lingkungan
  9. a. Manajemen pemasaran strategi
  10. b. Strategi pemasaran
  11. a. Bencana
  12. a. Bertahan (survive)
  13. b. Skala kesukaan (favorability scale)
  14. d. Saluran pemasaran terdiri dari beberapa elemen yang adalam melaksanakan tugasnya saling bergantung satu sama lain
  15. b. Akumulasi
  16. c. Melakukan negosiasi
  17. d. Intensif
  18. a. Coercive power
  19. c. Penelitian pemasaran
  20. b. Efisien
  21. c. Diferensiasi
  22. d. Menggunakan teknik Hierarchical Cluster
  23. d. Evolusi kreatif

Post a Comment for "Perencanaan Pemasaran - Soal dan Jawaban"