Pengembangan Kurikulum - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pengembangan Kurikulum Lengkap Jawaban
  1. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam … .
    a. Melaksanakan proses belajar mengajar
    b. Melaksanakan supervisi atau pengawasan
    c. Memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
    d. Membimbing anak belajar di rumah
  2. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ... .
    a. Konservatif
    b. Kreatif
    c. Kritis
    d. Evaluatif
  3. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ... .
    a. Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
    b. Sesuai dengan minat siswa
    c. Memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
    d. Bermanfaat bagi kehidupan
  4. Menurut Pratt, rumusan tujuan kurikulum harus fungsional artinya bahwa rumusan tujuan tersebut harus ... .
    a. Konsisten dengan tujuan pendidikan nasional
    b. Sesuai dengan kepentingan dan perkembangan siswa
    c. Dipilih berdasarkan nilai yang diakui kepentingannya
    d. Memiliki manfaat bagi siswa dan masyarakat  
  5. Salah satu landasan yang mendasari kurikulum adalah landasan psikologis maksudnya pendidkan didasarkan pada ... .
    a. Aspek kebudayaan
    b. Perubahan fisik manusia
    c. Cara berpikir mendalam
    d. Perilaku manusia
  6. Salah satu ciri pengembangan kurikulum yang menerapkan pendekatan administrastif adalah ...
    a. Kurikulum dikembangkan karena ada keresahan dari guru
    b. Administrator pendidikan berperan sebagai fasilitator
    c. Inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat
    d. Guru memiliki peran yang besar dalam pengembangan kurikulum  
  7. Pengorganisasian isi kurikulum yang bertitik tolak dari keseluruhan sebagai suatu totalitas yang memiliki makna, arti, dan faedah tertentu adalah pengorganisasian isi kurikulum yang menerapkan pendekatan ... .
    a. Interdisipliner
    b. Terintegrasi
    c. Broadfield
    d. Mata Pelajaran
  8. Prinsip integritas dalam pengembangan kurikulum menuntut ... .
    a. Penyediaan keleluasaan bagi guru untuk menyesuaian pelaksanaan kurikulum dengan kondisi sekolah
    b. Pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh
    c. Pengembangan materi, kegiatan, dan evaluasi yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan
    d. Adanya kesinambungan materi kurikulum antar-jenis dan jenjang pendidikan
  9. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ... .
    a. Disusun secara logis dan sistematis
    b. Sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
    c. Bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
    d. Sesuai dengan perbedaan individual siswa  
  10. Pemilihan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kriteria berikut, kecuali ... .
    a. Sesuai dengan tujuan
    b. Merupakan warisan positif generasi masa lalu
    c. Sesuai dengan kebutuhan siswa
    d. Mudah dikuasai siswa 
  11. Penerapan manajemen berbasis sekolah menuntut sekolah untuk dapat mandiri dalam melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan sekolah untuk turut serta membantu sekolah dalam memperbaiki dan/atau meningkatkan kulitas layanan pendidikan. Hal ini bahwa sekolah hendaknya ... .a. Melakukan berbagai inovasi
    b. Menciptakan perubahan dalam layanan pendidikan
    c. Mendesain kembali organisasi sekolah
    d. Merekrut staf baru untuk menangani manajemen sekolah
  12. Kompetensi dasar peserta didik terdiri dari kompetensi okupasional artinya peserta didik harus memiliki kesiapan dan mampu beradaptasi terhadap dunia kerja, sedangkan kompetensi temporal terletak pada... .
    a. Pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan dan persoalan hidup
    b. Keeksisan dalam menjalani kehidupan serta mampu memanfaatkan kemampuan dasar
    c. Penempatan diri sebaik-baiknya dalam sistem budaya dan tata nilai masyarakat yang pluralistik
    d. Penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan, anggota masyarakat, dan warga negara keterampilan hidup
  13. Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi adalah sebagai berikut, kecuali ... .
    a. Memberi kebebasan kepada pelaksana pendidikan di lapangan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program pembelajaran
    b. Mengakomodasi kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia
    c. Menitikberatkan pencapaian target kompetensi
    d. Memberi keseimbangan pengalaman belajar
  14. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ... .
    a. Mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
    b. Memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
    c. Menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
    d. Memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar  
  15. Guru hendaknya merancang dan melaksanakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghayati pentingnya sikap simpati, empati, dan toleransi terhadap siswa dan orang lain. Pernyataan tersebut berkaitan dengan salah satu faktor efektivitas pembelajaran yang harus diperhatikan guru, yaitu faktor ... .
    a. Kemandirian dan kerjasama
    b. Belajar untuk kebersamaan
    c. Interaksi dan komunikasi
    d. Suasana yang mendukung
  16. Kurikulum SD 1984 dikembangkan dengan tujuan untuk ... .
    a. Mengembangkan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani siswa
    b. Membina jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan keterampilan khusus siswa
    c. Mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
    d. Mengembangkan kemampuan dan keterampilan dasar baca-tulis-hitung siswa
  17. Salah satu karakteristik dalam kurikulum SD tahun 1994 adalah ... .
    a. Menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler
    b. Menerapkan kemampuan dalam baca tulis
    c. Menerapkan bimbingan belajar
    d. Menerapkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler
  18. Salah satu manfaat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah ... .
    a. Peka terhadap ide-ide dan teknologi baru dalam pendidikan
    b. Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan
    c. Berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman
    d. Terbuka untuk melakukan inovasi ke arah yang lebih baik dan kompetitif
Kunci Jawaban:
  1. a. Melaksanakan proses belajar mengajar 
  2. b. Kreatif 
  3. d. Bermanfaat bagi kehidupan
  4. d. Memiliki manfaat bagi siswa dan masyarakat  
  5. d. Perilaku manusia
  6. c. Inisiatif pengembangan berasal dari tingkat pusat 
  7. b. Terintegrasi 
  8. b. Pengembangan semua komponen kurikulum untuk pembentukan pribadi yang utuh 
  9. a. Disusun secara logis dan sistematis 
  10. d. Mudah dikuasai siswa 
  11. c. Mendesain kembali organisasi sekolah 
  12. b. Keeksisan dalam menjalani kehidupan serta mampu memanfaatkan kemampuan dasar 
  13. d. Memberi keseimbangan pengalaman belajar 
  14. d. Memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
  15. b. Belajar untuk kebersamaan 
  16. c. Mengembangkan kemampuan berpikir, sikap, dan kemampuan bertindak siswa
  17. a. Menerapkan program kurikuler dan ekstrakurikuler 
  18. b. Mendorong terwujudnya otonomi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan 

Post a Comment for "Pengembangan Kurikulum - Soal dan Jawaban"