Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Strategi Pembelajaran Lengkap Jawaban
- Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
a. Berurutan
b. Berkesinambungan
c. Keterkaitan
d. Bermakna - Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya tentang terjadinya banjir. Dengan bijaksana lalu Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ....
a. Memperjelas masalah
b. Menganalisis pandangan
c. Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
d. Menguraikan pendapat - Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ....
a. Menunjukkan sikap tanggap
b. Membagi perhatian
c. Memberi penguatan
d. Memberikan petunjuk yang jelas - Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru agar efektif, kecuali ....
a. Menekankan hal-hal yang positif
b. Tindakan dan kata-kata guru dapat menggugah siswa untuk belajar
c. Penggunaan variasi dalam mengajar
d. Mengulangi penjelasan yang tidak perlu - Sebelum memberi tugas Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya tugas tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang belajar secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
a. Mengadakan pendekatan secara pribadi
b. Membimbing dan memudahkan belajar
c. Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
d. Merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran - Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ....
a. Media pembelajaran
b. Latihan
c. Sumber pembelajaran
d. Tutor sebaya - Tujuan keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran adalah ....
a. Menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
b. Mengetahui nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
c. Mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
d. Mengetahui keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi - Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
a. Menimbulkan motivasi
b. Menarik perhatian
c. Memberi acuan
d. Membuat kaitan - Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, menurut Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa adalah ....
a. Kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
b. Kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang meja
c. Kegiatan yang sifatnya penjelasan
d. Kegiatan yang menuntut waktu lama - Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas V untuk meringkas cerita tentang terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali memeriksa ringkasan Budi, hasilnya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika memeriksa ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi tugas kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ....
a. Iklim sosio-ekonomi
b. Iklim sosio-emosional
c. Proses kelompok
d. Modifikasi tingkah laku - Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan masalah ....
a. Pengelolaan kelas
b. Pengelolaan pembelajaran
c. Mengembangkan latihan
d. Mengembangkan media - Berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut ….
a. Metode mengajar
b. Strategi pembelajaran
c. Teknik pembelajaran
d. Pendekatan pembelajaran - Proses internal yang digunakan seseorang untuk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan pembelajaran menurut Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan …
a. Keterampilan intelektual
b. Strategi kognitif
c. Informasi verbal
d. Sikap - Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan masalah terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada saat memanas Ani merasa lebih pintar lalu mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi lalu mengambil alih keadaan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan pengaruh psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ....
a. Norma
b. Kebersamaan
c. Persahabatan
d. Kepemimpinan - Pada penerimaan siswa baru di SD Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan adalah mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak, lalu para orang tua mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa baru tersebut menunjukkan suatu ....
a. Disiplin
b. Kesabaran
c. Kebudayaan
d. Kebiasaan - Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi penanganan disiplin kelas dalam hal ....
a. Menangani gangguan ringan
b. Menangani prilaku agresif
c. Menangani gangguan berat
d. Menangani gangguan sedang - Budi sebagai ketua kelas diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat aturan kelas. Salah satunya adalah siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai membuat cerita sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ....
a. Aturan secara fleksibel
b. Meningkatkan partisipasi siswa
c. Menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
d. Melibatkan guru - Arah dari suatu program pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ....
a. Tujuan
b. Materi
c. Strategi
d. Penilaian - Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
a. Bersifat fleksibel
b. Berdasarkan kondisi siswa
c. Memenuhi kebenaran ilmiah
d. Berdasarkan kurikulum yang berlaku - Pada mata pelajaran IPA, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk membawa lampu senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk membuat penerangan ruangan melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan memakai metode …
a. Demonstrasi
b. Eksperimen
c. Diskusi
d. Simulasi - Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ....
a. Guru dapat mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
b. Guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
c. Kegiatan remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
d. Memperbaiki cara mengajar dan cara belajar - Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ....
a. Tutorial
b. Sumber yang relevan
c. Kegiatan kelompok
d. Mengajarkan kembali - Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan cerita tentang “Udi Berusaha Jujur”. Pada akhir cerita Ibu Ani memberi tugas untuk membuat ringkasan dari cerita tersebut. Ringkasan cerita tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
a. Menilai
b. Memberi tindak lanjut
c. Meninjau kembali
d. Membuat kaitan - Salah satu fungsi media pembelajaran adalah ….
a. Sebagai alat hiburan
b. Peralatan dan pesan yang disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
c. Membuat konkret konsep-konsep yang abstrak
d. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar - Salah satu faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas, maksudnya pemilihan media, kecuali…
a. Didasari oleh kesenangan pribadi semata
b. Sudah memenuhi syarat-syarat teknis
c. Disesuaikan dengan rencana pembelajaran
d. Melihat situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
Kunci Jawaban:
- d. Bermakna
- c. Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
- a. Menunjukkan sikap tanggap
- d. Mengulangi penjelasan yang tidak perlu
- b. Membimbing dan memudahkan belajar
- d. Tutor sebaya
- c. Mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
- b. Menarik perhatian
- a. Kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
- d. Modifikasi tingkah laku
- b. Pengelolaan pembelajaran
- a. Metode mengajar
- b. Strategi kognitif
- d. Kepemimpinan
- a. Disiplin
- b. Menangani prilaku agresif
- b. Meningkatkan partisipasi siswa
- a. Tujuan
- c. Memenuhi kebenaran ilmiah
- b. Eksperimen
- b. Guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
- a. Tutorial
- c. Meninjau kembali
- d. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
- a. Didasari oleh kesenangan pribadi semata
Post a Comment for "Strategi Pembelajaran - Soal dan Jawaban"