Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD Lengkap Jawaban
  1. Menurut model Salisbury, perubahan terjadi karena efek sinergi yang timbul sebagai dampak kerja sama, serta keharmonisan dari sistem berpikir, sistem rancangan, ilmu mutu, pengelolaan perubahan, dan teknologi pembelajaran. Kelima komponen tersebut dianggap Salisbury sebagai....
    a. Orientasi
    b. Persiapan
    c. Integrasi
    d. Teknologi 
  2. Menurut pendapat Rogers, pengembangan pembaruan melalui tahapan disebut sebagai inovation-decision process. Salah satu tahapan tersebut adalah tahap....
    a. Orientasi
    b. Pengetahuan
    c. Persiapan
    d. Integrasi 
  3. Sumber daya dalam pembaruan adalah orang yang terlibat dalam pemanfaat suatu pembaruan atau perubahan. Oleh karena itu, orang yang memiliki kewenangan penuh untuk mengelola suatu organisasi dalam pembaruan disebut....
    a. Pencetus
    b. Pemimpin
    c. Pengguna
    d. Agen 
  4. Pembaruan pendidikan merupakan perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal yang ada sebelumnya dan sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan. Pendapat tersebut dikemukakan oleh....
    a. Ibrahim
    b. Soekanto
    c. Hamijoyo
    d. Salisbury 
  5. Gagnon dan Colay mengusulkan desain pembelajaran yang berlandaskan teori konstruktivisme. Yang termasuk dalam desain pembelajaran tersebut adalah....
    a. Kegiatan penghubung
    b. Internet
    c. Telekomunikasi
    d. Multimedia 
  6. Siswa terlibat secara intelektual dan emosional dalam pembelajaran merupakan ciri dari model pembelajaran kreatif dan produktif, yaitu belajar....
    a. Kolaboratif
    b. Kooperatif
    c. Belajar kreatif
    d. Belajar aktif 
  7. Salah satu contoh prinsip penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif yaitu pemahaman konsep yang benar adalah guru....
    a. Mempersiapkan alat dan bahan untuk keperluan eksperimen siswa
    b. Mampu menjelaskan konsep penjumlahan dan pengurangan dengan benar
    c. Mendorong siswa untuk belajar melalui kegiatan eksplorasi dan diskusi
    d. Menggunakan sumber belajar yang variatif 
  8. Contoh langkah perencanaan dalam model pembelajaran kreatif dan produktif adalah....
    a. Menggunakan pabrik, perkebunan, perusahaan sebagai sumber belajar
    b. Memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menyelesaikan tugas
    c. Memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mendemonstrasikan kreasinya
    d. Membandingkan hasil belajar dengan kriteria yang sudah ditetapkan 
  9. Pengertian pembaruan menurut pendapat Rogers dan Peter Drucker adalah....
    a. Perubahan, ide, atau gagasan yang mendorong seseorang untuk menghasilkan dimensi kerja yang baru
    b. Suatu kegiatan, proses, produk, atau temuan ilmiah yang belum pernah digunakan
    c. Proses daur-ulang yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sebagai pengguna
    d. Kekhasan yang dapat mempermudah penyebaran informasi 
  10. Sumber inovasi yang berawal dari kesenjangan antara sesuatu yang seharusnya terjadi dengan sesuatu yang telah terjadi merupakan sumber pembaruan....
    a. Tak terduga
    b. Kebutuhan proses
    c. Ketidakselarasan
    d. Struktur industri 
  11. Perubahan yang terjadi secara kumulatif, serta memakan waktu yang relatif lama merupakan pengertian dari jenis perubahan....
    a. Organisasi
    b. Sosial
    c. Teknologi
    d. Rutin
  12. Pengertian pembelajaran berbasis budaya adalah....
    a. Strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran
    b. Strategi agar siswa dapat memperoleh pemahaman bahwa kidah keilmuan adalah bagian dari budaya mereka
    c. Pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai perancang dan pelaksana pembelajaran yang handal dan kreatif
    d. Cara yang dilakukan agar siswa dapat memperoleh pemahaman yang erintegrasi dan keterampilan ilmiah dalam memersepsikan segala sesuatu di sekelilingnya, termasuk dalam budaya dan ragam perwujudan budaya 
  13. 1. Pewarisan budaya
    2. Adopsi tradisi budaya
    3. Seleksi budaya
    Proses pembudayaan terjadi dalam bentuk....
    a. 2 dan 3
    b. 1 dan 3
    c. 1 dan 2
    d. 1, 2 dan 3
  14. Hubungan antara proses pendidikan dengan proses pembudayaan adalah....
    a. Proses pendidikan berjalan setelah terjadinya proses pembudayaan
    b. Budaya merupakan tempat hasil pendidikan diterapkan dan dikembangkan
    c. Proses pembudayaan terjadi setelah proses pendidikan
    d. Proses pembudayaan dipandang sebagai alat untuk perubahan pendidikan 
  15. Mata pelajaran kesenian yang mencakup kerajinan tangan, seni dan sastra, seni suara, melukis/menggambar, merupakan bentuk pembelajaran berbasis budaya, yaitu belajar....
    a. Tentang budaya
    b. Dengan budaya
    c. Melalui budaya
    d. Memahami budaya 
  16. Pengertian belajar kooperatif menurut Slavin adalah....
    a. Interaksi antarsiswa dalam tim merupakan faktor berpengaruh terhadap penguasaan konsep penting
    b. Kemampuan memecahkan masalah dengan bimbingan orang dewasa
    c. Seluruh siswa diharapkan dapat menciptakan suasana saling membantu, berdiskusi, mengatasi keterbatasan penguasaan materi satu sama lain
    d. Seorang siswa dapat belajar banyak dari siswa yang lain dalam satu kelompok yang sama 
  17. Strategi pembelajaran merupakan perencanaan untuk menentukan isi (materi) yang bersifat instruksional (apa yang akan diajarkan) dan proses (bagaimana materi akan diajarkan). Pendapat ini dikemukakan oleh....
    a. Suparman
    b. Jonassen dan Haris
    c. Grabinger
    d. Rothwell dan Kazanas
  18. Model belajar kreatif menurut Slavin adalah model STADS dan TGT. Salah satu contoh penerapan model STADS yaitu....
    a. Guru memberntuk tim yang terdiri dari 2-3 orang siswa dengan jenis kelamin dan kemampuan yang sama untuk membahas jenis-jenis mata uang
    b. Guru memberikan kuis seputar tempat-tempat bersejarah kepada salah seorang anggota kelompok dan dibantu oleh teman satu kelompoknya untuk menjawab kuis
    c. Tim yang terdiri dari 4 - 5 orang siswa dengan karakteristik dan latar belakang yang beragam membahas tugas yang diberikan oleh guru tentang bencana alam
    d. Tim yang terdiri dari 2 orang siswa dengan salah satu siswa memiliki peringkat tinggi atau sedang dan satu orang dari peringkat yang kurang membahas operasi bilangan 
  19. Inti dari proses belajar dalam pembelajaran berbasis budaya adalah....
    a. Merancang strategi yang memungkinkan siswa agar terbiasa berpikir ilmiah
    b. Merancang proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menarik
    c. Menggambarkan keterkaitan antarkonsep dalam suatu bidang ilmu
    d. Strategi agar siswa memperoleh pengalaman terpadu tentang bidang ilmu dan budaya 
  20. 1. Poster
    2. Ukiran
    3. Patung
    Hasil belajar berbasis budaya dapat dinilai dengan menggunakan teknik berikut....
    a. 2 dan 3
    b. 1 dan 3
    c. 1 dan 2
    d. 1, 2 dan 3
  21. Alat ukur untuk menilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis budaya digunakan untuk mengukur....
    a. Keberhasilan siswa dalam proses belajar dibandingkan dengan titik awal ketika mereka mulai belajar
    b. Jumlah mata pelajaran yang sudah dipahami oleh siswa
    c. Jumlah budaya yang sudah dikenal oleh siswa
    d. Keberhasilan siswa dalam menjawab tes awal yang diberikan oleh guru 
  22. Berikut merupakan contoh program pembelajaran berbasis budaya, kecuali....
    a. Program SUAVE
    b. Program CSUSM
    c. Pembelajaran SETS
    d. Pembelajaran inovatif IPA - TORAY 
  23. Teori belajar konstruktivisme merupakan landasan bagi pembelajaran berbasis budaya. Salah satu prinsip dasar dari teori konstruktivisme dalam pembelajaran berbasis budaya adalah....
    a. Terpaku pada proses mempelajari teori sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum
    b. Mempercayai bahwa dalam pembelajaran berbasis budaya terdapat perspektif yang sama
    c. Memungkinkan terjadinya penciptaan makna secara kontekstual berdasarkan pengalaman awal guru/siswa sebagai masyarakat budaya
    d. Proses belajar memberikan keleluasaan kepada guru untuk membuat keterkaitan antar konsep/ide 
  24. Salah satu contoh belajar melalui budaya adalah....
    a. Guru memberikan tes kepada siswa untuk menjelaskan berbagai bentuk peristiwa alam
    b. Siswa membuat lukisan atau poster untuk melukiskan salah satu bentuk peristiwa alam
    c. Siswa mempelajari mata pelajaran IPA untuk memahami berbagai bentuk peristiwa alam
    d. Guru memberikan pelajaran tentang berbagai bentuk peristiwa alam dengan menghadirkan tokoh wayang 
  25.  Belajar dengan budaya terjadi pada saat budaya diperkenalkan kepada siswa sebagai metode untuk mempelajari suatu mata pelajaran tertentu. Contoh belajar dengan budaya tersebut adalah....
    a. Mempelajari mata pelajaran kesenian dan kerajinan tangan
    b. Membuat lukisan penari Bali
    c. Membuat puisi yang melukiskan proses fotosintesis
    d. Menghadirkan salah satu tokoh wayang untuk memperkenalkan bentuk bilangan 
Kunci Jawaban:
  1. d. Teknologi 
  2. b. Pengetahuan 
  3. b. Pemimpin 
  4. c. Hamijoyo
  5. a. Kegiatan penghubung
  6. d. Belajar aktif 
  7. b. Mampu menjelaskan konsep penjumlahan dan pengurangan dengan benar 
  8. a. Menggunakan pabrik, perkebunan, perusahaan sebagai sumber belajar 
  9. a. Perubahan, ide, atau gagasan yang mendorong seseorang untuk menghasilkan dimensi kerja yang baru 
  10. c. Ketidakselarasan 
  11. b. Sosial 
  12. a. Strategi penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran
  13. c. 1 dan 2
  14. b. Budaya merupakan tempat hasil pendidikan diterapkan dan dikembangkan 
  15. a. Tentang budaya
  16. c. Seluruh siswa diharapkan dapat menciptakan suasana saling membantu, berdiskusi, mengatasi keterbatasan penguasaan materi satu sama lain 
  17. d. Rothwell dan Kazanas
  18. c. Tim yang terdiri dari 4 - 5 orang siswa dengan karakteristik dan latar belakang yang beragam membahas tugas yang diberikan oleh guru tentang bencana alam
  19. d. Strategi agar siswa memperoleh pengalaman terpadu tentang bidang ilmu dan budaya 
  20. d. 1, 2 dan 3
  21. a. Keberhasilan siswa dalam proses belajar dibandingkan dengan titik awal ketika mereka mulai belajar 
  22. b. Program CSUSM 
  23. c. Memungkinkan terjadinya penciptaan makna secara kontekstual berdasarkan pengalaman awal guru/siswa sebagai masyarakat budaya 
  24. b. Siswa membuat lukisan atau poster untuk melukiskan salah satu bentuk peristiwa alam 
  25. d. Menghadirkan salah satu tokoh wayang untuk memperkenalkan bentuk bilangan

Post a Comment for "Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD - Soal dan Jawaban"