Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pembelajaran Terpadu di SD Lengkap Jawaban
- Salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam proses penggalian tema adalah ....a. Tema tidak terlalu luasb. Guru hendaknya tidak terlalu otoriterc. Pemberian tanggung jawab individu harus jelasd. Memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penilaian diri
- Pada pembelajaran terpadu, gabungan dari berbagai mata pelajaran akan menghemat waktu karena tumpang tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Hal ini merupakan suatu ....a. Landasanb. Karakteristikc. Prinsipd. Manfaat
- Model yang dirancang untuk membantu siswa dalam menyaring dan memadukan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dihubungkan dengan medan pemakaiannya adalah ....a. Jaringanb. Keterpaduanc. Celupand. Bagian
- Bentuk pembelajaran yang memadukan sebuah konsep dari sejumlah mata pelajaran melalui hubungan tujuan-tujuan, isi, keterampilan, aktivitas, dan sikap merupakan bentuk keterpaduan ....
a. Discipline based
b. Multidisciplinary
c. Interdisciplinary
d. Integrated - Di bawah ini yang merupakan kekuatan model jaring laba-laba dalam pembelajaran terpadu adalah ....
a. Guru yang dapat melakukannya
b. Konsep-konsep kunci belum berpengalaman dikembangkan siswa secara terus menerus
c. Guru dapat menjaga misi kurikulum
d. Dapat mengaitkan ide-ide dalam satu mata pelajaran - Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling anak dan dalam rentang kemampuan perkembangan anak. Pengertian tersebut dikemukakan oleh ....
a. Aminuddin
b. Gestalt
c. Wolfinger
d. Piaget - Siswa diposisikan sebagai subjek belajar pada pendekatan belajar modern. Pada pembelajaran terpadu hal ini merupakan....
a. Landasan
b. Konsep
c. Karakteristik
d. Prinsip - Pak Ali sedang merumuskan tujuan, kompetensi, dan meteri pembelajaran terpadu mata pelajaran IPS. Kegiatan Pak Ali tersebut merupakan contoh dari landasan ....
a. Filosofis
b. Psikologis
c. Edukatif
d. Praktis - Proses menghubungkan pengetahuan dan pengalaman belajar dengan pengetahuan lain untuk menghasilkan sesuatu dikemukakan oleh aliran ....
a. Konstruktivisme
b. Progresivisme
c. Naturalisme
d. Humanisme - Makna kegiatan inti pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk ....
a. Menciptakan suasana awal pembelajaran
b. Menekankan proses pembentukan pengalaman belajar siswa
c. Menutup semua rangkaian kegiatan pembelajaran
d. Memantapkan pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar dan bahan pelajaran yang sudah dipelajari - Berikut adalah nilai yang dapat dipetik dari penggunaan media dalam kegiatan inti yaitu ....
a. Konsep yang abstrak dapat dikonkretkan
b. Konsep-konsep yang konkret dapat dibuat abstrak
c. Membawa binatang buas untuk keperluan pembelajaran
d. Tidak dapat memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat dan lambat - Dalam memanfaatkan penggunaan media, yang perlu diperhatikan adalah ....
a. Media pembelajaran merupakan fungsi tambahan dan tidak memiliki fungsi tersendiri
b. Media pembelajaran memperlambat proses belajar mengajar
c. Media pembelajaran dalam penggunaannya harus relevan dengan kompetensi dasar, indikator, dan isi/bahan pembelajaran
d. Hasil belajar dengan media pembelajaran tidak tahan lama mengendap dalam pikiran siswa karena hanya sesaat pada waktu belajar saja - Berikut merupakan faktor-faktor kompetensi yang perlu dipertimbangkan guru dalam menentukan kegiatan inti pembelajaran, kecuali ....
a. Penggunaan media
b. Menentukan tujuan
c. Karakteristik siswa
d. Jenis dan tingkat kesulitan materi - Kegiatan yang dilakukan guru dengan cara memberikan pekerjaan rumah merupakan kegiatan ....
a. Inti
b. Evaluasi
c. Tindak lanjut
d. Akhir - Kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran dalam rangka menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif merupakan kegiatan ....
a. Inti
b. Akhir
c. Tindak lanjut
d. Pendahuluan - Media pembelajaran yang akan digunakan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran serta minat dan perhatian siswa merupakan alternatif yang dilakukan guru dalam ....
a. Menumbuhkan kesiapan belajar siswa
b. Menciptakan suasana belajar yang demokratis
c. Membangkitakn motivasi belajar siswa
d. Membangkitkan perhatian siswa - Dalam proses pembelajaran, guru sebaiknya menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang akan ditempuh siswa. Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan guru adalah ....
a. Membuat kaitan
b. Melaksanakan apersepsi
c. Penciptaan kondisi awal
d. Memberi acuan - Pak Ali memberi pelajaran tentang kesehatan gigi dengan memberi contoh cara menyikat gigi dengan benar agar gigi tetap sehat dan bersih. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang ....
a. Menunjukkan manfaat materi yang dipelajari
b. Mengemukakan pengalaman yang berkaitan dengan materi yang dibahas
c. Membangkitkan perhatian siswa
d. Menyampaikan tujuan pembelajaran - Kegunaan melaksanakan tes awal dalam proses pembelajaran adalah untuk ....
a. Mengetahui sejauhmana penguasaan siswa terhadap materi atau bahan yang akan dipelajari
b. Mengukur materi yang sudah diberikan
c. Menghubungkan pembahasan materi yang lalu dengan yang akan dipelajari
d. Membedakan materi yang akan dipelajari - Salah satu manfaat keterampilan bertanya dalam pembelajaran terpadu adalah ....
a. Mengatasi kekurangan sumber belajar yang diperlukan
b. Membantu siswa memahami berbagai konsep dari tema yang sedang dipelajari
c. Mengetahui tingkat keberhasilan dari pelaksanaan pembelajaran terpadu
d. Meningkatkan kegiatan belajar yang lebih bervariasi dan bermakna - Komponen kejelasan dalam keterampilan menjelaskan yang perlu dikuasai guru adalah ....
a. Kelancaran ucapan dalam berbicara
b. Umpan balik
c. Pemberian acuan
d. Pemberian tekanan
Kunci Jawaban:
- a. Tema tidak terlalu luas
- d. Manfaat
- c. Celupan
- d. Integrated
- a. Guru yang dapat melakukannya
- a. Aminuddin
- c. Karakteristik
- a. Filosofis
- b. Progresivisme
- b. Menekankan proses pembentukan pengalaman belajar siswa
- a. Konsep yang abstrak dapat dikonkretkan
- c. Media pembelajaran dalam penggunaannya harus relevan dengan kompetensi dasar, indikator, dan isi/bahan pembelajaran
- a. Penggunaan media
- c. Tindak lanjut
- d. Pendahuluan
- a. Menumbuhkan kesiapan belajar siswa
- d. Memberi acuan
- a. Menunjukkan manfaat materi yang dipelajari
- a. Mengetahui sejauhmana penguasaan siswa terhadap materi atau bahan yang akan dipelajari
- d. Meningkatkan kegiatan belajar yang lebih bervariasi dan bermakna
- a. Kelancaran ucapan dalam berbicara
Post a Comment for "Pembelajaran Terpadu di SD - Soal dan Jawaban"