Pendidikan Seni di SD - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pendidikan Seni di SD Lengkap Jawaban
  1. Interval nada pada suku kata ”ne” ke suku kata ”sia” pada awal lagu ”Indonesia Raya” adalah interval .... 
    a. Kuin 
    b. Sext 
    c. Septim 
    d. Kuart 
  2. Down beat pada kata ’In do ne sia’ di awal lagu ”Indonesia Raya” jatuh pada suku kata .... 
    a. 'in' 
    b. 'do' 
    c. 'ne' 
    d. 'sia' 
  3. Lagu ”Merah Putih” ciptaan Ibu Sud menggunakan tanda birama .... 
    a. 4/4 
    b. 3/4 
    c. 2/4 
    d. 6/8 
  4. Nada dasar lagu ”Indonesia Raya” adalah G Mayor. Trinada pertama yang dimainkan adalah trinada .... 
    a. C Mayor 
    b. G Mayor 
    c. D Mayor 
    d. F Mayor 
  5. Not pertama pada lagu ”Bunga Tanjungku” ciptaan Ibu Sud bernilai .... 
    a. Setengah 
    b. Seperenambelas 
    c. Seperdelapan 
    d. Seperempat 
  6. Ketika seorang penari menggerakan kipas pada tari Kipas, maka pada saat itu penari tersebut menggunakan unsur .... 
    a. Waktu dan tenaga 
    b. Ruang, waktu, gerak 
    c. Ruang dan gerak 
    d. Gerak, ruang, tenaga, dan waktu 
  7. Seni dapat dipahami dan dimaknai sebagai refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi, merupakan pemahaman dari .... 
    a. Seni murni 
    b. Seni terapan 
    c. Seni universal 
    d. Seni Ansich 
  8. Falsafah hidup selalu muncul dalam pertunjukan seni rakyat seperti pada pertunjukan Wayang Kulit. Hal ini menunjukan bahwa seni dapat berfungsi sebagai .... 
    a. Tontonan 
    b. Tutunan 
    c. Ritual 
    d. Hiburan
  9. Happening Art merupakan salah satu bentuk dari bentuk pemahaman bahwa seni memiliki fungsi sebagai media .... 
    a. Terapi 
    b. Aktualisasi diri 
    c. Komersial 
    d. Tontonan 
  10. Seni yang memanfaatkan media kulit sapi atau kambing dapat dikategorikan sebagai seni .... 
    a. Kriya 
    b. Rupa 
    c. Terapan 
    d. Tari 
  11. Suara cambiata terjadi pada anak laki-laki yang menginjak usia .... 
    a. 10-14 tahun 
    b. 10-12 tahun 
    c. 14-16 tahun 
    d. 8-10 tahun 
  12. Gerabah, merupakan salah satu produk seni yang mendasarkan pada prinsip teknologi yang mengan­dalkan bentuk karya terapan, yaitu yang disebut dengan teknologi …. 
    a. Rekayasa 
    b. Kerajinan 
    c. Pengelolaan 
    d. Peniruan 
  13. Jarum jam menggunakan energi yang bersumber dari .... 
    a. Kumparan gas 
    b. Gerakan tangan 
    c. Tuas 
    d. Gerigi roda
  14. Tahap ekshalasi pada pernafasan saat kita bernyanyi adalah tahap .... 
    a. Menghirup nafas 
    b. Menghembuskan nafas 
    c. Menahan nafas 
    d. Diam 
  15. Aba-aba dalam mendireksi untuk jenis pukulan 6 secara garis besar .... 
    a. Mirip jenis aba-aba 2/4 
    b. Mirip jenis aba-aba ¾ 
    c. Mirip jenis aba-aba 4/4 
    d. Tidak ada yang mirip 
  16. Release merupakan bagian dari aba-aba mendireksi yang terdapat pada .... 
    a. Aba-aba permulaan 
    b. Gerakan pendahuluan 
    c. Aba-aba penutup 
    d. Persiapan aba-aba
  17. Unsur musik yang ada pada tari ”Saman” dari Aceh, oleh para penari digunakan .... 
    a. Musik daerah 
    b. Musik acapella 
    c. Musik external 
    d. Musik internal 
  18. Tarian yang termasuk dalam kelompok koreografi primitif adalah tari ....
    a. Bedaya dari Yogyakarta
    b. Minak Jinggo dari Jawa
    c. Tor Tor dari Tapanuli
    d. Yapong dari Betawi 
  19. Garis yang menciptakan bentuk dan lingkup suatu bidang disebut ....
    a. Kontur
    b. Ruang
    c. Gelap terang
    d. Arsir 
  20. Meletakan objek dengan posisi tertentu pada gambar sehingga memberi kesan ada ”gerak”, adalah usaha perupa untuk memberi ....
    a. Keseimbangan
    b. Kesatuan
    c. Irama
    d. Proporsi 
  21. Seorang anak yang sudah mampu memecahkan masalah-masalah abstrak secara logis, adalah anak yang berada pada tingkat kecerdasan intelektual tahap ....
    a. Operasi formal
    b. Operasi konkret
    c. Pra operasional
    d. Sensori motor 
  22. Mengembangkan imajinasi sebagai elemen esensial dalam berkarya tari, merupakan proses yang terdapat pada tahap ....
    a. Eksplorasi
    b. Improvisasi
    c. Evaluasi
    d. Forming
  23. Berikut ini beberapa sumber garapan yang dapat dimanfaatkan bila seseorang hendak menciptakan sebuah karya tari, kecuali ....
    a. Auditif
    b. Kinestetik
    c. Tertulis
    d. Gerak 
  24. Gambar-gambar yang berfungsi menjelaskan jalan cerita dapat ditemui pada ....
    a. Karikatur
    b. Kover
    c. Komik
    d. Kartun 
  25. Berikut adalah teknik mencetak, kecuali teknik ....
    a. Cetak tinggi
    b. Sablon
    c. Klise
    d. Vinyet 
  26. Menciptakan sebuah karya rupa dengan mengggunakan uliran panjang termasuk teknik ....
    a. Lempengan
    b. Global
    c. Pilin
    d. Ukir 
  27. Lagu anak-anak yang bertema Ketuhanan adalah ....
    a. Twinkle-Twinkle Little Star
    b. Uncle John
    c. ABC
    d. Do Re Mi 
  28. Nut adalah bagian pada gitar yang terdapat pada ....
    a. Leher gitar
    b. Antara kepala dengan leher
    c. Antara leher dengan badan
    d. Bagian badan gitar 
  29. Alat musik berbilah terbuat dari kayu dengan tabung resonansi, dan berukuran lebih besar dari xylophone bernama ....
    a. Piano
    b. Marimba
    c. Glokenspiel
    d. Gender 
  30. Pernafasan yang digunakan ketika meniup recorder adalah pernafasan ....
    a. Dada
    b. Diaphragma
    c. Perut
    d. Biasa 
  31. Berikut ini adalah teknik mengembang-kan motif lagu menjadi tema lagu, kecuali ....
    a. Inversi
    b. Augmented
    c. Repetitif
    d. Interval
  32. Dalam membuat pola iringan lagu, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan, kecuali ....
    a. Pitch
    b. Tempo
    c. Melodi
    d. Harmoni 
  33. Gambar anak yang bersisi penuh dengan objek yang membuat orang yang melihatnya perlu menyusun urutan objek-objek tersebut, termasuk lukisan ....
    a. Potret
    b. Komik
    c. Dekoratif
    d. Heroisme 
  34. Usia 4 – 7 tahun, anak biasanya menggambar dengan ciri gambaran masa ....
    a. Realisme semi
    b. Realisme awal
    c. Bagan
    d. Pra bagan 
  35. Keseimbangan antara emosi (perasaan) dengan pikiran (intellectual) yang di-ke-mas dalam model pengalaman kreatif dibutuhklan oleh anak ketika mereka berkembang. Ini adalah pendapat dari .…
    a. Ki Hajar Dewantara
    b. Wadjid Anwar
    c. Leo Toltstoy
    d. Lowenfeld 
  36. Salah satu indikator anak mampu mensistematikakan sesuai dengan rancangannya ber-dasarkan rangsangan yang diterimanya, adalah bahwa anak tersebut ....
    a. Menyukai seni
    b. Menikmati seni
    c. Berbakat seni
    d. Menghargai seni 
  37. Model pembelajaran seni yang didominan dengan aktivitas penciptaan atau produksi karya seni, seperti bermain musik secara berkelompok mengiringi sebuah tarian ciptaan siswa-siswa sendiri atau membuat mural di lingkungan sekolah sebagai projek kelas 5 adalah bentuk model pembelajaran seni yang disebut dengan model ....
    a. Lima
    b. Empat
    c. Enam
    d. Tujuh 
  38. Sebagai langkah awal memperkenalkan kepada anak apresiasi tari, adalah dengan memperkenalkan ....
    a. Gerak Wantah
    b. Gerak Maknawi
    c. Stilasi
    d. Improvisasi 
  39. Seni rupa memiliki beberapa fungsi berikut ini, kecuali ....
    a. Seni sebagai bahasa visual
    b. Seni sebagai media bermain
    c. Seni sebagai tujuan belajar
    d. Seni sebagai media belajar 
  40. Objek yang selalu digambarkan di atas garis, merupakan ciri gambar anak yang menggunakan komposisi ....
    a. Rabatement
    b. Juntax position
    c. Folding over
    d. Transparent 
  41. Gambar anak yang lebih mengembang-kan perasaan daripada pikiran adalah gambar tipe ....
    a. Haptic type
    b. Non haptic type
    c. Willing type
    d. X-ray type
  42. Keterampilan menata meja makan pada mata pelajaran KTK agar tampak serasi, indah, dan nyaman akan memerlukan keterampilan (teknik) mengkomposisi ruang di atas meja makan dengan objek-objeknya (sendok, garpu, gelas, piring, serbet, dsb.nya) yang pengetahuan tersebu berasal dari seni rupa, merupakan salah satu contoh dari pembelajaran terpadu model ....
    a. Connected
    b. Immersed
    c. Shared
    d. Integrated 
  43. Pembelajaran seni yang bertujuan agar siswa mempunyai pengalaman estetika dalam mengolah media dalam mencipta atau memproduksi karya seni, seperti bernyanyi, melukis, atau menari akan diperoleh melalui ….
    a. Aktivitas praktek
    b. Pilihan media
    c. Kualitas nilai
    d. Jenis pengalaman 
  44. Dalam sebuah pelajaran musik, siswa terlibat dalam aktivitas menciptakan sebuah iringan musik ritmik untuk sebuah tarian. Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan ....
    a. Definitif
    b. Partisipatif
    c. Eksploratif
    d. Dekoratif 
  45. Ketika guru dapat menyatukan beberapa gagasan atau ide yang terdapat dalam seni rupa, musik, dan tari sekaligus, guru tersebut bermaksud menyelenggarakan model pembelajaran seni terpadu berdasarkan ....
    a. Keterpaduan konsep
    b. Keterpaduan mata pelajaran
    c. Keterpaduan kelas
    d. Keterpaduan tujuan 
  46. Bentuk pembelajaran seni terpadu yang disajikan kepada siswa berdasarkan kesamaan minat dan potensi mereka, adalah bentuk pembelajaran seni terpadu yang memadukan ….
    a. Pembelajaran
    b. Kurikulum
    c. Kelas
    d. Konsep 
Kunci Jawaban:
  1. c. Septim 
  2. c. 'ne' 
  3. a. 4/4 
  4. b. G Mayor 
  5. d. Seperempat 
  6. d. Gerak, ruang, tenaga, dan waktu 
  7. c. Seni universal 
  8. b. Tutunan 
  9. b. Aktualisasi diri 
  10. a. Kriya 
  11. b. 10-12 tahun 
  12. b. Kerajinan 
  13. a. Kumparan gas 
  14. b. Menghembuskan nafas 
  15. b. Mirip jenis aba-aba ¾
  16. c. Aba-aba penutup 
  17. d. Musik internal 
  18. c. Tor Tor dari Tapanuli 
  19. a. Kontur
  20. c. Irama 
  21. a. Operasi formal
  22. b. Improvisasi 
  23. d. Gerak 
  24. c. Komik 
  25. d. Vinyet
  26. c. Pilin
  27. a. Twinkle-Twinkle Little Star 
  28. b. Antara kepala dengan leher 
  29. b. Marimba 
  30. b. Diaphragma 
  31. d. Interval
  32. a. Pitch 
  33. b. Komik 
  34. d. Pra bagan 
  35. d. Lowenfeld 
  36. c. Berbakat seni 
  37. c. Enam 
  38. a. Gerak Wantah 
  39. c. Seni sebagai tujuan belajar 
  40. c. Folding over 
  41. a. Haptic type 
  42. c. Shared 
  43. b. Pilihan media 
  44. b. Partisipatif 
  45. a. Keterpaduan konsep 
  46. c. Kelas 

Post a Comment for "Pendidikan Seni di SD - Soal dan Jawaban"