Perencanaan Program Komunikasi - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Perencanaan Program Komunikasi Lengkap Jawaban
  1. Strategi lain dalam memilih komunikator bagi perencana program komunikasi adalah dengan kemitraan. Kemitraan biasa dilakukan untuk memperkuat keberadaan sumber. Kemitraan dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah mempunyai tujuan dalam hal berikut 
    a. Dukungan perencanaan dan perijinan 
    b. Pelaksanaan kampanye dan kekuatan jaringan yang mereka miliki 
    c. Dukungan dana dan pengembangan kampanye 
    d. Partisipasi dan pelaksanaan kampanye 
  2. Menurut “Sven Windahl” pesan untuk program komunikasi sebaiknya juga memiliki karakteristik yang dimilki oleh berita (news). Adapun karakteristik yang dimaksud adalah: 
    1. Contoh yang konkret
    2. Berita itu memilki makna 
    3. Bentuk cerita
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  3. Pengertian perencanaan program komunikasi adalah kegiatan komunikasi yang urutan kegiatannya adalah sebagai berikut 
    a. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi 
    b. Perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi 
    c. Perencanaan, pengorganisasian, monitoring dan evaluasi 
    d. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi 
  4. Kegiatan monitoring pada tahap desain suatu kampanye komunikasi untuk jenis kegiatan rencana pelaksanaannya meliputi aspek berikut: 
    1. Tahapan kampanye
    2. Rencana efek kampanye 
    3. Penyusunan pesan kampanye
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  5. Dalam penyusunan perencanaan program komunikasi diperlukan pengetahuan yang cukup
    tentang beberapa hal berikut: 
    a. Manajemen objektif 
    b. Manajemen partisipatif dan manajemen objektif 
    c. Manajemen objektif dan manajemen strategis 
    d. Manajemen strategis 
  6. Strategi seorang komuniktor dalam memilih media komunikasi untuk mengkampanyekan pesannya sangat dipengaruhi oleh beberapa hal berikut: 
    1. Mempertimbangkan kesesuaian penggunaan seseorang/sekelompok dengan bentuk komunikasi
    2. Tokoh yang disegani yang ada pada masyaerakat
    3. Pemilihan setiap jenis komunikator sejalan dengan visi, misi san tujuan kampanye.
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  7. Agar suatu perencanaan kampanye berlangsung efektif, menurut “Simmons dan Mujica” perlu dibuat segmentasi khalayak dengan alasan berikut: 
    a. Untuk efektivitas biaya kampanye 
    b. Memprediksi ketepatan sasaran program 
    c. Mendapatkan umpan balik 
    d. Memilah usaha secara proporsional 
  8. Berdasarkan aspek sosio-psikologis. evaluasi memiliki sejumlah fungsi diantaranya adalah: 
    1. Memberikan pengawasan terhadap komponen perencanaan kampanye 
    2. Memberikan pertanggungjawaban kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan pelaksanaan kampanye.
    3. Memberikan rekomendasi dan memfasilitasi semua pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung efek kampanye yang akan dicapai.
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  9. Tahap pra desain dari suatu kegiatan kampanye program komunikasi adalah meliputi beberapa kegiatan berikut 
    a. Analisis situasi dan analisis khalayak 
    b. Analisis media dan merumuskan strategi kampanye 
    c. Analisis situasi, analisis khalayak dan analisis media 
    d. Analisis situasi, analisis khalayak, analisis media dan merumuskan strategi kampanye 
  10. Dari segi kinerja, seorang komunikator dalam menyampaikan suatu pesan yang telah terencana memilki peran sebagai penjaga gerbang (gatekeeping). Contoh beberapa pelaksanaan gatekeeping dalam perencanaan komunikasi adalah berikut ini: 
    1. Penyuluh kesehatan
    2. Konsultan pertanian
    3. Pemimpin kelompok diskusi lingkungan
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  11. Dalam dunia komunikasi, kondisi sosio psikologis khalayak dikenal dengan fenomena “Gunung Es” (Ice Berg) yang menunjukkan bahwa komunikasi mempunyai sifat berikut 
    a. Sederhana 
    b. Kompleks 
    c. Linier 
    d. Searah 
  12. Desain sebuah kampanye komunikasi sepenuhnya berisikan strategi dan rencana
    pelaksanaan kampanye, salah satu rencana pelaksanaan kampanye adalah jadwal kerja yang
    berisi tentang beberapa hal berikut: 
    1. Deadline setiap tahapan kampanye
    2. Membuat time table secara rinci
    3. Kriteria pesan dari kampanye komunikasi 
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  13. Menurut fenomena “Gunung Es” dalam komunikasi, bagian-bagian yang nampak terdiri dari komponen berikut 
    a. Acuan diri dan refleksi diri 
    b. Makan, subjektivitas dan konteks komunikasi 
    c. Orang, symbol dan media 
    d. Budaya dan nilai moral 
  14. Menurut Ferguson kredibilitas sumber memiliki pengaruh yang dramatis terhadap cara khalayak menerima pesan dan etos. Seorang sumber adalah terdiri dari beberapa hal berikut: 
    1. Usia
    2. Kecerdasan
    3. Itikad baik
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  15. Suatu pandangan dalam komunikasi yang paling dominan dan menekankan pada pengiriman pesan dari sumber ke penerima melalui saluran tertentu dengan efek tertentu disebut perspektif berikut 
    a. Transmisionis 
    b. Display 
    c. Mencipta makna 
    d. Konstruksi realitas 
  16. Berdasarkan keaktifan dan kepasifan khalayak dalam menerima pesan program komunikasi dapat dikelompokkan dalam khlayak berikut: 
    1. Khalayak sebagai pencipta pesan
    2. Khalayak sebagai penerima pesan
    3. Khalayak sebagai pencari makna
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  17. Komunikasi adalah usaha menghadirkan “bangunan makna” dimana berbagai informasi dihimpun, diolah dan disusun berdasarkan kerangka (frame) tertentu sehingga melahirkan kenyataan. Pernyataan tersebut adalah pendapat dari perspektif komunikasi berikut 
    a. Display 
    b. Konstruksi realitas 
    c. Mencipta makna 
    d. Transmisionis 
  18. Komunikator dalam suatu perencanaan program komunikasi adalah orang atau sekelompok orang yang bertugas menyampaikan pesan dari pemilik program, mereka dapat terdiri dari: 
    1. Masyarakat umum
    2. Perencana komunikasi
    3. Orang lain yang ditunjuk perencana komunikasi
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  19. Menurut “Tom Duncan” bentuk komunikasi pemasaran yang menggunakan media massa seperti iklan di media massa mempunyai tujuan utama yaitu untuk mencapai hal berikut 
    a. Melayani pelanggan yang telah diketahui secara perorangan 
    b. Membantu posisi merek secara asosiatif dalam kasus tertentu 
    c. Menjangkau sebesar mungkin khalayak akan merek suatu produk 
    d. Mendorong orang agar mau membeli merek suatu produk 
  20. Menurut Mc Quail, khalayak berdasarkan formasinya dapat dibedakan dalam beberapa kelompok, salah satunya adalah disebut publik, yang mempunyai ciri berikut: 
    1. Mempunyai sifat bersama-sama
    2. Memilki karakteristik sosial bersama berdasarkan tempat, kelas social
    3. Selalu aktif dan interaktif
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  21. Bentuk komunikasi pemasaran yang menggunakan hubungan personal seperti e-commerce mempunyai tujuan utama yaitu untuk mencapai hal berikut 
    a. Menyediakan informasi bagi para pelanggan 
    b. Mendemostrasikan contoh produk 
    c. Memperkuat perasaan positif terhadap suatu produk 
    d. Mengidentifikasi kebutuhan calon pembeli 
  22. Dalam pelaksanaannya bentuk-bentuk kampanye dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut: 
    1. Sederhana
    2. Mandiri
    3. Terpadu
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  23. Agar seorang perencana komunikasi memilki empati terhadap target sasaran, maka dianjurkan melakukan beberapa hal berikut 
    a. Menyampaikan pesan sesuai tujuan komunikator 
    b. Membuat pesan yang tengah-tengah antara persepsi komunikator dan penerima 
    c. Menyampaikan pesan dengan menggunakan perspektif orang lain 
    d. Mempunyai kemampuan menghasilkan perspektif sendiri 
  24. Media leaflet, booklet dan brosur yang merupakan media cetak dapat dipergunakan untuk menyampaikan pesan dalam suatu kampanye, tetapi mempunyai beberapa kelemahan yaitu, 
    1. Terbuka untuk kreativitas
    2. Kemauan membaca yang rendah
    3. Penyebaran tidak terarah 
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  25. Untuk konteks waktu, perencana komunikasi hendaknya mempertimbangkan beberapa dimensi waktu seperti time-bond yang mempunyai arti waktu yang dikaitkan dengan 
    a. Jenis informasi yang tidak lekang oleh waktu 
    b. Kebutuhan waktu dalam rangka memotivasi khalayak 
    c. Pengiriman pesan yang terbatas jangka hidupnya 
    d. Daya afinitas pesannya 
Kunci Jawaban:
  1. b. Pelaksanaan kampanye dan kekuatan jaringan yang mereka miliki
  2. d. 1, 2 dan 3
  3. d. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi 
  4. d. 1, 2 dan 3
  5. c. Manajemen objektif dan manajemen strategis 
  6. b. 1 dan 3
  7. a. Untuk efektivitas biaya kampanye 
  8. c. 2 dan 3
  9. d. Analisis situasi, analisis khalayak, analisis media dan merumuskan strategi kampanye 
  10. d. 1, 2 dan 3
  11. b. Kompleks 
  12. a. 1 dan 2
  13. c. Orang, symbol dan media 
  14. c. 2 dan 3
  15. a. Transmisionis 
  16. a. 1 dan 2
  17. b. Konstruksi realitas 
  18. c. 2 dan 3
  19. c. Menjangkau sebesar mungkin khalayak akan merek suatu produk 
  20. c. 2 dan 3
  21. a. Menyediakan informasi bagi para pelanggan 
  22. c. 2 dan 3
  23. b. Membuat pesan yang tengah-tengah antara persepsi komunikator dan penerima 
  24. c. 2 dan 3
  25. c. Pengiriman pesan yang terbatas jangka hidupnya 

Post a Comment for "Perencanaan Program Komunikasi - Soal dan Jawaban"