Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Perencanaan Program Komunikasi Lengkap Jawaban
- Strategi lain dalam memilih komunikator bagi perencana program komunikasi adalah dengan kemitraan. Kemitraan biasa dilakukan untuk memperkuat keberadaan sumber. Kemitraan dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah mempunyai tujuan dalam hal berikuta. Dukungan perencanaan dan perijinanb. Pelaksanaan kampanye dan kekuatan jaringan yang mereka milikic. Dukungan dana dan pengembangan kampanyed. Partisipasi dan pelaksanaan kampanye
- Menurut “Sven Windahl” pesan untuk program komunikasi sebaiknya juga memiliki karakteristik yang dimilki oleh berita (news). Adapun karakteristik yang dimaksud adalah:1. Contoh yang konkret2. Berita itu memilki makna3. Bentuk ceritaa. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Pengertian perencanaan program komunikasi adalah kegiatan komunikasi yang urutan kegiatannya adalah sebagai berikuta. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasib. Perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasic. Perencanaan, pengorganisasian, monitoring dan evaluasid. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi
- Kegiatan monitoring pada tahap desain suatu kampanye komunikasi untuk jenis kegiatan rencana pelaksanaannya meliputi aspek berikut:1. Tahapan kampanye2. Rencana efek kampanye3. Penyusunan pesan kampanyea. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Dalam penyusunan perencanaan program komunikasi diperlukan pengetahuan yang cukuptentang beberapa hal berikut:a. Manajemen objektifb. Manajemen partisipatif dan manajemen objektifc. Manajemen objektif dan manajemen strategisd. Manajemen strategis
- Strategi seorang komuniktor dalam memilih media komunikasi untuk mengkampanyekan pesannya sangat dipengaruhi oleh beberapa hal berikut:1. Mempertimbangkan kesesuaian penggunaan seseorang/sekelompok dengan bentuk komunikasi2. Tokoh yang disegani yang ada pada masyaerakat3. Pemilihan setiap jenis komunikator sejalan dengan visi, misi san tujuan kampanye.a. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Agar suatu perencanaan kampanye berlangsung efektif, menurut “Simmons dan Mujica” perlu dibuat segmentasi khalayak dengan alasan berikut:a. Untuk efektivitas biaya kampanyeb. Memprediksi ketepatan sasaran programc. Mendapatkan umpan balikd. Memilah usaha secara proporsional
- Berdasarkan aspek sosio-psikologis. evaluasi memiliki sejumlah fungsi diantaranya adalah:1. Memberikan pengawasan terhadap komponen perencanaan kampanye2. Memberikan pertanggungjawaban kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan pelaksanaan kampanye.3. Memberikan rekomendasi dan memfasilitasi semua pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung efek kampanye yang akan dicapai.a. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Tahap pra desain dari suatu kegiatan kampanye program komunikasi adalah meliputi beberapa kegiatan berikuta. Analisis situasi dan analisis khalayakb. Analisis media dan merumuskan strategi kampanyec. Analisis situasi, analisis khalayak dan analisis mediad. Analisis situasi, analisis khalayak, analisis media dan merumuskan strategi kampanye
- Dari segi kinerja, seorang komunikator dalam menyampaikan suatu pesan yang telah terencana memilki peran sebagai penjaga gerbang (gatekeeping). Contoh beberapa pelaksanaan gatekeeping dalam perencanaan komunikasi adalah berikut ini:1. Penyuluh kesehatan2. Konsultan pertanian3. Pemimpin kelompok diskusi lingkungana. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Dalam dunia komunikasi, kondisi sosio psikologis khalayak dikenal dengan fenomena “Gunung Es” (Ice Berg) yang menunjukkan bahwa komunikasi mempunyai sifat berikuta. Sederhanab. Kompleksc. Linierd. Searah
- Desain sebuah kampanye komunikasi sepenuhnya berisikan strategi dan rencanapelaksanaan kampanye, salah satu rencana pelaksanaan kampanye adalah jadwal kerja yangberisi tentang beberapa hal berikut:1. Deadline setiap tahapan kampanye2. Membuat time table secara rinci3. Kriteria pesan dari kampanye komunikasia. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Menurut fenomena “Gunung Es” dalam komunikasi, bagian-bagian yang nampak terdiri dari komponen berikuta. Acuan diri dan refleksi dirib. Makan, subjektivitas dan konteks komunikasic. Orang, symbol dan mediad. Budaya dan nilai moral
- Menurut Ferguson kredibilitas sumber memiliki pengaruh yang dramatis terhadap cara khalayak menerima pesan dan etos. Seorang sumber adalah terdiri dari beberapa hal berikut:1. Usia2. Kecerdasan3. Itikad baika. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Suatu pandangan dalam komunikasi yang paling dominan dan menekankan pada pengiriman pesan dari sumber ke penerima melalui saluran tertentu dengan efek tertentu disebut perspektif berikuta. Transmisionisb. Displayc. Mencipta maknad. Konstruksi realitas
- Berdasarkan keaktifan dan kepasifan khalayak dalam menerima pesan program komunikasi dapat dikelompokkan dalam khlayak berikut:1. Khalayak sebagai pencipta pesan2. Khalayak sebagai penerima pesan3. Khalayak sebagai pencari maknaa. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Komunikasi adalah usaha menghadirkan “bangunan makna” dimana berbagai informasi dihimpun, diolah dan disusun berdasarkan kerangka (frame) tertentu sehingga melahirkan kenyataan. Pernyataan tersebut adalah pendapat dari perspektif komunikasi berikuta. Displayb. Konstruksi realitasc. Mencipta maknad. Transmisionis
- Komunikator dalam suatu perencanaan program komunikasi adalah orang atau sekelompok orang yang bertugas menyampaikan pesan dari pemilik program, mereka dapat terdiri dari:1. Masyarakat umum2. Perencana komunikasi3. Orang lain yang ditunjuk perencana komunikasia. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Menurut “Tom Duncan” bentuk komunikasi pemasaran yang menggunakan media massa seperti iklan di media massa mempunyai tujuan utama yaitu untuk mencapai hal berikuta. Melayani pelanggan yang telah diketahui secara peroranganb. Membantu posisi merek secara asosiatif dalam kasus tertentuc. Menjangkau sebesar mungkin khalayak akan merek suatu produkd. Mendorong orang agar mau membeli merek suatu produk
- Menurut Mc Quail, khalayak berdasarkan formasinya dapat dibedakan dalam beberapa kelompok, salah satunya adalah disebut publik, yang mempunyai ciri berikut:1. Mempunyai sifat bersama-sama2. Memilki karakteristik sosial bersama berdasarkan tempat, kelas social3. Selalu aktif dan interaktifa. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Bentuk komunikasi pemasaran yang menggunakan hubungan personal seperti e-commerce mempunyai tujuan utama yaitu untuk mencapai hal berikuta. Menyediakan informasi bagi para pelangganb. Mendemostrasikan contoh produkc. Memperkuat perasaan positif terhadap suatu produkd. Mengidentifikasi kebutuhan calon pembeli
- Dalam pelaksanaannya bentuk-bentuk kampanye dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:1. Sederhana2. Mandiri3. Terpadua. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Agar seorang perencana komunikasi memilki empati terhadap target sasaran, maka dianjurkan melakukan beberapa hal berikuta. Menyampaikan pesan sesuai tujuan komunikatorb. Membuat pesan yang tengah-tengah antara persepsi komunikator dan penerimac. Menyampaikan pesan dengan menggunakan perspektif orang laind. Mempunyai kemampuan menghasilkan perspektif sendiri
- Media leaflet, booklet dan brosur yang merupakan media cetak dapat dipergunakan untuk menyampaikan pesan dalam suatu kampanye, tetapi mempunyai beberapa kelemahan yaitu,1. Terbuka untuk kreativitas2. Kemauan membaca yang rendah3. Penyebaran tidak teraraha. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Untuk konteks waktu, perencana komunikasi hendaknya mempertimbangkan beberapa dimensi waktu seperti time-bond yang mempunyai arti waktu yang dikaitkan dengana. Jenis informasi yang tidak lekang oleh waktub. Kebutuhan waktu dalam rangka memotivasi khalayakc. Pengiriman pesan yang terbatas jangka hidupnyad. Daya afinitas pesannya
Kunci Jawaban:
- b. Pelaksanaan kampanye dan kekuatan jaringan yang mereka miliki
- d. 1, 2 dan 3
- d. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi
- d. 1, 2 dan 3
- c. Manajemen objektif dan manajemen strategis
- b. 1 dan 3
- a. Untuk efektivitas biaya kampanye
- c. 2 dan 3
- d. Analisis situasi, analisis khalayak, analisis media dan merumuskan strategi kampanye
- d. 1, 2 dan 3
- b. Kompleks
- a. 1 dan 2
- c. Orang, symbol dan media
- c. 2 dan 3
- a. Transmisionis
- a. 1 dan 2
- b. Konstruksi realitas
- c. 2 dan 3
- c. Menjangkau sebesar mungkin khalayak akan merek suatu produk
- c. 2 dan 3
- a. Menyediakan informasi bagi para pelanggan
- c. 2 dan 3
- b. Membuat pesan yang tengah-tengah antara persepsi komunikator dan penerima
- c. 2 dan 3
- c. Pengiriman pesan yang terbatas jangka hidupnya
Post a Comment for "Perencanaan Program Komunikasi - Soal dan Jawaban"