Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Perkembangan Peserta Didik Lengkap Jawaban
- Andi yang berusaha 8 tahun memperlihatkan gejala tidak dapat konsentrasi, kurang tidur, selera makannya kurang, berbuat yang tidak baik di sekolah, dan selalu merasa bersalah. Kondisi Andi dikategorikan menderita ....
a. Masalah emosional
b. Gangguan kecemasan
c. Fobia sekolah
d. Depresi masa kanak-kanak - Siswa yang sungguh-sungguh belajar, mencapai hasil sebaik mungkin, menyelesaikan masalah yang rumit, dan bekerja lebih baik dari yang lain, merupakan kebutuhan ….
a. Abasement
b. Achievement
c. Affiliation
d. Exhibition - Perbedaan paedagogi dan andragogi terletak pada...
1). Konsep diri
2). Pengalaman belajar
3). Kesiapan belajar dan orientasi belajar
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2 dan 3 - Perubahan fisik yang sangat cepat yang disertai dengan pembentukan identitas diri terjadi pada fase ....
a. Bayi
b. Kanak-kanak awal
c. Kanak-kanak akhir
d. Remaja - Budi senang bermain sendiri, ketika diajak untuk bermain puzzel bersama teman-temannya, ia menangis dan marah. Menurut Thomas dan Chess, Budi bertemperamen....
a. Mudah
b. Lembut
c. Sulit
d. Sedang - Memiliki rasa tanggung jawab bagi seorang anak yang terpilih sebagai ketua kelompok kerja di kelasnya, menunjukkan terjadinya perkembangan afektif anak pada tahap ….
a. Identitas
b. Keakraban
c. Generasi berikut
d. Integritas - Menurut Schaine, pada tahap aquisitive para remaja telah menguasai pengetahuan dan keterampilan. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan tersebut oleh para remaja digunakan sebagai ....
a. Pengetahuan saja dan disimpan untuk dirinya
b. Alat untuk mencapai kemandirian
c. Alat untuk memecahkan masalahnya
d. Sarana untuk bersosialisasi dengan lingkungannya - Seorang siswa setelah berhasil mengerjakan tugas kemudian mendapat pujian dari gurunya, selanjutnya dia menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Dari contoh tersebut maka siswa tersebut ….
a. Mendapat hadiah dari gurunya
b. Mendapat semangat dari gurunya
c. Meningkat motivasi belajarnya
d. Meningkat hasil belajarnya - Budi suka sekali menirukan cara ayahnya minum kopi. Perilaku Budi tersebut terjadi pada usia ....
a. 2 tahun
b. 3 tahun
c. 4 tahun
d. 5 tahun - Alasan perlunya mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik adalah untuk memahami ….
1). Percepatan pertumbuhan fisik anak
2). Kondisi awal mempengaruhi perkembangan selanjutnya
3). Penerapan nilai kehidupan di sekolah
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2 dan 3 - Guru yang mendorong peserta didik untuk berprestasi, sesungguhnya sedang membantu memenuhi kebutuhan anak dalam hal….
a. Kasih sayang
b. Rasa saling memiliki
c. Pertumbuhan fisik
d. Aktualisasi diri - Ada tiga tingkatan perkembangan aspek moral yang dicapai pada usia adolesen, yaitu tahap ....
a. Prakonvensional, konvensional, pasca konvensional
b. Pemerolehan, penguasaan, dan tanggungjawab
c. Prakonvensi, konvensi, dan pasca konvensi
d. Penerimaan, kejujuran, dan keadilan - Menurut para ahli psikologi, pakaian dan perhiasan bagi orang dewasa mempunyai peran sebagai, kecuali alat ....
a. Identifikasi
b. Sosialisasi
c. Regresi
d. Kompensasi - Perilaku yang terlihat pada Yani yang sedang memasuki tahap sensori motor, adalah ....
a.Yani akan menunjuk pada seekor ayam yang ada di depannya, ketika ibunya mengatakan ayam kepadanya
b. Yani berteriak-teriak memanggil ibunya ketika ada tukang es krim lewat
c. Yani selalu menangis apabila diberikan makanan yang tidak disukainya
d. Yani menangis sambil memukul-mukul tembok, ketika apa yang diinginkan tidak terpenuhi - Perkembangan manusia terjadi melalui perkembangan dan integrasi sel dan jaringan yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan itu ….
a. Berlangsung terus berkelanjutan
b. Mencakup hal-hal kuantitatif dan kualitatif
c. Berlangsung terarah dan teratur
d. Bersifat kompleks - Alfred Adler mempunyai pendapat bahwa perbedaan individu orang dewasa disebabkan oleh perbedaan ....
a. Pendidikan dan pengalaman hidup
b. Rasa puas dan tidak puas dalam diri seseorang
c. Cita-cita dan hasrat
d. Kesadaran pribadi dalam mempertahankan dirinya - Banyak siswa kelas IV SD belum dapat menghitung perkalian yang mudah sesuai kurikulum, hal tersebut tidak perlu terjadi bila guru...
a. Memberi contoh soal perkalian dari yang mudah sampai yang sulit
b. Menggunakan metode mengajar yang mudah dipahami
c. Memberi tugas hitungan yang sesuai dengan kemampuannya
d. Memberi tugas perkalian dari satu sampai seratus - Gangguan emosional pada anak dapat diketahui melalui perilakunya, antara lain …
1). Perbuatan yang merugikan orang lain
2). Memerlukan bantuan orang lain untuk mengatasi masalahnya
3). Takut berkonsultasi dengan psikiater
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2 dan 3 - Konsep paling mendasar dalam pendidikan inklusif menurut Johnsen dan Miriam Skojen ada tiga prinsip, kecuali....
a. Setiap anak termasuk dalam komunitas setempat dan dalam suatu kelas atau kelompok
b. Hari sekolah diatur penuh dengan perbedaan dan fleksibilitas dalam memilih
c. Setiap anak akan mencapai kompetensi akademik dan sosial
d. Guru bekerja bersama dan mendapat pengetahuan pendidikan umum - Tujuan dilakukannya evaluasi kemajuan belajar, pada dasarnya untuk mengukur....
a. Tercapainya tujuan pembelajaran umum dan khusus
b. Tingkat keberhasilan belajar siswa
c. Perbedaan antara kondisi sebelum dan sesudah pembelajaran
d. Keberhasilan guru dalam memberikan pembelajaran - Krisis identitas pada remaja berarti ….
1). Kegagalan mengatasi berbagai tuntutan secara integratif
2). Saat yang menentukan pembentukan kepribadian seseorang
3). Remaja yang tidak berhasil membangun jati dirinya
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2 dan 3 - Pada orang dewasa terjadi penurunan kemampuan fisik dan kognitif, karenanya pendidikan yang cocok untuk orang dewasa adalah....
a. Menerapkan metode pemecahan masalah yang sesuai dengan permasalahan dewasa
b. Menyelenggarakan pendidikan luar sekolah bagi orang
c. Menerapkan pembelajaran dengan menemukan sendiri (discovery method)
d. Menggunakan alat peraga yang mampu memperkuat kelemahan fisik orang dewasa - Penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan prinsip pendidikan sepanjang hayat terdapat pada tingkat pendidikan....
a. SD
b. SLTP
c. SLTA
d. Orang dewasa - Salah satu unsur yang harus dipertimbangkan dalam menilai peserta didik berkelainan adalah...
a. Kemampuan berkomunikasi dengan teman, guru, dan staf sekolah
b. Kemampuan mengaplikasi apa yang telah dipelajari
c. Perubahan-perubahan yang telah dilakukan khususnya dalam pembelajaran
d. Kerja sama antar pendidik dan peserta didik - Menurut Carol Getwichi prinsip dasar perkembangan mencakup ….
1). Ada urutan/hirarki, waktu optimal, bergerak dari sederhana ke kompleks
2). Ada urutan, interaksi faktor biologis-lingkungan, kesatuan dan waktu
3). Ada interaksi faktor biologis, kesatuan dan sesuai waktu
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 1, 2 dan 3
Kunci Jawaban:
- d. Depresi masa kanak-kanak
- b. Achievement
- d. 1, 2 dan 3
- d. Remaja
- c. Sulit
- a. Identitas
- a. Pengetahuan saja dan disimpan untuk dirinya
- c. Meningkat motivasi belajarnya
- b. 3 tahun
- d. 1, 2 dan 3
- d. Aktualisasi diri
- c. Prakonvensi, konvensi, dan pasca konvensi
- b. Sosialisasi
- a.Yani akan menunjuk pada seekor ayam yang ada di depannya, ketika ibunya mengatakan ayam kepadanya
- c. Berlangsung terarah dan teratur
- c. Cita-cita dan hasrat
- a. Memberi contoh soal perkalian dari yang mudah sampai yang sulit
- d. 1, 2 dan 3
- c. Setiap anak akan mencapai kompetensi akademik dan sosial
- a. Tercapainya tujuan pembelajaran umum dan khusus
- b. 1 dan 3
- d. Menggunakan alat peraga yang mampu memperkuat kelemahan fisik orang dewasa
- d. Orang dewasa
- b. Kemampuan mengaplikasi apa yang telah dipelajari
- b. 1 dan 3
Post a Comment for "Perkembangan Peserta Didik - Soal dan Jawaban"