Evaluasi Pembelajaran - Soal dan Jawaban

    Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Evaluasi Pembelajaran Lengkap Jawaban 
    1. Kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan, suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan, proses untuk melihat apakah perencanaan yang sedang di bangun berhasil sesuai dengan harapan awal atau tidak, dan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan menentukan kualiatas (nilai atau arti) daripada sesuatu berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu. Uraian tersebut merupakan pengertian-pengertian dari...
      a. Evaluasi
      b. Perencanaan
      c. Pelaksanaan
      d. Hasil
    2. Suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan dan penetapan kualitas (nilai atau arti) berbagai komponen pembelajaran berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran...
      a. Evaluasi pembelajaran
      b. Evalusi produk
      c. Evaluasi input
      d. Evaluasi ouput  
    3. Untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, melatih keberanian dan mengajak peserta didik untuk mengingat kembali materi yang disajikan, mengetahui tingkat perubahan prilakunya, dan mengetahui siapa di antara peserta didik yang cerdas dan yang lemah, sehingga yang lemah diberi perhatian khusus agar ia dalam mengejar kekurangannya...
      a. Manfaat evaluasi pembelajaran
      b. Tujuan evaluasi pembelajaran
      c. Prinsip evaluasi pembelajaran
      d. Jenis evaluasi pembelajaran  
    4. Memperoleh pemahaman pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang telah berlangsung/ dilaksanakan oleh guru, membuat keputusan berkenaan dengan pelaksanaan dan hasil pembelajaran, dan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam rangka upaya meningkatkan kualitas keluaran....
      a. Prinsip evaluasi pembelajaran
      b. Tujuan evaluasi pembelajaran
      c. Manfaat evaluasi pembelajaran
      d. Jenis evaluasi pembelajaran
    5. Kegiatan evaluasi dilaksanakan secara terus-menerus. Evaluasi tidak hanya dilakukan sekali setahun atau persemester, tetapi dilakukan secara berkelanjutan mulai dari proses pembelajaran dengan memperhatikan peserta didik hingga ia tamat dari institusi tersebut....
      a. Prinsip berkesinambungan
      b. Prinsip menyeluruh
      c. Prinsip objektivitas
      d. Prinsip valididitas  
    6. Dalam melakukan evaluasi haruslah melihat keseluruhan dari aspek berfikir (domain kognitif),aspek nilai atau sikap (domain afektif), maupun aspek keterampilan ( domain psikomotor) yang ada pada masing-masing peserta didik....
      a. Prinsip berkesinambungan
      b. Prinsip menyeluruh
      c. Prinsip objektivitas
      d. Prinsip valididitas  
    7. Mengevaluasi berdasarkan keadaan yang sesungguhnya, tidak dipengaruhi oleh hal-hal lain yang bersifat emosional dan irasional....
      a. Prinsip berkesinambungan
      b. Prinsip menyeluruh
      c. Prinsip objektivitas
      d. Prinsip valididitas
    8. Evaluasi yang digunakan benar-benar mampu mengukur apa yang hendak diukur atau yang diinginkan, selalu disamakan dengan ketepatan, misalnya untuk mengukur partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran bukan dievaluasi dengan melihat nilai ketika ulangan tetapi dilihat juga mulai dari kehadiran, keaktifan dan sebagainya.....
      a. Prinsip berkesinambungan
      b. Prinsip menyeluruh
      c. Prinsip objektivitas
      d. Prinsip valididitas
    9. Untuk menilai keberhasilan siswa dalam pencapaian kompetensi dan sebagai umpan balik untuk perbaikan proses pembelajaran merupakan...
      a. Prinsip evaluasi pembelajaran
      b. Tujuan evaluasi pembelajaran
      c. Fungsi evaluasi pembelajaran
      d. Manfaat evaluasi pembelajaran  
    10. Evaluasi yang berhubungan dengan pencapaian suatu hasil yang dicapai suatu program merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif
    11. Evaluasi yang berhubungan dengan perbaikan bagian-bagian dalam suatu proses agar program yang dilaksanakan mencapai hasil yang maksimal merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif 
    12. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya. Pelaksanaan penilaian semacam ini biasanya bertujuan untuk keperluan bimbingan belajar, pengajaran remedial, menemukan kasus-kasus dan lain-lain merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif
    13. Penilaian yang dilaksanakan dalam rangka menyeleksi atau menyaring. Memilih siswa untuk mewakili sekolah dalam lomba-lomba tertentu termasuk jenis penilaian selektif. Untuk kepentingan yang lebih luas penilaian selektif misalnya seleksi penerimaan mahasiswa baru atau seleksi yang dilakukan dalam rekrutmen tenaga kerja merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif
    14. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan prasyarat yang diperlukan bagi suatu program belajar dan penguasaan belajar seperti yang diprogramkan sebelum memulai kegiatan belajar untuk program itu. Dengan kata lain penilaian ini berorientasi pada kesiapan siswa untuk menghadapi program baru dan kecocokan program belajar dengan kemampuan yang telah dimiliki siswa merupakan...
      a. Evaluasi Penempatan
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif
    15. Evaluasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun kebutuhan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Konteks
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif  
    16. Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang
      a. Hasil belajar siswa
      b. Kinerja guru
      c. Mutu pendidikan
      d. Kemajuan sekolah
    17. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah ....
      a. Asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
      b. Asesmen adalah individu siswa sedangkan  evaluasi adalah program pendidikan.
      c. Asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
      d. Asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif
    18. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
      a. Terbuka
      b. Menyeluruh.
      c. Bermakna
      d. Adil
    19. Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa ....
      a. Terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat
      b. Terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajar
      c. Tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya
      d. Tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat
    20. Hasil pengamatan/obervasi terhadap suatu kegiatan siswa dapat dikelompokkan berdasarkan ....
      a. Tujuan pembelajaran
      b. Pedoman penilaian
      c. Kebijakan guru
      d. Kriteria yang telah ditetapkan
    21. Dari 25 soal ulangan umum untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Ali mengerjakan 17 butir soal dengan benar. Sementara kawan yang terpandai hanya 1 butir soal yang salah, dan anak yang terbodoh di kelas itu hanya mampu mengerjakan 5 butir soal dengan benar. Jika pendekatan kriteria dengan skala 100 yang digunakan, maka nilai ulangan umum bahasa Indonesia yang diperoleh Ali adalah ….
      a. 17,00
      b. 24,00
      c. 68,00
      d. 96,00
    22. Suatu tes yang baik adalah apabila digunakan beberapa kali, menunjukkan hasil yang relatif sama. Pernyataan ini menunjukkan persyaratan tentang butir soal yang baik dilihat dari segi ....
      a. Validitas
      b. Reliabilitas
      c. Capabilitas
      d. Crediibilitas
    23. Kaitan antara validitas dan reliabilitas yang dapat menunjukkan kualitas tes yang baik adalah ….
      a. Tingkat validitas dan reliabilitas tinggi
      b. Tingkat validitas dan reliabilitas rendah
      c. Tingkat validitas tinggi, dan tingkat reliabilitas rendah
      d. Tingkat validitas rendah, tingkat reliabilitas tinggi
    24. Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara ....
      a. Menambah jumlah butir soal semaksimal mungkin
      b. Menambah jumlah butir soal yang homogen
      c. Mengurangi jumlah butir soal yang dianggap jelek
      d. Mengganti soal-soal yang dianggap jelek
    25. Reliabilitas suatu tes yang terdiri dari 40 butir soal adalah 0,45. Setelah ditambah dengan 20 butir soal yang homogen, maka tingkat reliabilitasnya akan menjadi ....
      a. 0,51
      b. 0,53
      c. 0,55
      d. 0,67
    26. Dengan melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ....
      a. Perhitungan skor
      b. Perhitungan koefisien
      c. Penulisan butir soal
      d. Perbaikan butir soal.
    27. Dalam menjawab butir soal , 7 dari siswa kelompok atas menjawab benar dan hanya 2 dari 10 siswa kelompok bawah yang menjawab benar. Daya beda butir soal tersebut adalah ….
      a. 0,20
      b. 0,50
      c. 0,70
      d. 0,80
    28. Seorang guru melakukan tes untuk mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan penilaian kelas, yaitu ....
      a. Penelusuran
      b. Pengecekan
      c. Pencarian
      d. Penyimpulan
    29. Jika diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang sebaiknya dilakukan adalah ….
      a. Melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya
      b. Menjelaskan kembali seluruh materi pelajaran
      c. Menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswa
      d. Melakukan pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah
    30. Besarnya angka yang dapat menunjukkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) pada suatu mata pelajaran tertentu ditetapkan berdasarkan ....
      a. Kebijakan pemerintah daerah setempat.
      b. Keputusan pemerintah pusat
      c. Keputusan kepala sekolah
      d. Keputusan komite sekolah
    31. Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
      a. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik
      b. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
      c. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi
      d. Melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa
    32. Berdasarkan hasil penilaian portofolio, guru lebih mudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran, karena dengan penilaian ini ….
      a. Dapat diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswa
      b. Data nilai yang terkumpul lebih lengkap
      c. Pelaksanaan penilaian lebih mudah
      d. Nilai yang terkumpul lebih sempurna
    33. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
      a. Seleksi
      b. Penempatan
      c. Pre Test-pos test
      d. Bakat
    34. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan butir soal tes objektif, kecuali ....
      a. Hindari petunjuk ke arah jawaban yang benar
      b. Hindari pengulangan kata pada pokok soal
      c. Satu soal hanya ada satu jawaban yang benar
      d. Satu soal hanya ada satu alternatif jawaban
    35. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....
      a. Penentuan alokasi waktu
      b. Penentuan pokok bahasan
      c. Penentuan indikator/tujuan
      d. Penditribusian butir soal
    36. Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah ….
      a. Mengingat
      b. Memahami
      c. Menerapkan
      d. Menganalisis
    37. Menurut model PPSI, alat evaluasi dikembangkan setelah ... .
      a. Menentukan materi pelajaran
      b. Mengembangkan program kegiatan
      c. Menetapkan kegiatan belajar
      d. Merumuskan tujuan pembelajaran
    38. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....
      a. Menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
      b. Menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
      c. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
      d. Ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
    39. Evaluasi formatif berbeda dari evaluasi sumatif dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
      a. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
      b. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
      c. Evaluasi sumatif untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
      d. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
    Kunci Jawaban:
    1. a. Evaluasi
    2. a. Evaluasi pembelajaran 
    3. b. Tujuan evaluasi pembelajaran
    4. c. Manfaat evaluasi pembelajaran 
    5. a. Prinsip berkesinambungan 
    6. b. Prinsip menyeluruh
    7. c. Prinsip objektivitas
    8. d. Prinsip valididitas
    9. c. Fungsi evaluasi pembelajaran
    10. a. Evaluasi Sumatif
    11. b. Evaluasi Formatif
    12. c. Evaluasi Diagnostik
    13. d. Evaluasi Selektif
    14. a. Evaluasi Penempatan 
    15. b. Evaluasi Konteks 
    16. a. Hasil belajar siswa
    17. b. Asesmen adalah individu siswa sedangkan  evaluasi adalah program pendidikan
    18. b. Menyeluruh.
    19. c. Tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya
    20. d. Kriteria yang telah ditetapkan
    21. c. 68,00
    22. b. Reliabilitas
    23. a. Tingkat validitas dan reliabilitas tinggi
    24. b. Menambah jumlah butir soal yang homogen
    25. c. 0,55
    26. d. Perbaikan butir soal.
    27. b. 0,50
    28. b. Pengecekan
    29. c. Menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswa
    30. a. Kebijakan pemerintah daerah setempat.
    31. c. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi
    32. a. Dapat diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswa
    33. b. Penempatan
    34. d. Satu soal hanya ada satu alternatif jawaban
    35. c. Penentuan indikator/tujuan
    36. d. Menganalisis
    37. d. Merumuskan tujuan pembelajaran
    38. a. Menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
    39. d. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa

      Post a Comment for "Evaluasi Pembelajaran - Soal dan Jawaban"