Manajemen Operasi Jasa - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Manajemen Operasi Jasa Lengkap Jawaban
  1. Berdasarkan prioritas persaingan perusahaan dalam menawarkan produk dan jasa yang dihasilkannya, manajer operasi harus memilih...
    a. Strategi aliran fleksibel (flexible flow strategy)
    b. Strategi aliran lini (line flow strategy)
    c. Strategi aliran (flow strategy)
    d. Strategi menengah (intermedite flow strategy)
  2. Perbedaan produk dan jasa dalam mempengaruhi bagaimana keputusan operasional digunakan,maka produk dalam...
    a. Pemilihan lokasi dekat bahan baku dan tenaga kerja
    b. Standar kualitas subyektif
    c. Penjadwalan berkenaan dengan kemampuan bertemu pelanggan sesuai jadwal
    d. Pemeliharaan bersifat perbaikan dan dilakukan terhadap pelanggan
  3. Menurut Porter, Strategi pelayanan dengan memberikan pelayanan yang unik yang berbeda dari pesaing dinamakan...
    a. Strategi diferensiasi (differentiation strategy)
    b. Strategi kepemimpinan biaya (cost leadership strategy)
    c. Strategi fokus (focus strategy)
    d. Strategi biaya rendah (low cost strategy)
  4. Kelompok strategi yang merupakan perilaku konsisten dalam seperangkat kegiatan disebut bentuk strategi sebagai...
    a. Rencana
    b. Model
    c. Cara
    d. Posisi
  5. Kemampuan suatu organisasi jasa untuk memberikan perhatian kepada penerima jasa disebut...
    a. Responsiveness
    b. competence
    c. Emphaty
    d. Tangibles
  6. Kegiatan bidang usaha fungsional dengan tanggung jawab yang jelas yang ada pada manajemen lini dan berkaitan dengan bidang manajemen dan pengelolaan semua proses individu seefektif mungkin disebut....
    a. Penelitian operasi (operation reseach)
    b. Sain manajemen (management science)
    c. Manajemen operasi (operation management)
    d. Perancangan industrial (industrial engineering)
  7. Kegiatan desain proses, tata letak, perencanaan produksi, pengendalian persediaan, pengendalian dan pengelolaan kualitas, perencanaan kapasitas, dan manajemen kerja adalah tanggung jawab bidang...
    a. Manajemen operasi
    b. Manajemen pemasaran
    c. Manajemen keuangan
    d. Manajemen sumber daya manusia
  8. Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan harus dapat diukur atau dibuat standarnya disebut...
    a. Reliability
    b. Responsiveness
    c. Assurance
    d. Tangibles
  9. Dimensi kualitas pelayanan meliputi: tangibility, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy merupakan pendapat yang dinyatakan oleh...
    a. Gronroos (1984)
    b. Parasuraman et al (1988)
    c. Hedvall dan paltschik (1989)
    d. Lehtinen dan Lehtinen (1991)
  10. Dari segi pelayanan kepada pelanggan dan ciri penyampaiannya, kuadran yang tidak ada hubungan formal antara pelanggan dengan perusahaan jasa dan transaksi dilakukan tidak secara terus-menerus dapat diberikan contoh pada pelayanan...
    a. Asuransi
    b. Stasiun radio
    c. Pembelian tiket di bioskop
    d. Restoran
  11. Desain produk tidak dapat diubah dengan mudah karena perubahan desain produk akan menyebabkan perubahan...
    a. Proses Produksi
    b. Produk
    c. Jasa
    d. Fasilitas produksi
  12. Pendeketan yang digunakan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan dimana klien dan personil menggunakan kriteria yang stabil ketika menilai kualitas interaksi disebut pendekatan...
    a. Kejadian penting
    b. Keefektifan
    c. Sosiologi
    d. Dimensional
  13. Metode untuk mengukur kualitas pelayanan dengan membandingkan persepsi pelayanan yang diterima dan yang diharapkan disebut...
    a. Servqual
    b. Servperf
    c. Skala EP
    d. Hedperf
  14. Menurut Krajewski et al. (2007) pelanggan adalah faktor utama dalam menentukan lokasi perusahaan jasa, karena sifat pelayanan yang tidak dapat ditundA. Pelanggan akan memilih pelayanan yang mudah terjangkau. Hal ini merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan jasa yaitu...
    a. Lokasi pesaing
    b. Biaya transportasi dan kedekatan dengan pasar
    c. Kedekatan dengan pelanggan
    d. Faktor-faktor khusus lokasi
  15. Reaksi untuk mengobservasi perilaku pelanggan bila mereka harus memilih diantara pesaingnya, lebih tepat menggunakan strategi pemilihan lokasi yang disebut...
    a. Pengklasteran kompetitif
    b. Pemasaran jenuh
    c. Perantara pemasaran
    d. Mensubtitusikan komunikasi
  16. Teknik matematika yang digunakan untuk menemukan lokasi pusat distribusi tunggal yang melayani sejumlah lokasi yang terkait, seperti pemasok, pelanggan disebut metode...
    a. Penilaian faktor
    b. Analisis titik impas
    c. Pusat gravitasi
    d. Transportasi
  17. Alasan utama mengadakan desain dan pengembangan jasa adalah...
    a. Memuaskan karyawan
    b. Meningkatkan produksi
    c. Memenuhi kebutuhan baru pelanggan dan perubahan kebutuhan pelanggan
    d. Penambahan jenis produk
  18. Hasil akhir dari seluruh tahapan proses pengembangan produk adalah...
    a. Pengembangan konsep
    b. Desain pada level sistem
    c. Perincian desain
    d. Peluncuran produk di pasar
  19. Produk yang dihasilkan secara massal dengan desain dan pengembangan yang sangat terstruktur disebut...
    a. Platform products
    b. Quick-build products
    c. High-risk products
    d. Customized products
Kunci Jawaban:
  1. c. Strategi aliran (flow strategy)
  2. a. Pemilihan lokasi dekat bahan baku dan tenaga kerja
  3. b. Strategi kepemimpinan biaya (cost leadership strategy)
  4. c. Cara
  5. c. Emphaty
  6. c. Manajemen operasi (operation management)
  7. a. Manajemen operasi
  8. d. Tangibles
  9. b. Parasuraman et al (1988)
  10. d. Restoran
  11. a. Proses Produksi
  12. d. Dimensional
  13. a. Servqual
  14. c. Kedekatan dengan pelanggan
  15. a. Pengklasteran kompetitif
  16. c. Pusat gravitasi
  17. c. Memenuhi kebutuhan baru pelanggan dan perubahan kebutuhan pelanggan
  18. d. Peluncuran produk di pasar
  19. d. Customized products

Post a Comment for "Manajemen Operasi Jasa - Soal dan Jawaban"