Konsep Dasar IPS di SD - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Konsep Dasar IPS Lengkap Jawaban
  1. Pengembangan materi pembelajaran IPS untuk tingkat persekolahan lebih banyak diambil dari…. 
    a. Ilmu-ilmu sosial 
    b. Aspek-aspek kehidupan kemasyarakatan 
    c. Aspek-aspek lingkungan alam sekitar 
    d. Perpaduan antara ilmu sosial, kehidupan kemasyarakatan dan lingkungan alam
  2. Perkembangan PIPS dan PDIPS secara konseptual terkait erat pada konsep.... 
    a. Social education 
    b. Study social 
    c. Social science 
    d. Social studies 
  3. Pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial (PDIPS) di bina pada… 
    a. Pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial 
    b. Program pendidikan ilmu-ilmu sosial. 
    c. Pendidikan persekolahan
    d. Lembaga sosial 
  4. Salah satu Pendidikan IPS, terintegrasi dengan nama Pendidikan Kewargaan Negara atau…. 
    a. Civics 
    b. Tata Negara 
    c. Studi sosial. 
    d. Kewarganegaraan 
  5.  Dalam Undang-undang No. 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cakupan pendidikan IPS muncul dua bahan kajian kurikuler …. 
    a. Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan 
    b. Sejarah, ekonomi dan geografi 
    c. Sosiologi dan tata negara 
    d. Antropologi dan geografi
  6. Program pembelajaran pendidikan IPS yang layak harus mampu mengembangkan…. 
    a. Sikap moral dan kesadaran peserta didik 
    b. Intelektual pengetahuan peserta didik 
    c. Keterampilan sosial dan bertindak peserta didik 
    d. Ketiga komponen aspek kognitif, afektif dan psikomotor 
  7. Pendekatan yang dilakukan dalam IPS menggunakan pendekatan multidisiplin atau interdisiplin, tidak seperti halnya Ilmu Sosial yang menggunakan pendekatan disiplin ilmu atau
    a. Monodisiplin
    b. Multidisiplin
    c. Lintas ilmu
    d. Perpaduan pengetahuan 
  8. Pendekatan ilmu pengetahuan sosial bersifat interdisipliner atau bersifat multidisipliner dengan menggunakan….
    a. Berbagai bidang keilmuan.
    b. Fakta dan data
    c. Berbagai sumber data
    d. Berbagai metode 
  9. Latar belakang pelaksanaan Tanam Paksa, kecuali….
    a. Anggaran belanja belanda mengalami defisit akibat perang kemerdekaan Belgia dan Diponegoro
    b. Tindakan pemerintah jajahan antara tahun 1816-1830 gagal menghasilkan keuntungan bagi Negara induk
    c. Perokonomian rakyat jawa sudah melemah sehingga perlu digalakan kegiatan dibidang pertanian
    d. Perusahaan pelayaran Belanda mengalami kerugian sehingga gagal dalam menjalankan tugas membangun perekonomian 
  10. Ekspedisi pertama penjelajahan Belanda ke perairan nusantara atas nama….
    a. VOC
    b. Pemerintah kerajaan Nederland
    c. Compagnie van Verre
    d. Staten General 
  11. Organisasi pergerakan di bawah ini adalah organisasi yang menjadikan Perhimpunan Indonesia sebagai sumber aspirasi dalam pembentukannya, kecuali
    a. Budi Utomo
    b. PNI
    c. Parindra
    d. PBI 
  12. Pengaruh yang paling menonjol dari lahirnya pergerakan kedaerahan terhadap kehidupan politik bangsa Indonesia adalah;
    a. Menumbuhkan kesadaran bahwa pergerakan kedaerahan tidak menguntungkan perjuangan
    b. Menghambat tumbuhnya rasa persatuan
    c. Menumbuhkan persaingan di antara pergerakan kedaerahan
    d. Timbulnya usaha untuk menyatukan semua organisasi kedaerahan 
  13. Pasukan pembantu militer pada masa pendudukan Jepang adalah….
    a. Keibodan
    b. Seinendan
    c. Heiho.
    d. Fujinkai 
  14. Hal-hal yang merugikan bangsa Indonesia setelah Dekrit, kecuali....
    a. Stabilnya pemerintahan negara
    b. Dikuasasinya politik oleh komunis
    c. Tindakan Presiden yang tidak konstitusional
    d. Hilangnya demokrasi politik 
  15. Berikut ini adalah hakikat geografi menurut Broek, kecuali....
    a. Geografi sebagai relasi hubungan timbal balik antara manusia dengan alam
    b. Geografi sebagai studi penyebaran gejala di permukaan bumi
    c. Geografi sebagai teori keruangan bumi
    d. Geografi sebagai studi permukiman 
  16. Pendekatan yang digunakan dan disepakati oleh para pakar geografi adalah....
    a. Humanitis
    b. Sejarah
    c. Tingkah laku
    d. Keruangan, ekologi dan komplek wilayah 
  17. Ilmu Pengetahuan sosial sebenarnya bukan merupakan bidang keilman atau disiplin akademis, namun IPS lebih merupakan sebagai bidang....
    a. Ilmu yang dikembangkan secara akademis
    b. Kajian tentang gejala dan masalah teknologi
    c. Kajian tentang gejala dan masalah sosial.
    d. Kajian yang dikembangkan kepentingan ilmu 
  18. Studi sosial (sosial studies) bukan merupakan suatu bidang keilmuan atau disiplin bidang akademis, melainkan lebih merupakan suatu bidang pengkajian tentang....
    a. Gejala masalah sosial.
    b. Penerapan ketrampilan di lingkungan masyarakat
    c. Berbagai kajian bidang keilmuan
    d. Praktis gejala sosial 
  19. Ditinjau dari ilmu politik, kekuasaan tertinggi penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis terletak pada....
    a. Kemampuan birokrasi penyelenggara negara
    b. Kepercayaan rakyat yang memberikan wewenang.
    c. Anggota kabinet yang berkemampuan profesional
    d. Kemampuan undang-undang yang mengaturnya 
  20. Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kehidupan Negara...... yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat; Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melakukan tugastugasnya, pendapat tersebut dikemukakan....
    a. Midred Parten
    b. J. Barent.
    c. Brown and Brown
    d. Miriam Budiardjo 
  21. Usaha seseorang dengan hidup berhemat agar bisa menabung karena mempunyai kebutuhan
    a. Spiritual
    b. Ekonomi
    c. Masa depan
    d. Kasih sayang
  22. Kekuatan norma pada cara termasuk lemah, sedangkan kebiasaan merupakan “perikelakuan yang diakui dan diterima oleh masyarakat atau juga disebut dengan istilah
    a. Usage
    b. Folkways
    c. Custom
    d. Custom 
  23. Adanya hubungan atau interaksi dalam masyarakat ialah….
    a. Setiap kelompok menjalin interaksi dengan kelompok yang lain
    b. Setiap anggota menjalin interaksi dengan anggota yang lain
    c. Setiap anggota menjalin interaksi dengan kelompoknya
    d. Interaksi antara anggota, anggota dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok 
  24. Perusahaan Negara melakukan aktivitasnya bertujuan untuk….
    a. Pelayanan masyarakat.
    b. Mengelola usaha vital
    c. Mengelola sumber alam
    d. Mendapatkan keuntungan 
  25. Koperasi yang sudah ada tidak mampu bersaing dengan badan usaha lain, agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang diperlukan....
    a. Penyuluhan dan bimbingan terhadap koperasi
    b. Bantuan dari pemerintah
    c. Kerja sama dengan koperasi lain
    d. Peranan pemerintah lebih ditingkatkan 
  26. Pengeritian individu sebagai makhluk sosial sebagai berikut, kecuali….
    a. Beradaptasi
    b. Bersosialisasi
    c. Berintegrasi
    d. Berkonsentrasi 
  27. Berikut termasuk lingkungan tingkah laku, kecuali....
    a. Kepercayaan setempat
    b. Organisasi sosial
    c. Transmigrasi
    d. Tempat tinggal 
  28. Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi geografi dunia yang diajarkan di jenjang tingkat sekolah dasar hanya terbatas
    a. Negara maju dan negara berkembang
    b. Wilayah kawasan tertentu
    c. Seluruh negara di dunia
    d. Seluruh negara Eropa 
  29. Ilmu ekonomi perlu kita pelajari karena....
    a. Alat pemenuhan kebutuhan sifatnya tak terbatas
    b. Kebutuhan tidak terbatas.
    c. Barang bebas tersedia oleh alam
    d. Setiap manusia memiliki kebutuhan yang sama
  30. Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adaptasi istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat”, definisi kebudayaan tersebut menurut pendapat.
    a. E.B. Tylor
    b. A.L Kroeber
    c. Kluckhohn
    d. Parsudi Suparlan 
  31. Kompleks dari ide, norma-norma yang sifatnya abstrak adalah sistem....
    a. Sosial
    b. Budaya
    c. Ekonomi
    d. Politik  
  32. Akulturasi budaya adalah…..
    a. Proses social yang menyebabkan hilangnya sifat-sifat yang khas dari unsure kebudayaan masing-masing
    b. Masuknya unsur-unsur budaya asing ke dalam unsure-unsur budaya sendiritanpa kehilangan kepribadian kebudayaan sendiri.
    c. Penyebaran unsur-unsur budaya ke seluruh penjuru dunia
    d. Proses penemuan baru dari unsur-unsur kebudayaan 
  33. Negara berkewajiban memajukan kebudayaan nasional Indonesia hal ini terdapat dalam UUD 1945 hasil amandemen, pada....
    a. Pasal 32 ayat 1.
    b. Pasal 31 ayat 3
    c. Pasal 31 ayat 4
    d. Pasal 32 ayat 2 
  34. Istilah lembaga kemasyarakatan jika dibandingkan dengan pengertian social institusion lebih luas karena lembaga kemasyarakatan tidak hanya membahas tentang unsur-unsur yang mengatur perilaku, namun lebih luas lagi pada....
    a. Kebiasaan dan tata kelakuan
    b. Bentuk dan norma
    c. Norma dan adat istiadat
    d. Bentuk dan tujuan 
  35. Jika dia adalah anak seorang bangsawan dari keturunan Brahmana maka dia pun tergolong ke dalam kesta Brahmana, dan kalau dia adalah keturunan Sultan maka dia pun tergolong turunan raja. Hal tesebut adalah merupakan contoh dari….
    a. Ascribed-Status
    b. Achieved-Status
    c. Assigned-Status
    d. Inherent risk 
  36. Jika orang sukses dalam kariernya atau dalam kedudukannya sebagai direktur misalnya maka statusnya secara subjektif akan naik pula. Hal tersebut termasuk penilaian status dari subjektif dalam kreteria
    a. Kelahiran
    b. Mutu pribadi
    c. Prestasi
    d. Pemilikan 
  37. Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat dalam menjalankan Pasal 23 ayat (3) UUD 1945 termasuk fungsi....
    a. Mediasi
    b. Legislasi
    c. Anggaran
    d. Pengawasan 
  38. Perlindungan dari pemajuan hak asasi manusia merupakan tanggung jawab....
    a. Setiap warga negara
    b. Warga negara dan pemerintah
    c. Setiap individu
    d. Negara terutama pemerintah
  39. Pembentukan sikap seseorang amat tergantung pada informasi yang diterima pada cirinya karena informasi dapat....
    a. Menambah pengetahuan
    b. Merubah sikap seseorang
    c. Merangsang sikap
    d. Membantu perilaku seseorang 
  40. Sumber kontrol sosial antara lain group pressure, misalnya secara fisik dicontohkan di masyarakat adalah....
    a. DPR
    b. DPD
    c. Pengacara
    d. Polisi
  41.  Guru yang baik haruslah memiliki metode yang baik, dan guru yang terbaik ditentukan oleh metode yang dikuasainya; Pernyataan ini dikemukakan oleh....
    a. John Dewey
    b. James A. Banks
    c. Edgar Wesley
    d. Berry K. Beyer 
  42. Unsur-unsur Negara hukum (rechtsstaat) menurut pendapat F.J Stahl, adalah berikut, kecuali….
    a. Adanya jaminan hak asasi manusia
    b. Adanya pembagian dan pemisahan kekuasaan
    c. Pemerintahan berdasarkan peraturan-peraturan
    d. Adanya keputusan yang jelas 
  43. Jika dibandingkan dengan materi muatan UU maka muatan materi Perpu....
    a. Sama dengan materi UU
    b. Lebih rendah dari materi UU
    c. Lebih kuat dari materi UU
    d. Lebih tinggi dari materi UU
  44. Salah satu ciri sistem presidensial yang diterapkan di negara kita adalah Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh rakyat langsung dan karena itu secara politik tidak bertanggung jawab kepada MPR atau parlemen melainkan bertanggung jawab pada...
    a. Dewan Perwakilan Daerah
    b. Langsung kepada rakyat yang memilihnya
    c. Mahkamah Konstitusi
    d. Mahkamah Agung
  45. Keterampilan pengambilan keputusan perlu dimiliki oleh siswa sehingga perlu dilatih untuk kepentingan....
    a. Diri sendiri dan sosial
    b. Masyarakat
    c. Diri pribadi dan lingkungan
    d. Pemerintah 
  46. Dalam pembelajaran IPS hal yang penting adalah mengembangkan pemahaman, sikap dan....
    a. Bertanya
    b. Berkomunikasi
    c. Keterampilan
    d. Berandai-andai
  47. Model pembelajaran pemecahan masalah dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan dasar IPS....
    a. Dapat meningkatkan kemampuan siswa melakukan kerja kelompok
    b. Dapat menarik minat siswa untuk memecahkan persolan disekitarnya
    c. Sangat mampu mensimulasikan konsep yang dipelajari dalam kehidupan nyata
    d. Siswa dapat menggunakan pemahamannya untuk meneliti apa yang diperlukan 
  48. Teknik mengungkap pemikiran melalui ;brainstorming; lebih tepat dikategorikan sebagai latihan berpikir....
    a. Kritis
    b. Kreatif
    c. Deduktif
    d. Konvergen
  49. Tahap model pembelajaran “mencapai solusi yang dapat dipertanggungjawabkan “menurut Savage and Armstrong, dapat ditafsirkan....
    a. Tercapainya rumusan kesimpulan menurut responden
    b. Merumuskan kesimpulan berdasarkan analisis data dan informasi
    c. Menghasilkan target harapan dari proses penelitian
    d. Berhasil merumuskan hasil temuan penelitian 
  50. Model pembelajaran “problem solving” dapat membina siswa mengantarkan pada kemampuan....
    a. Sikap dan perilaku mandiri dalam mengatasi masalah
    b. Peningkatan prestasi belajar maksimal
    c. Kurang tepat, karena sikap dan perilaku mandiri dalam mengatasi masalah juga termasuk dalam Model pembelajaran problem solving
    d. Menarik perhatian, minat dan kesenangan siswa 
Kunci Jawaban:
  1. d. Perpaduan antara ilmu sosial, kehidupan kemasyarakatan dan lingkungan alam
  2. d. Social studies 
  3. b. Program pendidikan ilmu-ilmu sosial. 
  4. c. Studi sosial. 
  5. a. Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan 
  6. d. Ketiga komponen aspek kognitif, afektif dan psikomotor 
  7. a. Monodisiplin 
  8. a. Berbagai bidang keilmuan.
  9. d. Perusahaan pelayaran Belanda mengalami kerugian sehingga gagal dalam menjalankan tugas membangun perekonomian 
  10. c. Compagnie van Verre
  11. a. Budi Utomo 
  12. a. Menumbuhkan kesadaran bahwa pergerakan kedaerahan tidak menguntungkan perjuangan
  13. c. Heiho. 
  14. c. Tindakan Presiden yang tidak konstitusional
  15. a. Geografi sebagai relasi hubungan timbal balik antara manusia dengan alam 
  16. d. Keruangan, ekologi dan komplek wilayah 
  17. c. Kajian tentang gejala dan masalah sosial. 
  18. a. Gejala masalah sosial. 
  19. b. Kepercayaan rakyat yang memberikan wewenang
  20. b. J. Barent. 
  21. c. Masa depan 
  22. b. Folkways 
  23. d. Interaksi antara anggota, anggota dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok 
  24. a. Pelayanan masyarakat. 
  25. a. Penyuluhan dan bimbingan terhadap koperasi 
  26. d. Berkonsentrasi 
  27. d. Tempat tinggal 
  28. a. Negara maju dan negara berkembang 
  29. a. Alat pemenuhan kebutuhan sifatnya tak terbatas 
  30. a. E.B. Tylor 
  31. b. Budaya 
  32. b. Masuknya unsur-unsur budaya asing ke dalam unsure-unsur budaya sendiritanpa kehilangan kepribadian kebudayaan sendiri. 
  33. a. Pasal 32 ayat 1.
  34. b. Bentuk dan norma 
  35. a. Ascribed-Status 
  36. c. Prestasi 
  37. c. Anggaran 
  38. d. Negara terutama pemerintah
  39. b. Merubah sikap seseorang 
  40. d. Polisi
  41. c. Edgar Wesley 
  42. d. Adanya keputusan yang jelas 
  43. a. Sama dengan materi UU 
  44. b. Langsung kepada rakyat yang memilihnya 
  45. a. Diri sendiri dan sosial 
  46. d. Berandai-andai
  47. b. Dapat menarik minat siswa untuk memecahkan persolan disekitarnya
  48. b. Kreatif 
  49. b. Merumuskan kesimpulan berdasarkan analisis data dan informasi 
  50. a. Sikap dan perilaku mandiri dalam mengatasi masalah 

Post a Comment for "Konsep Dasar IPS di SD - Soal dan Jawaban"