Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pendidikan Keguruan Lengkap Jawaban
- Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah ...a. Menjelaskan partisipanb. Menulis masalah yang sudah pernah dibahasc. Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikeld. Melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
- Kemampuan guru untuk mengembangkan peserta didik dalam mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, termasuk ke dalam ...a. Padagogikb. Kepribadianc. Profesionald. sosial
- Penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, kecuali ...a. Penilaian otentikb. Penilaian diric. Tes kemampuan dasard. Penilaian berbasis portofolio
- Fanatisme daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .a. Cultural Blockb. Mental Block Barriesc. Social Blockd. System Block
- Gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak menginjak usia .....a. 5 – 6 tahunb. 7 – 8 tahunc. 9 – 10 tahund. 11- 12 tahun
- Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sesuai dengan amanat ...a. Permendikbud No. 64 th 2013b. Permendikbud No. 65 th 2013c. Permendikbud No. 66 th 2013d. Permendikbud No. 67 th 2013E. Permendikbud No. 68 th 2013
- Batas lulus purposif mengacu pada penilaian ...a. Acuan normab. Acuan kriteriac. Gabungand. Acuan norma atau kriteria
- Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .a. Relative advantagesb. Compatibilityc. Trialabilityd. Complexitye. Semua jawaban benar
- Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian ...a. Abstrakb. Pendahuluanc. Diskusid. Referensi
- Adat yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .a. Cultural Blockb. Mental Block Barriesc. Social Blockd. System Block
- Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..a. Butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0b. Pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0c. Materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0d. Banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
- Belajar menurut Bell-Gredler adalah proses manusia untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Proses belajar ini berlangsung ...a. Pada saat seseorang sedang bersekolahb. Dari bayi sampai tuac. Pada waktu siswa sudah siapd. Pada waktu seseorang sedang belajar
- Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...a. Clasical conditioning dari Pavlov.b. Connectionism dari Thorndikec. Behaviorism dari Watsond. Operant conditioning dari Skinner
- Pada dasarnya teori belajar behavioristik sangat menekankan pada ...a. Proses belajarb. Perkembangan siswac. Hasil belajard. Kepandaian siswa
- Proses lupa pada diri seseorang menurut Guthrie terjadi secara ...a. Tiba-tibab. Tidak terkendalic. Bertahapd. Terkendali
- Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ...a. Insightb. Kognitifc. Conditioningd. Connectionism
- Teori belajar kognitif mempunyai perbedaan yang mendasar dengan teori belajar conditioning S-R . Teori belajar kognitif artinya...a. Mempelajari perilaku manusia di masa lalu digunakan untuk memprediksi masa depanb. Mempelajari perilaku manusia masa lalu untuk mengetahui perilaku manusia masa lampau.c. Mempelajari perilaku manusia masa masa kini untuk keadaan manusia saat inid. Mempelajari perilaku manusia masa kini untuk dibandingkan dengan perilaku manusia masa lalu.
- Penerapan teori belajar Bruner dalam pembelajaran, sebaiknya memperhatikan hal berikut ini, kecuali ...a. Membantu siswa agar dapat melihat adanya hubungan konsep yang satu dengan yang lainb. Memberikan pertanyaan yang memungkinkan siswa untuk mencari jawabannyac. Mendiskusikan tentang suatu masalah dengan siswad. Mendorong siswa untuk menyampaikan pendapatnya
- Dalam proses pembelajaran, informasi yang diterima oleh siswa kadang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan atau konsep yang dimilikinya. Cara belajar seperti itu disebut dengan ...a. Belajar bermaknab. Belajar sendiric. Belajar verbald. Belajar menghapal
- Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang menunjukkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan 'fase fase belajar?a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan sosial kepada siswab. Pada waktu mengajar, Pak Wardi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahasc. Pak Anto mengutamakan kualitas, penetapan, dan kegunaan belajar dalam proses pembelajarand. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laku yang berlainan dari siswanya setelah proses pembelajaran berakhir
- Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual adalah ekuilibrium. Yang dimaksud dengan ekuilibrium adalah ...a. Pengaruh sosialb. Proses pengaturan diric. Proses kematangan pribadid. Lingkungan fisik
- Dalam menerapkan teori belajar sosial yang dapat dijadikan model untuk ditiru adalah sebagai berikut, kecuali ...a. Guru pengajar di kelasb. Teman satu kelasc. Pahlawan nasionald. Alumni
- Untuk mendukung agar ketiga elemen pengaturan diri (pemantauan diri, evaluasi diri, dan reaksi diri) mempunyai dampak positif dan maksimal pada kemampuan pengaturan diri siswa, maka ada prosedur yang harus dilalui yaitu sebagai berikut, kecuali ...a. Penentuan tujuanb. Tanggung jawabc. Pemberian insentifd. Penilaian atau evaluasi
- Yang dimaksud dengan multipel intelegensi atau kecerdasan majemuk adalah berbagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk ...a. Menjawab pertanyaanb. Memecahkan masalahc. Mengembangkan dirid. Mengerjakan tugas
- Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal, adalah ...a. Mampu bermain dalam kelompokb. Mampu menjadi pemimpinc. Mudah berkonsentrasid. Peka terhadap teman
- Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajarb. Pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasarc. Cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikand. Pendemokrasian pendidikan di Indonesia
- Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan afektif siswa, digunakan ....a. Tes obyektifb. Tes berupa angketc. Tes kemampuan gerakd. Tes kemampuan fungsional otot tubuh
- Pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan bersifat ....a. Humanisasib. Individualitasc. Sosialitasd. Potensialitas
- Pada waktu proses pembelajaran, seorang guru sering melontarkan pertanyaan kepada siswanya. Hal ini dilakukan oleh guru sesuai dengan pola dasar pembelajaran yang dikemukakan oleh Jean Piaget, yaitu ....a. Conditions of learningb. Information processingc. Cognitive developmentd. Social learning
- Ada tahap-tahap yang harus dilalui guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan ...a. Kurikulum.b. Kerangka pembelajaranc. Sistemd. Evaluasi
- Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar S-R haruslaha. Berwarna gelapb. Seminimal mungkinc. Berwarna-warnid. Semaksimal mungkin
- Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah atau pujian kepada siswa yang berhasil menjawab atau menyelesaikan satu soal. Dalam hal ini guru menerapkan teori belajar ...a. Clasical conditioningb. Connectionismc. Behaviorismd. Operant conditioning
- Di bawah ini adalah contoh dari adanya dampak dari keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu ...a. Ratna dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tuab. Hesti merasakan sakit perut karena akan mengikuti tesc. Yanto merasa pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan gurud. Adi menangis setelah berantem dengan Agus untuk berebut mengerjakan tugas
- Kegiatan berikut adalah salah satu cara untuk mengaktifkan indra anak didik kita agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu ...a. Siswa berolah raga di lapanganb. Guru memberi hadiah kepada siswa berprestasic. Siswa diajak berkarya wisatad. Siswa belajar di ruang laboratorium bahasa
- Berikut adalah contoh kegiatan bagaimana cara melatih intelegensi secara berimbang ...a. Mengajak siswa untuk berdiskusi tentang pelajaran tertentub. Siswa diberi tugas untuk menyelesaikan suatu masalahc. Melakukan studi dokumentasi tentang data data siswad. Mengobservasi perilaku guru dan siswa
- Cara melatih silang intelegensi anak dapat dilihat dari kegiatan berikut ini, kecuali ...a. Guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolahb. Siswa diberi tugas untuk mendata tanaman yang ada di sekitar rumahnyac. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bernyanyi di depan kelasd. Ali mendapat tugas untuk membuat maket rumah Minangkabau
- Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel intelegensi, ada langkah langkah yang dapat digunakan, antara lain ...a. Membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaranb. Mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa.c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswad. Menyediakan fasilitas yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan
- Belajar dalam perspektif konstruktivisme lebih menekankan kepada ....a. Hasilb. Pembelajaranc. Nilaid. Proses
- Dalam proses mengkonstruksi pengetahuannya, siswa mengembangkan gagasan atau konsep baru berdasarkan analisis dan pemikiran ulang terhadap pengetahuan yang diperoleh pada ...a. Masa lalu dan masa depanb. Masa sekarang dan masa laluc. Masa siswa belajard. Saat siswa sedang melakukan kegiatan
- Perspektif kognitivisme berpendapat bahwa perilaku siswa ditentukan oleh persepsi siswa itu sendiri yang dipengaruhi oleha. Pengalamanb. Berbagai penguatanc. Cara belajarnyad. Lingkungannya
- Pada dasarnya strategi pembelajaran di sekolah dapat menggunakan teori behavioristik untuk mengajarkan siswa memproses informasi sebagai berikut kecuali...a. Membuat asosiasib. Membedakanc. Membuat skemad. Mengingat
- Pada waktu Pak Totok mengajarkan bidang studi IPS, dia menerapkan ‘pembelajaran melalui menemukan’. Berkaitan dengan hal tersebut langkah langkah yang harus ditempuh Pak Totok diantaranya adalah ...a. Memberikan kasus untuk dianalisa secara bersama samab. Menghubungkan hasil pengamatan dengan analisisc. Memberitahu tentang konsep dasar yang relevan dengan materid. Menyusun prosedur yang tepat untuk mengerjakan tugas
- Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas bersama dengan teman temannya. Hal ini dilakukan agar siswa dapat ....a. Mengobrol bersamab. Bertukar informasic. Saling percayad. Saling memahami
- Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecualia. Mendorong siswa untuk membuat keputusan sendirib. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukanc. Mengusahakan suasana belajar yang menyenangkand. Memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya
- Dalam pembelajaran konstruktivisme lebih menekankan pada pengembangan strategi berpikir siswa. Untuk itu evaluasi yang paling tepat digunakan adalah evaluasi yang mengukur hal-hal berikut, kecuali....a. Pengetahuan sajab. Pengetahuan dan kinerjac. Sikap dan kinerjad. Sikap, pengetahuan, dan kinerja
- Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari ...a. Pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutupb. Pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulanc. Abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpuland. Abstrak, bagian inti, penutup
- Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .a. CBSA / Cara Belajar Siswa Aktifb. MBS / Manajemen Berbasis Sekolahc. PKR / Pembelajaran Kelas Rangkapd. Unit / Pembelajaran Terpadu.
- Kemampuan yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep :a. Kompetensib. Standar kompetensic. Kompetensi dasard. Indikator pencapaian belajar
- Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah ...a. Penyediaan lingkungan yang positif dan kondusif bagi perkembangan fisik.b. Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.c. Mengantisipasi dan menghindarkan hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan fisikd. Anak memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki
- Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap inisesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecualia. Fakta atau kenyataanb. Argumentasic. Teori yang diakui kebenarannyad. Data empirik/hasil penelitian
- Keobyektifan penulis karya tulis ilmiah dicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifata. Resmib. Bakuc. Impersonald. Personal
- Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...a. Berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporanb. Mendesain hasil karyac. Memilih dan menggunakan alat di lapangand. Menilai hasil karya secara analitis dan holistik
- Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....a. Ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitunganb. Beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinyac. Beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannyad. Ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
- Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .a. Tahap pengetahuan (kowledge)b. Tahap bujukan (persuasion)c. Tahap pengembalian keputusan (decision making)d. Tahap implementasi (implementation)
- Salah satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...a. Alat penilaian diujikan pada orang yang samab. Alat penilaian diujikan pada orang yang berbedac. Petunjuk pelaksanaan harus jelasd. Perlu alat penilain pembanding yang berbeda
- Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list adalah ...a. Penilaiannya mutlakb. Subjek yang dinilai lebih terbatasc. Pedoman penilaian lengkapd. Lebih praktis
- Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses penilaian kelas, kecuali ...a. Perencanaan dan penyusunan alat penilaianb. Penyusunan alat penilaian dan pengumpulan informasic. Pengumpulan informasi dan pengolahan hasil penilaiand. Penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
- Penilaian acuan patokan menetukan keberhasilan siswa berdasarkan ...a. Rata-rata kelompokb. Kriteria yang telah ditetapkanc. Persentase kemampuan siswad. Skor baku yang telah ditetapkan
- Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah ...a. Menentukan siapa yang akan mengobservasib. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasic. Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasid. Menentukan rencana sampling
- Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...a. Catatan pelajaran siswab. Catatan harian sikap siswac. Hasil pekerjaan siswad. Profil perkembangan siswa
Kunci Jawaban:
- c. Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
- a. Padagogik
- c. Tes kemampuan dasar
- c. Social Block
- b. 7 – 8 tahun
- b. Permendikbud No. 65 th 2013
- b. Acuan kriteria
- c. Trialability
- c. Diskusi
- a. Cultural Block
- d. Banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
- b. Dari bayi sampai tua
- a. Clasical conditioning dari Pavlov
- b. Perkembangan siswa
- c. Bertahap
- b. Kognitif
- c. Mempelajari perilaku manusia masa masa kini untuk keadaan manusia saat ini
- c. Mendiskusikan tentang suatu masalah dengan siswa
- d. Belajar menghapal
- a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan sosial kepada siswa
- b. Proses pengaturan diri
- d. Alumni
- d. Penilaian atau evaluasi
- b. Memecahkan masalah
- c. Mudah berkonsentrasi
- a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar
- b. Tes berupa angket
- a. Humanisasi
- c. Cognitive development
- a. Kurikulum
- d. Semaksimal mungkin
- b. Connectionism
- b. Hesti merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes
- d. Siswa belajar di ruang laboratorium bahasa
- c. Melakukan studi dokumentasi tentang data data siswa
- a. Guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolah
- c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswa
- d. Proses
- b. Masa sekarang dan masa lalu
- a. Pengalaman
- c. Membuat skema
- c. Memberitahu tentang konsep dasar yang relevan dengan materi
- b. Bertukar informasi
- b. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan
- a. Pengetahuan saja
- a. Pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
- b. MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
- b. Standar kompetensi
- b. Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.
- b. Argumentasi
- b. Baku
- c. Memilih dan menggunakan alat di lapangan
- c. Beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
- b. Tahap bujukan (persuasion)
- c. Petunjuk pelaksanaan harus jelas
- c. Pedoman penilaian lengkap
- d. Penyusunan alat penilaian dan pengolahan hasil ujicoba
- b. Kriteria yang telah ditetapkan
- b. Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
- a. Catatan pelajaran siswa
Post a Comment for "Pendidikan Keguruan - Soal dan Jawaban"