Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Lengkap Jawaban
  1. Salah satu komitmen Aksi Pendidikan untuk Semua (Education for All) menyatakan tentang upaya memperluas dan memperbaiki keseluruhan perawatan dan pendidikan anak usia dini, terutama bagi anak-anak yang...
    a. Sangat rawan dan kurang beruntung
    b. Cacat dan berkebutuhan khusus
    c. Terlantar dan yatim piatu
    d. Berbakat namun tidak mampu secara materi 
  2. 7. Pemerintah melalui Direktorat PAUD memfasilitasi dan memberi kesempatan pada seluruh rakyat yang memiliki kemampuan baik finansial maupun manajemen untuk menyelenggarakan PAUD. Hal ini sesuai dengan strategi pelayanan pendidikan untuk semua yang telah disepakati, yaitu pada point ….
    a. Memanfaatkan kemampuan masyarakat untuk membangun pendidikan berkualitas
    b. Meningkatkan status, moral dan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan
    c. Menjamin keikutsertaan dan peran serta masyarakat madani dalam pembangunan pendidikan
    d. Mempromosikan kebijakan pendidikan untuk semua melalui peran serta masyarakat 
  3. Pada saat inidiperkirakan jumlah anak usia dini sebanyak 26 juta lebih. Dari jumlah tersebut, yang sudah mendapat layanan pendidikan anak usia dini hanya sekitar 27 % saja. Data tersebut termasuk dalam salah satu landasan dasar PAUD di Indonesia, yaitu landasan….
    a. Praktis
    b. Empiris
    c. Keilmuan
    d. Yuridis 
  4. Peserta didik pada Taman Penitipan Anak adalah sebagai berikut, kecuali anak....
    a. Usia lahir – 4 tahun yang orang tuanya bekerja
    b. Usia lahir – 6 tahun yang tidak mendapat layanan PAUD
    c. Minimal berusia 8 tahun dan terlantar
    d. Sekurang-kurangnya berusia 3 bulan – 6 tahun
  5. Masyarakat dapat mengajukan rintisan program PAUD dengan mengirimkan proposal pendirian Lembaga PAUD kepada Direktorat PAUD dengan mengacu pada persyaratan yang telah ditetapkan. Pengajuan proposal ini bertujuan untuk....
    a. Memotivasi masyarakat dalam memperluas dan meningkatkan mutu layanan PAUD
    b. Meringankan tugas pemerintah dalam melaksanakan komitman pendidikan untuk semua
    c. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang pentingnya PAUD bagi mereka
    d. Membantu orang tua agar menyerahkan pendidikan dan pengasuhan anaknya kepada masyarakat 
  6. Guru perlu berhati-hati dalam dalam merencanakan dan mengorganisir ruang kelas dan peralatannya, karena....
    a. Kondisi ruangan kelas akan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran b. Suasana lingkungan selalu yang rapi dan teratur akan meningkatkan mutu layanan lembaga PAUD
    c. Faktor lingkungan sangat menentukan kualitas program suatu lembaga PAUD
    d. Peralatan yang lengkap dan ruang kelas yang besar akan mempermudah guru mengelola pembelajaran dengan baik
  7. Guru yang bijaksana akan memberikan label pada semua benda dan peralatan yang terdapat dalam ruang kelasnya. Hal ini bertujuan untuk beberapa hal berikut,kecuali....
    a. Mengajarkan pada anak-anak bahwa setiap alat dan benda memiliki nama
    b. Membantu anak memahami bahwa setiap jenis benda mempunyai tempatnya sendiri
    c. Mengenalkan pada anak-anak nama-nama benda dan kelompok benda/alat yang ada di kelas d. Mengajarkan pada anak-anak untuk mencari sendiri alat dan benda yang dibutuhkannya dengan membaca labelnya 
  8. Ruangan berbentuk huruf L sangat tidak disarankan dalam panduan umum penataan fasilitas fisik di lembaga PAUD, karena....
    a. Membutuhkan peralatan yang lebih banyak
    b. Menyulitkan pengawasan terhadap anak-anak
    c. Memperlambat pelaksanaan kegiatan pengembangan
    d. Memerlukan perawatan dan pengelolaan yang lebih rumit 
  9. Ruangan di lembaga PAUD sebaiknya dapat mendorong anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karenanya ruangan harus dapat ditata ulang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini berarti bahwa penataan ruangan harus bersifat....
    a. Mudah diawasi
    b. Teratur
    c. Fleksibel
    d. Aman dan nyaman 
  10. Banyak hal yang dilakukan anak-anak saat mereka bermain dalam sentra, di antaranya adalah....
    a. Membuat pilihan, mengembangkan rasa percaya diri dan berlatih memecahkan masalah
    b. Menemukan teman, menciptakan alat permainan dan mengatur diri sendiri
    c. Meminta anak lain memahaminya, menjelajah sifat anak lain dan mempertahankan ide
    d. Membuat keputusan, membentuk kecerdasan dan berlatih menjadi pemimpin 
  11. Jika harus menata sentra rumah tangga, maka penataan peralatan berikut yang paling baik adalah....
    a. Tempat tidur bayi diletakkan di dekat peralatan memasak
    b. Meja rias diletakkan di dekat ruang tamu
    c. Meja makan diletakkan di dekat ruang ganti pakaian
    d. Televisi dan karpet diletakkan di dekat rak buku 
  12. Pada setiap lembaga PAUD sebaiknya tersedia lingkungan belajar outdoor. Lingkungan ini sangat penting bagi anak, alasannya adalah....
    a. Kegiatan bermain di luar ruangan merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak
    b. Kegiatan bermain di luar lebih beragam dan bervariasi
    c. Area bermain outdoor lebih aman bagi anak
    d. Area bermain outdoor lebih mudah ditata dan dikelola oleh guru 
  13. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan untuk menganalisis arena bermain agar memenuhi prinsip keamanan, kecuali....
    a. Apakah tersedia peralatan P3K?
    b. Apakah jumlah guru yang mengawasi sesuai dengan jumlah anak yang bermain?
    c. Apakah batas-batas tempat bermain cukup jelas?
    d. Apakah semua lubang, kabel listrik, stop kontak, dan peralatan berbahaya sudah tertutupi atau terlindung? 
  14. Perlengkapan yang ada di taman bermain seperti perosotan, ayunan, papan titian dan jungkat jungkit perlu disediakan di lembaga PAUD, karena peralatan tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan potensi anak, diantaranya adalah....
    a. Kesetiakawanan, keberanian dan keseimbangan dan kelembutan.
    b. Kelentukan tubuh, keterampilan motorik halus, keberanian dan keramahan.
    c. Kekuatan tubuh, koordinasi tubuh, keseimbangan dan rasa percaya diri
    d. Keseimbangan, kesabaran, empati dan kekuatan otot kaki 
  15. Pelaksanaan kegiatan pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan di Kelompok Bermain perlu memperhatikan beberapa prinsip berikut, kecuali....
    a. Penciptaan pembelajaran yang kondusif sehingga anak terangsang untuk belajar
    b. Pemberian motivasi agar anak selalu bersemangat mengikuti kegiatan
    c. Pemberian contoh dan teladan yang baik pada anak.
    d. Penciptaan pola perilaku baru yang disepakati di dalam kelas. 
  16. Pendidik di Kelompok Bermain harus memiliki jasmani dan rohani yang sehat dan memiliki sifat dan sikap sabar, keibuan dan menyayangi anak. Semua kriteria itu termasuk dalam kompetensi....
    a. Pedagogik
    b. Kepribadian
    c. Profesional
    d. Sosial 
  17. Wahana pendidikan dan pembinaan kesejahteraan anak yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk waktu tertentu selama orang tua berhalangan atau tidak memiliki waktu untuk mengasuh dan merawat anak, disebut....
    a. Taman Kanak-kanak
    b. Kelompok bermain
    c. Taman Penitipan Anak
    d. Pos PAUD 
  18. Program di TPA direncanakan dan dilaksanakan dalam satu kesatuan yang utuh dan terintegrasi yang dilakukan melalui bermain. Program pembinaan tersebut meliputi....
    a. Pengasuhan, perawatan, bimbingan sosial dan pendidikan.
    b. Perlindungan, perawatan, pertolongan dan pengobatan.
    c. Pendidikan, pengasuhan, perlindungan dan kesehatan
    d. Kesehatan, gizi, pengawasan dan pendisiplinan. 
  19. Posyandu merupakan wahana kesejahteraan ibu dan anak yang berfungsi sebagai tempat pelayanan terpadu yang mencakup aspek perawatan kesehatan dan gizi, terutama bagi....
    a. Anak terlantar dan kurang mampu.
    b. Orang tua, pengasuh dan anak usia dibawah 3 tahun.
    c. Ibu hamil dan anak usia lahir – 5 tahun.
    d. Calon ibu, ibu dan bayi berusia di bawah 3 tahun 
  20. Kehadiran Pos PAUD mendukung keberadaan posyandu dan Bina Keluarga Balita yang memberikan memberikan layanan kesehatan dan gizi untuk balita dan memberi pengetahuan dan keterampilan pada orang tua. Pernyataan tersebut dalam prinsip optimalisasi ....
    a. Ketenagaan
    b. Prasarana
    c. Sarana
    d. Program 
  21. Penilaian terhadap anak usia dini harus dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus sehingga gambaran yang didapat lebih menyeluruh. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip penilaian, yaitu....
    a. Berkesinambungan
    b. Menyeluruh
    c. Objektif
    d. Bermakna 
  22. Kegiatan yang dilakukan untuk membangun jembatan dan memfasilitasi percakapan antara anak dengan anak dan anak dengan orang dewasa yang dilakukan dalam kelompok kecil disebut....
    a. Circle time
    b. Square time
    c. Circle place
    d. Square place 
  23. Salah satu hal yang perlu dan dapat dilakukan dalam memberi pijakan adalah....
    a. Merancang penilaian terhadap proses dan hasil pengembangan
    b. Mendiskusikan aturan dan harapan untuk pengalaman bermain.
    c. Menjelaskan jumlah peralatan dan bahan yang tersedia.
    d. Membahas pengelolaan kegiatan pengembangan
  24. Menurut NAEYC, definisi pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang …. 
    a. Melayani anak usia lahir–8 tahun yang dilakukan di rumah maupun di luar rumah (suatu lembaga) 
    b. Membantu anak usia 0–6 tahun untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangannya 
    c. Menyediakan program pelatihan untuk anak-anak yang masih kecil 
    d. Memfasilitasi perkembangan anak usia 3 – 6 tahun agar berkembang secara optimal 
  25. Berikut adalah tujuan khusus pengelolaan kegiatan di Kelompok Bermain, kecuali…. 
    a. Mengembangkan pemahaman agama sedini mungkin 
    b. Memberikan pelayanan pada anak usia 2 – 4 tahun di Kelompok Bermain 
    c. Mengembangkan program kegiatan secara sistematik dan berkesinambungan 
    d. Memfasilitasi pengembangan kemampuan anak usia 0 – 6 tahun 
Kunci Jawaban:
  1. a. Sangat rawan dan kurang beruntung 
  2. c. Menjamin keikutsertaan dan peran serta masyarakat madani dalam pembangunan pendidikan
  3. b. Empiris 
  4. c. Minimal berusia 8 tahun dan terlantar 
  5. c. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang pentingnya PAUD bagi mereka 
  6. c. Faktor lingkungan sangat menentukan kualitas program suatu lembaga PAUD 
  7. d. Mengajarkan pada anak-anak untuk mencari sendiri alat dan benda yang dibutuhkannya dengan membaca labelnya 
  8. b. Menyulitkan pengawasan terhadap anak-anak 
  9. c. Fleksibel 
  10. a. Membuat pilihan, mengembangkan rasa percaya diri dan berlatih memecahkan masalah 
  11. d. Televisi dan karpet diletakkan di dekat rak buku 
  12. b. Kegiatan bermain di luar lebih beragam dan bervariasi 
  13. b. Apakah jumlah guru yang mengawasi sesuai dengan jumlah anak yang bermain? 
  14. c. Kekuatan tubuh, koordinasi tubuh, keseimbangan dan rasa percaya diri 
  15. d. Penciptaan pola perilaku baru yang disepakati di dalam kelas.
  16. b. Kepribadian 
  17. c. Taman Penitipan Anak 
  18. a. Pengasuhan, perawatan, bimbingan sosial dan pendidikan. 
  19. c. Ibu hamil dan anak usia lahir – 5 tahun. 
  20. d. Program 
  21. a. Berkesinambungan 
  22. a. Circle time 
  23. b. Mendiskusikan aturan dan harapan untuk pengalaman bermain. 
  24. a. Melayani anak usia lahir–8 tahun yang dilakukan di rumah maupun di luar rumah (suatu lembaga) 
  25. b. Memberikan pelayanan pada anak usia 2 – 4 tahun di Kelompok Bermain 

Post a Comment for "Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD - Soal dan Jawaban"