6 Arti Kejatuhan Cicak menurut Islam dan Primbon Jawa

Arti Kejatuhan Cicak - Ada banyak mitos yang berkembang dalam kebudayaan masyarakat kita. Salah satunya terkait dengan fenomena kejatuhan cecak yang dianggap dan diyakini sebagai pertanda kesialan. Mitos ini banyak diyakini hingga saat ini dan bahkan menjadi sesuatu yang tampak sebagai kebenaran yang nyata. Namun, bagaimana pandangan Islam terkait arti kejatuhan cicak atau ketiban cicak? Benarkah ramalan primbon Jawa yang menyebutkan bahwa arti ketiban cecak merupakan tanda kesialan? Untuk dapat menjawab kedua pertanyaan besar ini, silakan simak pembahasan singkat kami berikut ini!

Arti Kejatuhan Cicak menurut Primbon

Cicak adalah hewan yang unik. Ia bisa berjalan di sebuah dinding yang tegak lurus dan bahkan di plafon secara terbalik. Kemampuan cicak satu ini diperoleh karena adanya organ khusus yang terdapat pada kaki, tangan, dan ekornya. Organ yang bernama Spatulaee ini merupakan organ berbentuk bulu halus berukuran 200 nanometer. Saking kecilnya bulu spatulaee ini dapat masuk menembus pori-pori dinding atau plafon yang tidak terlihat mata manusia untuk menciptakan suatu ikatan kuat yang dapat menopang berat tubuhnya saat berjalan di dinding.

 Ada banyak mitos yang berkembang dalam kebudayaan masyarakat kita 6 Arti Kejatuhan Cicak menurut Islam dan Primbon Jawa

Sekalipun cara kerja organ spatulaee sangat canggih, terkadang kita dapat menemukan adanya seekor cicak yang jatuh dari dinding dan plafon tempatnya berjalan. Menurut sains, hal ini merupakan sebuah fenomena yang wajar dan dapat terjadi karena permukaan tempat cicak berjalan terlalu halus. Karena permukaan berjalannya terlalu halus, maka  jumlah pori yang dapat dimasuki spatulaee hanya sedikit, sehingga tidak mencukupi untuk menciptakan ikatan yang kuat menahan berat tubuh cicak.

Terlepas dari penjelasan sains tentang fenomena jatuhnya cicak, primbon Jawa warisan leluhur kita telah memiliki pendapatnya sendiri terkait arti kejatuhan cicak. Secara umum, menurut primbon, orang yang secara tiba-tiba kejatuhan cicak pada bagian tubuhnya, diyakini ia akan mengalami suatu bentuk kesialan. Kesialan ini bisa terjadi dalam banyak hal, tergantung dari bagian tubuh mana yang kejatuhan cicak tersebut.

1. Arti Kejatuhan Cicak di Kepala

Jika cicak jatuh tepat di kepala Anda, menurut primbon, hal tersebut bisa jadi merupakan pertanda bahwa dalam waktu dekat akan ada seseorang di keluarga Anda yang sakit parah atau bahkan hingga meninggal dunia secara tak wajar. Naudzubillahi Min Dzalik. Semoga saja ramalan ini tidak benar.

2. Arti Kejatuhan Cicak di Tangan

Arti kejatuhan cicak di tangan terkait dengan kesialan dalam perkara rejeki. Jika Anda mengalami hal ini, menurut primbon disebutkan bahwa Anda akan mengalami kesulitan keuangan dalam waktu dekat, bilapun tidak hal ini bisa menjadi alamat bahwa Anda akan kehilangan barang yang berharga atau kesempatan untuk memperoleh kebaikan rejeki.

3. Arti Kejatuhan Cicak di Dada atau Perut

Kejatuhan cicak di dada atau perut terlebih bila Anda sedang dalam keadaan tidur terlentang merupakan pertanda bahwa dalam waktu dekat Anda akan mengalami sakit. Tidak dijelaskan seperti apa sakit yang Anda derita, namun dari pengalaman saya saat membuktikan ramalan ini, sakit yang diderita adalah demam biasa.

4. Arti Kejatuhan Cicak di Punggung

Ini tentu adalah hal yang sangat jarang terjadi karena hanya mungkin dialami bagi mereka yang sedang tidur tengkurap atau sedang bersujud. Saya pernah mengalami hal ini saat sholat, tepatnya ketika rukuk. Alhamdulillah hal ini tidak membawa kesialan apapun, namun menurut primbon kejadian ini sebetulnya bisa menjadi pertanda akan sakit.

5. Arti Kejatuhan Cicak di Kaki

Dan terakhir, arti kejatuhan cicak di kaki. Menurut primbon, hal ini adalah pertanda tentang adanya kabar buruk atau aib yang akan Anda dapatkan. Selain itu, ini juga bisa menjadi alamat akan adanya rasa sakit atau celaka yang terjadi pada diri Anda atau salah seorang dari keluarga Anda.

6. Arti Kejatuhan Cicak di Dekat Tubuh

Bila cicak jatuh di depan mata atau di sekitar tubuh Anda, maka menurut primbon kejadian tersebut justru merupakan pertanda baik. Diramalkan primbon, karena hal ini Anda akan dijauhkan dari musibah atau bebas dari kesialan.

Arti Kejatuhan Cicak menurut Islam

Kendati menurut primbon, arti ketiban cecak kebanyakan merupakan pertanda kesialan dan keburukan, namun dalam Islam hal ini tidak berlaku. Dalam Islam justru disebutkan bahwa mempercayai arti kejatuhan cicak sebagai tanda sial merupakan salah satu bentuk thiyyarah. Apakah thiyyarah itu? Thiyyarah adalah merasa akan mengalami kesialan karena melihat, mendengar, atau mengalami sesuatu.

“Thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan, thiyyarah adalah kesyirikan.” (HR Tirmidzi)

Sebagaimana tercantum dalam hadist yang diriwayatkan Tirmidzi, thiyyarah adalah salah satu bentuk kesyirikan. Jika seseorang telah meyakini thiyyarah maka sama dengan baginya telah mengetuk pintu kesyirikan dan masuk ke dalamnya. Dengan kata lain, ia telah melepaskan diri dari ketawakalan kepada Alloh karena memiliki ketakutan dan ketergantungan melainkan hanya kepada Alloh semata.

Terlepas dari mau atau tidaknya bagi mempercayai ramalan primbon tentang arti kejatuhan cicak, kami menganjurkan bila mengalami fenomena ini, maka kejarlah cicak yang menjatuhi Anda dan bunuhlah ia untuk menangkal segala firasat buruk yang hadir dalam hati Anda. Dalam islam, membunuh cicak juga termasuk sebuah amalan seperti yang dijelaskan dalam artikel Eramuslim di link ini. Semoga bermanfaat!
Sumber https://www.artikedutan.net/

Post a Comment for "6 Arti Kejatuhan Cicak menurut Islam dan Primbon Jawa"