Guru Harus Tahu Perbedaan Strategi, Model, Pendekatan, Metode dan Teknik Pembelajaran | Inilah artikel yang akan membahas wacana perbedaan istilah-istilah dalam merancang perangkat pembelajaran. Agar pemahaman guru tenatng istilah-istilah tersebut, maka guru wajib baca artikel ini hingga tuntas. Dengan memahami istilah-istilah tersebut maka guru mempunyai pijakan yang pati dalam menciptakan sebuah perangkat pembelajaran.
Satu hal yang yang menjadi sorotan penting yaitu sering ditemukan rancunya penyebutan antara strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode, teknik, dan model pembelajaran di dalam RPP. Untuk menghindari hal tersebut berikut ini akan aku kutipkan pengertian-pengertian dari taktik pembelajaran, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran dengan impian nantinya dalam pembuatan RPP tidak salah kaprah lagi.
STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran yaitu suatu pola umum pembelajaran siswa yang tersusun secara sistematis menurut prinsip-prinsip pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur (urutan langkah pembelajaran) pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang diharapkan semoga siswa sanggup mencapai tujuan-tujuan pemeblajaran secara efektif dan efisien
Strategi terkait dengan budi guru dalam menentukan pendekatan, metode, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran
MODEL PEMBELAJARAN
Model adalah suatu bentuk tiruan (replika) dari suatu benda yang gotong royong
Suatu contoh konseptual atau prosedural dari suatu program,sistem, atau proses yang sanggup dijadikan contoh atau pedoman dalam mencapai tujuan.
Model Pembelajaran yaitu contoh pola atau struktur pembelajaran siswa yang didesain, diterapkan, dan dievaluasi secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam pengertian lain Model Pembelajaran yaitu suatu contoh bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga final yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.
Dalam model pembelajaran terdapat taktik pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan yaitu suatu rangkaian tindakan yang bersiklus atau terorganisir menurut prinsip-prinsip tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang terarah secara sistematis pada tujuan-tujuan yang hendak dicapai
Pendekatan pembelajaran adalah suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang dilandasi oleh prinsip dasar tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran tertentu.
Metode pembelajaran yaitu prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Metode yaitu jabaran dari pendekatan. Satu pendekakatan sanggup dijabarkan ke dalam banyak sekali metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan mekanisme pembelajaran yang difokuskan pada pencapaian tujuan pembelajaran
TEKNIK PEMBELAJARAN
Teknik Pembelajaran yaitu cara-cara konkrit yang digunakan dikala proses pembelajaran berlangsung. Guru sanggup berganti-ganti teknik pembelajaran meskipun dalam koridor metode yang sama. Satu metode sanggup diaplikasikan melalui banyak sekali teknik pembelajaran
Contoh Penerapan
Pendekatan : Contextual Teaching and Learning
Metode : Cooperative Learning
Teknik : Diskusi Kelompok, Inquiry Kepustakaan, Tanya Jawab
Model : Jigsaw
Pendekatan : PAKEM
Metode : Tanya Jawab
Teknik : Siswa menciptakan dan menjawab pertanyaan sendiri
Model : Snowball Throwing
Di dalam Kurikulum 2013 yang kini mulai diterapkan di sebagian sekolah-sekolah piloting ada dikenal namanya istilah Pendekatan Saintifik. Secara Istilah pengertian dari pendekatan saintifik yaitu proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar penerima didik secara aktif mengonstruk konsep, aturan atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan banyak sekali teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, aturan atau prinsip yang “ditemukan”.
Langkah-langkah pada Proses pembelajaran yang memakai pendekatan saintik sering dikenal dengan pendekatan 5M terdiri atas lima pengalaman berguru pokok yaitu:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi;
d. mengasosiasi; dan
e. mengkomunikasikan.
Kegiatan berguru dalam mengamati antara lain : Membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat).
Kegiatan berguru dalam menanya antara lain : Mengajukan pertanyaan wacana gosip yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat gosip pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
Kegiatan berguru dalam mengumpulkan gosip antara lain : melaksanakan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/ kejadian/
aktivitas, dan wawancara dengan nara sumber.
Kegiatan berguru dalam mengasosiasi antara lain : mengolah gosip yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.
Pengolahan gosip yang dikumpulkan dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan gosip yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan antar fakta, fakta dengan konsep, konsep dengan konsep.
Kegiatan berguru dalam menyimpulkan antara lain : Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya.
Demikianlah perbedaan antara strategi pembelajaran, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran yang dilengkapi dengan klarifikasi Pendekatan saintifik di dalam Kurikulum 2013. Semoga goresan pena singkat ini sanggup menunjukkan keterangan yang gamblang kepada para Guru yang belum memahami wacana istilah-istilah tersebut. Pembahasa bahan ini juga muncul pada soal tes sumatif guru pembelajar. Jadi, bagi anda yang sedang menghadapi guru pembelajar daring, bahan ini akan sangat membantu.
Penjelasan wacana perbedaan taktik pembelajaran, pendekatan, metode, teknik dan model pemebelajaran aku kutip dari :
Post a Comment for "Guru Harus Tahu Perbedaan Strategi, Model, Pendekatan, Metode Dan Teknik Pembelajaran"