Soal Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD 
  1. Keluarga merupakan tempat yang paling awal dan efektif untuk mengajarkan kebiasaan yang baik yang perlu dimiliki oleh seorang anak, karena itu keluarga di sebut tempat ....
    a. Pertama dan terbaik
    b. Pertama dan utama
    c. Terakhir dan utama
    d. Terakhir dan terbaik
  2. Berikut ini adalah ciri-ciri yang diperlihatkan oleh anak-anak pada masa prasekolah, kecuali bahwa anak….
    a. Mulai berkenalan dengan lingkungan di luar rumah
    b. Sudah dapat menghitung benda di sekitarnya
    c. Mampu belajar dengan baik
    d. Mulai dapat mengenal orang lain di luar anggota keluarga
  3. Bayi yang baru lahir direkomendasikanuntuk diberikan ASI eksklusif selama enam bulan. Salah satu alasannya adalah karena dalam ASI terkandung sel makrofag. Fungsi sel ini adalah untuk….
    a. Membunuh bakteri, fungi dan virus
    b. Meningkatkan sumber energi
    c. Membentuk struktur otak
    d. Mencegah gangguan terhadap kelainan otak
  4. Imunisasi yang diberikan hanya sekali pada anak di bawah lima tahun (balita) adalah imunisasi….
    a. tetanus
    b. DPT
    c. Polio
    d. Dipteri
  5. Pendidikan yang sesuai perkembangan (developmentally Appropriate practice) tergantung pada ststus perkembangan anak dan dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal berikut, kecuali ….
    a. Kekuatan, minat dan kebutuhan tiap anak
    b. Pengalaman anak yang bermakna dan bermain sambil belajar
    c. Relevan, bertanggung jawab sesuai konteks sosial budaya anak
    d. Relevan, fokus dan menitik beratkan pada pengembangan perilaku
  6. Perkembangan seorang anak dipengaruhi hal-hal di sekitarnya seperti pekerjaan orang tua, kebijakan pemerintah dan kehidupan rumah tangga orang tuanya. Pengaruh tersebut oleh Bronfrenbrener disebut ….
    a. Mikrosistem
    b. Mesosistem
    c. Ekosistem
    d. Makrosistem
  7. Seorang anak dapat belajar dengan baik bila anak dalam kondisi tidak terancam dan ia merasa gembira. Hal itu dalam brain based learning termasuk prinsip….
    a. Otak selalu mencari makna atas informasi secara alami
    b. Otak memroses informasi secara keseluruhan maupun perbagian secara bersamaan
    c. Faktor motivasi belajar tergantung pada kondisi lingkungan 
    d. Faktor emosi mempengaruhi proses belajar
  8. Pendidik di lembaga PAUD harus memperhatikan waktu istirahat untuk anak-anak, karena meskipun anak-anak senang bergerak dan bermain namun tubuh mereka juga membutuhkan waktu untuk relaksasi. Oleh karenanya dalam merencanakan kurikulum perlu diperhatikan….
    a. Kesinambungan anak dalam melakukan kegiatan
    b. Keseimbangan anak dalam aktivitas dan istirahat
    c. Keseragaman anak dalam aktivitas dan istirahat
    d. Keteraturan aktivitas dan istirahat sehari-hari
  9. Pendidik di lembaga PAUD hrus mengnal anak didiknya secara individual sehingga setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat diketahui dan masalah yang dihadapi anak dapat diatasi dengan segera. Oleh karena itu pendidik di lembaga PAUD perlu memiliki pengetahuan tentang….
    a. Kurikulum pembelajaran anak usia dini
    b. Strategi belajar dan mengajar
    c. Tanda-tanda stress pada anak dan cara mengatasinya
    d. Ilmu gizi untuk anak usia dini
  10. Salah satu rambu perencanaan DAP untuk perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah….
    a. Menyediakan arena bermain yang luas dan menantang
    b. Mengenali potensi kreatif dari tiap anak
    c. Menanggapi anak dengan cara yang positif dan sensitif
    d. Melibatkan anak dalam kegiatan membaca dan bercerita
  11. Anak usia 2 tahun sudah dapat berjalan, namun dia belum dapat memegang bola atau benda-benda dengan baik. Hal itu karena perkembangan motorik bergerak dari….
    a. Motorik kasar ke motorik halus
    b. Tubuh bagian tengah ke arah bagian luar
    c. Bagian atas tubuh ke bagian bawah tubuh
    d. Motorik kecil ke motorik yang lebih besar
  12. Hal-hal yang mempengaruhi ukuran tubuh antara lain….
    a. Gizi, keamanan, kesehatan dan kelahiran
    b. Jenis k3l4min, gizi, kelahiran dan suku bangsa
    c. Kecerdasan, gizi, kesehatan dan suku bangsa
    d. Suku bangsa, keadaan tulang, gizi dan ilmu pengetahuan
  13. Kegiatan makan bersama dilembaga PAUD kadang-kadang dilakukan dengan cara prasmanan. Kegiatan semacam itu dilakukan untuk melatih anak bagaimana bersilaturahmi atau bagaimana melakukan jamuan untuk tamu atau menjadi tamu yang baik. Contoh tersebut termasuk salah satu fungsi sosial dalam makanan, yaitu fungsi….
    a. Komunikasi
    b. Kekuatan
    c. Ekonomis
    d. Organoleptik
  14. Tingkat daya rusak cacat jasmani pada sikap anak bergantung pada beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah….
    a. Banyaknya kemampuan yang dimilikinya
    b. Rasa senasib sepenanggungan yang diterimanya
    c. Banyaknya kasih sayang yang didapatnya
    d. Rasa belas kasihan yang diterimanya
  15. Di Lembaga PAUD kegiatan pengembangan motorik dirancang dari kegiatan yang paling mudah dan sederhana ke kegiatan yang lebih sukar dan semakin kompleks. Misalnya dari kegiatan jalan pelan – jalan cepat – berlari jarak dekat – berlari cepat dengan jarak yang 
    semakin jauh. Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu prinsip perkembangan motorik, yaitu….
    a. Dimungkinkan untuk dapat ditentukan
    b. Cenderung mengikuti pola yang dapat diramalkan
    c. Dimungkinkan jika anak sudah matang
    d. Cenderung bergantung pada kekuatan otot
  16. Salah satu cara yang digunakan untuk mempelajari keterampilan motorik adalah dengan cara memperhatikan orang lain melakukan keterampilan tertentu. Cara tersebut termasuk dalam ….
    a. Trial and error
    b. Imitation
    c. Interaction
    d. True and false
  17. Suatu penyakit mungkin saja akan menyebar dan menular dari satu anak ke anak yang lainnya. Salah satu strategi untuk menghentikannya adalah dengan....
    a. Menjaga kebersihan, sanitasi dan higienis secara praktis
    b. Memberikan imunisasi pada anak secara berkala
    c. Melindungi anak-anak dengan asupan gizi yang terbaik
    d. Menyediakan obat-obatan dan peralatan kesehatan selengkap mungkin
  18. Bayi memandang sebuah kaleng bekas susu sebagai benda yang dapat digelindingkan atau dipukul-pukul untuk menghasilkan bunyi. Menurut Piaget dalam skema kognitif, hal yang seperti itu termasuk dalam skema ….
    a. Simbolik
    b. Perilaku
    c. Operasional
    d. Inteligensi
  19. Zona dimana kemampuan seorang anak akan dapat berkembang secara optimal apabila diberikan intervensi yang tepat dari orang yang lebih tua disebut ….
    a. Zone of Proxima Development
    b. Zone of Proxima Distal
    c. Developmentally Appropriate Practice
    d. Development of Proportion Zone
  20. Berikut adalah beberapa alasan mengapa belajar berkolaborasi dianggap sangat efektif bagi anak, kecuali dalam belajar kolaborasi anak ….
    a. Lebih termotivasi ketika mengerjakan masalah secara bersama
    b. Dituntut untuk menjelaskan ide masing-masing sehingga mudah dipahami
    c. Lebih dapat menggunakan strategi kognitif kualitas tinggi saat bekerja bersama
    d. Dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin agar idenya dapat diterima dalam kelompok
  21. Anak-anak TK A diajak Ibu Dian menghitung panjang langkah kaki masing-masing menggunakan jengkal secara berkelompok. Menurut Anda, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal konsep ….
    a. Urutan
    b. Ukuran
    c. Bentuk
    d. Kelompok 
  22. Reno sering berpura-pura membaca dengan menggunakan kalimat sendiri sambil membuka dan menunjuk gambar dalam buku yang dibacanya. Dia mulai mengetahui bahwa setiap cerita yang baik mempunyai alur, yaitu ada bagian awal, tengah dan a khir. Reno juga mulai mengenal kata-kata yang sering didengarnya dan menyadari bahwa dunia dipenuhi dengan huruf-huruf. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan membaca anak usia ….
    a. 0 – 2 tahun
    b. 2 – 3 tahun
    c. 3 – 4 tahun
    d. 4 – 5 tahun
  23. “Sandi, Tolong ambilkan map Ibu guru yang berwarna biru di ruang guru dan berikan kepada Ibu dewi di perpustakaan”. Perintah Ibu Tina kepada Sandi. Dengan cepat anak itu berlari ke ruang guru dan mengambil map warna biru lalu dia berlari kembali menuju perpustakaan dan menyerahkan map tersebut kepada Ibu Dewi. Hal itu menunjukkan bahwa Sandi sudah memahami perintah yang lebih panjang dan kompleks. Ilustrasi tersebut merupakan gambaran perkembangaaan mendengar anak usia ….
    a. Taman Kanak-kanak
    b. Kelompok bermain
    c. Toddler
    d. bayi
  24. Ibu Lusi adalah pendidik di kelompok bermain. Dia bertanya pada anak didiknya. “ Anak-anak,apa yang tadi pagi kalian lakukan sebelum berangkat ke sekolah?” Kegiatan tersebut dilakukannya karena Ibu Lusi mengetahui bahwa dalam perkembangan bicara anak usia KB sudah dapat....
    a. Berbicara dengan gaya bahasa yang baik sesuai kaidah bahasa
    b. Berpartisipasi dalam percakapan yang lebih panjang dan fokus
    c. Memotivasi diri untuk berani mengemukakan pendapatnya
    d. Mendengarkan dan bicara secara sistematis dan tertata rapi
  25. Semua benda yang terdapat dalam ruang kelas di Kelompok Bermain Permata mempunyai label yang menunjukkan namanya. Peraturan-peraturan yang berlaku dalam kelompok tersebut juga terpampang di berbagai sudut kelas dalam bentuk tulisan dan gambar. Misalnya: “jangan berlari-lari”, “Cuci tangan sebelum makan”, Letakkan tasmu di sini” dan lain-lain. Ilustrasi tersebut menujukkan salah satu cara mendorong perkemb angan …
    a. Mendengar
    b. Berbicara
    c. Menyimak
    d. Menulis
Jawaban:
  1. b. Pertama dan utama
  2. b. Sudah dapat menghitung benda di sekitarnya
  3. a. Membunuh bakteri, fungi dan virus
  4. d. Dipteri
  5. d. Relevan, fokus dan menitik beratkan pada pengembangan perilaku
  6. c. Ekosistem
  7. d. Faktor emosi mempengaruhi proses belajar
  8. b. Keseimbangan anak dalam aktivitas dan istirahat
  9. c. Tanda-tanda stress pada anak dan cara mengatasinya
  10. c. Menanggapi anak dengan cara yang positif dan sensitif
  11. a. Motorik kasar ke motorik halus
  12. c. Kecerdasan, gizi, kesehatan dan suku bangsa
  13. a. Komunikasi
  14. d. Rasa belas kasihan yang diterimanya
  15. a. Dimungkinkan untuk dapat ditentukan
  16. b. Imitation
  17. a. Menjaga kebersihan, sanitasi dan higienis secara praktis
  18. b. Perilaku
  19. a. Zone of Proxima Development
  20. d. Dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin agar idenya dapat diterima dalam kelompok
  21. b. Ukuran
  22. c. 3 – 4 tahun
  23. b. Kelompok bermain
  24. b. Berpartisipasi dalam percakapan yang lebih panjang dan fokus
  25. d. Menulis

Post a Comment for "Soal Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD Beserta Jawaban"