Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD
- Keluarga merupakan tempat yang paling awal dan efektif untuk mengajarkan kebiasaan yang baik yang perlu dimiliki oleh seorang anak, karena itu keluarga di sebut tempat ....a. Pertama dan terbaikb. Pertama dan utamac. Terakhir dan utamad. Terakhir dan terbaik
- Berikut ini adalah ciri-ciri yang diperlihatkan oleh anak-anak pada masa prasekolah, kecuali bahwa anak….a. Mulai berkenalan dengan lingkungan di luar rumahb. Sudah dapat menghitung benda di sekitarnyac. Mampu belajar dengan baikd. Mulai dapat mengenal orang lain di luar anggota keluarga
- Bayi yang baru lahir direkomendasikanuntuk diberikan ASI eksklusif selama enam bulan. Salah satu alasannya adalah karena dalam ASI terkandung sel makrofag. Fungsi sel ini adalah untuk….a. Membunuh bakteri, fungi dan virusb. Meningkatkan sumber energic. Membentuk struktur otakd. Mencegah gangguan terhadap kelainan otak
- Imunisasi yang diberikan hanya sekali pada anak di bawah lima tahun (balita) adalah imunisasi….a. tetanusb. DPTc. Poliod. Dipteri
- Pendidikan yang sesuai perkembangan (developmentally Appropriate practice) tergantung pada ststus perkembangan anak dan dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal berikut, kecuali ….a. Kekuatan, minat dan kebutuhan tiap anakb. Pengalaman anak yang bermakna dan bermain sambil belajarc. Relevan, bertanggung jawab sesuai konteks sosial budaya anakd. Relevan, fokus dan menitik beratkan pada pengembangan perilaku
- Perkembangan seorang anak dipengaruhi hal-hal di sekitarnya seperti pekerjaan orang tua, kebijakan pemerintah dan kehidupan rumah tangga orang tuanya. Pengaruh tersebut oleh Bronfrenbrener disebut ….a. Mikrosistemb. Mesosistemc. Ekosistemd. Makrosistem
- Seorang anak dapat belajar dengan baik bila anak dalam kondisi tidak terancam dan ia merasa gembira. Hal itu dalam brain based learning termasuk prinsip….a. Otak selalu mencari makna atas informasi secara alamib. Otak memroses informasi secara keseluruhan maupun perbagian secara bersamaanc. Faktor motivasi belajar tergantung pada kondisi lingkungand. Faktor emosi mempengaruhi proses belajar
- Pendidik di lembaga PAUD harus memperhatikan waktu istirahat untuk anak-anak, karena meskipun anak-anak senang bergerak dan bermain namun tubuh mereka juga membutuhkan waktu untuk relaksasi. Oleh karenanya dalam merencanakan kurikulum perlu diperhatikan….a. Kesinambungan anak dalam melakukan kegiatanb. Keseimbangan anak dalam aktivitas dan istirahatc. Keseragaman anak dalam aktivitas dan istirahatd. Keteraturan aktivitas dan istirahat sehari-hari
- Pendidik di lembaga PAUD hrus mengnal anak didiknya secara individual sehingga setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat diketahui dan masalah yang dihadapi anak dapat diatasi dengan segera. Oleh karena itu pendidik di lembaga PAUD perlu memiliki pengetahuan tentang….a. Kurikulum pembelajaran anak usia dinib. Strategi belajar dan mengajarc. Tanda-tanda stress pada anak dan cara mengatasinyad. Ilmu gizi untuk anak usia dini
- Salah satu rambu perencanaan DAP untuk perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah….a. Menyediakan arena bermain yang luas dan menantangb. Mengenali potensi kreatif dari tiap anakc. Menanggapi anak dengan cara yang positif dan sensitifd. Melibatkan anak dalam kegiatan membaca dan bercerita
- Anak usia 2 tahun sudah dapat berjalan, namun dia belum dapat memegang bola atau benda-benda dengan baik. Hal itu karena perkembangan motorik bergerak dari….a. Motorik kasar ke motorik halusb. Tubuh bagian tengah ke arah bagian luarc. Bagian atas tubuh ke bagian bawah tubuhd. Motorik kecil ke motorik yang lebih besar
- Hal-hal yang mempengaruhi ukuran tubuh antara lain….a. Gizi, keamanan, kesehatan dan kelahiranb. Jenis k3l4min, gizi, kelahiran dan suku bangsac. Kecerdasan, gizi, kesehatan dan suku bangsad. Suku bangsa, keadaan tulang, gizi dan ilmu pengetahuan
- Kegiatan makan bersama dilembaga PAUD kadang-kadang dilakukan dengan cara prasmanan. Kegiatan semacam itu dilakukan untuk melatih anak bagaimana bersilaturahmi atau bagaimana melakukan jamuan untuk tamu atau menjadi tamu yang baik. Contoh tersebut termasuk salah satu fungsi sosial dalam makanan, yaitu fungsi….a. Komunikasib. Kekuatanc. Ekonomisd. Organoleptik
- Tingkat daya rusak cacat jasmani pada sikap anak bergantung pada beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah….a. Banyaknya kemampuan yang dimilikinyab. Rasa senasib sepenanggungan yang diterimanyac. Banyaknya kasih sayang yang didapatnyad. Rasa belas kasihan yang diterimanya
- Di Lembaga PAUD kegiatan pengembangan motorik dirancang dari kegiatan yang paling mudah dan sederhana ke kegiatan yang lebih sukar dan semakin kompleks. Misalnya dari kegiatan jalan pelan – jalan cepat – berlari jarak dekat – berlari cepat dengan jarak yangsemakin jauh. Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu prinsip perkembangan motorik, yaitu….a. Dimungkinkan untuk dapat ditentukanb. Cenderung mengikuti pola yang dapat diramalkanc. Dimungkinkan jika anak sudah matangd. Cenderung bergantung pada kekuatan otot
- Salah satu cara yang digunakan untuk mempelajari keterampilan motorik adalah dengan cara memperhatikan orang lain melakukan keterampilan tertentu. Cara tersebut termasuk dalam ….a. Trial and errorb. Imitationc. Interactiond. True and false
- Suatu penyakit mungkin saja akan menyebar dan menular dari satu anak ke anak yang lainnya. Salah satu strategi untuk menghentikannya adalah dengan....a. Menjaga kebersihan, sanitasi dan higienis secara praktisb. Memberikan imunisasi pada anak secara berkalac. Melindungi anak-anak dengan asupan gizi yang terbaikd. Menyediakan obat-obatan dan peralatan kesehatan selengkap mungkin
- Bayi memandang sebuah kaleng bekas susu sebagai benda yang dapat digelindingkan atau dipukul-pukul untuk menghasilkan bunyi. Menurut Piaget dalam skema kognitif, hal yang seperti itu termasuk dalam skema ….a. Simbolikb. Perilakuc. Operasionald. Inteligensi
- Zona dimana kemampuan seorang anak akan dapat berkembang secara optimal apabila diberikan intervensi yang tepat dari orang yang lebih tua disebut ….a. Zone of Proxima Developmentb. Zone of Proxima Distalc. Developmentally Appropriate Practiced. Development of Proportion Zone
- Berikut adalah beberapa alasan mengapa belajar berkolaborasi dianggap sangat efektif bagi anak, kecuali dalam belajar kolaborasi anak ….a. Lebih termotivasi ketika mengerjakan masalah secara bersamab. Dituntut untuk menjelaskan ide masing-masing sehingga mudah dipahamic. Lebih dapat menggunakan strategi kognitif kualitas tinggi saat bekerja bersamad. Dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin agar idenya dapat diterima dalam kelompok
- Anak-anak TK A diajak Ibu Dian menghitung panjang langkah kaki masing-masing menggunakan jengkal secara berkelompok. Menurut Anda, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal konsep ….a. Urutanb. Ukuranc. Bentukd. Kelompok
- Reno sering berpura-pura membaca dengan menggunakan kalimat sendiri sambil membuka dan menunjuk gambar dalam buku yang dibacanya. Dia mulai mengetahui bahwa setiap cerita yang baik mempunyai alur, yaitu ada bagian awal, tengah dan a khir. Reno juga mulai mengenal kata-kata yang sering didengarnya dan menyadari bahwa dunia dipenuhi dengan huruf-huruf. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan membaca anak usia ….a. 0 – 2 tahunb. 2 – 3 tahunc. 3 – 4 tahund. 4 – 5 tahun
- “Sandi, Tolong ambilkan map Ibu guru yang berwarna biru di ruang guru dan berikan kepada Ibu dewi di perpustakaan”. Perintah Ibu Tina kepada Sandi. Dengan cepat anak itu berlari ke ruang guru dan mengambil map warna biru lalu dia berlari kembali menuju perpustakaan dan menyerahkan map tersebut kepada Ibu Dewi. Hal itu menunjukkan bahwa Sandi sudah memahami perintah yang lebih panjang dan kompleks. Ilustrasi tersebut merupakan gambaran perkembangaaan mendengar anak usia ….a. Taman Kanak-kanakb. Kelompok bermainc. Toddlerd. bayi
- Ibu Lusi adalah pendidik di kelompok bermain. Dia bertanya pada anak didiknya. “ Anak-anak,apa yang tadi pagi kalian lakukan sebelum berangkat ke sekolah?” Kegiatan tersebut dilakukannya karena Ibu Lusi mengetahui bahwa dalam perkembangan bicara anak usia KB sudah dapat....a. Berbicara dengan gaya bahasa yang baik sesuai kaidah bahasab. Berpartisipasi dalam percakapan yang lebih panjang dan fokusc. Memotivasi diri untuk berani mengemukakan pendapatnyad. Mendengarkan dan bicara secara sistematis dan tertata rapi
- Semua benda yang terdapat dalam ruang kelas di Kelompok Bermain Permata mempunyai label yang menunjukkan namanya. Peraturan-peraturan yang berlaku dalam kelompok tersebut juga terpampang di berbagai sudut kelas dalam bentuk tulisan dan gambar. Misalnya: “jangan berlari-lari”, “Cuci tangan sebelum makan”, Letakkan tasmu di sini” dan lain-lain. Ilustrasi tersebut menujukkan salah satu cara mendorong perkemb angan …a. Mendengarb. Berbicarac. Menyimakd. Menulis
Jawaban:
- b. Pertama dan utama
- b. Sudah dapat menghitung benda di sekitarnya
- a. Membunuh bakteri, fungi dan virus
- d. Dipteri
- d. Relevan, fokus dan menitik beratkan pada pengembangan perilaku
- c. Ekosistem
- d. Faktor emosi mempengaruhi proses belajar
- b. Keseimbangan anak dalam aktivitas dan istirahat
- c. Tanda-tanda stress pada anak dan cara mengatasinya
- c. Menanggapi anak dengan cara yang positif dan sensitif
- a. Motorik kasar ke motorik halus
- c. Kecerdasan, gizi, kesehatan dan suku bangsa
- a. Komunikasi
- d. Rasa belas kasihan yang diterimanya
- a. Dimungkinkan untuk dapat ditentukan
- b. Imitation
- a. Menjaga kebersihan, sanitasi dan higienis secara praktis
- b. Perilaku
- a. Zone of Proxima Development
- d. Dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin agar idenya dapat diterima dalam kelompok
- b. Ukuran
- c. 3 – 4 tahun
- b. Kelompok bermain
- b. Berpartisipasi dalam percakapan yang lebih panjang dan fokus
- d. Menulis
Post a Comment for "Soal Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD Beserta Jawaban"