Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Dasar-Dasar Pendidikan TK
- Andi termasuk kategori anak yang cerdas di TK kelompok A, padahal usia Andi masih 4 tahun. Setiap kali memberi tugas pada Andi , Ibu Guru selalu memberi tugas yang lebih tinggi tingkat kesulitannya dari pada teman –temannya. Perlakuan guru terhadap Andi berdasarkan perbedaan.... |
a. Tingkat kecerdasan
b. Latar belakang keluarga
c. Kreativitas
d. Usia - Bu Tika guru TK di kelas A yang tergolong guru yang kreatif. Sebelum membimbing anakanak untuk belajar sambil bermain, Bu Tika terlebih dahulu melakukan wawancara langsung terhadap semua orang tua murid waktu mengantar anaknya ke sekolah tentang sifat atau kebiasaan anak, kemampuan anak, termasuk makanan kesukaan anak, dll. Nah setelah itu Bu Tika baru membuat bahan ajar untuk kelas A yang diasuhnya. Bu Tika melakukan hal ini setiap akan dimulainya tahun ajaran baru. Dari ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa bu Tika melakukan prosedur pengemasan bahan belajar di TK berdasarkan....
a. Kondisi kemampuan anak
b. Analisis kebutuhan
c. Latar belakang keluarga
d. Ekonomi keluarga - Tias anak TK kelas C. Dia punya bakat menyanyi. Hal itu nampak setiap disuruh menyanyi di kelas, dia sangat bersemangat. Apabila di sekolah diberi pelajaran beryanyi yang baru dia cepat hafal dan cepat dapat menirukan lagu baru tersebut dengan sempurna . Untuk mengembangkan bakat Tias, maka Ibu Tias setiap malam sebelum Tias tidur selalu....
a. Menyuruh belajar menulis lagu –lagu daerah milik kakaknya
b. Melatih Tarian Tias melalui lagu anak-anak yang sedang beredar
c. Meminta Tias untuk berlatih menyanyi
d. Sering-sering membaca - Tito anak lulusan dari sebuah sekolah TK di Jakarta Timur. Seusai tamat dari TK Tito langsung diterima di SD negeri yang tidak jauh dari rumahnya. Teman-teman Tito yang lain semuanya diterima di SD negeri, tidak ada satupun yang tidak diterima di SD. Dari ilustrasi tersebut silakan analisis bagaimana kurikulum di TK?
a. Sangat efektif dan efisien untuk pendidikan di SD, sehingga semua siswa lulusan TK diterima di seluruh SD negeri
b. Sesuai dengan permintaan orang tua di jenjang pendidikan dasar, sehingga semua lulusan TK memenuhi persyaratan untuk masuk SD
c. Sesuai dengan kepentingan pihak sekolah karena mempermudah guru SD Nantinya
d. Sangat relevan dengan persyaratan yang diperlukan untuk masuk di sekolah dasar, sehingga semua lulusan TK diterima di SD - Kompetensi guru TK antara lain memahami karakteristik peserta didik usia TK yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya, serta memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali murid dan masyarakat. Dari ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa kompetensi tersebut termasuk kompetensi ....
a. Pedagogik
b. Kepribadian
c. Profesional
d. Ahli - Prinsip-prinsip pembelajaran di TK yang berorientasi pada belajar seraya bermain adalah....
a. Pendidik harus memilih permainan dan media yang modern untuk pembelajaran di TK
b. Kegiatan pembelajaran hendaknya dilakukan dalam situasi kesenangan guru
c. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan anak
d. Pendidik harus sering menyuruh anak sering menghafal bacaan - Salah satu cara menyusun silabus dalam kegiatan di TK adalah....
a. Harus disusun secara sistematik
b. Sesuai usulan masyarakat setempat
c. Sesuai otonomi daerah
d. Harus memuat seluruh mata pelajaran - Isi pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran di TK,seyogianya....
a. Sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
b. Materi merupakan komponen utama
c. Selaras dengan jenis dan jumlah materi
d. Memuat hal-hal yang mutakhir - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kelas yaitu....
a. Membut anak tunduk dan taat
b. Memiliki teknik menenangkan kelas
c. Menyajikan kegiatan yang sesuai keinginan kita
d. Selalu menerapkan model yang sama - Yang dimaksud keluarga dalam lingkungan sosial TK adalah bahwa keluarga merupakan ....
a. Anggota masyarakat yang mempunya sedikit peran dalam mendidik anak
b. Tempat untuk berkonsultasi antara guru dengan peserta didik
c. Tempat pertama dan utama bagi anak dalam mendapatkan pendidikan
d. Tempat memprotes segala hal - Hakikat kompetensi guru PAUD adalah seseorang yang memiliki kemampuan....
a. Sebagai pendidik professional dengan tugas utama mendidik dan membimbing anak usia dini pada jalur formal dan nonformal
b. Mengajar di TK pada jalur formal maupun non formal dan berkualifikasi Diploma III dari semua bidang ilmu
c. Mengembangkan potensi anak usia dini serta berkualifikasi Sarjana atau Diploma IV dari lembaga yang diakui
d. Wajib menguasai komputer untuk mengajari anak - Bu Ambar adalah guru PAUD di kelas A. Anak-anak nampak sangat dekat dengan Bu Ambar yang sabar, ramah, cantik, dan disegani anak. Penampilan Bu Ambar tersebut menunjukkan salah satu contoh dari kompetensi kepribadian seorang guru TK antara lain....
a. Keras
b. Penyayang anak
c. Harus pandai
d. Tegas - Bu Atika seorang guru PAUD . Pendidikan terakhir Bu Atika S1 Pendidikan usia dini. Bu Atika memiliki pembawaan sebagai guru yang ceria, sayang pada anak, dan pandai bergaul. Ciri-ciri tersebut merupakan profil umum pendidik PAUD. Selain itu guru mempunyai peran yang menjadikan anak sebagai subjek dalam mengembangkan pembelajaran. Pernyataan ini sesuai pendapat....
a. Amien (Ali Nugraha, 2008)
b. Amien (Ali Nugraha, 2005)
c. Sahertian (Hadiyanto, 2004)
d. Hoyley (Hadiyanto, 2004) - Beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh pendidik dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik PAUD diantaranya adalah....
a. Menaruh perhatian dan sikap cinta terhadap anak didik
b. Dapat mengajar diberbagai jenjang lembaga pendidikan
c. Mempunyai pengetahuan yang sangat luas sekelas professor
d. Dapat menguasai bahasa Jerman - Model pembelajaran menurut Joyce dan Weil adalah....
a. Kualifikasi pendidikan yang dapat dijadikan bekal calon guru untuk menentukan model pembelajaran sendiri
b. Suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk menyusun SKH di PAUD untuk setiap semester
c. Model pembelajaran yang menuntut keaktifan seimbang antara guru dan siswa setiap kegiatan pembelajaran
d. Model pembelajaran Scientifik - Pengertian profesi yang benar menurut Ornstein dan Levine adalah....
a. Mempunyai kadar kepercayaan yang tinggi dari publik dibanding jabatan lainnya
b. Mempunyai organisasi yang diatur oleh aggota profesi sendiri
c. Suatu pembelajaran yang memiliki fungsi dan signifikansi sosial yang menentukan
d. Mempunyai standar prasarana sesuai yang ditetapkan - Syarat-syarat profesi guru menurut National Education Asociation (NEA, 1948) menyarankan kriteria sebagai berikut....
a. Kegiatan yang menuntut aktivitas dan motivasi untuk belajar tuntas
b. Jabatan yang mempunyai organisasi professional yang kuat
c. Jabatan yang mementingkan keuntungan pribadi di atas layanan
d. Kegiatan yang menjamin masa depan - Yang dimaksud kode etik guru TK adalah....
a. Pedoman sikap dan tingkah laku yang harus dimiliki untuk menjadi guru, khususnya guru TK
b. Sebuah janji yang harus ditepati dan dilaksanakan oleh seseorang yang berprofesi sebagai guru
c. Landasan pengetahuan guru yang harus menguasai pengetahuan apa saja
d. Guru harus selalu pintar dari anak didiknya - Hubungan guru dengan peserta didik ditunjukkan dalam kegiatan....
a. Tanya jawab tentang masalah keluarga anak didik
b. Menyusun RPP dan instrument penilaian
c. Bekerjasama dalam menyusun program pembelajaran
d. Membahas hasil diskusi kelas - Yang dimaksud hakikat profesi guru TK adalah....
a. Jabatan seorang guru yang bertugas mengajar peserta didik dengan penuh tanggung jawab
b. Suatu organisasi keguruan yang berfungsi meningkatkan profesi sebagai seorang guru TK
c. Profesi yang diemban oleh semua guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas
d. Jabatan seseorang yang berperan dalam mengembangkan potensi anak usia 4-6 tahun - Bu Susi adalah Kepala TK Dharmakarya. Bu Susi selalu mendorong para guru untuk selalu meningkatkan kualitas kinerjanya, dan memberi motivasi pada para guru untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya guna memperbaiki kualitas SDM dan sekolah yang dibinanya. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk….
a. Biar bisa cepat naik jabatan
b. Meningkatkan kualitas SDM di TK serta memperbaiki mutu pendidikan
c. Melakukan pengembangan karier terhadap dirinya sendiri
d. Menghindarkan diri dari sikap, dan perbuatan yang bersifat memaksa - Prosedur penilaian kegiatan untuk anak usia 3-6 tahun diantaranya....
a. Rambu-rambu penilaian harus terpisah dengan kurikulum
b. Hasil penilaian diupayakan menguntungkan guru dan sekolah
c. Penilaian harus mencakup semua aspek perkembangan
d. Penilaian disusun sesuai tuntutan orang tua wali - Karakteristik penilaian pembelajaran di TK adalah....
a. Penilaian kegiatan belajar di kelas harus merespons kebutuhan guru dan sekolah
b. Teknik penilaian di TK terdiri dari penilaian unjuk kerja, sikap, dan portofolio
c. Alat penilaian yang digunakan tidak boleh sesuai dengan SKH yang disusun
d. Penilaian sesuai perintah kepala pemerintahan setempat - Asumsi dasar 1 penilaian kegiatan belajar di kelas bertujuan untuk....
a. Mengukur efektivitas pendidikan
b. Memperbaiki pembelajaran
c. Menilai ruang kelas
d. Meningkatkan efektivitas pembelajaran - Evaluasi proses berbeda dengan evaluasi bulanan, karena evaluasi proses dilakukan pada saat proses kegiatan belajar-mengajar berlangsung sedangkan evaluasi bulanan dilakukan setiap bulan berupa laporan yang bertujuan untuk....
a. Memberi laporan perkembangan anak
b. Mengetahui tolok ukur keberhasilan program
c. Menentukan anak-anak berbakat
d. Mengelompokkan anak berdasarkan usia
Jawaban:
- a. Tingkat kecerdasan
- b. Analisis kebutuhan
- c. Meminta Tias untuk berlatih menyanyi
- d. Sangat relevan dengan persyaratan yang diperlukan untuk masuk di sekolah dasar, sehingga semua lulusan TK diterima di SD
- a. Pedagogik
- c. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan anak
- a. Harus disusun secara sistematik
- a. Sesuai dengan tujuan yang akan dicapai
- b. Memiliki teknik menenangkan kelas
- c. Tempat pertama dan utama bagi anak dalam mendapatkan pendidikan
- c. Mengembangkan potensi anak usia dini serta berkualifikasi Sarjana atau Diploma IV dari lembaga yang diakui
- b. Penyayang anak
- a. Amien (Ali Nugraha, 2008)
- a. Menaruh perhatian dan sikap cinta terhadap anak didik
- c. Model pembelajaran yang menuntut keaktifan seimbang antara guru dan siswa setiap kegiatan pembelajaran
- a. Mempunyai kadar kepercayaan yang tinggi dari publik dibanding jabatan lainnya
- b. Jabatan yang mempunyai organisasi professional yang kuat
- a. Pedoman sikap dan tingkah laku yang harus dimiliki untuk menjadi guru, khususnya guru TK
- d. Membahas hasil diskusi kelas
- d. Jabatan seseorang yang berperan dalam mengembangkan potensi anak usia 4-6 tahun
- b. Meningkatkan kualitas SDM di TK serta memperbaiki mutu pendidikan
- c. Penilaian harus mencakup semua aspek perkembangan
- b. Teknik penilaian di TK terdiri dari penilaian unjuk kerja, sikap, dan portofolio
- d. Meningkatkan efektivitas pembelajaran
- a. Memberi laporan perkembangan anak
Post a Comment for "Soal Dasar-Dasar Pendidikan TK Beserta Jawaban"