Soal Metode Pengembangan Bahasa Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Metode Pengembangan Bahasa
  1. Terdapat sejumlah alasan guru untuk menumbuhkan cinta membaca pada anak. Pilih satu yang bukan alasan menurut Leonard (1999:27) adalah ... 
    a. Anak yang senang membaca akan membaca dengan baik dan sebagian waktunya digunakan untuk membaca 
    b. Membaca akan memberikan wawasan yang lebih luas dalam segala hal dan membuat belajar lebih mudah 
    c. Membaca dapat membantu anak-anak untuk memiliki rasa kasih sayang 
    d. Membaca untuk melepaskan diri dari kenyataan 
  2. Kemampuan membaca seperti juga kemampuan menulis merupakan kegiatan yang komplek, artinya banyak faktor yang mempengaruhinya seperti faktor motivasi, lingkungan , keluarga dan guru. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ... 
    a. Anderson 
    b. Tampubolon 
    c. Grifin 
    d. Leonhardt 
  3. Ketika anak diperkenalkan dengan buku dan ia mulai tumbuh kesadaran akan tulisan dalam buku, menemukan kata yang pernah ditemuai sebelumnya, dan mengungkapkan katakata yang bermakna terkait dengan dirinya serta mengenal tulisan kata-kata pusisi, lagu dan sudah mengenal abjad. Pernyataan ini adalah salah satu contoh tahapan dalam perkembangan membaca menurut Cochrane Efal yakni tahap ... 
    a. Fantasi 
    b. Pembentukan konsep diri 
    c. Membaca gambar 
    d. Membaca lancar 
  4. Hasil penelitian Grifin dkk (1998) menyatakan sekolah yang mengajarkan keterampilan pra membaca di TK berdampak positif terhdapa anak ketika memasuki sekolah dasar. Pilih satu jawaban yang tidak termasuk pernyataan hasil penelitian Grifin tersebut adalah kemampuan ...
    a. Membedakan auditorial 
    b. Diskriminasi visual 
    c. Memainkan komputer 
    d. Bahasa lisan 
  5. Menurut Jolongo (2007) perkembangan menulis yang saling berkaitan dengan menggambar dalam tahap awal disebut tidak ada huruf-huruf yang dapat dikenal. Dalam tahap ini lebih menunjukkan konsep komunikasi melalui simbol, yakni... kecuali 
    a. Random scribbling 
    b. Controlled scribbing 
    c. Name of scribbing 
    d. Modeling scribbing 
  6. Banyak para ahli yang mengklasifikasikan literatur berdasarkan usia anak. Berikut adalah contoh buku yang tepat sesuai dengan anak yang berusia 2- 4 tahun, adalah buku yang ...
    a. Berwarna warni
    b. Mempunyai cerita yang sederhana dengan dengan akhir yang menyenangkan
    c. Mempunyai imajinasi, fantasi, komedi, dongeng dan buku yang berisi informasi
    d. Mempunyai fantasi tinggi, memecahkan masalah dan mengidentifikasi karakter 
  7. Peranan literatur dalam pengembangan bahasa bagi anak adalah sebagai berikut, kecuali ...
    a. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca pada anak
    b. Memperluas pengetahuan anak
    c. Memberikan dasar-dasar ke arah belajar secara mandiri
    d. Mendorong dan mengembangkan potensi diri yang memiliki egoisme tinggi 
  8. Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan bahasa anak khususnya membentuk kebiasaan membaca anak dan cinta buku, kecuali:
    a. Bawa anak ke toko buku yang terkenal dan terlengkap koleksi bukunya
    b. Membaca dan berbicara tentang buku-buku dengan cinta dan kasih sayang
    c. Pastikan bahwa di kelas ada cukup buku untuk semua anak
    d. Buat suasana yang menyenangkan untuk membaca 
  9. Literatur anak-anak adalah pembelajaran yang baik untuk anak karena akan merangsang daya pikir dan imajinasi dengan baik. Manfaat buku bagi anak akan menggabungkan beberapa kualitas sebagai berikut, kecuali
    a. Memperpanjang pengalaman
    b. Sediakan bantuan bahasa
    c. Sediakan dana secukupnya
    d. Sediakan dukungan untuk pembaca 
  10. Bahan pustaka atau literatur begitu banyak jenis dan ragamnya yang kesemuanya bertujuan mendukung pengembangan bahasa atau pengetahuan anak. Berikut adalah jenis karya cetak atau karya grafis sebagai berikut, kecuali:
    a. Majalah
    b. Piringan hitam
    c. Surat kabar
    d. Laporan 
  11. Berikut adalah contoh yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa memiliki kemampuan mendengar yang dikaitkan dengan proses pemebalajaran, kecuali:
    a. Memainkan beberapa musik yang diminati
    b. Menggunakan lagu-lagu berisi cerita
    c. Saya bercerita, kamu mengerjakan, latihan untuk bekerja sama, yang satu menyebutkan yang lain mengerjakan
    d. Simak - kerjakan
  12. Pengumpulan data instrumen perkembangan anak dengan teknik observasi karena anak berkembangan sangat pesat sehingga lebih menekankan pada proses yang tidak dapat dilepaskan dengan pemilihan metode. Berikut beberapa metode yang digunakan dalam teknik observasi, kecuali
    a. Metode daftar nama digunakan untuk pencatatan menyesuaikan kegiatan rutin, menjaga diri, perkembangan fisik dan tahap perkembangan sosial
    b. Jurnal refleksi digunakan untuk mencatat ekspresi dan emosi, berpikir, pertanyaan dan ujian pribadi
    c. Cacatan anekdot digunakan untuk mencatat frekuensi kejadian, penggunaan dan pemilihan kegiatan
    d. Cek list digunakan untuk mencatat kemampuan menjaga diri, perkembangan fisik dan perkembangan non fisik 
  13. Perkembangan menulis berkaitan dengan menggambar. Para ahli menyatakan menggambar sebagai bagian dari menulis terutama pada saat awal. Pada saat itu anak lebih cenderung mencoret-coret baik itu dalam bentuk tulisan atau gambar. Kaitan antara menggambar dan menulis antara lain sebagai berikut. Anda dapat menganalisa keterkaitan menggambar dengan menulis melalui alternatif jawaban, dan pilih satu yang alternatif jawaban yang tidak menunjukkan keterkaitan antara menggambar dan menulis yakni ....
    a. Menulis dan menggambar keduanya memerlukan keahlian motorik
    b. Peningkatan prestasi belajar maksimal
    c. Menulis dan menggambar sesuai dengan perkembangan anak
    d. Menulis dan menggambar merupakan persyaratan utama anak memasuki dunia pendidikan 
  14. Untuk dapat melakukan asesmen perkembangan bahasa anak usia dini diperlukan pemahaman yang lebih spesifik terhadap indikator pencapaian perkembangan bahasa adalah anak usia. ..
    a. Empat bulan belum memberi reaksi terhadap suara
    b. Satu tahun telah mampu menyebutkan kata tunggal
    c. 18 sampai 24 bulan telah memiliki kosakata sampai 100 kata termasuk nama dan mainan
    d. Dua tahun telah mampu mengerti sampai 13.000 kata 
  15. Salah satu keberhasilan dalam proses asesmen perkembangan anak adalah ketepatan guru dalam membuat isntrumen perkembangan anak. Berikut contoh langkah-langkah yang harus diperhatikan guru saat menyusun instrumen, kecuali ....
    a. Mengidentifikasi variabel
    b. Menganalis teori
    c. Menyusun definisi operasional
    d. Menyusun laporan hasil asesmen 
  16. Berbagai strategi dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak agar anak menjadi pendengar aktif, kecuali
    a. Mempertahankan kontak mata
    b. Menggunakan bahasa verbal
    c. Menangkap pengertian
    d. Mengolah pesan
  17. Berikut contoh sejumlah metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan menyimak . Pilihlah satu metode yang tidak sesuai untuk mengembangkan kemampuanmenyimak pada anak, adalah ...
    a. Simak - ulang ucap
    b. Simak – kerjakan
    c. Simak – terka
    d. Simak - gambar 
  18. Permainan mendengarkan berkaitan dengan ...
    a. Benda
    b. Warna warni
    c. Bunyi-bunyian
    d. Tulisan 
  19. Media visual yang sering digunakan adalah televisi. Tidak diragukan lagi bahwa televisi dapat membantu memperkaya perbendaharaan kata-kata atau bahasa AUD. Untuk memanfaatkan televisi tersebut langkah yang harus dilakukan guru adalah ... kecuali:
    a. Mendampingi ketika menonton tayangan
    b. Memberi penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami anak
    c. Memberi kesempatan kepada anak untuk bertanya seluas luasnya
    d. Mengajukan pertanyaan terkait dengan tayangan televisi tersebut 
  20. Berikut adalah peranan menyimak, kecuali ...
    a. Memperlancar komunikasi lisan
    b. Meningkatkan keterampilan berbahasa
    c. Landasan belajar bahasa
    d. Memberitahukan sesuatu informasi 
  21. Kemampuan berbicara berhubungan dengan fonologi, morfologi, sintaksis, dan menyimak. Anak berbicara sangat erat kaitannya dengan aktivitas menfdengarkan bunyi-bunyi, termasuk mendengarkan orang bicara. Terdapat unsur-unsur kemampuan berbicara pada anak, pilih satu yang bukan merupakan unsur kemampuan bicara anak.
    a. Perkembangan kosa kata
    b. Ekspresi
    c. Lafal ucapan
    d. Intonasi suara 
  22. Sebelum mengajarkan membaca pada anak, dasar-dasar kemampuan membaca atau kemampuan kesiapan membaca perlu dikuasai oleh anak. Kemampuan kesiapan yang dimaksud adalah sebagai berikut, kecuali kemampuan ...
    a. Penghafal aksara atau huruf
    b. Diskriminasi visual
    c. Bahasa lisan
    d. Membedakan auditorial 
  23. Berikut adalah sejumlah contoh strategi dalam membaca permulaan yang dapat dilakukan guru pada lembaga PAUD yakni dengan menerapkan konsep DAP atau Developmentally Aproppriate Practice, kecuali
    a. Mengeksplorasi buku
    b. Memperbanyak fasilitas pembelajaran
    c. Memahami urutan
    d. Mengenali kata-kata adalah simbol
  24. Cara mengenalkan buku bacaan bagi anak agar anak memiliki sifat cinta buku diperlukan suatu proses yang harus ditempuh yakni pembangkitan minat, relasi makna, dan refleksi. Pada tahap pembangkitan diharapkan anak secara aktif terlibat dalam mengingingat apa yang anak tahu tentang topik. Selanjutnya tahap relasi makna, dalam fase ini anak akan datang ke dalam ide-ide baru dari teks dalam buku, serta tahap terakhir adalah tahap refleksi. Inti dari fase ini adalah ...
    a. Anak diharapkan untuk mengungkapkan dalam kata-kata sendiri ide-ide yang mereka temui
    b. Anak didorong untuk mulai berpikir tentang topik dan mereka akan mengeksplorasi secara rinci
    c. Memperkenalkan judul dan penulis dari teks dan ilustrasi
    d. Melihat ilustrasi dan memprediksi konten sesuai dengan ilustrasi 
  25. Menurut Hurlock terdapat sejumlah kriteria untuk mengukur tingkat kemampuan berbicara anak usia dini sehingga dapat diketahui apakah anak bicara secara benar atau hanya sekedar ‘membeo’, kecuali anak ...
    a. Mampu melafalkan kata-kata yang dapat dipahami orang lain dengan mudah
    b. Mengetahui arti kata yang digunakan dan mampu menghubungkannya dengan objek yang diwakilinya
    c. Memahami kata-kata tersebut bukan karena telah sering mendengar atau menduga-duga
    d. Mampu mengucap ulang kata-kata yang diucapkan orang dewasa tanpa ada kesalahan
Jawaban:
  1. d. Membaca untuk melepaskan diri dari kenyataan 
  2. a. Anderson 
  3. c. Membaca gambar 
  4. c. Memainkan komputer 
  5. d. Modeling scribbing 
  6. b. Mempunyai cerita yang sederhana dengan dengan akhir yang menyenangkan 
  7. d. Mendorong dan mengembangkan potensi diri yang memiliki egoisme tinggi 
  8. a. Bawa anak ke toko buku yang terkenal dan terlengkap koleksi bukunya 
  9. c. Sediakan dana secukupnya 
  10. b. Piringan hitam 
  11. d. Simak - kerjakan
  12. c. Cacatan anekdot digunakan untuk mencatat frekuensi kejadian, penggunaan dan pemilihan kegiatan 
  13. d. Menulis dan menggambar merupakan persyaratan utama anak memasuki dunia pendidikan
  14. c. 18 sampai 24 bulan telah memiliki kosakata sampai 100 kata termasuk nama dan mainan  
  15. d. Menyusun laporan hasil asesmen
  16. d. Mengolah pesan
  17. d. Simak - gambar 
  18. c. Bunyi-bunyian 
  19. c. Memberi kesempatan kepada anak untuk bertanya seluas luasnya 
  20. a. Memperlancar komunikasi lisan 
  21. d. Intonasi suara 
  22. a. Penghafal aksara atau huruf 
  23. b. Memperbanyak fasilitas pembelajaran 
  24. a. Anak diharapkan untuk mengungkapkan dalam kata-kata sendiri ide-ide yang mereka temui
  25. d. Mampu mengucap ulang kata-kata yang diucapkan orang dewasa tanpa ada kesalahan 

Post a Comment for "Soal Metode Pengembangan Bahasa Beserta Jawaban"