Soal Metode Pengembangan Sosial Emosional Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Metode Pengembangan Sosial Emosional
  1. Jika orang tua salah menerapkan pola pengasuhan bagi anak-anaknya maka akan berdampak pada ketidakstabilan emosi, yang meliputi hal berikut ini kecuali ....
    a. Tidak tahan terhadap stress
    b. Mudah tersinggung
    c. Sifat tidak dapat diprediksi
    d. Intelektual rendah 
  2. Salah satu tujuan mengevaluasi anak usia dini adalah untuk mengetahui apakah anak....
    a. Lebih baik bila dibandingkan dengan anak-anak lainnya
    b. Sudah bisa lulus atau naik kelas
    c. Memerlukan bantuan atau layanan khusus
    d. Sudah mencapai harapan dari guru 
  3. Proses mendokumentasikan kegiatan atau perilaku khusus atau yang luar biasa baik posistif maupun negatif yang teramati yang dituangkan berupa catatan ringkas merupakan salah satu teknik evaluasi, yaitu....
    a. Ceklis
    b. Portofolio
    c. Catatan anekdot
    d. Observasi 
  4. Aktivitas pembiasaan yang dapat dilakukan dalam pengembangan karakter anak usia dini dapat diarahkan untuk mencapai 9 pilar karakter yang disampaikan oleh Megawangi, diantaranya sebagai berikut, kecuali ....
    a. Cinta Tuhan dan kebenaran
    b. Tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian
    c. Kasih sayang, kepedulian dan kerjasama
    d. Hormat, konservatif dan rendah diri
  5. Lisa (3 tahun) tiba-tiba membuka tas milik Desi (3 tahun) tanpa minta izin siempunya tas. Ibu guru menegur Lisa dan Lisa menjawab bahwa dia membuka tas itu untuk mencari mainan yang kemarin dibawa Desi. Kemudian Ibu guru mengatakan pad Lisa agar meminta izin dulu sebelum membuka tas milik Desi. Tindakan Ibu Lisa tersebut dilakukan untuk mengevaluasi karakter anak dalam hal....
    a. Hormat dan sopan santun anak
    b. Kejujuran anak
    c. Kedermawanan anak
    d. Kepercayaan diri anak
  6. Jika guru ingin menerapkan tema ”Buah mangga” maka kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan aspek perkembangan anak diantaranya adalah sebagai berikut kecuali ....
    a. Membuat bentuk ”buah mangga” dengan playdough
    b. Bercerita tentang manfaat buah mangga
    c. Membuat asinan buah mangga
    d. Praktik langsung makan buah mangga 
  7. Kegiatan pengembangan sosial emosional yang dilakukan setiap hari baik secara langsung maupun diintegrasikan dalam kegiatan pengembangan lainnya termasuk dalam pengembangan yang dilakukan melalui kegiatan ....
    a. Rutin
    b. Spontan
    c. Terprogram
    d. Keteladanan 
  8. Anak-anak kelompok A TK Budaya sedang bermain menirukan gerakan binatang dambil bernyanyi di dalam kelasdipimpin oleh Ibu Dewi. Tiba-tiba hujan turun dan beberapa anak berlarian ke jendela untuk melihatnya. Memperhatikan hal tersebut, Ibu Dewi langsung mengajak semua anak-anak untuk ke jendela dan menjelaskan bertanya jawab tentang hujan. Kejadian tersebut termasuk contoh pelaksanaan kegiatan melalui kegiatan ....
    a. Rutin
    b. Spontan
    c. Terprogram
    d. Keteladanan 
  9. Salah satu hal yang harus diperhatikan anak dalam upaya pengembangan emosi yang sehat adalah ia harus belajar menjadi pemimpin, menjadi anggota dan cara belajar berbagi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam kebutuhan untuk....
    a. Memperoleh kesempatan untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi jika gagal
    b. Memiliki rasa aman dalam menjalin hubungan dengan orang lain
    c. Memiliki kepercayaan pada dirinya sendiri
    d. Mendapatkn rasa cinta dan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya 
  10. Anak usia dini perlu dilatih untuk menunggu giliran atau bersabar guna mendapatkan giliran. Ilustrasi ini dalam materi pengembangan emosi anak usia dini termasuk dalam materi ....
    a. Harapan dan masa depan
    b. Cinta dan kasih sayang
    c. Pengendaian emosi
    d. Penanaman emosi 
  11. Ibu Linda sering mengadakan kegiatan yang memungkinkan anak bekerja dalam kelompok. Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat bekerja sama dan mengenal temantemannya. Kegiatan yang dilakukan Ibu Linda termasuk dalam strategi untuk mengembangkan kemampuan ....
    a. Mengenali emosi
    b. Memahami perasaan orang lain
    c. Mengelola dan mengekspresikan emosi
    d. Membina hubungan dengan orang lain 
  12. Untuk melatih kemampuan anak dalam mengenali emosinya sendiri dan untuk menenangkan diri dengan menggunakan musik dengan berbagai genre. Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan menerapkan metode....
    a. Bernyanyi dan bermain musik
    b. Bermain dengan hand puppet
    c. Bercerita dengan buku
    d. Latihan relaksasi dan meditasi dengan musik 
  13. Hari ini Ibu Susi berencana akan mengajak anak-anak mendengarkan musik lembut sambil berbaring di lantai kelas dengan mata tertutup. Kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan penutup. Ilustrasi itu menggambarkan rancangan kegiatan ....
    a. Demonstrasi
    b. Relaksasi
    c. Bercerita
    d. Gerak dan lagu 
  14. Sasaran pengembangan keterampilan sosial untuk bayi yang baru lahir adalah memperkuat ikatan ibu dan bayi melalui....
    a. Interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan
    b. Penonjolan respon orang tua terhadap perilaku bayi
    c. Latihan mencium tangan orang yang lebih tua
    d. Mendorong anak untuk bermain dengan anak lain 
  15. Latihan sosial pada anak harus dimulai dari lingkungan rumah. Orang tua harus dapat membuat anak-anak nyaman dalam bersosialisasi dengan cara ....
    a. Menyiapkan materi keterampilan sosial secara nyata
    b. Memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta
    c. Mendampingi anak sepanjang waktu
    d. Merubah tatanan lingkungan rumah secara berkala 
  16. Orang tua dewi (4 tahun) memiliki kekmampuan ekonomi yang sangat baik. Mereka tinggal di lingkungan perumahan mewah. Namun sayangnya ayah dan ibu Dewi hampir setiap hari bertengkar karena mereka terlalu lelah bekerja di luar rumah. Hal ini membuat Dewi menjadi minder dan takut jika bertemu dengan orang dewasa lainnya. Ilustrasi tersebut menggambarkan betapa pentingnya orang tua....
    a. Melindungi anak dari orang dewasa lain di luar rumah
    b. Bertengkar di depan anak, agar anak mengetahui masalah yang dihadapi orang tua
    c. Memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta
    d. Memiliki rumah mewah dan megah 
  17. Metode dalam pengembangan keterampilan sosial yang memungkinkan anak-anak usia dini dapat mengenal dan berinteraksi dengan teman sebayanya adala....
    a. Mengelompokkan anak
    b. Belajar berbagi
    c. Bermain soliter
    c. Keteladanan dan peniruan 
  18. Setiap pagi, Ibu Lina menyambut anak-anak di depan gerbang sekolah. Dia selalu menyalami anak-anak dan orang tuanya serta menyambut dengan ramah. jika ada anak yang tidak mau menyalaminya maka Ibu Lina akan mengatakan ”Nihh... Ibu guru saja salam sama mama kamu, nah kamu juga salam yaaa sama ibu guru...” Ilustrasi tersebut menggambarkan salah satu metode pengembangan sosial anak usia dini yaitu....
    a. Belajar berbagi
    b. Pengelompokkan anak
    c. Bermain kooperatif
    d. Keteladanan dan peniruan 
  19. Batasan pengembangan karakter pada anak usia dini menurut Gordon Vessels dan William Huit adalah berikut ini, kecuali....
    a. Pengembangan rasa tanggung jawab
    b. Peningkatan kapasistas untuk disiplin
    c. Pengakuan karakter pribadi dan ide seseorang
    d. Pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis 
  20. Andi selalu mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain baik teman sebaya maupun dengan orang dewasa. Saat ada temannya yang tidak menjawab salamnya, Andi menegurnya dan mengatakan “kenapa kamu tidak menjawab salamku?”. Perilaku Andai tersebut termasuk salah satu sasaran pengembangan karakter yaitu dalam hal....
    a. Compassion
    b. Respect
    c. Excellence
    d. Fidelity 
  21. Dalam menentukan metode pengembangan karakter anak usia dini terdapat tahap persiapan yang salah satunya adalah menilai kebutuhan masyarakat tentang....
    a. Tuntutan dan kebutuhan karakter yang ingin dikembangkan pada anak
    b. Identifikasi jumlah anak dan keluarga yang sudah berkarakter baik
    c. Pengalaman belajar yang diharapkan akan didapat anak didik
    d. Kemampuan yang telah dimiliki oleh anak didik sebelum mengikuti pendidikan karakter 
  22. Anak-anak kelompok bermain melakukan kegiatan menggosok gigi setiap hari Selasa. Hal ini dilakukan untuk melatih anak-anak menjaga kebersihan dan perawatan dirinya sendiri. Ilustrasi tersebut menggambarkan pengembangan karakter dengan tujuan untuk ....
    a. Dalam mempertimbangkan perasaan orang lain
    b. Meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat
    c. Menghormati hewan dan alam sekitarnya
    d. Untuk menghindari situasi berbahaya 
  23. Afeksi meliputi perasaan kasih saying, kehangatan dan persahabatan yang ditunjukkan pada orang lain. Gangguan yang mungkin timbul akibat kekurangan afeksi antara lain sebagai berikut, kecuali....
    a. Menyebabkan anak menjadi depresi
    b. Gagap atau mengalami gangguan berbicara
    c. Sulit konsentrasi dan mudah teralih perhatiannya
    d. Berminat terhadap orang lain dan penurut 
  24. Ketika seorang anak tidak mampu bergabung dengan teman-teman di lingkungannya atau dia selalu ditolak oleh anak-anak sebayanya maka anak tersebut sesungguhnya sedang mengalami permasalahan sosial, yaitu....
    a. Kreatif
    b. Negativisme
    c. Maladjustment
    d. Egosentris 
  25. Pada saat sekarang ini, banyak orang tua yang menginginkan anak-anak mereka menguasai banyak keterampilan atau nilai yang tinggi atau untuk selalu berprestasi sehingga mereka melakukan berbagai upya untuk mewujudkannya. Hal itu menjadi permasalahan dalam pengembangan karakter anak usia dini, yaitu masalah....
    a. Harapan orang tua
    b. Kemampuan orang tua
    c. Permasalahan dalam diri orang tua
    d. Kebijaksanaan orang tua 
Jawaban:
  1. d. Intelektual rendah 
  2. c. Memerlukan bantuan atau layanan khusus 
  3. c. Catatan anekdot 
  4. d. Hormat, konservatif dan rendah diri 
  5. b. Kejujuran anak
  6. c. Membuat asinan buah mangga 
  7. a. Rutin 
  8. b. Spontan
  9. a. Memperoleh kesempatan untuk mandiri, membuat keputusan dan mencoba lagi jika gagal
  10. c. Pengendaian emosi  
  11. d. Membina hubungan dengan orang lain 
  12. d. Latihan relaksasi dan meditasi dengan musik 
  13. b. Relaksasi 
  14. a. Interaksi yang penuh perhatian, intensif dan kehangatan 
  15. b. Memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta 
  16. c. Memberi latar belakang kehidupan yang aman dan penuh cinta 
  17. a. Mengelompokkan anak 
  18. d. Keteladanan dan peniruan 
  19. d. Pembebasan nilai-nilai, tujuan dan etis 
  20. b. Respect 
  21. a. Tuntutan dan kebutuhan karakter yang ingin dikembangkan pada anak 
  22. b. Meningkatkan harga diri yang positif dan kebiasaan sehat 
  23. d. Berminat terhadap orang lain dan penurut 
  24. c. Maladjustment 
  25. a. Harapan orang tua 

Post a Comment for "Soal Metode Pengembangan Sosial Emosional Beserta Jawaban"