Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Metode Pengembangan Moral dan Nilai Nilai Agama
- Menurut Badudu Zein, anak adalah keturunan pertama yang telah dibekali potensi laten yang tersembunyi dari Allah Yang Maha Kuasa. Maksud dari potensi laten adalah kemampuan….
a. Jasmani, rohani dan spiritual
b. Moral, sosial dan emosional
c. Seni, motorik halus dan motorik kasar
d. Jasmani, rohani dan emosi - Anak usia dini memiliki karakteristik sebagai peniru ulung, oleh karenanya materi nilai keagamaan harus bersifat….
a. Enjoyable
b. Aplikatif
c. Mudah ditiru
d. Konsisten - Kegiatan praktik berwudhu dan sholat yang dilakukan di masjid dekat sekolah merupakan salah satu kegiatan pengembangan nilai keagamaan yang dilakukan melalui strategi….
a. Insidensial
b. Spontanitas
c. Rutinitas
d. Khusus - Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan pendidik saat hendak memilih pendekatan yang sesuai….
a. Karakteristik anak didik
b. Minat guru terhadap materi yang akan disampaikan
c. Fasilitas/media yang perlu disediakan
d. Tujuan yang ingin dicapai - Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mendengar, memahami dan berbicara adalah adanya interaksi langsung antar guru dengan anak. Persyaratan tersebut termasuk dalam pendekatan….
a. Bercakap-cakap
b. Bermain peran
c. Bercerita
d. Pemberian tugas - “Anak mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya” menurut Permendiknas 58 tahun 2009 merupakan pencapaian perkembangan anak usia ….
a. 0-<2 tahun
b. 2-<3 tahun
c. 3-<4 tahun
d. 4-<5 tahun - 1. Melakukan kajian terhadap tema dan subtema
2. Menentukan kompetensi dasar yang akan dicapai anak
3. Menentukan indikator yang cocok.
4. Memilih metode yang sesuai dengan hasil belajar yang diharapkan.
Tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan kegiatan pengembangan adalah….
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 4 – 2 – 3 – 1
c. 2 – 1 – 4 – 3
d. 4 – 3 – 2 – 1 - Kegiatan inti dalam Rancangan kegiatan Harian berisi berbagai kegiatan utama yang dapat mengacu pada kegiatan yang….
a. Pembiasaan dan penanaman nilai yang bersifat rutinitas
b. Dapat memberikan kebebasan terprogram pada anak
c. Dapat meringankan tugas anak secara umum
d. Penugasan yang ketat dan terarah - “Ayo siapa yang mau membantu ibu membersihkan kertas sisa guntingan yang berserakan di bawah meja?” Kalimat tersebut menggambarkan contoh penerapan teknik….
a. Ajakan
b. Sugesti
c. Pujian
d. Tantangan - Satu bulan sekali, TK Mawar mengundang salah satu orang tua murid untuk menjelaskan tentang aktivitas pekerjaannya kepada anak-anak agar mereka menghargai dan memiliki cita-cita yang baik. Ilustrasi tersebut merupakan contoh cinta….
a. Rumah
b. Profesi
c. Orang tua
d. Masyarakat - Beberapa kriteria lembaga PAUD yang baik adalah sebagai berikut, kecuali lokasinya….
a. Tidak terlalu dekat dengan jalan raya
b. Tidak terlalu dekat dengan pusat perbelanjaan
c. Memiliki halaman yang luas
d. Memiliki fasilitas yang lengkap dan modern - Penilaian yang dilakukan guru dapat digunakan untuk memperbaiki kegiatan pembelajarannya. Hal ini termasuk dalam….
a. Fungsi penilaian
b. Tujuan penilaian
c. Manfaat penilaian
d. Hakikat penilaian - Untuk menilai perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak secara alamiah dan sewajarnya, guru dapat melakukan ….
a. Portofolio
b. Penilaian performa
c. Asesmen otentik
d. Evaluasi diri - Penilaian tentang kejadian penting yang dapat dilakukan sewaktu-waktu yang ditulis dengan format buatan guru termauk dalam cara penilaian dengan teknik ….
a. Anekdot
b. Observasi
c. Portofolio
d. Wawancara - Laporan hasil perkembangan anak kepada orang tua sebaiknya disampaikan oleh guru dalam bentuk….
a. Tertulis dan rekaman
b. Portofolio dan tertulis
c. Portofolio dan lisan
d. Tertulis dan lisan - Setiap hari Jumat, TK Lebah mewajibkan anak-anak memakai baju bebas dengan motif batik. Kegiatan ini menggambarkan salah satu upaya menanamkan cinta tanah air dengan cara….
a. Pengenalan batik Jawa
b. Pelestarian budaya
c. Mempromosikan sekolah berbasis budaya
d. Menyalahkan negara tetangga - Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia diterapkan materi muatan lokal yang mengajarkan pada anak tentang budaya dan masyarakat di sekitar lembaga tersebut berada. Hal ini termasuk dalam landasan ….
a. Sosiologis
b. Filosofis
c. Yuridis
d. Psikologis - Ibu Dewi selalu meminta anak-anak untuk menutup mata dan menadahkan kedua tangan saat kegiatan berdoA. Hal itu bertujuan untuk ….
a. Melatih sikap mental berkonsentrasi saat berdoa
b. Menciptakan suasana sepi saat berdoa
c. Membantu anak menghafal isi doa
d. Melatih anak berdoa sendiri - Berikut adalah etika dalam berpakaian yang termasuk dalam ruang lingkup penanaman nilai keagamaan pada anak, kecuali….
a. Memulai selalu dari tangan dan kaki kanan
b. Membuka pakaian dengan benar
c. Memasangkan pakaian dengan benar
d. Melepaskan pakaian sesegera mungkin - Dalam implikasi penanaman nilai-nilai keagamaan, kemajuan perkembangan anak perlu diamati secara terus menerus secara berkala dalam periode waktu tertentu. Hal ini sesuai dengan prinsip….
a. Monitoring yang rutin
b. Peningkatan kemajuan perkembangan anak
c. Penekanan pada standar pendidikan nasional
d. Berdasarkan pada RKM dan RKH yang telah - Untuk mengenalkan tata tertib berlalu lintas pada anak usia dini, pendidik PAUD dapat melakukan hal berikut ini kecuali….
a. Memperkenalkan aturan berjalan kaki di jalan raya
b. Memperlihatkan atau menceritakan ramainya jalan raya
c. Bercakap tentang pendapat anak terhadap kegiatan di jalan raya
d. Mengajak anak bermain game online cara mengemudi mobil dengan benar - Menurut Doni Koesoema sebagai seorang pendidik karakter, guru berperan bukan hanya sebagai ….
a. Penggagas pendidikan karakter pada anak usia dini
b. Pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat c. Pengembang rencana perubahan pendidikan karakter
d. Pembaharu dalam pengembangan karakter bangsa - Pendidikan moral dapat menjadi pengalaman yang dalam dan melekat pada pola pikir anak sepanjang hidupnya karena pada dasarnya manusia memiliki piranti penunjang berupa….
a. Kecerdasan
b. Panca indra
c. Nurani
d. Kalbu - Lingkungan sekolah yang baik tidak hanya ditentukan oleh fasilitas fisik indoor dan outdoor yang baik dan lengkap, tetapi juga harus didukung oleh….
a. Guru yang bergelar sarjana
b. Program yang jelas, terukur dan berkesinambungan
c. Anak didik yang berprestasi international
d. Pendidik yang telah memiliki sertifikat pendidik - Salah satu fenomena sosial yang muncul pada saat ini adalah
a. Orang tua bersaing untuk menciptakan anak juara
b. Orang tua menjadi rajin bekerja di luar rumah
c. Guru berusaha mendapatkan gelar sarjana
d. Guru berlomba mengejar sertifikasi pendidik
Jawaban:
- a. Jasmani, rohani dan spiritual
- c. Mudah ditiru
- d. Khusus
- b. Minat guru terhadap materi yang akan disampaikan
- a. Bercakap-cakap
- d. 4-<5 tahun
- a. 1 – 2 – 3 – 4
- b. Dapat memberikan kebebasan terprogram pada anak
- a. Ajakan
- b. Profesi
- d. Memiliki fasilitas yang lengkap dan modern
- a. Fungsi penilaian
- c. Asesmen otentik
- a. Anekdot
- d. Tertulis dan lisan
- b. Pelestarian budaya
- a. Sosiologis
- a. Melatih sikap mental berkonsentrasi saat berdoa
- d. Melepaskan pakaian sesegera mungkin
- a. Monitoring yang rutin
- d. Mengajak anak bermain game online cara mengemudi mobil dengan benar
- b. Pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
- b. Panca indra
- b. Program yang jelas, terukur dan berkesinambungan
- a. Orang tua bersaing untuk menciptakan anak juara
Post a Comment for "Soal Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama Beserta Jawaban"