Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
- Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....a. Teori belajar yang akan diujib. Temuan penelitian yang dapat digeneralisasikanc. Perbaikan hasil belajar siswad. Meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian
- Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....a. Kemampuan guru di bidang instruksionalb. Kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutanc. Daya inovasi pada diri gurud. Kualitas pembelajaran di kelas
- Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....a. Melakukan refleksib. Mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswac. Berdiskusi dengan teman sejawatd. Melakukan studi banding ke sekolah lain
- Hipotesis tindakan adalah ....a. Tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikanb. Alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakanc. Dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikand. Kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian
- Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....1) Perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan2) Suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan3) Intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamata. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....a. Menentukan metode pengolahan data yang tepatb. Mempersiapkan diri sebagai penelitic. Menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)d. Mempersiapkan sarana pendukung penelitian
- Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersamA. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....(1) Kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat(2) Membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat(3) Membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibata. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....a. Tanpa penafsiranb. Langsung sebagaimana yang teramati oleh penelitic. Tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)d. Yang membutuhkan penafsiran
- Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....a. Terfokusb. Sistematisc Terstrukturd. Terbuka
- Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....a. Wawancarab. Studi dokumen kelasc. Pengisian kuesionerd. Survai
- Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....1) Membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian2) Melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut3) Mengidentifikasi temuan penelitiana. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....a. Sebelum menyusun proposalb. Sesudah mengidentifikasi masalahc. Sesudah menentukan upaya tindakan perbaikand. Sesudah melakukan upaya perbaikan
- Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah ....a. Menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnyab. Merevisi pedoman observasic. Menyusun proposal PTKd. Menentukan metode yang akan digunakan
- Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein ....a. Kenakalan remajab. Disiplin belajarc. Interaksi belajard. Prestasi belajar
- Penelitian yang bersifat dialektis, reflektif, partisipasi atau kolaboratif merupakan prinsip....a. Struktur jamakb. Kritik Dialektisc. Kolaboratifd. Resiko
- Penelitian yang dirancang dengan menuntun peneliti ke arah suatu tindakan merupakan jenis penelitian....a. Diagnostikb. Partisipanc. Empirisd. Eksperimental
- Apabila orang yang akan melaksanakan penelian harus terlibat langsung dalam proses penelitian sejak awal sampai dengan hasil penelitian berupa laporan merupakan jenis penelitian....a. Diagnostikb. Partisipanc. Empirisd. Eksperimental
- Apabila peneliti berupaya melaksanakan sesuatu tindakan atau aksi dan membukakan apa yang dilakukan dan apa yang terjadi selama aksi berlangsung merupakan jenis penelitian...a. Diagnostikb. Partisipanc. Empirisd. Eksperimental
- PTK diselenggarakan dengan berupaya menerapkan berbagai teknik atau strategi secara efektif dan efisien di dalam suatu kegiatam belajar-mengajar jenis penelitian....a. Diagnostikb. Partisipanc. Empirisd. Eksperimental
- Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali ....a. Masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswab. Guru mampu untuk melaksanakannyac. Relevan dengan pengembangan sekolahd. Mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
- Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:1) Apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?2) Apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?3) Apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?a. 1 dan 2b. 1, 2, dan 3c. 2, dan 3d. 1 dan 3
- Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah ....a. Melakukan kajian dokumen kelasb. Melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelasc. Mewawancarai siswad. Memberikan tes formatif
- Judul PTK harus menggambarkan ....a. Upaya perbaikan pembelajaranb. Masalah pembelajaranc. Masalah pendidikand. Perbaikan sistem persekolahan
- Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....a. Difokuskan pada saripasi penelitianb. Menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitianc. Disajikan secararuntut, singkatdan padatd. Merupakan ringkasan penelitian
- PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....a. McTaggardb. Carr dan Kemmisc. Rochmand. Schmuck
- Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....a. Berbasis refleksi dirib. Metode yang longgar dan fleksibelc. Berbasis hasil pengamatan dan renungan gurud. Disesuaikan dengan kemampuan guru
- Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....a. Sampel representatifb. Sampel purposifc. Sampel acakd. Kasus khusus yaitu kelas
- Hasil analisis masalah menunjukkan(1) Siswa tidak mau menyimak pelajaran,(2) Guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan(3) Siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali....a. Metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?b. Strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?c. Bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?d. Bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?
- Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....a. Identifikasi masalahb. Perumusan masalahc. Pendahuluand. Kesimpulan
- Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....a. Kumpulan gagasan yang ditulis penelitib. Ungkapan penulis yang memiliki kesatuan ide dan pikiranc. Kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris barud. Buah pikiran para pakar yang dikutip penulis
Jawaban:
- c. Perbaikan hasil belajar siswa
- b. Kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
- c. Berdiskusi dengan teman sejawat
- c. Dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
- a. 1 dan 2
- c. Menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
- d. 1, 2 dan 3
- d. Yang membutuhkan penafsiran
- b. Sistematis
- b. Studi dokumen kelas
- c. 2 dan 3
- d. Sesudah melakukan upaya perbaikan
- a. Menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
- b. Disiplin belajar
- a. Struktur jamak
- a. Diagnostik
- b. Partisipan
- c. Empiris
- d. Eksperimental
- b. Guru mampu untuk melaksanakannya
- d. 1 dan 3
- b. Melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas
- a. Upaya perbaikan pembelajaran
- d. Merupakan ringkasan penelitian
- b. Carr dan Kemmis
- a. Berbasis refleksi diri
- d. Kasus khusus yaitu kelas
- d. Bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?
- c. Pendahuluan
- c. Kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru
Post a Comment for "Soal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Beserta Jawaban"