Soal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
  1. Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
    a. Teori belajar yang akan diuji
    b. Temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
    c. Perbaikan hasil belajar siswa
    d. Meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian
  2. Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
    a. Kemampuan guru di bidang instruksional
    b. Kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
    c. Daya inovasi pada diri guru
    d. Kualitas pembelajaran di kelas
  3. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
    a. Melakukan refleksi
    b. Mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa
    c. Berdiskusi dengan teman sejawat
    d. Melakukan studi banding ke sekolah lain
  4. Hipotesis tindakan adalah ....
    a. Tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan
    b. Alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
    c. Dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
    d. Kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian
  5. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
    1) Perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
    2) Suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
    3) Intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  6. Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....
    a. Menentukan metode pengolahan data yang tepat
    b. Mempersiapkan diri sebagai peneliti
    c. Menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
    d. Mempersiapkan sarana pendukung penelitian
  7. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersamA. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
    (1) Kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat
    (2) Membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
    (3) Membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  8. Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model pengamatan ....
    a. Tanpa penafsiran
    b. Langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
    c. Tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek penelitian (candid camera)
    d. Yang membutuhkan penafsiran
  9. Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
    a. Terfokus
    b. Sistematis
    c Terstruktur
    d. Terbuka
  10. Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
    a. Wawancara
    b. Studi dokumen kelas
    c. Pengisian kuesioner
    d. Survai
  11. Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....
    1) Membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
    2) Melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
    3) Mengidentifikasi temuan penelitian
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  12. Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ....
    a. Sebelum menyusun proposal
    b. Sesudah mengidentifikasi masalah
    c. Sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
    d. Sesudah melakukan upaya perbaikan
  13. Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK adalah .... 
    a. Menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
    b. Merevisi pedoman observasi
    c. Menyusun proposal PTK
    d. Menentukan metode yang akan digunakan
  14. Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat dikategorikan ke dalam domein .... 
    a. Kenakalan remaja
    b. Disiplin belajar
    c. Interaksi belajar
    d. Prestasi belajar
  15. Penelitian yang bersifat dialektis, reflektif, partisipasi atau kolaboratif merupakan prinsip....
    a. Struktur jamak
    b. Kritik Dialektis
    c. Kolaboratif
    d. Resiko
  16. Penelitian yang dirancang dengan menuntun peneliti ke arah suatu tindakan merupakan jenis penelitian....
    a. Diagnostik
    b. Partisipan
    c. Empiris
    d. Eksperimental
  17. Apabila orang yang akan melaksanakan penelian harus terlibat langsung dalam proses penelitian sejak awal sampai dengan hasil penelitian berupa laporan merupakan jenis penelitian....
    a. Diagnostik
    b. Partisipan
    c. Empiris
    d. Eksperimental
  18. Apabila peneliti berupaya melaksanakan sesuatu tindakan atau aksi dan membukakan apa yang dilakukan dan apa yang terjadi selama aksi berlangsung merupakan jenis penelitian...
    a. Diagnostik
    b. Partisipan
    c. Empiris
    d. Eksperimental
  19. PTK diselenggarakan dengan berupaya menerapkan berbagai teknik atau strategi secara efektif dan efisien di dalam suatu kegiatam belajar-mengajar jenis penelitian....
    a. Diagnostik
    b. Partisipan
    c. Empiris
    d. Eksperimental
  20. Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak, kecuali .... 
    a. Masalah pembelajaran bersifat spesifik dan bermanfaat bagi siswa
    b. Guru mampu untuk melaksanakannya
    c. Relevan dengan pengembangan sekolah
    d. Mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
  21. Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
    1) Apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
    2) Apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
    3) Apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
    a. 1 dan 2
    b. 1, 2, dan 3
    c. 2, dan 3
    d. 1 dan 3
  22. Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis masalah adalah .... 
    a. Melakukan kajian dokumen kelas
    b. Melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas
    c. Mewawancarai siswa
    d. Memberikan tes formatif
  23. Judul PTK harus menggambarkan .... 
    a. Upaya perbaikan pembelajaran
    b. Masalah pembelajaran
    c. Masalah pendidikan
    d. Perbaikan sistem persekolahan
  24. Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali .... 
    a. Difokuskan pada saripasi penelitian
    b. Menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian
    c. Disajikan secararuntut, singkatdan padat
    d. Merupakan ringkasan penelitian
  25. PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
    a. McTaggard
    b. Carr dan Kemmis
    c. Rochman
    d. Schmuck
  26. Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
    a. Berbasis refleksi diri
    b. Metode yang longgar dan fleksibel
    c. Berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
    d. Disesuaikan dengan kemampuan guru
  27. Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
    a. Sampel representatif 
    b. Sampel purposif
    c. Sampel acak
    d. Kasus khusus yaitu kelas
  28. Hasil analisis masalah menunjukkan 
    (1) Siswa tidak mau menyimak pelajaran, 
    (2) Guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan 
    (3) Siswa tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali.... 
    a. Metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?
    b. Strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?
    c. Bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?
    d. Bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?
  29. Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian .... 
    a. Identifikasi masalah
    b. Perumusan masalah
    c. Pendahuluan
    d. Kesimpulan
  30. Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah ..... 
    a. Kumpulan gagasan yang ditulis peneliti
    b. Ungkapan penulis yang memiliki kesatuan ide dan pikiran
    c. Kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru
    d. Buah pikiran para pakar yang dikutip penulis
Jawaban:
  1. c. Perbaikan hasil belajar siswa
  2. b. Kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
  3. c. Berdiskusi dengan teman sejawat
  4. c. Dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
  5. a. 1 dan 2
  6. c. Menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario Tindakan (ST)
  7. d. 1, 2 dan 3
  8. d. Yang membutuhkan penafsiran
  9. b. Sistematis
  10. b. Studi dokumen kelas
  11. c. 2 dan 3
  12. d. Sesudah melakukan upaya perbaikan
  13. a. Menyusun tindakan perbaikan untuk siklus berikutnya
  14. b. Disiplin belajar
  15. a. Struktur jamak
  16. a. Diagnostik
  17. b. Partisipan
  18. c. Empiris
  19. d. Eksperimental
  20. b. Guru mampu untuk melaksanakannya
  21. d. 1 dan 3
  22. b. Melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas
  23. a. Upaya perbaikan pembelajaran
  24. d. Merupakan ringkasan penelitian
  25. b. Carr dan Kemmis
  26. a. Berbasis refleksi diri
  27. d. Kasus khusus yaitu kelas
  28. d. Bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?
  29. c. Pendahuluan
  30. c. Kumpulan kalimat kurang lebih sebanyak setengah halaman yang dimulai dengan baris baru

Post a Comment for "Soal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Beserta Jawaban"