Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Profesi Guru
- Bila suatu tujuan pembelajaran berbunyi: siswa dapat menyatakan bagaimana perasaannya ketika mengalami suatu musibah, maka tujuan tersebut termasuk tipe tujuan..a. Keperilakuanb. Afektifc. Psikomotorikd. Ekspresif
- Kegiatan penutup pembelajaran bertujuan untuk..a. Mengakhiri kegiatan pembelajaranb. Membuktikan adanya kegiatan awal dan kegiatan intic. Siswa dapat merefleksikan materi pelajarand. Siswa memiliki ingatan terhadap pelajaran yang baru diterimanya
- Kegiatan mengajar berbeda dengan kegiatan manajerial, salah satu kegiatan manajerial yang nampak di bawah ini adalah....a. Membantu siswa mencapai tujuan pembelajaranb. Mendiagnosis kebutuhan siswac. Menyampaikan materi pembelajarand. Mengembangkan hubungan yang baik dengan guru dan siswa
- Pilihlah salah satu contoh kegiatan yang paling dominan dilakukan guru pada tingkat kelas tengah....a. Berperilaku menyenangkan siswa secara individualb. Mengubah peranan dari otoriter kepada lebih demokratisc. Lebih memperhatikan secara kelompokd. Melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan aturan sekolah lainnya
- Menurut Sutan Zanti dan Syamsiar Syahrun, setiap profesi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali....a. Setiap pekerjaan dipersiapkan melalui pendidikan dan latihan yang bersifat formalb. Pekerjaan yang dilakukannya mendapatkan pengakuan dari masyarakatc. Memerlukan latihan yang cukup lama dan pengetahuan yang cukup tinggid. Membutuhkan pengawasan dari organisasi tertentu
- Peningkatan profesional guru telah diatur dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Bentuk peningkatan kemampuan profesional guru yang dimaksud adalah....a. Dalam pembelajaran, guru harus menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)b. Proses pembelajaran tidak lagi bersifat teacher central (pembelajaran berpusat kepada guru)c. Pendidikan guru minimal strata 1 atau D4d. Mengutamakan pengembangan kompetensi tiap pribadi
- Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru secara cermat kemungkinan besar dapat menghindari munculnya perilaku yang bermasalah. Penjelasan ini merupakan bentuk dari pendekatan....a. Instruksionalb. Pendekatan modifikasi perilakuc. Sosio-emosional yang positifd. Menempatkan kelas sebagai suatu sistem sosial
- Proses evaluasi terdiri dari beberapa aspek seperti di bawah ini, kecuali....a. Memperoleh informasib. Membentuk judgementc. Mengambil keputusand. Memberikan penilaian
- Berikut ini adalah beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen kelas yaitu ...1). Keragaman usia2). Kecakapan3). Etnik dan kesiapan belajara. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Proses judgement dilakukan oleh seorang guru setelah....a. Merumuskan definisi evaluasib. Memperoleh informasi yang tepatc. Menulis butir-butir soal yang efektifd. Mengolah hasil pengukuran
- Teknik inkuiri berbeda dengan teknik observasi. Salah satu teknik inkuiri yang nampak di bawah ini adalah....a. Guru selalu bertanya kepada siswanya tentang apa yang sedang dipikirkanb. Guru selalu melihat dan merasakan apa yang diungkapkan siswac. Memilah dan memilih materi pelajaran yang paling sesuaid. Memberikan nilai kepada siswa yang selalu merespons pelajaran
- Kelemahan tipe soal jawaban singkat dibandingkan dengan tipe soal uraian, adalah...a. Sulit menentukan skor secara objektifb. Lebih bersifat subjektifc. Sulit membuat butir soald. Sering kali bersifat ambigu
- Menyusun butir soal uraian memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain....a. Memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh materi yang telah diajarkanb. Dapat mengukur hasil belajar yang akan diujic. Merumuskan jawaban dalam bentuk homogend. Antara soal dengan jawaban memiliki kesinambungan
- Selain untuk keberhasilan proses mengajar, tes formatif juga bertujuan untuk...a. Pengolahan data hasil evaluasib. Menguji banyak fakta dalam waktu singkatc. Menguji hasil belajar yang lengkapd. Melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran
- Membantu memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik, merupakan kewajiban guru BP dalam menjalankan profesinya. Pengertian bimbingan dan konseling berkaitan dengan kegiatan..a. Mengarahkan perilaku siswa sesuai tingkat perkembangannyab. Memberikan pandangan sesuai dengan bakat minat siswac. Menunjukkan sikap kreatif dan prinsip mandiri sesuai dengan kemampuan siswad. Memberikan pendidikan mental sesuai dengan tujuan
- Kompetensi sosial guru merupakan kemampuan guru untuk….1). Memahami dirinya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat2). Tindakan sesuai dengan kehendak hatinya3). Mampu mengembangkan tugas sebagai anggota masyarakat dan warga negaraa. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Anak dapat memilih dan menetapkan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut berkaitan dengan....a. Tujuan bimbinganb. Fungsi bimbinganc. Prinsip bimbingand. Asas bimbingan
- Layanan bimbingan hendaknya berkesinambungan dan berdasar pada potensialitas siswa. Hal ini berhubungan dengan . . . .a. Pengembangan dan keutuhannyab. Proses dan individualitasc. Keutuhan dan berkegiatand. Untuk semua siswa dan kemandirian
- Guru merupakan tangan pertama dalam menangani dan melaksanakan pembimbingan dan konseling kepada peserta didik karena….a. Siswa dekat dengan gurub. Guru yang menemukan masalah dan memahami latar belakang siswac. Guru lebih mengetahui minat dan bakat siswad. Kedekatan siswa dan guru akan memperjelas bakat dan minat siswa
- Memberikan bantuan pemecahan masalah berdasarkan prinsip bimbingan, merupakan kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan….a. Azas bimbinganb. Tujuan bimbinganc. Kaidah bimbingand. Struktur bimbingan
- Berikut ini adalah ciri-ciri dari suatu profesi, kecuali . . .a. Mampu bekerja dengan baikb. Sistem imbalan yang memadaic. Pengakuan dari masyarakatd. Memiliki standar kerja baku
- Diadakannya pelatihan-pelatihan di Balai Pelatihan Guru (BPG) tentang hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan mengajar merupakan contoh dari usaha pengembangan. . .a. Strategi pembelajaranb. Pengetahuanc. Keterampilan mengajard. Profesi
- Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada…a. Perbuatannya yang luhurb. Pengabdiannya yang tanpa pamrihc. Perilakunya yang dapat dipercaya dan diteladanid. Tugasnya sebagai penyampai nilai-nilai luhur masyarakat
- Di bawah ini merupakan peranan guru dalam membantu perkembangan pribadi siswa, kecuali . ..a. Pedulib. Konsistenc. Permisifd. Lingkungan yang labil
- Sebagai administrator, kepala sekolah melaksanakan tugasnya dengan cara…a. Mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikanb. Mengklasifikasikan kegiatan pendidikanc. Mengelola kebutuhan prasaranad. Mengelola administrasi pendidikan
- Berikut ini masalah siswa yang perlu bantuan bimbingan guru kecuali masalah…a. Hasil belajar rendahb. Takut berbicara di depan kelasc. Kekurangan uangd. Kurang percaya diri
- Berikut ini adalah bantuan untuk menumbuhkan sikap belajar pada siswa kelas 4 SD, kecuali…a. Membiasakan mengerjakan PR dengan tertibb. Membuat catatan yang jelas dan rapic. Melatih siswa membaca dengan cermatd. Mengganti guru yang disukai siswa
- Siswa yang kurang mampu menguasai diri sering membuat keributan di kelas, dan sering tidak masuk karena kurang diperhatikan oleh guru. Gejala tersebut merupakan stres yang disebabkan oleh faktor....a. Iklim kehidupan keluargab Fisik-biologikc. Pekerjaand. Psikologik
- Tipe kepribadian yang dapat menangkal atau mengurangi kadar stres pada diri seseorang adalah....a. Emotional supportb. Optimismec. Appraisal supportd. Hardiness
- Contoh coping positif/ konstruktif adalah....a. Setiap mempunyai masalah, saya selalu membicarakannya dengan orang lainb. Setiap mempunyai masalah, saya menduga pasti disebabkan oleh orang lainc. Saya menunda satu kegiatan agar dapat mengerjakan kegiatan yang laind. Saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain
- Cara atau metode yang dapat dilakukan seseorang dalam melakukan pendekatan coping positif adalah seperti di bawah ini, kecuali...a. Memahami dan mengerti tingkatan stressb. Memahami sebab-sebab timbulnya stressc. Memelihara stres dengan sebaik-baiknyad. Dapat menemukan solusi mengatasi stress
- Guru dalam mempersiapkan materi pelajaran didasarkan pada kebutuhan siswanya, hal ini disesuaikan dengan karakteristik kode etik suatu profesi ditinjau dari aspek….a. Filosofis – kontekstualb. Etis – psikologisc. Etis – pragmatisd. Pengabdian
- Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional mencakup penjelasan . . .1). Substansi ilmu2). Landasan pendidikan3). Proses kependidikan dan keguruan serta pembelajarana. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
- Makna yang terkandung dari kode etik guru Indonesia ( PGRI) yang kedelapan adalah....a. Merupakan organisasi pendidikan guru republik Indonesiab. Tidak boleh bersikap sewenang-wenang terhadap guruc. Harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap gurud. Mengurus semua kebutuhan guru
- Seorang guru dipilih, ditugaskan, disediakan, dan ditempatkan sesuai dengan jenjang pendidikan dengan mengindahkan kriteria standar kualifikasi profesional. Tindakan ini merupakan kegiatan di tingkat....a. Strukturalb. Institusionalc. Operasionald. Instruksional
- Salah satu tujuan organisasi profesi kependidikan adalah meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggotanya, hal ini berarti dengan adanya kekuatan dan kewibawaan organisasi akan berdampak kepada para anggotanya terutama dalam hal....a. Pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkanb. Kemampuan menyampaikan proses pembelajaranc. Kemudahan memperoleh fasilitas pembelajarand. Kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya
- Rika lebih suka memilih menjadi guru dibandingkan sebagai ekonom atau arsitektur, karena Rika beranggapan profesi guru mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah…1). Mengajar adalah jabatan yang mempunyai nilai sosial tinggi2). Mengajar merupakan jabatan yang disegani3). Jabatan guru mempunyai keuntungan rohaniah dibandingkan ekonomia. 1 dan 2b. 1 dan 3c. 2 dan 3d. 1, 2 dan 3
Jawaban:
- d. Ekspresif
- c. Siswa dapat merefleksikan materi pelajaran
- d. Mengembangkan hubungan yang baik dengan guru dan siswa
- d. Melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan aturan sekolah lainnya
- c. Memerlukan latihan yang cukup lama dan pengetahuan yang cukup tinggi
- c. Pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
- a. Instruksional
- d. Memberikan penilaian
- d. 1, 2 dan 3
- b. Memperoleh informasi yang tepat
- a. Guru selalu bertanya kepada siswanya tentang apa yang sedang dipikirkan
- d. Sering kali bersifat ambigu
- a. Memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh materi yang telah diajarkan
- d. Melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran
- a. Mengarahkan perilaku siswa sesuai tingkat perkembangannya
- b. 1 dan 3
- c. Prinsip bimbingan
- b. Proses dan individualitas
- d. Kedekatan siswa dan guru akan memperjelas bakat dan minat siswa
- a. Azas bimbingan
- a. Mampu bekerja dengan baik
- d. Profesi
- c. Perilakunya yang dapat dipercaya dan diteladani
- d. Lingkungan yang labil
- a. Mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan
- c. Kekurangan uang
- d. Mengganti guru yang disukai siswa
- d. Psikologik
- d. Hardiness
- d. Saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain
- c. Memelihara stres dengan sebaik-baiknya
- c. Etis – pragmatis
- d. 1, 2 dan 3
- c. Harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru
- b. Institusional
- d. Kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya
- b. 1 dan 3
Post a Comment for "Soal Profesi Guru Beserta Jawaban"