Soal Profesi Guru Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Profesi Guru 
  1. Bila suatu tujuan pembelajaran berbunyi: siswa dapat menyatakan bagaimana perasaannya ketika mengalami suatu musibah, maka tujuan tersebut termasuk tipe tujuan.. 
    a. Keperilakuan 
    b. Afektif 
    c. Psikomotorik 
    d. Ekspresif
  2. Kegiatan penutup pembelajaran bertujuan untuk.. 
    a. Mengakhiri kegiatan pembelajaran 
    b. Membuktikan adanya kegiatan awal dan kegiatan inti 
    c. Siswa dapat merefleksikan materi pelajaran 
    d. Siswa memiliki ingatan terhadap pelajaran yang baru diterimanya 
  3. Kegiatan mengajar berbeda dengan kegiatan manajerial, salah satu kegiatan manajerial yang nampak di bawah ini adalah.... 
    a. Membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran 
    b. Mendiagnosis kebutuhan siswa 
    c. Menyampaikan materi pembelajaran 
    d. Mengembangkan hubungan yang baik dengan guru dan siswa  
  4. Pilihlah salah satu contoh kegiatan yang paling dominan dilakukan guru pada tingkat kelas tengah.... 
    a. Berperilaku menyenangkan siswa secara individual 
    b. Mengubah peranan dari otoriter kepada lebih demokratis 
    c. Lebih memperhatikan secara kelompok 
    d. Melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan aturan sekolah lainnya 
  5. Menurut Sutan Zanti dan Syamsiar Syahrun, setiap profesi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali....
    a. Setiap pekerjaan dipersiapkan melalui pendidikan dan latihan yang bersifat formal
    b. Pekerjaan yang dilakukannya mendapatkan pengakuan dari masyarakat
    c. Memerlukan latihan yang cukup lama dan pengetahuan yang cukup tinggi
    d. Membutuhkan pengawasan dari organisasi tertentu 
  6. Peningkatan profesional guru telah diatur dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Bentuk peningkatan kemampuan profesional guru yang dimaksud adalah....
    a. Dalam pembelajaran, guru harus menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
    b. Proses pembelajaran tidak lagi bersifat teacher central (pembelajaran berpusat kepada guru)
    c. Pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
    d. Mengutamakan pengembangan kompetensi tiap pribadi 
  7. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru secara cermat kemungkinan besar dapat menghindari munculnya perilaku yang bermasalah. Penjelasan ini merupakan bentuk dari pendekatan.... 
    a. Instruksional 
    b. Pendekatan modifikasi perilaku 
    c. Sosio-emosional yang positif 
    d. Menempatkan kelas sebagai suatu sistem sosial 
  8. Proses evaluasi terdiri dari beberapa aspek seperti di bawah ini, kecuali.... 
    a. Memperoleh informasi 
    b. Membentuk judgement 
    c. Mengambil keputusan 
    d. Memberikan penilaian  
  9. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam manajemen kelas yaitu ...
    1). Keragaman usia
    2). Kecakapan
    3). Etnik dan kesiapan belajar
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3
  10. Proses judgement dilakukan oleh seorang guru setelah.... 
    a. Merumuskan definisi evaluasi 
    b. Memperoleh informasi yang tepat 
    c. Menulis butir-butir soal yang efektif 
    d. Mengolah hasil pengukuran 
  11. Teknik inkuiri berbeda dengan teknik observasi. Salah satu teknik inkuiri yang nampak di bawah ini adalah.... 
    a. Guru selalu bertanya kepada siswanya tentang apa yang sedang dipikirkan 
    b. Guru selalu melihat dan merasakan apa yang diungkapkan siswa 
    c. Memilah dan memilih materi pelajaran yang paling sesuai 
    d. Memberikan nilai kepada siswa yang selalu merespons pelajaran 
  12. Kelemahan tipe soal jawaban singkat dibandingkan dengan tipe soal uraian, adalah... 
    a. Sulit menentukan skor secara objektif
    b. Lebih bersifat subjektif 
    c. Sulit membuat butir soal 
    d. Sering kali bersifat ambigu 
  13. Menyusun butir soal uraian memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain.... 
    a. Memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh materi yang telah diajarkan 
    b. Dapat mengukur hasil belajar yang akan diuji 
    c. Merumuskan jawaban dalam bentuk homogen 
    d. Antara soal dengan jawaban memiliki kesinambungan 
  14. Selain untuk keberhasilan proses mengajar, tes formatif juga bertujuan untuk... 
    a. Pengolahan data hasil evaluasi 
    b. Menguji banyak fakta dalam waktu singkat 
    c. Menguji hasil belajar yang lengkap 
    d. Melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran  
  15. Membantu memecahkan masalah yang dihadapi peserta didik, merupakan kewajiban guru BP dalam menjalankan profesinya. Pengertian bimbingan dan konseling berkaitan dengan kegiatan.. 
    a. Mengarahkan perilaku siswa sesuai tingkat perkembangannya 
    b. Memberikan pandangan sesuai dengan bakat minat siswa 
    c. Menunjukkan sikap kreatif dan prinsip mandiri sesuai dengan kemampuan siswa 
    d. Memberikan pendidikan mental sesuai dengan tujuan 
  16. Kompetensi sosial guru merupakan kemampuan guru untuk….
    1). Memahami dirinya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat
    2). Tindakan sesuai dengan kehendak hatinya
    3). Mampu mengembangkan tugas sebagai anggota masyarakat dan warga negara
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3 
  17. Anak dapat memilih dan menetapkan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut berkaitan dengan.... 
    a. Tujuan bimbingan 
    b. Fungsi bimbingan 
    c. Prinsip bimbingan 
    d. Asas bimbingan 
  18. Layanan bimbingan hendaknya berkesinambungan dan berdasar pada potensialitas siswa. Hal ini berhubungan dengan . . . . 
    a. Pengembangan dan keutuhannya 
    b. Proses dan individualitas 
    c. Keutuhan dan berkegiatan 
    d. Untuk semua siswa dan kemandirian  
  19. Guru merupakan tangan pertama dalam menangani dan melaksanakan pembimbingan dan konseling kepada peserta didik karena…. 
    a. Siswa dekat dengan guru 
    b. Guru yang menemukan masalah dan memahami latar belakang siswa 
    c. Guru lebih mengetahui minat dan bakat siswa 
    d. Kedekatan siswa dan guru akan memperjelas bakat dan minat siswa 
  20. Memberikan bantuan pemecahan masalah berdasarkan prinsip bimbingan, merupakan kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan…. 
    a. Azas bimbingan 
    b. Tujuan bimbingan 
    c. Kaidah bimbingan 
    d. Struktur bimbingan  
  21. Berikut ini adalah ciri-ciri dari suatu profesi, kecuali . . .
    a. Mampu bekerja dengan baik
    b. Sistem imbalan yang memadai
    c. Pengakuan dari masyarakat
    d. Memiliki standar kerja baku
  22. Diadakannya pelatihan-pelatihan di Balai Pelatihan Guru (BPG) tentang hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan mengajar merupakan contoh dari usaha pengembangan. . .
    a. Strategi pembelajaran
    b. Pengetahuan
    c. Keterampilan mengajar
    d. Profesi
  23. Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada…
    a. Perbuatannya yang luhur
    b. Pengabdiannya yang tanpa pamrih
    c. Perilakunya yang dapat dipercaya dan diteladani
    d. Tugasnya sebagai penyampai nilai-nilai luhur masyarakat 
  24. Di bawah ini merupakan peranan guru dalam membantu perkembangan pribadi siswa, kecuali . .. 
    a. Peduli 
    b. Konsisten 
    c. Permisif 
    d. Lingkungan yang labil 
  25. Sebagai administrator, kepala sekolah melaksanakan tugasnya dengan cara… 
    a. Mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan 
    b. Mengklasifikasikan kegiatan pendidikan 
    c. Mengelola kebutuhan prasarana 
    d. Mengelola administrasi pendidikan  
  26. Berikut ini masalah siswa yang perlu bantuan bimbingan guru kecuali masalah… 
    a. Hasil belajar rendah 
    b. Takut berbicara di depan kelas 
    c. Kekurangan uang 
    d. Kurang percaya diri 
  27. Berikut ini adalah bantuan untuk menumbuhkan sikap belajar pada siswa kelas 4 SD, kecuali… 
    a. Membiasakan mengerjakan PR dengan tertib 
    b. Membuat catatan yang jelas dan rapi 
    c. Melatih siswa membaca dengan cermat 
    d. Mengganti guru yang disukai siswa 
  28. Siswa yang kurang mampu menguasai diri sering membuat keributan di kelas, dan sering tidak masuk karena kurang diperhatikan oleh guru. Gejala tersebut merupakan stres yang disebabkan oleh faktor.... 
    a. Iklim kehidupan keluarga 
    b Fisik-biologik 
    c. Pekerjaan 
    d. Psikologik 
  29. Tipe kepribadian yang dapat menangkal atau mengurangi kadar stres pada diri seseorang adalah.... 
    a. Emotional support 
    b. Optimisme 
    c. Appraisal support 
    d. Hardiness 
  30. Contoh coping positif/ konstruktif adalah.... 
    a. Setiap mempunyai masalah, saya selalu membicarakannya dengan orang lain 
    b. Setiap mempunyai masalah, saya menduga pasti disebabkan oleh orang lain 
    c. Saya menunda satu kegiatan agar dapat mengerjakan kegiatan yang lain 
    d. Saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain 
  31. Cara atau metode yang dapat dilakukan seseorang dalam melakukan pendekatan coping positif adalah seperti di bawah ini, kecuali... 
    a. Memahami dan mengerti tingkatan stress 
    b. Memahami sebab-sebab timbulnya stress 
    c. Memelihara stres dengan sebaik-baiknya 
    d. Dapat menemukan solusi mengatasi stress  
  32. Guru dalam mempersiapkan materi pelajaran didasarkan pada kebutuhan siswanya, hal ini disesuaikan dengan karakteristik kode etik suatu profesi ditinjau dari aspek…. 
    a. Filosofis – kontekstual 
    b. Etis – psikologis 
    c. Etis – pragmatis 
    d. Pengabdian 
  33. Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional mencakup penjelasan . . .
    1). Substansi ilmu
    2). Landasan pendidikan
    3). Proses kependidikan dan keguruan serta pembelajaran
    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 3
    c. 2 dan 3
    d. 1, 2 dan 3 
  34. Makna yang terkandung dari kode etik guru Indonesia ( PGRI) yang kedelapan adalah.... 
    a. Merupakan organisasi pendidikan guru republik Indonesia 
    b. Tidak boleh bersikap sewenang-wenang terhadap guru 
    c. Harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru 
    d. Mengurus semua kebutuhan guru  
  35. Seorang guru dipilih, ditugaskan, disediakan, dan ditempatkan sesuai dengan jenjang pendidikan dengan mengindahkan kriteria standar kualifikasi profesional. Tindakan ini merupakan kegiatan di tingkat.... 
    a. Struktural 
    b. Institusional 
    c. Operasional 
    d. Instruksional 
  36. Salah satu tujuan organisasi profesi kependidikan adalah meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggotanya, hal ini berarti dengan adanya kekuatan dan kewibawaan organisasi akan berdampak kepada para anggotanya terutama dalam hal.... 
    a. Pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan 
    b. Kemampuan menyampaikan proses pembelajaran 
    c. Kemudahan memperoleh fasilitas pembelajaran 
    d. Kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya 
  37. Rika lebih suka memilih menjadi guru dibandingkan sebagai ekonom atau arsitektur, karena Rika beranggapan profesi guru mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah… 
    1). Mengajar adalah jabatan yang mempunyai nilai sosial tinggi 
    2). Mengajar merupakan jabatan yang disegani 
    3). Jabatan guru mempunyai keuntungan rohaniah dibandingkan ekonomi 
    a. 1 dan 2 
    b. 1 dan 3 
    c. 2 dan 3 
    d. 1, 2 dan 3 
Jawaban:
  1. d. Ekspresif
  2. c. Siswa dapat merefleksikan materi pelajaran
  3. d. Mengembangkan hubungan yang baik dengan guru dan siswa  
  4. d. Melakukan sosialisasi terhadap kedisiplinan dan aturan sekolah lainnya 
  5. c. Memerlukan latihan yang cukup lama dan pengetahuan yang cukup tinggi
  6. c. Pendidikan guru minimal strata 1 atau D4
  7. a. Instruksional 
  8. d. Memberikan penilaian  
  9. d. 1, 2 dan 3
  10. b. Memperoleh informasi yang tepat 
  11. a. Guru selalu bertanya kepada siswanya tentang apa yang sedang dipikirkan 
  12. d. Sering kali bersifat ambigu 
  13. a. Memilih topik yang akan diujikan dan mewakili seluruh materi yang telah diajarkan
  14. d. Melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran
  15. a. Mengarahkan perilaku siswa sesuai tingkat perkembangannya 
  16. b. 1 dan 3
  17. c. Prinsip bimbingan
  18. b. Proses dan individualitas 
  19. d. Kedekatan siswa dan guru akan memperjelas bakat dan minat siswa 
  20. a. Azas bimbingan 
  21. a. Mampu bekerja dengan baik
  22. d. Profesi
  23. c. Perilakunya yang dapat dipercaya dan diteladani
  24. d. Lingkungan yang labil 
  25. a. Mengkoordinasikan kebutuhan pelaksanaan pendidikan 
  26. c. Kekurangan uang
  27. d. Mengganti guru yang disukai siswa
  28. d. Psikologik
  29. d. Hardiness 
  30. d. Saya lebih suka membaca buku dari pada membicarakan orang lain 
  31. c. Memelihara stres dengan sebaik-baiknya 
  32. c. Etis – pragmatis 
  33. d. 1, 2 dan 3 
  34. c. Harus menghentikan praktek monopoli profesi terhadap guru 
  35. b. Institusional 
  36. d. Kemudahan dalam meningkatkan kemampuannya 
  37. b. 1 dan 3 

Post a Comment for "Soal Profesi Guru Beserta Jawaban"