Soal Penilaian Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Penilaian 
  1. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
    a. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
    b. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
    c. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
    d. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
  2. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
    a. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
    b. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
    c. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
    d. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
  3. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
    a. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
    b. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
    c. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
    d. Merencanakan pengajaran remidi
  4. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
    a. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
    b. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
    c. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
    d. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
  5. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
    a. Konstruktivisme
    b. Authentic assesment
    c. Efektif
    d. Kondusif
  6. Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?
    a. Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
    b. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
    c. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
    d. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
  7. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
    a. Buku sumber yang digunakan
    b. Kurikulum dan silabus
    c. Indikator pencapaian kompetensi
    d. Kemampuan awal siswa
  8. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
    a. Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
    b. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
    c. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
    d. Penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
  9. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
    a. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
    b. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
    c. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
    d. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
  10. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
    a. Nilai batas ambang kompetensi
    b. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
    c. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
    d. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
Jawaban:
  1. c. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
  2. c. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
  3. c. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
  4. c. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
  5. b. Authentic assesment
  6. c. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
  7. c. Indikator pencapaian kompetensi
  8. d. Penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
  9. d. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
  10. b. Nilai minimal yang dicapai peserta didik

Post a Comment for "Soal Penilaian Beserta Jawaban"