Panduan Cara Menyusun RPP Kurikulum 2013 Terbaru Hasil Revisi Tahun 2016 | Menyusun RPP kurikulum 2013 ialah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para guru pada masa ini. Setelah diberlakukan secara menyeluruh lalu kurikulum ditarik dari sebagian sekolah dan mendapat revisi oleh pemerintah, sekarang kemdikbud berencana akan kembali menerapkan kurikulum 2013 secara nasional. Artinya, kurikulum 2013 akan diberlakukan di seluruh Indonesia dengan pelaksanaan secara bertahap.
Berbagap macam sosialisasi, seminar dan diklat kurikulum 2013 terus dilaksanakan di aneka macam daerah. Tujuannya tiada lain biar guru benar-benar siap menyesuaikan diri dengan kurikulum 2013 yang sudah direvisi nanti. Dalam diklat kurikulum 2013 salah satu yang dikaji bersama ialah cara menysun RPP kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2016.
Penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2016 harus mengikuti permendikbud no 53 tahun 2015 yang tertuang dalam hukum terbaru yang sudah final. Pembelajaran yang diperlukan dalam kurikulum 2013, merupakan pembelajaran Intredispliner, Intradisipliner, Multidisipliner dan Transdispliner.
Berbagap macam sosialisasi, seminar dan diklat kurikulum 2013 terus dilaksanakan di aneka macam daerah. Tujuannya tiada lain biar guru benar-benar siap menyesuaikan diri dengan kurikulum 2013 yang sudah direvisi nanti. Dalam diklat kurikulum 2013 salah satu yang dikaji bersama ialah cara menysun RPP kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2016.
Penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2016 harus mengikuti permendikbud no 53 tahun 2015 yang tertuang dalam hukum terbaru yang sudah final. Pembelajaran yang diperlukan dalam kurikulum 2013, merupakan pembelajaran Intredispliner, Intradisipliner, Multidisipliner dan Transdispliner.
Dalam menysusun RPP Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2016, sebaiknya guru memahami dasar-dasarnya menyerupai Pengertian RPP, Perinsip-Prinsip Penyusunan RPP, Komponen RPP, dan Lain sebagainya
1. Pengertian RPP
- rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus (Kemdikbud, 2013: 37)
- rencana aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
- dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). (Kemdikbud, 2013: 9)
- RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan menurut silabus ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran
- RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan silabus dengan kondisi di satuan pendidikan
- RPP mendorong partisipasi aktif siswa.
- RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan siswa sebagai insan yang berdikari dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada penerima didik untuk membuatkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar.
- RPP membuatkan budaya membaca, menulis, dan berhitung.
- Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk membuatkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.
- RPP memuat rancangan agenda proteksi umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remidi, dan umpan balik. Disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk perilaku dan keterampilan, dan keragaman budaya. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasikan secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/semester;
- Materi pokok;
- Alokasi waktu
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
- Tujuan pembelajaran
- Materi pembelajaran
- Metode pembelajaran
- Media, alat, dan sumber pembelajaran
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Penilaian
Post a Comment for "Panduan Cara Menyusun Rpp Kurikulum 2013 Terbaru Hasil Revisi Tahun 2016"