Soal Analisis Kasus Bisnis Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Analisis Kasus Bisnis 
  1. Rokok Marlboro memberi citra lelaki jantan (macho). Sedangkan rokok A Mild menggambarkan perokok yang sadar kesehatan. Kedua citra rokok tersebut memberikan gambaran ...
    a. Atribut
    b. Manfaat
    c. Kepribadian
    d. Pasar sasaran/konsumen
  2. Salah satu manfaat dari pemberian merek bagi produsen adalah ...
    a. Produk mudah dikenali
    b. Menurunkan citra perusahaan
    c. Memudahkan pemalsuan
    d. Mempersulit komunikasi pemasaran
  3. Penawaran mobil yang terdiri dari beberapa varian berbeda merupakan penetapan harga bauran produksi strategi ...
    a. Product line pricing
    b. Optional feature pricing
    c. Captive product pricing
    d. Two part pricing
  4. Pemilihan segmentasi pasar dengan spesialisasi produk berarti ...
    a. Pemasar memilih beberapa segmen yang dianggap signifikan
    b. Pemasar berkonsentrasi pada produk tertentu untuk melayani beberapa segmen
    c. Pemasar berkonsentrasi melayani berbagai kebutuhan dari suatu kelompok pasar tertentu
    d. Pemasar melayani seluruh kelompok segmen dengan semua produk yang dibutuhkan
  5. Strategi Sampoerna yang membuat beberapa jenis rokok sesuai dengan kebutuhan setiap segmen disebut ...
    a. Segmen tunggal
    b. Spesialisasi selektif
    c. Spesialisasi produk
    d. Spesialisasi pasar
  6. Strategi positioning yang mengaitkan produk berdasarkan atribut atau karakteristik spesifik produk adalah positioning berdasarkan ...
    a. Ciri-ciri khusus
    b. Manfaat
    c. Kategori pemakai
    d. Disosiasi kelas produk
  7. Pada saat positioning tidak tepat lagi, perlu dilakukan repositioning bila menghadapi keadaan berikut ...
    a. Selera konsumen tetap
    b. Produk pesaing diposisikan berdampingan dengan kita
    c. Ditemukan kelompok pasar baru yang potensial
    d. Terjadi kesalahan positioning sebelumnya
  8. Salah satu hal yang dapat disimpulkan dari definisi diferensiasi menurut Kotler adalah ...
    a. Penetapan sekumpulan persamaan
    b. Perbedaan merupakan nilai penting bagi konsumen
    c. Perbedaan tigak mampu membedakan dengan produk pesaing
    d. Tidak ada yang benar
  9. Produk yang merupakan sekumpulan atribut atau kondisi umum apabila konsumen membeli produk disebut produk ...
    a. Generik
    b. Diharapkan
    c. Diperluas
    d. Potensial
  10. Penentuan lokasi dengan menghitung titik pusat lokasi distribusi yang dapat meminimalkan biaya melalui sistem koordinat disebut ... 
    a. Center of Gravity Method 
    b. Locational Break Event Analysis 
    c. The Factor Rating Method 
    d. Transportation
  11. Economies of Scale terjadi ketika perusahaan beroperasi dengan output tinggi tetapi biaya rendah. Keadaan ini dapat terjadi dengan syarat ...
    a. Biaya tetap disebar dalam unit yang kecil
    b. Biaya operasi meningkat secara linier dengan tingkat output
    c. Quantity discounts tidak berlaku dalam pembelian material
    d. Efisiensi operasi meningkat seiring dengan pengalaman yang diperoleh tenaga kerja
Jawaban:
  1. c. Kepribadian
  2. a. Produk mudah dikenali
  3. a. Product line pricing
  4. b. Pemasar berkonsentrasi pada produk tertentu untuk melayani beberapa segmen
  5. b. Spesialisasi selektif
  6. a. Ciri-ciri khusus
  7. a. Selera konsumen tetap
  8. b. Perbedaan merupakan nilai penting bagi konsumen
  9. b. Diharapkan
  10. a. Center of Gravity Method 
  11. d. Efisiensi operasi meningkat seiring dengan pengalaman yang diperoleh tenaga kerja

Post a Comment for "Soal Analisis Kasus Bisnis Beserta Jawaban"