9+ Pola Dongeng Fiksi / Non Fiksi Beserta Struktur, Jenis, Dan Unsurnya

Contoh Cerita Fiksi dan Non fiksi – Jenis prosa yang terdapat di dalam karya sastra sangat bermacam-macam. Beberapa diantaranya ialah dongeng fiksi dan non fiksi. Pengertian dongeng fiksi merupakan prosa naratif yang bersifat imajinasi atau isi ceritanya wacana imajinasi dan tidak terjadi dalam kehidupan nyata. Meskipun bersifat khayalan, dongeng fiksi tetap harus logis alasannya ialah di dalamnya terkandung kebenaran yang sanggup mendramatisasi manusia.


Jenis dongeng ini biasanya dibentuk menurut imajinasi di pengarangnya, dan dikaitkan dengan pengalaman, wawasan, tafsiran, penilaian pada banyak sekali kejadian. Sedangkan pengertian dongeng non fiksi ialah prosa yang dibentuk menurut insiden sebenarnya, dan bersifat informatif bagi pembacanya.


Perbedaan Cerita Fiksi dan Non Fiksi


Jenis prosa yang terdapat di dalam karya sastra sangat bermacam 9+ Contoh Cerita Fiksi / Non Fiksi Beserta Struktur, Jenis, dan Unsurnya


Cerita fiksi dan non fiksi tentunya mempunyai perbedaan yang sangat jelas. Terutama dalam isi ceritanya. Isi dongeng di dalam dongeng fiksi tidak memerlukan pengamatan dan data-data yang sesuai dengan kenyataan dikala ini. Sedangkan dalam dongeng non fiksi, isi ceritanya membutuhkan informasi yang niscaya dan berasal dari pengamatan dan data.


Maka dari itu jenis buku non fiksi sering dijadikan sebagai sumber informasi oleh pembacanya. Berikut ialah informasi mengenai struktur, jenis, dan unsur-unsur dongeng fiksi dan non fiksi yang sanggup anda simak.


Struktur Cerita Fiksi dan Non Fiksi


Struktur dari dongeng fiksi terdiri dari 6 bagian. Yang pertama ialah abstrak, yang kedua ialah orientasi yang berisi pengenalan tema bacaan. Yang ketiga ialah kompilasi yang merupakan titik puncak dari cerita.


Keempat ialah evaluasi, yang merupakan bab untuk klarifikasi problem dari konflik yang dibuat. Yang kelima ialah resolusi, yang membahas wacana pemecahan masalah. Dan yang terakhir ialah koda atau reorientasi yang merupakan penyelesaian. Pada bab ini biasanya berupa amanat atau pesan positif untuk para pembacanya.


Sedangkan untuk struktur dongeng non fiksi ialah hanya terbagi kedalam bab saja.  Yaitu orientasi dan urutan peristiwa. Dalam struktur dongeng non fiksi, semua dongeng dibentuk menurut insiden dan insiden menurut fakta. Tidak ada imajinasi atau imajinasi pengarang di dalamnya, semuanya dibentuk menurut fakta umum yang sanggup dijadikan informasi oleh para pembacanya.


Jenis Cerita Fiksi dan Non fiksi


Jenis-jenis dari dongeng fiksi ialah cerpen atau dongeng pendek, novel, roman, drama, telenovela, film komedi, dan sinetron. Sedangkan jenis-jenis dari dongeng non fiksi di antaranya ialah artikel, feature, essay, opini, biografi, tips, reportase, iklan, jurnalisme baru, pidato, kritik, sejarah, dan resensi.


Jenis buku-buku fiksi biasanya ditujukan untuk menghibur para pembacanya, sedangkan buku-buku non fiksi ditujukan untuk menawarkan informasi atau wawasan kepada pembacanya.


Unsur Cerita Fiksi dan Non Fiksi


Ciri-ciri dongeng fiksi dan non fiksi sanggup pula dibedakan dari unsur-unsurnya. Dalam cerita-cerita fiksi biasanya terdapat unsur-unsur ibarat tema, alur atau plot, setting (latar, waktu, dan tempat), sudut pandang, amanat, tokoh, dan gaya bahasa.


Gaya bahasa yang dipakai dalam dongeng fiksi biasanya bahasa sehari-hari yang tidak kaku. Sedangkan dalam unsur dongeng non fiksi terdapat informasi dan pengetahuan yang disajikan dalam bentuk diagram, table, materi, grafik, bagan, dan lain sebagainya. Gaya bahasa yang dipakai dalam buku non fiksi biasanya denotatif atau bahasa yang bahu-membahu tanpa dibuat-buat.


Contoh Cerita Fiksi dan Non Fiksi



  • Cerita Fiksi Berjudul Kelinci Putih


Kelinci putih itu berjulukan chiko,chiko hidup sebatang kara,tak ber ibu dan juga tak ada saudara.Chiko mendambakan seorang sahabat yang sanggup mendengarkan keluh kesahnya.Kemudian tanpa di sengaja di bertemu dengan se ekor ular yang besar yang siap memangsanya, ular itu lapar hingga matanya keliatan sangat bergairah untuk sanggup dan cepat melahap chiko,dalam pikirannya si ular yang berjulukan Brian itu sudah membayangkan nikmatnya daging chiko..


Chiko pun ketakutan kemudian ia berlari dan bersembunyi di balik batang pohon yang sudah roboh alasannya ialah di makan usia dan berlumut. Brian terus mencari tapi tak pernah menemukan Chiko.


Ternyata chiko bersembunyi di balik besarnya tubuh Bimo yang kebetulan sedang duduk santai di pohon yang tumbang itu. Bimo ialah anak gajah yang baik hati.Brian pun urung memangsa Chiko.Merekapun berkenalan Bimo sangat iba melihat chiko yang selau jadi mangsa empuk para predator.Dan merekapun berteman.


Kemudian chiko di perkenalkan pada orang bau tanah Bimo,semenjak itu Chiko selalu mengikuti kemana Bimo pergi dan mereka pun hidup bahagia.


Cerita fiksi merupakan dongeng yang dibentuk menurut imajinasi atau imajinasi dari pengarangnya. Untuk mengetahui contoh-contoh dongeng fiksi dan nonfiksi, Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Banyak yang mengira bahwa dongeng fiksi ini hanya berupa novel dan cerpen saja.


Padahal jenis-jenis dongeng fiksi ini sangat banyak. Beberapa  diantaranya ialah sanggup berupa novel, cerpen, roman, sinetron, drama, telenovela, dan film komedi. Sedangkan untuk jenis-jenis dongeng non fiksi ialah berupa feature, essay, opini, reportase, iklan, kritik, sejarah, dan pidato. Untuk klarifikasi lebih lengkapnya simak paparan di bawah ini.



  • Cerita Fiksi Berjudul Putri Cinderella


Pada zaman dahulu kala,ada seorang gadis yang baik hati berjulukan Cinderella.Dia sangat baik hati dan cantik.tetapi sayang,ayahnya telah meninggal dunia.dan sepeninggal ayahnya ia tinggal bersama ibu dan saudara tirinya.


Setiap hari ia disiksa,dengan cara disuruh mencuci piring,mengepel lantai dan melayani mereka.Walaupun begitu Cinderella tetap percaya bahwa suatu hari ia akan hidup bahagia.Suatu hari,seorang pangeran ingin mencari permaisuri maka diadakanlah sebuah pesta dansa besar di istana, tetapi Cinderella tidak diijinkan untuk ikut.


Tetapi, Ibu Peri tiba dan menolongnya. Cinderella pun disulap menjadi seorang putri cantik. Di istana, sang pangeran jatuh cinta pada Cinderella, kemudian mengajaknya berdansa. Cinderella jadi lupa, bahwa ia tak boleh pulang lebih dari jam 12, alasannya ialah pada jam itu semua sihir Ibu Peri berakhir.


Denting lonceng pukul 12 terdengar, dan Cinderella berlari. Tak terasa, sebelah sepatu kacanya terlepas dan tercecer di tangga istana. Sang pangeran memungutnya, dan mengumumkan barangsiapa kakinya pas dengan sepatu itu, siapapun dia, akan ia jadikan isteri.


Namun, sepatu itu tidak pas di kaki siapapun yang mencobanya, termasuk 2 abang tiri Cinderella. Cinderella kemudian ikut mencoba, dan kakinya pas! Cinderella kesudahannya menikah dengan Pangeran dan hidup senang selamanya.


Contoh Cerita Fiksi dan Non Fiksi Bidang Pendidikan Untuk Anak-anak


Cerita fiksi mempunyai beberapa tipe, ada yang pendek ada juga yang panjang. Cerita fiksi pendek biasanya berupa cerpen, sedangkan yang panjang berupa novel, drama, telenovela, sinetron, dan roman. Buku-buku fiksi tentunya ditujukan untuk banyak sekali kalangan pembaca mulai untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tentunya isi buku dongeng diadaptasi dengan sasaran pembacanya. Bagi Anda yang ingin tau wacana pola dongeng fiksi dan non fiksi wacana pendidikan dan untuk belum dewasa berikut ialah penjelasannya:



  1. Contoh-contoh dongeng fiksi wacana pendidikan dan untuk anak-anak


Contoh-contoh dongeng fiksi pada umumnya ada yang panjang ada yang pendek. Beberapa pola dongeng fiksi untuk belum dewasa biasanya dibentuk sesimpel mungkin supaya belum dewasa gampang untuk membacanya. Meskipun dongeng fiksi ialah dongeng yang dibentuk menurut imajinasi dan imajinasi pengarangnya, tapi ada juga dongeng fiksi yang ditujukan untuk pendidikan. Contoh dongeng fiksi pendek belum dewasa ialah Sangkuriang, Malin Kundang, dongeng si berilmu kancil, dan lain sebagainya.


Sedangkan pola dongeng fiksi yang ditujukan untuk pendidikan biasanya berisi wacana dongeng yang memuat pengalaman insan namun dibentuk menurut rekayasa pengarangnya. Cerita ini biasanya ditujukan untuk memunculkan pesan budbahasa wacana pendidikan yang sanggup memotivasi anak-anak.



  1. Contoh-contoh dongeng non fiksi wacana pendidikan dan untuk anak-anak


Jika tadi sudah membahas wacana contoh dongeng fiksi, kini ialah pola dari dongeng non fiksi. Contoh dongeng non fiksi sangat beragam. Cerita-cerita non fiksi juga ditujukan untuk pembaca anak-anak, remaja, hingga remaja namun isi bobotnya diadaptasi dengan kebutuhan para pembacanya. Untuk dongeng non fiksi belum dewasa biasanya isi bacaannya tidak terlalu panjang dan memakai bahasa-bahasa yang sederhana. Sedangkan untuk bacaan remaja pemilihan bahasanya sudah kompleks.


Beberapa pola dongeng non fiksi wacana pendidikan biografi banyak sekali tokoh hero atau tokoh inspiratif lainnya, cerita-cerita sejarah, buku ilmu pengetahuan yang dipakai untuk belajar, resensi buku, dan lain sebagainya. Hanya saja untuk dongeng non fiksi belum dewasa dikemas dengan informasi-informasi yang lebih sederhana sesuai dengan kebutuhannya.


Perbedaan antara dongeng fiksi dan nonfiksi wacana pendidikan ialah dalam dongeng fiksi wacana pendidikan untuk belum dewasa diselipkan cerita-cerita yang merupakan tidak menurut fakta. Atau hanya imajinasi belaka. Namun meskipun ceritanya khayalan, dongeng fiksi wacana pendidikan tetap bertujuan untuk mendidik. Sedangkan dalam dongeng non fiksi semua bacaan ialah fakta sehingga sanggup dijadikan sebagai sumber informasi dan pengetahuan untuk menambah wawasan.


Baca juga : Contoh Teks Deskripsi


Untuk sanggup membedakan pola dongeng fiksi dan nonfiksi tentunya diharapkan pengetahuan terlebih dahulu mengenai pengertian, dan perbedaan dari keduanya. Dengan begitu Anda sanggup lebih gampang dalam memilih mana yang termasuk ke dalam dongeng fiksi mana yang termasuk ke dalam dongeng non fiksi. Demikian informasi mengenai dongeng fiksi, dongeng non fiksi, beserta contoh-contohnya untuk pendidikan dan anak-anak. Semoga bermanfaat.


Untuk sanggup memilih sebuah dongeng atau teks termasuk ke dalam dongeng fiksi atau non fiksi tentunya Anda perlu mengetahui hal-hal ibarat jenis, unsur, serta struktur yang membedakannya. Demikian beberapa informasi mengenai cerita fiksi dan dongeng non fiksi beserta jenis, struktur dan unsur-unsurnya. Semoga bermanfaat.


Hasil Pencarian:

contoh dongeng fiksi,cerita fiksi,cerita non fiksi,cerita fiksi adalah,contoh cerpen fiksi,cerita fiksi anak,Contoh teks non fiksi,cerita fiksi pendek,Tips menulis dongeng imajinasi buat anak edukatif,contoh cerita

Post a Comment for "9+ Pola Dongeng Fiksi / Non Fiksi Beserta Struktur, Jenis, Dan Unsurnya"