Pengertian Masyarakat Madani, Multikultural Dan Pemberdayaannya

Pengertian Masyarakat – Sebelumnya mungkin Anda sering mendengar perihal istilah masyarakat madani dan masyarakat multicultural. Meski terkesan sama, kedua istilah tersebut bersama-sama mempunyai makna yang berbeda. Sebelum membahas mengenai masyarakat madani dan multicultural, Anda perlu mengetahui dulu apa itu pengertian dari masyarakat. Secara umum pengertian masyarakat yaitu sekelompok orang yang hidup bersama di suatu wilayah dan mempunyai tujuan yang sama untuk memperoleh kepentingan bersama untuk mendapat kehidupan yang tentram dan sejahtera.


Sedangkan pengertian masyarakat madani atau civil society yaitu masyarakat yang beradab dalam menjalani, membangun, dan memaknai kehidupannya. Sebelum mengenal istilah masyarakat madani lebih jauh, berikut yaitu pengertian masyarakat berdasarkan para andal yang perlu Anda ketahui:


Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli


 Sebelumnya mungkin Anda sering mendengar perihal istilah masyarakat madani dan masyarakat Pengertian Masyarakat Madani, Multikultural dan Pemberdayaannya



  1. Paul B.Harton


Pengertian masyarakat berdasarkan Paul B.Harton merupakan sekumpulan insan yang mendiami suatu wilayah tertentu dan hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama. Masyarakat ini relative mandiri, mempunyai kebudayaan yang sama dan banyak berinteraksi dengan kelompok di sekitarnya.



  1. Soerjono Soekanto


Menurut Soerjono Soekanto, pengertian masyarakat adalah proses terjadinya interaksi social. Menurut anggapannya, interaksi social ini tidak akan terjadi kalau tidak memenuhi dua syarat penting yaitu komunikasi dan kontak social.



  1. Abdul Syani


Menurut Abdul Syani pengertian masyarakat yaitu hidup bersama, berkumpul bersama dengan saling menghipnotis dan saling berafiliasi satu sama lainnya.


Jika sudah paham mengenai istilah masyarakat, Anda akan lebih gampang memahami konsep masyarakat madani. Masyarakat Madani di ambil dari kata bahasa arab yaitu “madani” yang berarti beradab. Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh wakil perdana menteri Malaysia Anwar Ibrahim.


Sedangkan berdasarkan Anwar Ibrahim pengertian masyarakat madani merupakan sebuah sistem social yang dibangun berdasarkan prinsip moral yang menjamin kestabilan masyarakat dan kebebasan individu.  Sedangkan pengertian masyarakat multikultural yaitu masyarakat yang terdiri dari sekelompok orang dengan latar belakang budaya dan suku bangsa yang berbeda-beda.


Masyarakat madani dan masyarakat multikultural sangat berhubungan. Sekelompok orang sanggup disebut sebagai masyarakat madani kalau orang-orang didalamnya menjunjung tinggi akan toleransi perbedaan suku bangsa dan budaya yang ada di sekitarnya. Untuk terwujudnya masyarakat madani maka perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat.


Pengertian pemberdayaan masyarakat itu sendiri yaitu proses pembangunan sdm (sumber daya manusia) atau masyarakat dalam menggali kreativitas, daya pikir, kemampuan pribadi, dan kompetensi dari setiap individu dalam masyarakat untuk memperbaiki keadaan menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Selain mengetahui pengertian masyarakat madani, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri dari masyarakat madani. Apa saja ciri ciri masyarakat madani ? Berikut ulasan lengkapnya untuk anda semuanya:


Ciri Ciri Masyarakat Madani



  1. Memiliki peradaban yang tinggi


Sekelompok orang sanggup dikatakan sebagai masyarakat madani kalau mempunyai peradaban dan tata eksekusi alam yang elok dan sanggup dicontoh orang banyak. Tentunya pengertian bertata krama disini tidak hanya sekedar dengan penciptanya tapi juga dengan sesame manusia.



  1. Menjunjung tinggi nilai-nilai


Selain mempunyai tata krama yang bagus, masyarakat madani juga mempunyai ciri menjunjung tinggi nilai-nilai menyerupai norma, dan aturan yang dilandasi dengan iman, teknologi, dan ilmu. Dengan demikian mereka hidup berdasarkan norma dan aturan yang berlaku di negaranya dan tidak melenceng dari pedoman agamanya.



  1. Mengedepankan kesederajatan dan transparansi


Masyarakat madani mengedepankan kesederajatan dimana mereka menganggap bahwa wanita dan pria mempunyai hak yang sama untuk mendapat kesempatan dalam banyak sekali hal. Salah satunya yaitu dalam demokrasi.


Demikianlah beberapa pengertian masyarakat berdasarkan pendapat para ahli, pengertian masyarakat madani, serta ciri-ciri dari masyarakat madani. Selamat berguru dan tentunya biar bermanfaat untuk sahabat sahabat semuanya yang sedang membutuhkan isu mengenai masyarakat madani maupun masyarakat multikutural.


Hasil Pencarian:

masyarakat multikultural pengertian ciri je

Post a Comment for "Pengertian Masyarakat Madani, Multikultural Dan Pemberdayaannya"