Sistem Peredaran Darah Besar Dan Peredaran Darah Kecil

Peredaran Darah Besar dan Kecil – Tubuh insan terdiri dari aneka macam sistem kerja yang bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ada sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem pengeluaran atau ekskresi dan yang paling penting yaitu sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah inilah yang akan mengatur peredaran darah yang mengandung oksigen di dalam tubuh. Sistem peredaran darah sendiri terdiri dari sistem peredaran darah besar dan kecil. Lalu apa yang membedakan kedua sistem peredaran darah ini?


Sistem Peredaran Darah


Sebelum mengetahui perbedaan antara peredaran darah kecil dan besar, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sistem peredaran darah. Sistem ini yaitu sebuah sistem yang mengatur peredaran darah yang mengalirkan darah dari dan ke luar jantung. Manusia mempunyai sistem peredaran darah tertutup, yang mana sirkulasi darah yang terjadi berada di dalam badan manusia.


 Tubuh insan terdiri dari aneka macam sistem kerja yang bekerja sesuai dengan fungsinya mas Sistem Peredaran Darah Besar dan Peredaran Darah Kecil


Pada sistem peredaran darah ini, ada banyak organ yang turut berperan menyerupai jantung dan juga pembuluh darah. Meskipun sama-sama melaksanakan sirkulasi darah, baik peredaran darah kecil maupun besar mempunyai perbedaan yang mendasar. Lalu apakah perbedaan antara sistem peredaran darah kecil dan besar yang membedakan keduanya? Berikut penjelasannya.


Perbedaan Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil




  1. Alur Sirkulasi Darah




Perbedaan peredaran darah besar dan kecil yang paling fundamental yaitu pedoman atau alur sirkulasinya. Alur peredaran darah besar dan kecil melalui organ-organ yang hampir sama, namun dengan alur yang sedikit berbeda. Pada peredaran darah besar, alirannya yaitu membawa darah yang mengandung oksigen dan sari-sari masakan tersebut dari jantung kemudian dialirkan ke seluruh badan dan kembali ke jantung. Sedangkan peredaran darah kecil, darah dibawa dari jantung hanya hingga paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung.




  1. Organ-Organ yang Dilewati




Karena berbentuk sistem tentu tidak hanya satu organ yang berperan dalam sistem peredaran darah ini. Perbedaan selanjutnya dari peredaran darah kecil dan besar ini yaitu organ-organ yang dilewatinya. Sama menyerupai pengertiannya, peredaran darah besar melewati organ jantung, kemudian dialirkan ke seluruh badan kemudian kembali lagi ke jantung. Makara yang dilewati yaitu jantung dan organ lain di seluruh tubuh. Sedangkan peredaran darah kecil hanya melewati jantung dan paru-paru kemudian kembali ke jantung.




  1. Kandungan yang dibawa




Perbedaan peredaran darah besar dan kecil selanjutnya yaitu perihal kandungan yang dibawa oleh darah yang akan diedarkan tersebut. Pada peredaran darah besar, darah yang diedarkan yaitu darah yang mengandung Oksigen, kemudian diedarkan ke seluruh tubuh, kemudian kembali ke jantung dengan membawa darah yang mengandung karbon dioksida.


Sedangkan untuk peredaran darah kecil awalnya banyak mengandung karbon dioksida (CO2) yang kemudian diedarkan ke paru-paru. Darah yang hingga di paru-paru kemudian diproses sehingga kandungan bermetamorfosis banyak mengandung Oksigen (O2), kemudian diedarkan kembali ke jantung.


Dalam ilmu kedokteran, sistem peredaran darah besar dan kecil yang terjadi sekaligus di dalam badan insan ini biasa juga disebut dengan peredaran darah ganda, alasannya yaitu ada sistem peredaran darah kecil dan besar sekaligus.


Baca juga : Tekanan darah normal


Memahami sistem yang bekerja pada badan Anda tentu sangat penting. Dengan mengetahuinya, Anda bsia memahami setiap sistem yang bekerja dan fungsi atau maksud dari sistem yang terjadi tersebut. Seperti klarifikasi perihal sistem peredaran darah besar dan kecil pada badan insan di atas serta apa saja yang membedakan kedua sistem peredaran darah tersebut. Semoga info tersebut dapat menunjukkan pengetahuan lebih perihal sistem yang bekerja pada badan Anda.


Hasil Pencarian:

gambar alat peredaran darah kecil,pembuluh darah besar,sistem peredaran darah besar dan kecil

Post a Comment for "Sistem Peredaran Darah Besar Dan Peredaran Darah Kecil"