Soal Pembelajaran Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pembelajaran 
  1. Murid TK Ananda pada umumnya telah mampu mengenali berbagai kesenian menurut daerahnya masing-masing. Pada tahap ini murid telah mencapai tingkat ...
    a. Discrimination Learning
    b. Concept Learning.
    c. Verbal Association Learning.
    d. Problem Solving Learning.
  2. Pada waktu proses pembelajaran, seorang guru sering melontarkan pertanyaan kepada siswanya. Hal ini dilakukan oleh guru sesuai dengan pola dasar pembelajaran yang dikemukakan oleh Jean Piaget, yaitu ...
    a. Conditions of learning.
    b. Information processing.
    c. Cognitive development.
    d. Social learning.
  3. Ada tahap-tahap yang harus dilalui guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan ...
    a. Kurikulum
    b. Kerangka pembelajaran
    c. Sistem
    d. Evaluasi
  4. Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar S – R haruslah ...
    a. Berwarna gelap. 
    b. Seminimal mungkin.
    c. Berwarna-warni.
    d. Semaksimal mungkin
  5. Yang dimaksud dengan multipel intelegensi atau kecerdasan majemuk adalah berbagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk ...
    a. Menjawab pertanyaan.
    b. Memecahkan masalah.
    c. Mengembangkan diri.
    d. Mengerjakan tugas
  6. Pada waktu Pak Totok mengajarkan bidang studi IPS, dia menerapkan ‘pembelajaran melalui menemukan’. Berkaitan dengan hal tersebut langkah-langkah yang harus ditempuh Pak Totok diantaranya adalah ...
    a. Memberikan kasus untuk dianalisa secara bersama-sama.
    b. Menghubungkan hasil pengamatan dengan analisis.
    c. Memberitahu tentang konsep dasar yang relevan dengan materi.
    d. Menyusun prosedur yang tepat untuk mengerjakan tugas.
  7. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas bersama dengan teman-temannya. Hal ini dilakukan agar siswa dapat ....
    a. Mengobrol bersama.
    b. Bertukar informasi.
    c. Saling percaya
    d. Saling memahami.
  8. Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ....
    a. Mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri.
    b. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan.
    c. Mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan.
    d. Memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya.
  9. Dalam pembelajaran konstruktivisme lebih menekankan pada pengembangan strategi berpikir siswa. Untuk itu evaluasi yang paling tepat digunakan adalah evaluasi yang mengukur hal-hal berikut, kecuali....
    a. Pengetahuan saja.
    b. Pengetahuan dan kinerja.
    c. Sikap dan kinerja.
    d. Sikap, pengetahuan, dan kinerja.
  10. Cara melatih silang intelegensi anak dapat dilihat dari kegiatan berikut ini, kecuali ...
    a. Guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolah.
    b. Siswa diberi tugas untuk mendata tanaman yang ada di sekitar rumahnya.
    c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bernyanyi di depan kelas.
    d. Ali mendapat tugas untuk membuat maket rumah Minangkabau.
  11. Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel intelegensi, ada langkah–langkah yang dapat digunakan, antara lain ...
    a. Membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran.
    b. Mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa.
    c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswa.
    d. Menyediakan fasilitas yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan.
  12. Kegiatan berikut adalah salah satu cara untuk mengaktifkan indra anak didik kita agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu ...
    a. Siswa berolah raga di lapangan.
    b. Guru memberi hadiah kepada siswa berprestasi.
    c. Siswa diajak berkarya wisata.
    d. Siswa belajar di ruang laboratorium bahasa.
  13. Pernyataan berikut adalah contoh kegiatan bagaimana cara melatih intelegensi secara berimbang ...
    a. Mengajak siswa untuk berdiskusi tentang pelajaran tertentu.
    b. Siswa diberi tugas untuk menyelesaikan suatu masalah.
    c. Melakukan studi dokumentasi tentang data-data siswa.
    d. Mengobservasi perilaku guru dan siswa.
Jawaban:
  1. a. Discrimination Learning
  2. c. Cognitive development
  3. a. Kurikulum.
  4. d. Semaksimal mungkin
  5. b. Memecahkan masalah
  6. a. Memberikan kasus untuk dianalisa secara bersama-sama.
  7. b. Bertukar informasi.
  8. b. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan.
  9. a. Pengetahuan saja.
  10. a. Guru dan siswa melaksanakan kegiatan di lapangan yang ada di sekolah
  11. c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki oleh siswa.
  12. d. Siswa belajar di ruang laboratorium bahasa.
  13. c. Melakukan studi dokumentasi tentang data-data siswa.

Post a Comment for "Soal Pembelajaran Beserta Jawaban"