Soal Pengantar Bisnis Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pengantar Bisnis 
  1. Salah satu fungsi manajemen operasional adalah penjadwalan operasional yang terdiri dari ….
    a. Kapasitas dan layanan
    b. Produksi dan karyawan
    c. Bahan baku dan manajemen rantai pasokan
    d. Produksi dan pengendalian kualitas
  2. Apabila kondisi suatu kantor langsung berhubungan dengan pelanggan (front office) dengan aliran kerja beragam, volume rendah, dan kastemisasinya tinggi, maka dapat menggunakan tata letak ….
    a. Proses
    b. Produk
    c. Campuran
    d. Flexible manufacturing system atau FMS
  3. Berikut ini pernyataan yang benar tentang manajemen rantai pasokan adalah...
    a. Manajemen rantai pasokan didefinsikan sebagai integrasi proses bisnis dari pelanggan akhir melalui pemasok yang menyediakan produk, pelayanan dan informasi yang menambah nilai bagi pelanggan
    b. Konsep manajemen rantai pasokan diadopsi oleh berbagai perusahaan sebagai cara yang penting dalam meraih posisi sebagai pemimpin pasar di pasar dalam negeri
    c. Manajemen rantai pasokan merupakan pendekatan per bagian yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian bahan baku dan informasi dari perusahaan ke pelanggan akhir
    d. Struktur proses rantai pasokan meliputi perencanaan, pengalokasian sumber daya, dan produksi
  4. Salah satu alat yang sering digunakan dalam pengendalian mutu harian secara rutin yaitu dengan cara memacu pemikiran kreatif guna mengumpulkan ide-ide dari suatu kelompok dalam waktu yang relatif singkat atau disebut dengan...
    a. Flow chart
    b. Cause and effect diagram
    c. Affinity diagram
    d. Brainstorming
  5. Salah satu kelemahan dari penerapan ISO 9000 adalah...
    a. Perubahan kepercayaan dan reputasi organisasi atau pelanggan
    b. Memperkecil kreatifitas dan pemikiran kritis organisasi
    c. Kekaburan struktur dan tanggung jawab organisasi
    d. Menurunkan tingkat kepuasan pelanggan
  6. Teori X dan Y, yang berpendapat bahwa Teori X mempunyai keyakinan bahwa orang pada dasarnya malas, sedangkan Teori Y yang meyakini bahwa orang pada dasarnya bersemangat dan memiliki motivasi tinggi, merupakan teori yang dikemukakan oleh ...
    a. Douglas McGregor
    b. Frederick Herzberg
    c. Maslow
    d. Clayton Alderfer
  7. Teori motivasi yang menyatakan bahwa karyawan akan termotivasi untuk bekerja agar mendapatkan penghargaan yang mereka inginkan dan mereka percaya bahwa kesempatan atau harapan mereka akan tercapai, yaitu merupakan teori ...
    a. Keadilan
    b. Dua faktor
    c. Hirarki kebutuhan
    d. Pengharapan
  8. Salah satu teknik yang digunakan dalam menilai person-organization fit dalam proses seleksi adalah q methodology yaitu mengukur…
    a. Fit dalam dua studi
    b. Korelasi antara application’s response dengan organizational profile
    c. Kepribadian seseorang
    d. Menilai pelamar secara komprehensif
  9. Untuk menilai kinerja karyawan yang berada dalam kondisi yang tetap dan tidak memungkinkan untuk diperbaiki dengan keterbatasan kemampuan, motivasi, atau ciri pekerjaannya, maka digunakan penilaian ...
    a. Pengembangan
    b. Penampilan
    c. Perbaikan
    d. Pemeliharaan
  10. Salah satu teori yang dapat mendasari penilaian kinerja menyatakan bahwa penilaian kinerja sebaiknya menggunakan berbagai observasi dari waktu ke waktu dan mengadakan analisis terhadap informasi yang diperoleh dari berbagai sumber. Hal ini merupakan isi dari teori..
    a. Kognitif sosial (social cognitive theory)
    b. Identitas (identity theory)
    c. Atribusi
    d. Kepribadian implisit
  11. Salah satu fungsi pemasaran yang merupakan kegiatan pemisahan produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan sesuai dengan kualitas dan karakteristiknya agar mudah dipahami pelanggan adalah fungsi...
    a. Pengiriman
    b. Pengendalian resiko
    c. Standarisasi
    d. Penggudangan
  12. Salah satu metode promosi yang merupakan metode yang tidak mahal untuk membangun imej terhadap perusahaan dan produk adalah...
    a. Periklanan
    b. Penjualan personal
    c. Promosi penjualan
    d. Hubungan masyarakat
  13. Orang yang ahli dalam menginterpretasikan laporan keuangan dan membuat rekomendasi terhadap kondisi keuangan perusahaan atau organisasi yaitu ....
    a. Manajer keuangan
    b. Auditor
    c. Akuntan publik
    d. Investor
  14. Apabila pemilik perusahaan menginvestasikan kembali pendapatannya, membuat kontribusi, menjual aset, menjual saham ke masyarakat, atau menambah modal yang berasal dari investor untuk menambah dana yang ada dalam perusahaan, disebut dengan..
    a. Debt capital
    b. Equity capital
    c. Cost of capital
    d. Venture capital
  15. Kegunaan dari rasio profitabilitas adalah mengukur …
    a. Seberapa besar perusahaan meminjam dana utuk kegiatan operasionalnya
    b. Seberapa efektif perusahaan menggunakan berbagai sumber dana untuk mencapai laba
    c. Kemampuan aset untuk membayar hutang jangka pendek perusahaan
    d. Mengukur kecepatan perusahaan pergerak dari barang mentah menjadi barang jadi yang siap dipasarkan
  16. Agar tidak mudah dipalsukan, uang memiliki karakteristik yang sulit ditiru yang diistilahkan dengan ...
    a. Portability
    b. Divisibility
    c. Durability
    d. Difficulty in counterfeiting
  17. Yang membedakan Bank Syariah dengan Bank Umum adalah ..…
    a. Beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil
    b. Tidak memberikan layanan kredit
    c. Tidak mengeluarkan deposito
    d. Hanya membatasi nasabah muslim saja
  18. Perencanaan tenagakerja, pelatihan kerja, penempatan tenagakerja, perluasan kesempatan kerja, dan penggunaan tenagakerja asing merupakan aspek-aspek yang terdapat dalam UU ketenagakerjaaan, yaitu ….
    a. UU No.21 Tahun 2000
    b. UU No.21 Tahun 2001
    c. UU No.13 Tahun 2002
    d. UU No.13 Tahun 2003
  19. Variabel demografi merupakan salah satu variabel penting untuk menyusun segmentasi pasar yang meliputi aspek-aspek ….
    a. Umur, gender, ras, etnik, pendapatan, pendidikan, agama dan kepercayaan
    b. Iklim, sumber daya alam, kepadatan penduduk, nilai budaya, dan lingkungan
    c. Kepribadian, motivasi, dan gaya hidup
    d. Perilaku konsumen terhadap produk, nilai budaya, dan lingkungan
  20. Fungsi perencanaan merupakan kegiatan yang sangat penting dan dasar untuk melakukan fungsi manajemen lainnya. Salah satu perencanaan yang dibuat oleh suatu organisasi bisnis adalah perencanaan strategis yang berarti .....
    a. Deklarasi atau pernyataan organisasi yang mendasar dan berisi tujaan dan filosofi dasar organisasi
    b. Perencanaan jangka panjang beserta semua strategi untuk pencapaian misi perusahaan atau organisasi
    c. Perencanaan jangka pendek yang disusun untuk mengimplementasikan kegiatan dan tujuan khusus
    d. Perencanaan yang sangat pendek mengenai kegiatan khusus individu, kelompok kerja /tim, atau departemen
  21. Manajer merupakan pemimpin dalam organisasi yang berperan dalam memotivasi karyawan dengan memberikan penghargaan dan insentif bagi karyawan yang berprestasi. Hal ini merupakan pelaksanaan fungsi ...
    a. Pengarahan
    b. Penyusunan staf
    c. Pengorganisasian
    d. Pengendalian
  22. PT. Extravaganza, yang bergerak dalam pembuatan produk dari kulit, membagi departemennya dengan berbasis produk yang dihasilkan: Departemen Jaket, Departemen Sepatu, dan lain-lain. Dengan demikian PT. Extravaganza menganut struktur organisasi...
    a. Matriks
    b. Fungsional
    c. Lini
    d. Divisional
Jawaban:
  1. b. Produksi dan karyawan
  2. a. Proses
  3. a. Manajemen rantai pasokan didefinsikan sebagai integrasi proses bisnis dari pelanggan akhir melalui pemasok yang menyediakan produk, pelayanan dan informasi yang menambah nilai bagi pelanggan
  4. d. Brainstorming
  5. b. Memperkecil kreatifitas dan pemikiran kritis organisasi
  6. a. Douglas McGregor
  7. d. Pengharapan
  8. b. Korelasi antara application’s response dengan organizational profile
  9. d. Pemeliharaan
  10. a. Kognitif sosial (social cognitive theory)
  11. c. Standarisasi
  12. d. Hubungan masyarakat
  13. a. Manajer keuangan
  14. b. Equity capital
  15. b. Seberapa efektif perusahaan menggunakan berbagai sumber dana untuk mencapai laba
  16. d. Difficulty in counterfeiting
  17. a. Beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil
  18. d. UU No.13 Tahun 2003
  19. a. Umur, gender, ras, etnik, pendapatan, pendidikan, agama dan kepercayaan
  20. b. Perencanaan jangka panjang beserta semua strategi untuk pencapaian misi perusahaan atau organisasi
  21. a. Pengarahan
  22. d. Divisional

Post a Comment for "Soal Pengantar Bisnis Beserta Jawaban"