Dasar-Dasar Pendidikan TK: Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Dasar-Dasar Pendidikan TK Lengkap Jawaban
  1. Perkembangan anak Taman Kanak-kanak yang benar menurut Myers adalah bahwa perkembangan .... 
    a. Bersifat multidimensional 
    b. Tidak berlangsung secara berkesinambungan 
    c. Tidak terpola, tetapi unik 
    d. Bersifat multidimensional 
  2. Ani adalah anak Taman Kanak-kanak Ananda yang berusia 5 tahun. Dalam berbicara Ani masih belum lancar, oleh karenanya guru TK Ani selalu membimbing dia untuk sering berbicara melalui pertanyaan-pertanyaan. Menurut pakar tertentu anak usia Ani sudah dapat membangun pengetahuannya dengan cara menyerap kejadian –kejadian dalam lingkungannya kemudian diikuti dalam kehidupannya. Hal ini dialami oleh Ani. Pada saat Ani dibawa ke pukesmas oleh Ibunya Ani melihat bayi yang sedang disuapi oleh Ibunya, maka setiba di rumah Ani main dengan bonekanya kemudian Ani menyuapi boneka tersebut menggunakan sendok. Dari ilustrasi tersebut pernyataan pakar pendidikan dan psikologi tentang karakteristik anak usia TK adalah .... 
    a. Maria Montessori 
    b. Erik Erikson 
    c. Froebel 
    d. Syamsu Yusuf 
  3. Dimensi kesosialan yang dimiliki manusia, salah satunya ditunjukkan dengan ciri .... 
    a. Selalu hidup menyendiri tanpa bantuan orang lain 
    b. Yang satu dengan yang lainnya saling berkompetisi 
    c. Tidak boleh melanggar hak orang lain 
    d. Selalu saling memberi dan menerima dengan sesama 
  4. Pendidikan dapat dikatakan sebagai proses pembentukan pribadi, karena untuk mewujudkan pribadi seseorang perlu adanya.... 
    a. Pengalaman khusus dalam masyarakat 
    b. Interaksi edukatif dengan komponen pendidikan 
    c. Latihan kepribadian dijalur pendidikan 
    d. Bimbingan dan pengalaman dijalur pendidikan 
  5. Pertumbuhan fisik anak taman kanak-kanak sifatnya sangat individual tergantung dari cara perawatan, asupan gizi, dan kesehatan. Pernyataan ini sesuai dengan pendapat.... 
    a. Lohman dalam Hurlock (1978) 
    b. Tanner dalam Hurlock (1978) 
    c. Froebel dalam Hurlock (1978) 
    d. Johnston dalam Hurlock (1978) 
  6. Tasia seorang anak perempuan. Saat ini dia sudah dapat berjalan jika dipegang dan mencoba berdiri sendiri dengan berpegangan dan sudah bisa memukul-mukul mainannya. Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa Tasia berusia antara.... 
    a. 3-6 bulan 
    b. 6-9 bulan 
    c. 9-12 bulan 
    d. 1-2 tahun 
  7. Bita berusia 5 tahun sedang menggambar di ruang belajar. Selang beberapa menit kemudian Ayah Bita datang dari kantor membawa oleh-oleh berupa tas sekolah untuk kakak Bita. Seketika itu juga Bita merengek minta tas yang dibawa Ayahnya.Kakaknya megang taspun tidak boleh.Namun kakak Bita tidak menghiraukan sehingga Bita menangis kencang-kencang. Nah! Dari peristiwa tersebut di atas, tunjukkan sifat egosentris yang muncul pada anak usia dini? 
    a. Merengek minta tas yang dibawa Ayahnya 
    b. Tas boleh dipegang kakaknya 
    c. Menggambar di ruang belajar 
    d. Datang dari kantor
  8. Bredekamp (1987) menyatakan bahwa aspek-aspek perkembangan anak seperti fisik, sosial emosional, dan kognitif satu sama lain saling terkait erat. Hal ini ditunjukkan bahwa .... 
    a. Perkembangan setiap anak relatif sama dan dalam rentang waktu yang sama 
    b. Keterampilan intelektual tidak mempengaruhi keterampilan bahasa anak 
    c. Keterampilan bahasa dapat mempengaruhi perkembangan intelektual 
    d. Keterampilan bahasa tidak  mempengaruhi perkembangan intelektual 
  9. Zahra adalah anak dari pasangan Pak Deni Setiawan dengan Ibu Ani. Zahra sudah bisa menggambar orang lengkap dengan anggota tubuhnya.Apabila sedang bermain bola dengan teman sebaya Zahra baru dapat melempar bola sejauh 3 meter dan sudah bisa menangkap bola dengan kedua tangan terjulur.Ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa Zahra berusia.... 
    a. 4-5 tahun 
    b. 3-4 tahun 
    c. 2-3 tahun 
    d. 1-3 tahun 
  10. Pembelajaran di sebuah Taman Kanak-kanak memiliki karakteristik tersendiri yaitu melakukan pembelajaran melalui sarana yang diminati anak seperti mengenal warna, belajar berhitung , belajar bersosial dengan teman sebaya, mengagumi kekuasaan Tuhan, semua itu melalui kegiatan bermain dan bernyanyi . Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa....
    a. Pembelajaran berorientasi perkembangan
    b. Pengembangan anak memerlukan kreativitas
    c. Pembelajaran tidak boleh bermain
    d. Pembelajaran berorientasi tidak ada perkembangan 
  11. Sebuah teori belajar berkembang berdasarkan hasil dari eksperimen dengan menggunakan seekor anjing untuk mengetahui hubungan conditioned stimulus (CS), unconditioned stimulus (UCS) dengan conditioned respons, dan un conditioned respons. Karena fungsinya, teori belajar tersebut juga diberi nama respondent conditioning. Teori belajar tersebut pada dasarnya sebuah prosedur penciptaan reflex baru dengan cara mendatangkan stimulus sebelum terjadinya reflex. Teori ini dikembangkan oleh seorang ilmuwan besar yang bernama Pavlov. Berdasarkan ciri-ciri di atas, menurut Anda teori belajar tersebut adalah teori belajar....
    a. Pembiasaan perilaku respons
    b. Pendekatan kognitif
    c. Pembiasaan klasik
    d. Koneksionisme 
  12. Tujuan pendidikan taman kanak-kanak menurut Ki Hajar Dewantara adalah....
    a. Tidak mengembangkan rasa tertib, dan damai, serta pikiran yang sehat
    b. Menciptakan suasana yang menyenangkan berdasarkan lingkungan anak
    c. Menumbuh kembangkan perkembangan anak secara maksimal
    d. Tidak menciptakan suasana yang menyenangkan berdasarkan lingkungan anak 
  13. Pengertian belajar menurut Chaplin bahwa belajar adalah....
    a. Proses interaksi dan bukan sekedar proses penyerapan yang berlangsung tanpa usaha
    b. Suatu perbuatan sadar yang selalu mempunyai arah tujuan secara sadar
    c. Perubahan tingkah laku yang berlangsung dari yang paling sederhana menuju yang paling kompleks
    d. Perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman 
  14. Pendidikan di TK sangat berpengaruh terhadap pendidikan dasar karena pendidikan di TK ....
    a. Merupakan persiapan untuk masuk jenjang pendidikan dasar
    b. Bertujuan untuk memperbaiki sarana pendidikan
    c. Dapat membuat anak menjadi cerdas dan berkualitas
    d. Dapat membuat anak tidak perlu belajar lagi
  15. Usia anak TK berada dalam rentangan 4-6 tahun. Anak usia TK diberikan pendidikan melalui belajar seraya bermain. Oleh karenanya setiap pembelajaran harus….
    a. Dikemas dalam satu paket
    b. Menunjukkan dunia  kerja
    c. Dikemas dalam suasana bermain
    d. Dikemas sesuai tuntutan orang tua
  16. Bu Santi mengajar di TK Lebah Lestari. RKH yang dibuat Bu Santi nampak menentukan tema terlebih dahulu dengan judul“Keluargaku”. Setelah melakukan kegiatan awal Bu Santi menjelaskan anggota keluarga, kemudian memberi tugas pada masing-masing anak mewarnai gambar anggota keluarga yang telah disiapkan oleh Bu Ita. Selain mewarnai anak disuruh menghitung jumlah anggota keluarga mereka dirumah. Pada akhir kegiatan anak diberi tugas untuk menghitung anggota keluarga perempuan dan anggota keluarga laki-laki. Dari ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa Bu Ita menerapkan model pembelajaran tematik yang memiliki keunikan, yaitu....
    a. Pembelajaran berpusat pada anak
    b. Kelas dibagi menjadi kelompok-kelompok
    c. Pengaturan kelas adalah kunci utama dari pembelajaran
    d. Melibatkan beberapa bidang pengembangan
  17. Sarana permainan adalah semua peralatan yang dapat digunakan untuk melatih psikis dan fisik dalam proses tumbuh kembang anak. Bentuk sarana bermain dapat berupa....
    a. Gedung
    b. Batu bata
    c. Tower
    d. Kertas
  18. Pemikiran Jeans Jaques Rousseau tentang pembelajaran anak usia TK adalah....
    a. Pembelajaran yang utama di sekolah adalah pelajaran agama
    b. Pembelajaran lebih efektif apabila dilakukan melalui bermain di luar rumah
    c. Anak harus dibimbing secara perlahan-lahan dan dengan usaha anak itu sendiri
    d. Pendidikan bersifat ilmiah dan menyarankan kembali ke alam 
  19. Oliva mengemukakan, bahwa model pembelajaran itu harus mengandung sesuatu yang rasional dan didasarkan pada teori serta berisi serangkaian strategi ….
    a. Yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik mata pelajaran dan kemampuan anak
    b. Yang dilakukan oleh guru maupun anak didik dan didukung oleh fasilitas pembelajaran
    c. Pengembangan sejumlah pengalaman belajar melalui kegiatan bermain
    d. Meyakini bahwa pengembangan kurikulum berhubungan dengan mutu pembelajaran 
  20. Seorang pakar kurikulum berpendapat bahwa tujuan pengembangan kurikulum yang mendasar adalah untuk mengoptimalkan perkembangan anak melalui lingkungannya. Oleh karenanya kurikulum untuk anak TK harus memfokuskan pada perkembangan anak melalui linkungan sekitar anak , sehingga dapat menggali berbagai potensi melalui permainan. Menurut pendapat Anda pernyataan tersebut di atas termasuk….
    a. Tujuan kurikulum menurut Catron dan Allen
    b. Pengembangan kurikulum menurut Bredekamp
    c. Pengembangan kurikulum menurut Kitano dan Kirby
    d. Pembelajaran melalui pendekatan konstruktivisme
  21. Melalui bermain dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak TK, karena pada saat bermain....
    a. Peserta didik selalu menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan teman sebaya, berarti secara tidak langsung belajar bahasa
    b. Anak usia TK suka bermain lempar-lemparan
    c. Anak berlatih menyesuaikan antara pikiran dan gerakan menjadi suatu keseimbangan sehingga anak dapat bergerak bebas
    d. Anak usia TK suka bermain kejar-kejaran
  22. Bermain eksploratoris adalah kegiatan bermain yang dapat memberikan kesempatan pada setiap anak untuk....
    a. Menemukan hal –hal disenangi
    b. Merangsang rasa ingin tahu
    c. Mengembangkan kemampuan berpikir
    d. Mengembangkan kemampuan membaca
  23. Ibu Eka setiap akhir bulan selalu menemui Kepala Sekolah di TK Purnama tempat anaknya sekolah. Tujuan Bu Eka adalah untuk menanyakan kemajuan belajar anaknya. Hal ini dilakukan Bu Eka karena....
    a. Bu eka merasa kalau guru di TK kurang peduli terhadap anaknya
    b. Bu Eka selalu tanggap sekolah tidak boleh perlu dipercaya
    c. Program pelibatan orang tua di TK dalam hubungan keluarga dengan sekolah menjadikan anak semakin percaya diri
    d. Melalui kunjungan ke sekolah Bu Eka dapat mengetahui perkembangan kemampuan anak selama belajar
  24. Andi anak TK kelas B sedang bermain di halaman sekolah. Permainan mereka banyak menggunakan kegiatan fisik. Berikan contoh jenis permainan apa saja yang merupakan contoh dari permainan fisik?
    a. Balonku
    b. Lowok
    c. Go bang Sodor
    d. Potong Bebek angsa
  25. Pembentukan kepribadian anak usia TK dapat dilakukan melalui bermain. Permainan yang dapat membentuk pribadi anak adalah permainan....
    a. Individu
    b. Kelompok
    c. Yang mendidik
    d. Yang mutakhir 
Kunci Jawaban:
  1. a. Bersifat multidimensional 
  2. a. Maria Montessori 
  3. d. Selalu saling memberi dan menerima dengan sesama 
  4. d. Bimbingan dan pengalaman dijalur pendidikan 
  5. d. Johnston dalam Hurlock (1978) 
  6. c. 9-12 bulan 
  7. a. Merengek minta tas yang dibawa Ayahnya 
  8. c. Keterampilan bahasa dapat mempengaruhi perkembangan intelektual 
  9. a. 4-5 tahun 
  10. a. Pembelajaran berorientasi perkembangan
  11. c. Pembiasaan klasik 
  12. b. Menciptakan suasana yang menyenangkan berdasarkan lingkungan anak 
  13. d. Perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman 
  14. a. Merupakan persiapan untuk masuk jenjang pendidikan dasar 
  15. c. Dikemas dalam suasana bermain 
  16. d. Melibatkan beberapa bidang pengembangan
  17. d. Kertas
  18. d. Pendidikan bersifat ilmiah dan menyarankan kembali ke alam 
  19. b. Yang dilakukan oleh guru maupun anak didik dan didukung oleh fasilitas pembelajaran
  20. a. Tujuan kurikulum menurut Catron dan Allen  
  21. a. Peserta didik selalu menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan teman sebaya, berarti secara tidak langsung belajar bahasa 
  22. b. Merangsang rasa ingin tahu
  23. d. Melalui kunjungan ke sekolah Bu Eka dapat mengetahui perkembangan kemampuan anak selama belaja
  24. c. Go bang Sodor 
  25. c. Yang mendidik 

Post a Comment for "Dasar-Dasar Pendidikan TK: Soal dan Jawaban"