Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Bahasa Lengkap Jawaban
- Whole Language adalah sebuah sistem yang alamiah tentang pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah. Pernyataan ini dikemukakan oleh...
a. Eisele
b. Kruhm
c. Richard
d. Weaver - Whole Language berprinsip bahwa anak diharapkan bekerja dan belajar sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya. Prinsip tersebut lebih tepat disebut .... masyarakat; Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya, pendapat tersebut dikemukakan....
a. Demonstration
b. Expectation
c. Responsibility
d. Employment - Kelas whole languageadalah kelas yang sibuk karena dipenuhi dengan banyak buku-buku dan kegiatan yang penuh keaksaraan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalammenata sentra kegiatan, kecuali ....
a. Menata sentra agar mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup
b. Memperjelas pola lalu lintas jalan untuk keluar masuk sentra
c. Menata sentra seaman mungkin untuk anak d. Menata sentra agar nyaman dengan menggunakan fasilitas sekolah seperti AC - Dalam guru membacakan sebuah cerita dengan menggunakan suara keras dan intonasi yang baik sehingga anak-anak dapat tertarik dari isi cerita yang disampaikan guru tersebut. Contoh ini termasuk dalam ...
a. Reading aloud
b. Journal writing
c. Sustained silent reading
d. Guided reading - Kemampuanmenyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa reseptif yang melibatkan beberapa faktor sebagai berikut, kecuali :
a. Penyimak
b. Situasi
c. Pembicara
d. Kapasitas - Bahasa manusia berbeda dengan isyarat hewan. Pada manusia, bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan demikian bahasa pada manusia merupakan ...a. Bahasa isyaratb. Upaya kreatif yang tidak pernah berhentic. Fenomenad. Manipulasi simbol-simbol
- Tedapat aliran yang mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia. Aliran yang dimaksud adalah aliran menurut ...a. Sofismeb. Stoijinc. Platod. Aristoteles
- Menurut teori behavioristik bahwa anak dilahirkan tanpa membawa kemampuan apapun, sementara ahli nativis mengatakan individu dilahirkan dengan alat penguasaan bahasa (Language Acquisition Device). Tokoh nativis tersebut adalah...a. Chomskyb. Howec. Marantosd. Miller
- Berikut adalah contoh penerapan teori behavioristik” saya makan susu” kata si anak. Sang ibu tidak menerima kalimat tersebut walaupun secara tata bahasa sudah benar. Umumnya Sang ibu menerima kalimat dari anak walaupun tata bahasanya tidak benar tetapi maksudnya benar, adalah ...a. Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu saat kalau kamu sudah besar kamu bisa belajar di sanab. Bu, Ani berangkat sekolah dulu ya.c. Sekarang saya sudah sekolah dan banyak temannyad. Di sekolah banyak tempat permainan
- Salah asatu karakteristik bahasa adalah hubungan antara berbagai macam suara dan visual, objek, maupun gagasan. Hal tersebut termasuk karakteristik bahasa ...a. Sistematisb. Fleksibelc. Beragamd. Arbitier
- Anak dilahirkan dengan kecenderungan untuk berperan aktif terhadap lingkungannya, dalam memproses informasi, dan dalam penyimpulan tentang struktur bahasa. Hal tersebut kajian dari teori ...a. Nativistikb. Behavioristikc. Kognitifd. Prakmatik
- Berikut adalah contoh penerapan teori Pragmatik sebagaimana diungkapkan Halliday dalam Bromley (1995) tentang bahasa awal anak melalui bahasa personala. Saya senang bermain denganmub. Seandainya saya memilki mainan sepertimuc. Berikan pada saya mainanmud. Ajaklah saya bermain denganmu
- Berikut contoh penerapan teori Interaksionis dalam bentuk kalimat ...a. Seandainya saya memilki mainan sepertimub. Saya ingin memberitahukanmu tentang teman barukuc. Ajaklah saya bermain denganmud. Berikan pada saya mainanmu
- Dalam komunikasi diperlukan bahasa yang bersifat dimengerti atau diterima. Istilah lain terkait peristilahan tersebut adalah ...a. Ekspresifb. Reseptifc. Sosialisasid. Berbicara
- Dalam penggunaan bahasa dimaksudkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyakbanyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya. Pernyataan tersebut adalah contoh yang termasuk fungsi bahasa ...a. Instrumentalb. Regulatifc. Heuristikd. Personal
- Menurut Jalongo (2007) tentang kemampuan anak dalam mendengar mengalami perkembangana. Infant, mulai mengeluarkan suara bergumamb. Usia satu sampai dua tahun, mulai mengenal namanya sendiric. Usia 3-4 tahun, mengingat permainan jarid. Usia 5-6 tahun , anak sering mengatakan “apa?” atau “hah?”
- Dalam perkembangan berbicara anak dipengaruhi oleh faktor neurologi, kecualia. Perkembangan kognitifb. Strategi memproses informasic. Kemampuan output motord. Kemampuan sensorik
- Potensi anak berbicara didukung oleh beberapa hal serbagai berikut, kecualia. Kesiapan berbicarab. Kesempatan berlatihc. Pengalamand. Motivasi untuk belajar dan berlatih
- Jika anak mulai belajar bahasa asing yang dimulai dari cara pengucapan fonem, kata, dan kalimat sebelum dia dapat mengucapkan kata dan menggunakanya dalam berbicara, adalah fungsia. Menjadi dasar belajar bahasab. Menjadi dasar pengembangan kemampuan bahasa tulisc. Menunjang keterampilan berbahasa lainyad. Memperlancar komunikasi lisan
- Tarigan mengemukakan ada sejumlah tujuan orang menyimakuntuk .... kecuali:a. Belajarb. Mengapresiasic. Menghibur dirid. Mengisi waktu luang
- Menurut Vygotsky (1986) terdapat tiga tahap perkembangan bicara anak yang berhubungan erat dengan perkembangan berpikir anak, kecuali tahap ....a. Eksternalb. Egosentrisc. Berbicara internald. Verbal
- Dalam memberi pengalaman menulis pada anak didik, peran guru hendaknya. ... kecualia. Menyediakan bahan dan kesempatan bagi anak untuk menulis sendirib. Menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulisc. Memperhatikan karaktristik, kebutuhan, dan minat anakd. Perencanaan untuk pengalaman menulis yang beragam
- Menurut Brewer ( terdapat empat tahapan dalam kemampuan menulis pada anak, sebagai berikut. Pilih satu yang bukan tahapan menururut Brewer adalah tahap ...a. Mencoret atau membuat goresan (Scribble stage)b. Pengulangan linear (Linear Repetitive stage)c. Menulis nama (Letter Name Writing or Phonetic Writing)d. Menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage)
- Menurut Bromley(1992) menyatakan terdapat perbedaan kecepatan dalam berbahasa pada anak, namun komponen dalam bahasa tidak berubah. Komponen tersebut adalah...a. Perkembangan fonologib. Perkembangan morfologic. Perkembangan fisikd. Semantik
- Tahap perkembangan bahasa berbicara anak terbagi dalam dua periode besar yakni periode prelinguistik (0-1 tahun) dan periode linguistik (1-5tahun). Pada periode linguistik terbagi dalam tiga fase besar. Setelah Anda analisis satu persatu dari alternatif jawaban, tentukan yang bukan termasuk dalam fase linguistik adalah fase ...a. Satu katab. Dua lebih dari satu katac. Tiga lebih dari satu katad. Diferensiasi
Kunci Jawaban:
- d. Weaver
- b. Expectation
- c. Menata sentra seaman mungkin untuk anak
- a. Reading aloud
- c. Pembicara
- b. Upaya kreatif yang tidak pernah berhenti
- a. Sofisme
- a. Chomsky
- a. Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu saat kalau kamu sudah besar kamu bisa belajar di sana
- d. Arbitier
- c. Kognitif
- a. Saya senang bermain denganmu
- b. Saya ingin memberitahukanmu tentang teman baruku
- b. Reseptif
- c. Heuristik
- d. Usia 5-6 tahun , anak sering mengatakan “apa?” atau “hah?”
- c. Kemampuan output motor
- d. Motivasi untuk belajar dan berlatih
- a. Menjadi dasar belajar bahasa
- c. Menghibur diri
- c. Berbicara internal
- b. Menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulis
- d. Menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage)
- d. Semantik
- d. Diferensiasi
Post a Comment for "Metode Pengembangan Bahasa - Soal dan Jawaban"