Metode Pengembangan Bahasa - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Bahasa Lengkap Jawaban
  1. Whole Language adalah sebuah sistem yang alamiah tentang pembelajaran dan bagaimana percepatannya di dalam kelas dan sekolah. Pernyataan ini dikemukakan oleh...
    a. Eisele
    b. Kruhm
    c. Richard
    d. Weaver
  2. Whole Language berprinsip bahwa anak diharapkan bekerja dan belajar sesuai dengan level perkembangan yang sesuai dengan dirinya. Prinsip tersebut lebih tepat disebut .... masyarakat; Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya, pendapat tersebut dikemukakan....
    a. Demonstration
    b. Expectation
    c. Responsibility
    d. Employment 
  3. Kelas whole languageadalah kelas yang sibuk karena dipenuhi dengan banyak buku-buku dan kegiatan yang penuh keaksaraan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalammenata sentra kegiatan, kecuali ....
    a. Menata sentra agar mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup
    b. Memperjelas pola lalu lintas jalan untuk keluar masuk sentra
    c. Menata sentra seaman mungkin untuk anak
    d. Menata sentra agar nyaman dengan menggunakan fasilitas sekolah seperti AC 
  4. Dalam guru membacakan sebuah cerita dengan menggunakan suara keras dan intonasi yang baik sehingga anak-anak dapat tertarik dari isi cerita yang disampaikan guru tersebut. Contoh ini termasuk dalam ...
    a. Reading aloud
    b. Journal writing
    c. Sustained silent reading
    d. Guided reading 
  5. Kemampuanmenyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa reseptif yang melibatkan beberapa faktor sebagai berikut, kecuali :
    a. Penyimak
    b. Situasi
    c. Pembicara
    d. Kapasitas
  6. Bahasa manusia berbeda dengan isyarat hewan. Pada manusia, bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan demikian bahasa pada manusia merupakan ... 
    a. Bahasa isyarat 
    b. Upaya kreatif yang tidak pernah berhenti 
    c. Fenomena 
    d. Manipulasi simbol-simbol 
  7. Tedapat aliran yang mengartikan bahasa sebagai suatu perjanjian yang sifatnya disengaja antara manusia. Aliran yang dimaksud adalah aliran menurut ... 
    a. Sofisme 
    b. Stoijin 
    c. Plato 
    d. Aristoteles 
  8. Menurut teori behavioristik bahwa anak dilahirkan tanpa membawa kemampuan apapun, sementara ahli nativis mengatakan individu dilahirkan dengan alat penguasaan bahasa (Language Acquisition Device). Tokoh nativis tersebut adalah... 
    a. Chomsky 
    b. Howe 
    c. Marantos 
    d. Miller 
  9. Berikut adalah contoh penerapan teori behavioristik” saya makan susu” kata si anak. Sang ibu tidak menerima kalimat tersebut walaupun secara tata bahasa sudah benar. Umumnya Sang ibu menerima kalimat dari anak walaupun tata bahasanya tidak benar tetapi maksudnya benar, adalah ... 
    a. Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu saat kalau kamu sudah besar kamu bisa belajar di sana 
    b. Bu, Ani berangkat sekolah dulu ya.
    c. Sekarang saya sudah sekolah dan banyak temannya 
    d. Di sekolah banyak tempat permainan 
  10. Salah asatu karakteristik bahasa adalah hubungan antara berbagai macam suara dan visual, objek, maupun gagasan. Hal tersebut termasuk karakteristik bahasa ... 
    a. Sistematis 
    b. Fleksibel 
    c. Beragam 
    d. Arbitier 
  11. Anak dilahirkan dengan kecenderungan untuk berperan aktif terhadap lingkungannya, dalam memproses informasi, dan dalam penyimpulan tentang struktur bahasa. Hal tersebut kajian dari teori ... 
    a. Nativistik 
    b. Behavioristik 
    c. Kognitif 
    d. Prakmatik 
  12. Berikut adalah contoh penerapan teori Pragmatik sebagaimana diungkapkan Halliday dalam Bromley (1995) tentang bahasa awal anak melalui bahasa personal 
    a. Saya senang bermain denganmu 
    b. Seandainya saya memilki mainan sepertimu 
    c. Berikan pada saya mainanmu 
    d. Ajaklah saya bermain denganmu 
  13. Berikut contoh penerapan teori Interaksionis dalam bentuk kalimat ... 
    a. Seandainya saya memilki mainan sepertimu 
    b. Saya ingin memberitahukanmu tentang teman baruku 
    c. Ajaklah saya bermain denganmu 
    d. Berikan pada saya mainanmu 
  14. Dalam komunikasi diperlukan bahasa yang bersifat dimengerti atau diterima. Istilah lain terkait peristilahan tersebut adalah ... 
    a. Ekspresif 
    b. Reseptif 
    c. Sosialisasi 
    d. Berbicara 
  15. Dalam penggunaan bahasa dimaksudkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebanyakbanyaknya dan mempelajari seluk beluk lingkungannya. Pernyataan tersebut adalah contoh yang termasuk fungsi bahasa ... 
    a. Instrumental 
    b. Regulatif 
    c. Heuristik 
    d. Personal 
  16. Menurut Jalongo (2007) tentang kemampuan anak dalam mendengar mengalami perkembangan 
    a. Infant, mulai mengeluarkan suara bergumam 
    b. Usia satu sampai dua tahun, mulai mengenal namanya sendiri 
    c. Usia 3-4 tahun, mengingat permainan jari 
    d. Usia 5-6 tahun , anak sering mengatakan “apa?” atau “hah?” 
  17. Dalam perkembangan berbicara anak dipengaruhi oleh faktor neurologi, kecuali 
    a. Perkembangan kognitif 
    b. Strategi memproses informasi 
    c. Kemampuan output motor 
    d. Kemampuan sensorik 
  18. Potensi anak berbicara didukung oleh beberapa hal serbagai berikut, kecuali 
    a. Kesiapan berbicara 
    b. Kesempatan berlatih 
    c. Pengalaman 
    d. Motivasi untuk belajar dan berlatih 
  19. Jika anak mulai belajar bahasa asing yang dimulai dari cara pengucapan fonem, kata, dan kalimat sebelum dia dapat mengucapkan kata dan menggunakanya dalam berbicara, adalah fungsi 
    a. Menjadi dasar belajar bahasa 
    b. Menjadi dasar pengembangan kemampuan bahasa tulis 
    c. Menunjang keterampilan berbahasa lainya 
    d. Memperlancar komunikasi lisan 
  20. Tarigan mengemukakan ada sejumlah tujuan orang menyimakuntuk .... kecuali: 
    a. Belajar 
    b. Mengapresiasi 
    c. Menghibur diri 
    d. Mengisi waktu luang 
  21. Menurut Vygotsky (1986) terdapat tiga tahap perkembangan bicara anak yang berhubungan erat dengan perkembangan berpikir anak, kecuali tahap .... 
    a. Eksternal 
    b. Egosentris 
    c. Berbicara internal 
    d. Verbal
  22. Dalam memberi pengalaman menulis pada anak didik, peran guru hendaknya. ... kecuali 
    a. Menyediakan bahan dan kesempatan bagi anak untuk menulis sendiri 
    b. Menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulis 
    c. Memperhatikan karaktristik, kebutuhan, dan minat anak 
    d. Perencanaan untuk pengalaman menulis yang beragam 
  23. Menurut Brewer ( terdapat empat tahapan dalam kemampuan menulis pada anak, sebagai berikut. Pilih satu yang bukan tahapan menururut Brewer adalah tahap ... 
    a. Mencoret atau membuat goresan (Scribble stage) 
    b. Pengulangan linear (Linear Repetitive stage) 
    c. Menulis nama (Letter Name Writing or Phonetic Writing) 
    d. Menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage) 
  24. Menurut Bromley(1992) menyatakan terdapat perbedaan kecepatan dalam berbahasa pada anak, namun komponen dalam bahasa tidak berubah. Komponen tersebut adalah... 
    a. Perkembangan fonologi 
    b. Perkembangan morfologi 
    c. Perkembangan fisik 
    d. Semantik 
  25. Tahap perkembangan bahasa berbicara anak terbagi dalam dua periode besar yakni periode prelinguistik (0-1 tahun) dan periode linguistik (1-5tahun). Pada periode linguistik terbagi dalam tiga fase besar. Setelah Anda analisis satu persatu dari alternatif jawaban, tentukan yang bukan termasuk dalam fase linguistik adalah fase ... 
    a. Satu kata 
    b. Dua lebih dari satu kata 
    c. Tiga lebih dari satu kata 
    d. Diferensiasi
Kunci Jawaban:
  1. d. Weaver
  2. b. Expectation 
  3. c. Menata sentra seaman mungkin untuk anak 
  4. a. Reading aloud 
  5. c. Pembicara 
  6. b. Upaya kreatif yang tidak pernah berhenti 
  7. a. Sofisme 
  8. a. Chomsky 
  9. a. Bu, itu bangunan apa? Jawaban ibu,suatu saat kalau kamu sudah besar kamu bisa belajar di sana 
  10. d. Arbitier 
  11. c. Kognitif 
  12. a. Saya senang bermain denganmu 
  13. b. Saya ingin memberitahukanmu tentang teman baruku 
  14. b. Reseptif 
  15. c. Heuristik
  16. d. Usia 5-6 tahun , anak sering mengatakan “apa?” atau “hah?” 
  17. c. Kemampuan output motor 
  18. d. Motivasi untuk belajar dan berlatih 
  19. a. Menjadi dasar belajar bahasa 
  20. c. Menghibur diri
  21. c. Berbicara internal 
  22. b. Menyediakan sarana dan prasarana sehingga anak tidak terbengkalai dalam menulis 
  23. d. Menulis dengan menghasilkan huruf (Writing via Reproducting well-learned stage) 
  24. d. Semantik 
  25. d. Diferensiasi

Post a Comment for "Metode Pengembangan Bahasa - Soal dan Jawaban"