Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Kognitif Lengkap Jawaban
- Menurut Jean Piaget, pentingnya pengembangan kognitif berhubungan dengan asosiasi pemikiran adalah agar anak mampu….a. Mengembangkan daya persepsinya berdasarkan apa yang ia lihat, dengar dan rasakanb. Melatih ingatannya terhadap suatu peristiwa dan kejadian yang pernah dialaminyac. Memahami berbagai simbol-simbol yang tersebar di lingkungan sekitarnyad. Mengembangkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya
- Seorang anak memecahkan sebuah botol minuman di sebuah rak supermarket. Ia tidak panik dan tidak merasa ketakutan, tetapi ia segera memanggil ibunya dan memberitahu apa yang terjadi. Ilustrasi ini merupakan contoh perbuatan intelijenyang berhubungan dengan kemampuan….a. Memerlukan konsentrasi yang tinggib. Mengatasi masalah yang lebih tinggi dari tingkat kemampuannyac. Perbuatan yang dilakukan sesuai dengan tujuand. Abstraksi digunakan dalam memecahkan masalah
- Schopenhauer berpendapat bahwa manusia lahir sudah membawa potensi-potensi tertentu yang tidak dapat dipengaruhi lingkungannya. Teori ini dikenal dengan teori….a. Lingkunganb. Hereditasc. Kematangand. Pembentukan
- Menurut David Wechsler, inteligensi adalah….a. Kemampuan untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektifb. Kemampuan untuk memecahkan masalah atau untuk menciptakan karya yang dihadiri dalam satu kebudayaan atau lebihc. Kemampuan individu berpikir abstrak, belajar merespon, dan beradaptasi dengan lingkungan d. Disposisi untuk bertindak, menentukan tujuan-tujuan baru dalam hidup, membuat dan mempergunakan alat untuk mencapai tujuan
- Kognisi dapat dilihat dari tiga katergori dasar atau “faces of intellect”,yaitu operasi mental, isi (content), dan hasil (product). Teori mengenai kognisi ini termasuk dalam teori….a. Dua faktorb. Kecerdasan jamakc. Kemampuan mental primerd. Triachic of intelligence
- Perwujudan potensi kognitif manusia adalah suatu aktivitas atau perilaku kognitif yang pokok, terutama menyangkut kemampuan berbahasa dan motorik. Pernyataan tersebut merupakan pandangan mengenai kognitif yang dikemukakan oleh….a. Alfred Binetb. Carl Witheringtonc. Cameron dan Barleyd. John Locke dan Herbart
- Janin dapat merespon suara, detak jantung, dan getaran tubuh ibunya. Hal ini menunjukkan bahwa janin dapat mendengar dan merasa. Ini terjadi pada periode….a. Germinalb. Embrionisc. Fetald. Trimester pertama
- Stimulasi pengembangan kognitif untuk bayi berusia lahir hingga 3 bulan dalam hal melatih respon bayi terhadap orang dewasa, dilakukan dengan cara….a. Mengajaknya tersenyum dan berbicara sambil menatap matanyab. Melatih kelenturan tangan dan indera pendengaranc. Melatih bayi belajar mengenali sensasi sentuhand. Melatih bayi belajar tentang sebab akibat
- Anak usia 3-5 tahun berperilaku kreatif, bebas, dan penuh imajinasi. Masa ini termasuk masa ….a. Reaksi serkuler tersierb. Sensoris motoris internalisasi skemac. Praoperasional awald. Prasekolah
- Memberikan buku-buku bergambar kepada anak usia dini akan merangsang anak untuk ....a. Meminta orang tua membeli buku-buku bergambar lainnyab. Mewarnai gambar pada buku tersebutc. Mengucapkan kata yang sulit dengan benard. Banyak bertanya
- Cara anak memperlakukan informasi baru dengan mempertimbangkan apa yang telah mereka ketahui sebelumnya termasuk....a. Skemab. Adaptasic. Organisasid. Ekuilibrasi
- Anak mulai menggunakan gambaran-gambaran mental untuk memahami dunianya. Ini terjadi pada tahap praoperasional yaitu pada usia….a. 0-2 tahunb. 2-7 tahunc. 7-11 tahund. 11 tahun - dewasa
- Sigit (usia 5 tahun) sedang menyusun rencana kegiatan bermain yang akan dilakukannya di sekolah pada hari ini. Dia mengingat-ingat permainan yang terdapat di sekolah yang paling sedikit anak-anak yang memainkannya. Ingatan Sigit ini dirangsang oleh sesuatu yang berasal dari luar dirinya. Sigit menggunakan strategi ….a. Organisasib. Rehearsalc. Pengingat eksternald. Elaborasi
- Seorang anak (usia 5 tahun) akan mencari ibunya di rumah dengan melihat semua ruangan yang ada. Tetapi anak usia 8 tahun akan mencari ibunya dengan cara memanggil ibunya terlebih dahulu barulah ia mendatangi sumber suara ibunya. Contoh ini menunjukkan….a. Anak memformulasikan masalah dan kemungkinan pemecahannyab. Kesadaran anak akan proses kognitif yang diperlukan untuk memecahkan masalahc. Anak menggunakan aktivitas kaidah dan strategi kognitifd. Fleksibilitas anak yang meningkat
- Vigotsky meyakini bahwa belajar dan berkembang merupakan satu kesatuan dan saling menentukan dalam perkembangan kognitif. Kematangan merupakan prasyarat untuk kesempurnaan berpikir secara spesifik. Pernyataan tersebut termasuk dalam....a. Zona perkembangan proksimalb. Hukum genetik tentang perkembanganc. Private speechd. Scaffolding
- Susunan kognitif selalu melibatkan perantara lingkungan sosial yang dipengaruhi oleh pengalaman interaksi sosial pada masa lampau. Namun demikian dalam membangun berbagai pengetahuan anak akan….a. Tergantung pada kedua orang tuanyab. Membutuhkan campur tangan orang dewasac. Membangun pengetahuan secara pasifd. Membangun pengetahuan sendiri secara aktif
- Dalam memberikan bantuan belajar kepada anak, kita harus menggunakan ZPD anak yaitu memberikan bantuan belajar kepada anak ketika anak....a. Merasa membutuhkan bantuanb. Mengerjakan soal yang rumit-rumitc. Memecahkan masalah yang sulitd. Mengalami frustrasi karena menemukan jalan buntu
- Menurut Vigotsky, permainan dramatik merupakan suatu kegiatan yang dapat mengembangkan tingkat mental tinggi pada ZPD. Perilaku mental tinggi adalah ketika anak....a. Bebas melakukan peran yang dimainkannyab. Berkesempatan menggunakan bahasa sendiric. Dapat berimprovisasi mengenai peran yang dimainkannyad. Berani tampil di depan anak lainnya
- Pengetahuan sosial yang diperoleh anak-anak uasia dini, menurut Piaget berasal dari ….a. Budaya dimana orang tersebut tinggalb. Kebiasaan turun temurun suatu bangsac. Ajaran moral tempat anak menetapd. Norma yang berlaku di masyarakat
- Piaget mengatakan bahwa pengetahuan bukan sekedar peniruan dari lingkungan anak, melainkan lebih kepada membangun pemikiran secara aktif dengan membuat hubungan antar obyek satu dengan lainnya. Teori ini dikenal sebagai teori....a. Konstruktivisb. Peniruan pengetahuanc. Transformasid. Stimulus - respon
- Contoh pengembangan pengetahuan sosial pada pendidikan anak usia dini adalah....a. Membangun dengan balokb. Meroncec. Mencari jejak (maze)d. Bekerja sama membuat prakarya
- Bu Susi seorang pendidik PAUD melihat anak didiknya sedang asyik bermain balok. Mereka mengajak bu Susi untuk ikut bermain. Bu susi tanpa ragu-ragu ikut dalam permainan. Ia memberi contoh cara membuat sebuah terowongan. Peran bu Susi dalam membangun pengetahuan pada anak pada kasus ini adalah sebagai....a. Modelb. Motivatorc. Fasilitatord. Teman bermain
- Kurikulum merupakan rencana program kegiatan bermain berlandaskan filosofis tentang bagaimana anak berkembang dan belajar, dan sebagai Jawaban: tentang apa yang harus diajarkan serta bagaimana cara mengajarkannya. Pendapat ini dikemukakan oleh....a. Bermen, Finn dan Cribbb. NAEYCc. Catron dan Allend. Kittano dan Kirby
- Hal prinsipil yang menjadi perbedaan kurikulum 1994 dengan KBK 2004 adalah dalam hal tujuan yaitu....a. Metode mengajar bervariasi sesuai pengalaman belajarb. Berpusat pada anakc. Individual ditonjolkan berdasarkan kecepatan belajard. Kebebasan guru menambah/ mengurangi indikator yang akan dicapai menurut kondisi
- Prinsip pembelajaran PAUD yang berorientasi pada kebutuhan anak adalah kesadaran bahwa.... a. Siklus belajar anak selalu berulangb. Anak belajar melalui interaksi sosial dengan orang lainc. Anak membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangannyad. Perkembangan dan belajar anak harus memperhatikan perbedaan individu
Kunci Jawaban:
- d. Mengembangkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya
- a. Memerlukan konsentrasi yang tinggi
- b. Hereditas
- a. Kemampuan untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif
- b. Kecerdasan jamak
- a. Alfred Binet
- c. Fetal
- a. Mengajaknya tersenyum dan berbicara sambil menatap matanya
- b. Sensoris motoris internalisasi skema
- d. Banyak bertanya
- b. Adaptasi
- b. 2-7 tahun
- c. Pengingat eksternal
- b. Kesadaran anak akan proses kognitif yang diperlukan untuk memecahkan masalah
- b. Hukum genetik tentang perkembangan
- d. Membangun pengetahuan sendiri secara aktif
- a. Merasa membutuhkan bantuan
- c. Dapat berimprovisasi mengenai peran yang dimainkannya
- a. Budaya dimana orang tersebut tinggal
- a. Konstruktivis
- d. Bekerja sama membuat prakarya
- d. Teman bermain
- c. Catron dan Allen
- d. Kebebasan guru menambah/ mengurangi indikator yang akan dicapai menurut kondisi
- c. Anak membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangannya
Post a Comment for "Metode Pengembangan Kognitif - Soal dan Jawaban"