Metode Pengembangan Kognitif - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Kognitif Lengkap Jawaban
  1. Menurut Jean Piaget, pentingnya pengembangan kognitif berhubungan dengan asosiasi pemikiran adalah agar anak mampu…. 
    a. Mengembangkan daya persepsinya berdasarkan apa yang ia lihat, dengar dan rasakan 
    b. Melatih ingatannya terhadap suatu peristiwa dan kejadian yang pernah dialaminya 
    c. Memahami berbagai simbol-simbol yang tersebar di lingkungan sekitarnya
    d. Mengembangkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya
  2. Seorang anak memecahkan sebuah botol minuman di sebuah rak supermarket. Ia tidak panik dan tidak merasa ketakutan, tetapi ia segera memanggil ibunya dan memberitahu apa yang terjadi. Ilustrasi ini merupakan contoh perbuatan intelijenyang berhubungan dengan kemampuan…. 
    a. Memerlukan konsentrasi yang tinggi 
    b. Mengatasi masalah yang lebih tinggi dari tingkat kemampuannya 
    c. Perbuatan yang dilakukan sesuai dengan tujuan 
    d. Abstraksi digunakan dalam memecahkan masalah 
  3. Schopenhauer berpendapat bahwa manusia lahir sudah membawa potensi-potensi tertentu yang tidak dapat dipengaruhi lingkungannya. Teori ini dikenal dengan teori…. 
    a. Lingkungan 
    b. Hereditas 
    c. Kematangan 
    d. Pembentukan
  4. Menurut David Wechsler, inteligensi adalah…. 
    a. Kemampuan untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif 
    b. Kemampuan untuk memecahkan masalah atau untuk menciptakan karya yang dihadiri dalam satu kebudayaan atau lebih 
    c. Kemampuan individu berpikir abstrak, belajar merespon, dan beradaptasi dengan lingkungan d. Disposisi untuk bertindak, menentukan tujuan-tujuan baru dalam hidup, membuat dan mempergunakan alat untuk mencapai tujuan 
  5. Kognisi dapat dilihat dari tiga katergori dasar atau “faces of intellect”,yaitu operasi mental, isi (content), dan hasil (product). Teori mengenai kognisi ini termasuk dalam teori…. 
    a. Dua faktor 
    b. Kecerdasan jamak 
    c. Kemampuan mental primer 
    d. Triachic of intelligence 
  6. Perwujudan potensi kognitif manusia adalah suatu aktivitas atau perilaku kognitif yang pokok, terutama menyangkut kemampuan berbahasa dan motorik. Pernyataan tersebut merupakan pandangan mengenai kognitif yang dikemukakan oleh…. 
    a. Alfred Binet 
    b. Carl Witherington 
    c. Cameron dan Barley 
    d. John Locke dan Herbart 
  7. Janin dapat merespon suara, detak jantung, dan getaran tubuh ibunya. Hal ini menunjukkan bahwa janin dapat mendengar dan merasa. Ini terjadi pada periode…. 
    a. Germinal 
    b. Embrionis 
    c. Fetal 
    d. Trimester pertama 
  8. Stimulasi pengembangan kognitif untuk bayi berusia lahir hingga 3 bulan dalam hal melatih respon bayi terhadap orang dewasa, dilakukan dengan cara…. 
    a. Mengajaknya tersenyum dan berbicara sambil menatap matanya 
    b. Melatih kelenturan tangan dan indera pendengaran 
    c. Melatih bayi belajar mengenali sensasi sentuhan 
    d. Melatih bayi belajar tentang sebab akibat 
  9. Anak usia 3-5 tahun berperilaku kreatif, bebas, dan penuh imajinasi. Masa ini termasuk masa …. 
    a. Reaksi serkuler tersier 
    b. Sensoris motoris internalisasi skema 
    c. Praoperasional awal 
    d. Prasekolah 
  10. Memberikan buku-buku bergambar kepada anak usia dini akan merangsang anak untuk .... 
    a. Meminta orang tua membeli buku-buku bergambar lainnya
    b. Mewarnai gambar pada buku tersebut 
    c. Mengucapkan kata yang sulit dengan benar 
    d. Banyak bertanya 
  11. Cara anak memperlakukan informasi baru dengan mempertimbangkan apa yang telah mereka ketahui sebelumnya termasuk.... 
    a. Skema 
    b. Adaptasi 
    c. Organisasi 
    d. Ekuilibrasi
  12. Anak mulai menggunakan gambaran-gambaran mental untuk memahami dunianya. Ini terjadi pada tahap praoperasional yaitu pada usia…. 
    a. 0-2 tahun 
    b. 2-7 tahun 
    c. 7-11 tahun
    d. 11 tahun - dewasa
  13. Sigit (usia 5 tahun) sedang menyusun rencana kegiatan bermain yang akan dilakukannya di sekolah pada hari ini. Dia mengingat-ingat permainan yang terdapat di sekolah yang paling sedikit anak-anak yang memainkannya. Ingatan Sigit ini dirangsang oleh sesuatu yang berasal dari luar dirinya. Sigit menggunakan strategi …. 
    a. Organisasi 
    b. Rehearsal 
    c. Pengingat eksternal 
    d. Elaborasi
  14. Seorang anak (usia 5 tahun) akan mencari ibunya di rumah dengan melihat semua ruangan yang ada. Tetapi anak usia 8 tahun akan mencari ibunya dengan cara memanggil ibunya terlebih dahulu barulah ia mendatangi sumber suara ibunya. Contoh ini menunjukkan…. 
    a. Anak memformulasikan masalah dan kemungkinan pemecahannya 
    b. Kesadaran anak akan proses kognitif yang diperlukan untuk memecahkan masalah 
    c. Anak menggunakan aktivitas kaidah dan strategi kognitif 
    d. Fleksibilitas anak yang meningkat 
  15. Vigotsky meyakini bahwa belajar dan berkembang merupakan satu kesatuan dan saling menentukan dalam perkembangan kognitif. Kematangan merupakan prasyarat untuk kesempurnaan berpikir secara spesifik. Pernyataan tersebut termasuk dalam.... 
    a. Zona perkembangan proksimal 
    b. Hukum genetik tentang perkembangan 
    c. Private speech 
    d. Scaffolding 
  16. Susunan kognitif selalu melibatkan perantara lingkungan sosial yang dipengaruhi oleh pengalaman interaksi sosial pada masa lampau. Namun demikian dalam membangun berbagai pengetahuan anak akan…. 
    a. Tergantung pada kedua orang tuanya 
    b. Membutuhkan campur tangan orang dewasa 
    c. Membangun pengetahuan secara pasif 
    d. Membangun pengetahuan sendiri secara aktif
  17. Dalam memberikan bantuan belajar kepada anak, kita harus menggunakan ZPD anak yaitu memberikan bantuan belajar kepada anak ketika anak.... 
    a. Merasa membutuhkan bantuan 
    b. Mengerjakan soal yang rumit-rumit 
    c. Memecahkan masalah yang sulit 
    d. Mengalami frustrasi karena menemukan jalan buntu
  18. Menurut Vigotsky, permainan dramatik merupakan suatu kegiatan yang dapat mengembangkan tingkat mental tinggi pada ZPD. Perilaku mental tinggi adalah ketika anak.... 
    a. Bebas melakukan peran yang dimainkannya 
    b. Berkesempatan menggunakan bahasa sendiri 
    c. Dapat berimprovisasi mengenai peran yang dimainkannya 
    d. Berani tampil di depan anak lainnya 
  19. Pengetahuan sosial yang diperoleh anak-anak uasia dini, menurut Piaget berasal dari …. 
    a. Budaya dimana orang tersebut tinggal 
    b. Kebiasaan turun temurun suatu bangsa 
    c. Ajaran moral tempat anak menetap 
    d. Norma yang berlaku di masyarakat
  20. Piaget mengatakan bahwa pengetahuan bukan sekedar peniruan dari lingkungan anak, melainkan lebih kepada membangun pemikiran secara aktif dengan membuat hubungan antar obyek satu dengan lainnya. Teori ini dikenal sebagai teori.... 
    a. Konstruktivis 
    b. Peniruan pengetahuan 
    c. Transformasi 
    d. Stimulus - respon 
  21. Contoh pengembangan pengetahuan sosial pada pendidikan anak usia dini adalah.... 
    a. Membangun dengan balok 
    b. Meronce 
    c. Mencari jejak (maze) 
    d. Bekerja sama membuat prakarya 
  22. Bu Susi seorang pendidik PAUD melihat anak didiknya sedang asyik bermain balok. Mereka mengajak bu Susi untuk ikut bermain. Bu susi tanpa ragu-ragu ikut dalam permainan. Ia memberi contoh cara membuat sebuah terowongan. Peran bu Susi dalam membangun pengetahuan pada anak pada kasus ini adalah sebagai.... 
    a. Model 
    b. Motivator 
    c. Fasilitator 
    d. Teman bermain 
  23. Kurikulum merupakan rencana program kegiatan bermain berlandaskan filosofis tentang bagaimana anak berkembang dan belajar, dan sebagai Jawaban: tentang apa yang harus diajarkan serta bagaimana cara mengajarkannya. Pendapat ini dikemukakan oleh.... 
    a. Bermen, Finn dan Cribb 
    b. NAEYC 
    c. Catron dan Allen 
    d. Kittano dan Kirby 
  24. Hal prinsipil yang menjadi perbedaan kurikulum 1994 dengan KBK 2004 adalah dalam hal tujuan yaitu.... 
    a. Metode mengajar bervariasi sesuai pengalaman belajar 
    b. Berpusat pada anak 
    c. Individual ditonjolkan berdasarkan kecepatan belajar 
    d. Kebebasan guru menambah/ mengurangi indikator yang akan dicapai menurut kondisi 
  25. Prinsip pembelajaran PAUD yang berorientasi pada kebutuhan anak adalah kesadaran bahwa.... a. Siklus belajar anak selalu berulang 
    b. Anak belajar melalui interaksi sosial dengan orang lain 
    c. Anak membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangannya 
    d. Perkembangan dan belajar anak harus memperhatikan perbedaan individu 
Kunci Jawaban:
  1. d. Mengembangkan pemikiran-pemikirannya dalam rangka menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya
  2. a. Memerlukan konsentrasi yang tinggi 
  3. b. Hereditas
  4. a. Kemampuan untuk bertindak secara terarah, berfikir secara rasional, dan menghadapi lingkungan secara efektif 
  5. b. Kecerdasan jamak 
  6. a. Alfred Binet 
  7. c. Fetal 
  8. a. Mengajaknya tersenyum dan berbicara sambil menatap matanya 
  9. b. Sensoris motoris internalisasi skema 
  10. d. Banyak bertanya 
  11. b. Adaptasi 
  12. b. 2-7 tahun 
  13. c. Pengingat eksternal 
  14. b. Kesadaran anak akan proses kognitif yang diperlukan untuk memecahkan masalah 
  15. b. Hukum genetik tentang perkembangan 
  16. d. Membangun pengetahuan sendiri secara aktif
  17. a. Merasa membutuhkan bantuan
  18. c. Dapat berimprovisasi mengenai peran yang dimainkannya 
  19. a. Budaya dimana orang tersebut tinggal 
  20. a. Konstruktivis 
  21. d. Bekerja sama membuat prakarya 
  22. d. Teman bermain 
  23. c. Catron dan Allen 
  24. d. Kebebasan guru menambah/ mengurangi indikator yang akan dicapai menurut kondisi 
  25. c. Anak membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangannya 

Post a Comment for "Metode Pengembangan Kognitif - Soal dan Jawaban"