Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama: Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang  Metode Pengembangan Moral dan Nilai - Nilai Agama Lengkap Jawaban
  1. Di beberapa daerah bermunculan “geng motor” yang cukup meresahkan masyarakat. Hal itu menurut Lickona, termasuk sebagai salah satu tanda hancurnya tanda zaman, yaitu.... 
    a. Pengaruh peergroup yang kuat dan tindak kekerasan 
    b. Penggunaan kata dan bahasa yang buruk 
    c. Meningkatnya kecenderungan menyakiti diri sendiri 
    d. Membudayanya ketidakjujuran 
  2. Dalam peningkatan kecerdasan moral anak usia dini, pendidik harus memiliki keahlian dalam perilaku positif dan melengkapinya dengan sikap sabar dan konsisten. Hal itu termasuk peran sebagai.... 
    a. Pelatih 
    b. Pembimbing 
    c. Penilai 
    d. Model 
  3. Jika pemahaman tentang moral telah dimiliki maka seseorang akan memiliki kecenderungan untuk mempertimbangkan berbagai hal dengan standar hati. Artinya orang tersebut telah memiliki 
    a. Moral knowing 
    b. Moral feeling 
    c. Social action 
    d. Social feeling 
  4. Metode kedua yang diterapkan oleh sekolah Semai Benih Bangsa adalah menanamkan karakter anak melalui berbagai sentra, diantaranya adalah sentra…. 
    a. Balok, persiapan, seni dan imtaq 
    b. Imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasi 
    c. Bahan alam, micro dan macro play, imtaq 
    d. Persiapan, bahan alam, imajinasi dan eksplorasi
  5. “Ibu Lisa selalu mengucapkan”Tolong” saat dia meminta anak melakukan sesuatu. Hal itu dilakukannya pada semua anak didiknya tanpa kecuali. Tindakan Ibu Lisa mencerminkan pembentukan karakter pada anak usia dini melalui.... 
    a. Modelling 
    b. Konsistensi 
    c. Permisif 
    d. Otoriter
  6. Suatu cabang filsafat yang membahas atau menyelidiki nilai-nilai dalam tindakan atau perilaku (akhlak manusia) merupakan makna dari…. 
    a. Moral 
    b. Etika 
    c. Moralitas 
    d. Karakter 
  7. Kohlberg berpendapat bahwa moral anak usia dini termasuk dalam tahap penalaran moral…. 
    a. Konvensional 
    b. Heteronomous 
    c. Prakonvensional 
    d. Autonomous 
  8. Disonansi seringkali disebut dengan counter cultural values, artinya adalah …. 
    a. Penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan 
    b. Penyangga masuknya pengaruh dalam perkembangan nilai-nilai budaya dan tradisi 
    c. Pendorong masuknya nilai-nilai tradisi dalam kehidupan manusia 
    d. Menyelia masuknya nilai-nilai baik dan buruk dalam hidup anak 
  9. Premoral, konvensional dan autonomous merupakan fase perkembangan moral yang dikemukakan oleh.... 
    a. Kohlberg 
    b. Jean Piaget 
    c. John Dewey 
    d. Elizabeth Hurlock 
  10. Prinsip berikut yang tidak termasuk dalam sebelas prinsip dalam pengembangan karakter agar efektif adalah.... 
    a. Membuat kurikulum akademis yang bermakna dan menantang
    b. Mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki 
    c. Mengembangkan nilai-nilai etika inti sebagai fondasi karakter yang baik 
    d. Menggunakan pendekatan yang komprehensif dan disengaja
  11. Model pembelajaran yang meliputi konteks, pengalaman, refleksi untuk menangkap arti dan nilai dari hal yang dipelajari, aksi dan evaluasi menurut Diost termasuk model pembelajaran....
    a. Ignasian
    b. Tarakanita
    c. Ora et labora
    d. Raudhatul Athfal 
  12. “Andri gambarmu bagus sekali! Ibu ingin tahu, apa sebenarnya cerita dalam gambarmu ini, coba ceritakan pada Ibu”. Ucapan Ibu Desi menggambarkan proses penanaman moral melalui proses....
    a. Informasi
    b. Konfirmasi
    c. Transformasi
    d. Partisipasi 
  13. Ketika Ani sakit, Ibu Dewi mengajak anak-anak kelompok A menjenguk Ani. Hal ini dilakukan agar teman-teman sekelas Ani ini memiliki sikap....
    a. Toleransi
    b. Membutuhkan
    c. Setia kawan
    d. Partisipasi 
  14. Setiap kali kegiatan menggunting atau mencocok, guru PAUD selalu menjelaskan bahaya gunting dan jarum cocokan jika digunakan tidak benar. Hal itu dilakukan sebagai salah satu teknik dalam membentuk perilaku hati-hati pada anak, yaitu teknik....
    a. Perjanjian
    b. Peringatan
    c. Meminta
    d. Sugesti 
  15. Salah satu strategi pengembangan moral pada anak usia 4-5 tahun, adalah….
    a. Menyusun program pembiasaan yang sesuai dengan perkembangan anak
    b. Menitik beratkan pengembangan pada pertumbuhan fisik
    c. Mencari dukungan dari lembaga yang peduli pada anak
    d. Mengisolir lingkungan anak secara terpadu 
  16. Pendidik harus menanamkan aturan yang sama terhadap semua anak didiknya tanpa memandang latar belakang keluarga anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam mengembangkan moral pada anak pendidik harus bersikap….
    a. Sistemik
    b. Aktif
    c. Komitmen
    d. Konsisten 
  17. Dalam kegiatan bercerita pendidik dapat mengajarkan pada anak tentang Tuhan, kitab, nabi, malaikat, dan tata cara beribadah agama yang dianut. Hal itu termasuk dalam salah satu makna bercerita yaitu menyampaikan cerita tentang….
    a. Budaya
    b. Alam sekitar
    c. Moral
    d. Keagamaan 
  18. Berikut ini adalah beberapa teknik bercerita yang dapat dilakukan oleh pendidik PAUD, kecuali….
    a. Menggunakan buku
    b. Menceritakan dongeng
    c. Memanfaatkan papan flanel
    d. Memutarkan film 
  19. Ketika anak mengikuti kegiatan karyawisata ke Planetarium, mereka akan belajar tentang ilmu yang terkait dengan astronomi. Hal itu sesuai dengan manfaat karyawisata, yaitu….
    a. Mengenal berbagai pengetahuan dan konsep
    b. Melatih kedisiplinan dan ketaatan pada aturan
    c. Menanamkan nilai-nilai moral
    d. Melatih kemampuan fisik motorik anak 
  20. Diantara kriteria berikut yang tidak termasuk dalam kriteria lagu untuk anak usia dini adalah….
    a. Mengandung misi pendidikan
    b. Dinyanyikan oleh penyanyi cilik
    c. Mudah diingat dan dihafal anak
    d. Sesuai dengan karakter dan dunia anak 
  21. Dalam mengembangkan pemahaman moral pada anak usia dini, sebaiknya dilakukan selalui pembiasaan yang diterapkan secara berulang agar sejalan dengan sifat anak, yaitu....
    a. Verbalis
    b. Ritualis
    c. Imitatif
    d. Unreflective 
  22. Penyajian materi dalam pendidikan anak usia dini harus sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Demikian pula dalam penanaman nilai agama pada anak usia dini juga harus sesuai dengan prinsip….
    a. DAP
    b. Monitoring secara rutin
    c. Keteladanan
    d. Kesesuaian dengan kurikulum 
  23. Meskipun pendidik PAUD harus menjadi teladan bagi anak didiknya namun pada dasarnya anak usia dini memiliki dorongan untuk tumbuh dan berkembang dari dalam dirinya sendiri sehingga salah satu prinsip penyelenggaraan di lembaga PAUD adalah ….
    a. Terpadu
    b. Otoaktivitas
    c. Kebebasan
    d. Pengamatan 
  24. Dalam memahami moral, anak usia dini akan banyak belajar tentang norma dan nilai-nilai agama melalui hal-hal yang….
    a. Dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya
    b. Dipegangnya, didengarnya dan diamati, dijelaskan
    c. Dilihatnya, dicontohnya dan didengarnya
    d. Dijelaskan, disampaikan, dicontohkan dan diperagakan 
  25. Pada kondisi tertentu manusia dihadapkan pada pilihan tentang nilai-nilai kehidupan, norma, dan moralitas manusia. Pernyataan tersebut sesungguhnya merupakan makna dari pernyataan ….
    a. Spiritual quotient merupakan kecerdasan manusia yang tertinggi
    b. Intelligence quotient adalah kecerdasan terpenting bagi manusia
    c. Emotional quotient merupakan kecerdasan terbaik yang dimiliki manusia
    d. Tidak ada kecerdasan yang menguasai dalam kehidupan manusia
Kunci Jawaban:
  1. a. Pengaruh peergroup yang kuat dan tindak kekerasan 
  2. a. Pelatih 
  3. b. Moral feeling 
  4. b. Imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasi 
  5. b. Konsistensi
  6. b. Etika 
  7. c. Prakonvensional 
  8. a. Penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan 
  9. c. John Dewey 
  10. b. Mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki
  11. a. Ignasian 
  12. b. Konfirmasi 
  13. c. Setia kawan 
  14. b. Peringatan 
  15. a. Menyusun program pembiasaan yang sesuai dengan perkembangan anak 
  16. d. Konsisten 
  17. d. Keagamaan 
  18. d. Memutarkan film 
  19. a. Mengenal berbagai pengetahuan dan konsep 
  20. b. Dinyanyikan oleh penyanyi cilik
  21. b. Ritualis 
  22. a. DAP
  23. b. Otoaktivitas 
  24. a. Dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya 
  25. a. Spiritual quotient merupakan kecerdasan manusia yang tertinggi 

Post a Comment for "Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama: Soal dan Jawaban"