Panduan Laporan Pengakuan Online Pada Ban Sm 2018

Panduan Laporan Akreditasi Online Pada BAN SM 2018 - Akreditasi yaitu sebuah bentuk penilaian secara menyeluruh terhadap sekolah yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah. Penilaian ini dilakukan secara periodik, yaitu setiap 5 tahun sekali. Pada tahun 2018 ini, Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN SM) kembali melaksanakan pengukuhan kepada sekolah-sekolah yang selama ini sudah usang tidak dikareditasi lantaran banyak hal.

Dalam penilaian atau akredtasi ini, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh sekolah semoga mendapat nilai terbaik dari akreditasi. Hal yang paling fundamental tentunya, harus mempunyai nilai Baik, atau bahkan Amat Baik pada setiap Standar. Kia tahu ada 8 standar yang dinilai oleh BAN SM, yaitu :
  • Standar Kompetensi Lulusan
  • Standar Isi
  • Standar Proses
  • Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  • Standar Sarana dan Prasarana
  • Standar Pengelolaan
  • Standar Pembiayaan Pendidikan
  • Standar Penilaian Pendidikan
Kegiatan pengukuhan terbagi menjadi 3 aktivitas penting, yaitu persiapan, penilaian dan pelaporan. Nah, dalam goresan pena kali ini saya akan fokus pada cara pelaporan akredasi yang benar. Hal ini perlu diperhatikan oleh sekolah-sekolah yang akan melaksanakan akreditasi. Sebab, kalau tidak melaporan hasil pengukuhan secara benar, maka pengukuhan yang sudah dilakukan akan sia-sia saja. Artinya, meskipun sekolah sudah melaksanakan akreditasi, tetap saja nilai tidak akan muncul di sistem penilaian pengukuhan BAN SM, dan juga tidak akan muncul status akredtiasinya pada sistem dapodik.

Cara Laporan Online Akreditasi

Nah, bagaimana cara melaporan pengukuhan ini?
Kegiatan pengukuhan yang sudah dilakkukan harus dilaporkan secara online pada Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA) BAN SM. Untuk sanggup melaporkan akrditasi pada sispena tentu anda harus login terlebih dahulu pada sispena tersebut. Ingat, anda tinggal login saja, lantaran akun sudah dibuatkan secara otomatis.

Cara Login SISPENA BAN SM

Untuk login pada sispena silakan anda buka alamat http://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/ atau kli di sini. Anda akan melihat halaman menyerupai ini.
Silakan login dengan username dan pasword memakai NPSN sekolah masing-masing. Setelah berhasil login, disarankan semoga anda mengganti username dan pasword tersebut dengan paswaor yang hanya anda yang mengetahuinya. Tujuannya tentu untuk menjaga keamanan data sekolah anda.

Cara Mengganti Pasword SISPENA

Setelah anda berhasil login, maka di pojok atas sebelah kanan anda akan melihat nama sekolah anda. Silakan klik pada anama sekolah sehingga akan keluar hidangan drop down dan disitu ada hidangan Ganti Pasword. Kemudian akan muncul form ganti pasword, silakan masukkan pasword lama, lalu masukkan pasword gres dan klik Submit.

Cara Mengganti Visi dan Misi Pada SISPENA

Masih di halaman profil, silakan anda gulung ke bawah maka di situ ada kolom untuk mengisi Vis dan Misi. Namun sebelumnya, silakan anda isi dahulu telepon, email, status pengukuhan sebelumnya dan tahun terakhir akreditasi. Setelah semua terisi, silakan klik Submit.


Cara Mengisi Laporan Akreditasi SISPENA

Untuk memulai mengisi laporan akreditasi, silakan klik pada hidangan Pelaporan (menu sanggup berubah silakan lihat pada daftar hidangan di side kafetaria sebelah kiri. Jika, hidangan yang anda klik benar akan muncul menyerupai di bawah ini 

Nah ada lima jenis laporan yang harus anda isi :
1. Pernyataan Kepala Sekolah
Silakan anda klik pada tombil Pernyataan Kepala Sekolah

Silakan anda Choose File untuk melaporkan pernyataan kepala sekolah, kalau anda belum mempunyai pernyataan silakan anda unduh dulu format pernyataan dengan klik Download Format.

2. Prasyarat Akredtasi
Di sini anda harus melaporkan (mengupload) Surat Ijin Operasional, Data Siswa, Data PTK, Pernyataan Peberlakuan Kurikulum, Daftar Lulusan 1 Tahun Terakhir, dan Data Sarpras. Setelah semua file siap, silakan klik Kirim.
3. Upload IPDIP
Sama dengan surat pernyataan, disini sudah ada format yang sanggup anda unduh lalu isi dan laporkan.

4. Foto Pendukung
Jangan lupa ya, pada ketika aktivitas pengukuhan di dokumentasikan (difoto), nah foto-foto tersebut silakan upload pada sispena dengan klik tombol Foto Pendukung.

5. Iput Evaluasi Diri
Nah inilah belahan terpentinya, anda harus hati-hati dalam memasukkan data pada form Evaluasi Diri, alasannya yaitu dari sinilah nantinya akan mucul nilai Akreditasi yang diakui oleh BAN SM. Silakan anda klik Input Evalusi Diri maka akan muncul tab gres dengan menampilkan menyerupai ini.
Di sini anda harus mengisi nilai dari setiap komponen yang diakrditasi dari 8 standar. Silakan isi dengan mengklik pada nilai yang telah didapatkan dari assesor. Anda sanggup menentukan A - E, ingat yang sesuai dengan penilaian assesor ya, hehehe.....

Nah itulah cara laporan pengukuhan online pada sispena BAN SM, kalau akreditasinya masih usang silakan anda simpan aja dulu artikel ini semoga tidak lupa. Hehe...

Post a Comment for "Panduan Laporan Pengakuan Online Pada Ban Sm 2018"