Pengertian Administrasi Keuangan + Fungsi Dan Contohnya

Pengertian Manajemen Keuangan – Tidak dipungkiri bahwa administrasi keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis. Bahkan skala rumah tangga pun membutuhkan administrasi dalam mengatur keuangannya semoga setiap penggunaan uang yang keluar lebih efisien dan hemat. Manajemen dalam keuangan intinya berkaitan dengan cara mengalokasikan atau memakai dan mengelola aset atau harta yang dimiliki dan bagaimana caranya mendapat pendanaan modal kerja.


Tujuanya yakni semoga nilai yang dimiliki oleh perusahaan sanggup maksimal dan sanggup menunjukkan nilai tambah dari segi finansial atau asset pada perusahaan. Ruang lingkup administrasi di bidang keuangan yakni keputusan investasi, pengelolaan aset dan keputusan pendanaan. Terkait dengan artikel administrasi keuangan, ada banyak sekali jurnal administrasi keuangan maupun kumpulan judul skripsi administrasi keuangan yang bertebaran di internet. Dengan demikian, anda akan lebih terbantu memahami bahan administrasi keuangan untuk pembelajaran.


Definisi dan Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


Sekedar warta bahwa dikala ini, ada cukup banyak pengertian manajemen keuangan berdasarkan para ahli. Para hebat administrasi dan keuangan tersebut memang mempunyai pandangan yang berbeda-beda terkait dengan administrasi di bidang keuangan. Misalnya saja Suad Husnan yang sangat sederhana beropini bahwa pengertian administrasi keuangan yakni administrasi yang dilakukan terhadap fungsi-fungsi keuangan. Adapula Bambang Riyanto yang beropini bahwa administrasi dalam bidang keuangan merupakan keseluruhan acara perusahaan atau kegiatan yang berkaitan dengan perjuangan dalam mendapat dana yang diperlukan memakai biaya serta syarat syarat yang dianggap paling menguntungkan.


 Tidak dipungkiri bahwa administrasi keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam berbisn Pengertian Manajemen Keuangan + Fungsi dan Contohnya


Grestenberg juga beropini bahwa manajemen di bidang keuangan yakni administrasi yang berkaitan dengan bagaimana cara perusahaan memperoleh dana, penggunaan serta distribusi dananya. Lain halnya dengan James Van Horne yang menyatakan bahwa pengertian administrasi keuangan intinya merupakan semua acara yang berkaitan dengan pendanaan, pengelolaan dan peroleh aktiva secara keseluruhan.


Dari beberapa pendapat para hebat yang sempat disinggung tadi, diketahui bahwa intinya administrasi keuangan yakni suatu proses yang dilakukan dalam kegiatan keuangan organisasi atau perusahaan yang berkaitan dengan perjuangan perusahaan dalam meminimalkan biaya perusahaan serta mendapat dana untuk mencapai tujuan keuangan yang sudah ditentukan. Selain memahami wacana pengertian administrasi keuangan, Anda juga harus mengetahui prinsip dan fungsi dari administrasi ini.


Berita Terkait : Pengertian Manajemen Pemasaran


Prinsip administrasi keuangan intinya yakni akuntabilitas, konsistensi, transparansi, integritas, kelangsungan hidup, standar akuntansi dan pengelolaannya. Di bawah ini yakni fungsi administrasi keuangan yang harus Anda pahami.


Fungsi Manajemen Keuangan


1. Reporting (Pelaporan Keuangan)

Fungsi reporting yakni menyiapkan laporan warta mengenai analisa rasio dari laporan keuangan dan kondisi keuangan.


2. Budgeting (Anggaran)

Fungsi selanjutnya yakni budgeting yang di dalamnya terdapat perencanaan alokasi anggaran dan data terima anggaran biaya.


3. Planning (Perencanaan Keuangan)

Manajemen memang berfungsi sebagai perencanaan. Dalam bidang keuangan, administrasi berfungsi untuk merencanakan laporan rugi keuntungan dan arus kas perusahaan.


4. Pencarian Keuangan

Dalam bidang ini, administrasi berfungsi untuk mengeksploitasi dan mencari sumber dana untuk operasional perusahaan.


5. Pengelolaan Keuangan

Dengan adanya manajemen, maka pengelolaan keuangan perusahaan akan lebih maksimal. Sebab administrasi akan memaksimalkan dana yang ada dengan banyak sekali cara.


6. Auditing (Pemeriksaan Keuangan)

Manajemen juga sanggup berfungsi sebagai pemeriksa keuangan atau Auditing. Hal ini sangat penting semoga audit internal keuangan perusahaan dilakukan berdasarkan standar akuntansi yang benar dan tidak memicu adanya penyimpangan.


7. Controlling (Pengendalian Keuangan)

Fungsi selanjutnya yakni untuk melaksanakan penilaian atas sistem keuangan perusahaan.


Contoh Manajemen Keuangan


Sebenarnya, ada banyak sekali pola administrasi keuangan yang sanggup Anda pelajari. Beberapa diantaranya yakni pembuatan laporan keuntungan rugi, laporan neraca harta, modal dan utang, laporan Arus Kas, laporan piutang dan utang, dan masih banyak yang lainnya. Sebab laporan-laporan tersebut merupakan cuilan dari administrasi dalam keuangan perusahaan. Sekian ulasan mengenai pengertian administrasi keuangan, semoga sanggup menambah wawasan anda, khususnya yang sedang membutuhkan info jurnal administrasi keuangan maupun pola judul skripsi administrasi keuangan.


Hasil Pencarian:

manajemen keuangan penting menurut,contoh 3 fungsi keputusan administrasi keuangan,contoh cara kerja administrasi keuangan 2,keputusan administrasi keuanagan internasional dalam planning maupun dalam bentuk investasi,keputusan administrasi keuangan internasional dalam planning maupun dalam bentuk invetasi,Menajemen Keuangan,pengertian rugi dan contohnya

Post a Comment for "Pengertian Administrasi Keuangan + Fungsi Dan Contohnya"