Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Metode Pengembangan Kognitif
- Pengembangan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam memahami konsep bentuk, warna, ukuran dan pola, dapat dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali …a. Menunjukkan dan menyebutkan benda-benda berbentuk geometrib. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentuc. Menujukkan dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri tertentud. Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya
- Menurut ahli pendidikan dan psikologi, bermain merupakan pekerjaan masa kanak-kanak dan cermin pertumbuhan anak. Apabila bermain dianggap sebagai suatu metode pengembangan anak, maka yang harus diperhatikan dalam bermain adalah hal-hal berikut ini, kecuali....a. Berorientasi pada hasilb. Memberi kesenangan pada anakc. Fleksibeld. Tidak mengikat
- Hari ini anak-anak akanmembuat topi dari kertas. Masing-masing sudah memegang sebuah kertas yang akan dijadikan topi. Bu guru memberi contoh cara membuat topi dari kertas dari mulai lipatan pertama hingga menjadi topi sedangkan anak-anak diminta memperhatikan lebih dahulu hingga Bu guru selesai barulah mereka diijinkan mulai melipat kertasnya masing-masing. Metode yang digunakan bu guru dalam memberi contoh adalah metode....a. Pemberian tugasb. Demonstrasic. Eksperimend. Kerja kelompok
- Hasil pengamatan tentang sikap dan perilaku anak yang terjadi secara khusus dan tibatiba atau insidental dicatat dalam....a. Observasib. Portofolioc. Catatan anekdotd. Unjuk kerja
- Dalam kegiatan mengucap syair, anak-anak diminta maju satu persatu untuk mengucapkan syair pendek yang telah dihafalnya di rumah. Guru menilai kemampuan anak menghafal dan mengucapkan kata-kata dengan benar. Dalam hal ini guru menggunakan alat evaluasi ….a. Penugasanb. Unjuk kerjac. Hasil karyad. Observasi
- Kemampuan untuk berpikir dengan banyak cara untuk mencapai tujuan atau untuk menyelesaikan masalah merupakan ciri-ciri keberbakatan....
a. Kreatif
b. Intelektual
c. Akademik
d. Kepemimpinan dan sosial - Bu Susi menunjukkan gambar yang belum sempurna atau janggal kepada anak-anak. Kemudian anak-anak diminta mencari kejanggalan gambar tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan....
a. Taktil
b. Kinestetik
c. Visual
d. Geometri - Setiap akan memulai kegiatan, Bu Susi selalu melakukan tanya-jawab dengan anak-anak. Kegiatan tanya-jawab ini dipercaya dapat mengembangkan kecerdasan....
a. Linguistik
b. Kinestetik
c. Naturalistik
d. Interpersonal - Kegiatan memperhatikan sesuatu lalu menuliskan seluruh kejadian yang diamati secara alamiah (apa adanya), termasuk dalam kegiatan pengumpulan data melalui pengamatan dengan....
a. Psikolog
b. Catatan anekdot
c. Daftar check
d. Format terbuka - Penilaian kemampuan anak dengan meminta anak menampilkan kemampauannya secara nyata atau anak melakukan langsung, termasuk dalam penilaian....
a. Penugasan
b. Unjuk kerja
c. Pengamatan
d. Wawancara - Seorang guru menjelaskan bentuk-bentuk rumah ibadah kepada anak-anak. Ia membawa model beberapa macam rumah ibadah untuk diperlihatkan kepada anak. Daripada menjelaskan panjang lebar bentuk rumah ibadah, guru meperbolehkan anak-anak memegang, meraba, dan meneliti model rumah ibadah tersebut. Dalam hal ini guru menggunakan media yang berfungsi sebagai....a. Alat bereksperimenb. Menghilangkan verbalismec. Menyelidiki atau menelitid. Mengembangkan imajinasi
- Untuk keselamatan anak, maka bentuk media harus diusahakan agar….a. Tumpul (tidak tajam)b. Menarik dan menyenangakanc. Ukuran disesuaikan dengan anakd. Dapat dimanipulasi
- Pembuatan alat peraga/bermain harus memperhatikan segi estetika dan keindahan yaitu menyangkut hal-hal berikut ini, kecuali….a. Indah dan proporsionalb. Ukuran sesuaic. Warna dan kombinasi warna serasid. Mudah digunakan dan disimpan
- Alat peraga berupa kotak-kotak huruf sangat disukai anak-anak. Alat peraga bentuk tersebut mempunyai fungsi berikut ini, kecuali....a. Menarik minat bacab. Mengelompokkan huruf yang samac. Menyusun huruf dalam kata yang bermaknad. Mengenalkan warna melalui huruf-huruf
- Saat bermain pasir, Dudi menuangkan pasir yang ada di ember kecilnya ke dalam suatu wadah (wadah A) dan ternyata pasirya masuk semua. Kemudian ia mengambil wadah yang lebih kecil (wadah B) dan memasukkan pasir dari wadah A ke wadah B, ternyata banyak pasirnya yang tertumpah karena tidak cukup. Melalui bermain pasir ia mengenal ukuran besar dan kecil dengan cara mengetahui bahwa wadah A lebih besar dari wadah B. Ini merupakan salah satu manfaat permainan matematika yaitu....a. Membantu anak belajar matematika secara alami melalui bermainb. Menghindari ketakutan terhadap matematika sejak awalc. Membelajarkan anak tentang konsep matematikad. Mengajarkan matematika dengan cara yang benar
- Bu guru memperlihatkan untaian manik-manik kepada anak-anak. Warna manik-manik tersebut membentuk urutan tertentu yaitu tiga merah, tiga putih, tiga hitam, tiga kuning dan tiga hijau. Anak-anak diminta membuat untaian dengan urutan warna yang sama. Dalam hal ini anak-anak membutuhkan keterampilan....a. Penyortiran dan pengelompokanb. Menyusun pola atau gambarc. Mengurutkan dan menyambungd. Pemecahan masalah
- Area bermain yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep ukuran, berat, dan volume secara langsung adalah area ….a. Bermain pasir/airb. Balokc. Bermain dramad. Seni
- TK A diberi empat buah gambar. Gambar pertama adalah gambar seekor bebek. Gambar kedua berisi dua ekor bebek. Gambar ketiga tiga ekor bebek. Gambar keempat empat ekor bebek. Setiap pojok gambar diberi lubang untuk pita. Anak-anak mewarnai gambar tersebut lalu mengurutkan gambar bebek dari yang sedikit ke yang banyak dengan cara menyusunnya menggunakan pita. Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat....a. Memperluas konsep bilangan ganjil genapb. Meletakkan gambar pada urutan berikutnyac. Mengembangkan keterampilan membandingkand. Membuat perbandingan antara binatang yang besar dan yang kecil
- Saat melakukan kegiatan permainan sains dan anak-anak dapat belajar menjadi penjelajah dan penemu ilmu pengetahuan. Hal ini akan mengembangkan perasaan bangga dan saling menghargai di antara teman, terutama saat anak berhasil menemukan suatu yang menurutnya baru atau mengambil kesimpulan dari berbagai percobaan. Hal ini akan mengembangkan potensi anak dalam perkembangan....
a. Kognitif
b. Sosial
c. Emosional
d. Bahasa - Anak-anak hendak bereksperimen memasukkan berbagai macam benda ke dalam air. Sebelumnya mereka harus membuat memprediksi apa yangakan terjadi dengan benda-benda tersebut. Prediksi yang dibuat anak adalah....
a. Membuat gambar benda-benda yang akan dimasukkan ke dalam air
b. Mengelompokkan benda-benda menjadi benda-benda sejenis sebelum dimasukkan ke dalam air
c. Membuat kesimpulan apabila benda-benda tersebut sudah dimasukkan ke dalam air
d. Membuat dugaan atau perkiraan apakah benda-benda tersebut akan tenggelam, terapung atau melayang - Perkembangan anak usia 4-5 tahun dalam belajar sains....
a. Mulai mengerti tentang banyak hal tetapi masih sulit membedakan antara fakta dan fantasi
b. Mulai menjelajah dan melakukan penelitian terhadap apa yang ia lihat di sekitarnya
c. Mampu merencankana penelitian yang berhubungan dengan pemecahan masalah
d. Memiliki perhatian yang intens untuk berbagai aktivitas sains - Anak-anak kelompok B diajak Ibu Guru bermain air. Mereka diminta menyemprotkan air di bawah panas matahari dan mengamati apa yang terjadi di bawah butiran air. Kegiatan in bertujuan....
a. Mengetahui perbedaan cuaca
b. Menyadari bermacam-macam asal cahaya
c. Mengungkap bahwa sinar matahari terdiri dari beberapa warna
d. Mengetahui bahwa air jika dipanaskan akan menguap - Kreativitas merupakan kemampuan memberikan gagasan-gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Pengertian kreativitas ini dikemukakan oleh....
a. Semiawan
b. Mayesty
c. Angelou
d. Santrock - Seorang anak sedang dalam masalah dan ia kelihatan frustrasi menghadapi masalah tersebut. Cara membantu anak agar timbul kreativitasnya dalam memecahkan masalah, yang dapat kita lakukan adalah....
a. Membantu anak menghargai perbedaan dalam dirinya
b. Membantu anak untuk mengenali bahwa berbagai masalah memiliki solusi
c. Membantu anak merasa nyaman dalam melakukan aktivitas kreatif dan dalam memecahkan masalah
d. Tidak selalu memberi penghargaan pada kreativitas anak tetapi yang tertentu saja - Faktor yang menentukan keberbakatan seorang anak pada hakekatnya dapat diamati dari tiga kelompok ciri-ciri berikut ini, kecuali....
a. Genetika
b. Kemampuan di atas rata-rata
c. Kreativitas
d. Pengikatan diri
Jawaban:
- a. Menunjukkan dan menyebutkan benda-benda berbentuk geometri
- a. Berorientasi pada hasil
- d. Kerja kelompok
- c. Catatan anekdot
- b. Unjuk kerja
- a. Kreatif
- c. Visual
- a. Linguistik
- d. Format terbuka
- b. Unjuk kerja
- b. Menghilangkan verbalisme
- a. Tumpul (tidak tajam)
- d. Mudah digunakan dan disimpan
- d. Mengenalkan warna melalui huruf-huruf
- a. Membantu anak belajar matematika secara alami melalui bermain
- b. Menyusun pola atau gambar
- a. Bermain pasir/air
- b. Meletakkan gambar pada urutan berikutnya
- c. Emosional
- d. Membuat dugaan atau perkiraan apakah benda-benda tersebut akan tenggelam, terapung atau melayang
- a. Mulai mengerti tentang banyak hal tetapi masih sulit membedakan antara fakta dan fantasi
- c. Mengungkap bahwa sinar matahari terdiri dari beberapa warna
- a. Semiawan
- b. Membantu anak untuk mengenali bahwa berbagai masalah memiliki solusi
- a. Genetika
Post a Comment for "Soal Metode Pengembangan Kognitif Beserta Jawaban"