Soal Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Beserta Jawaban

Kumpulan Soal dan Jawaban Materi Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD
  1. Anak-anak di lembaga PAUD dilatih untuk dapat mandiri, disiplin dan mampu bersosialisasi serta memiliki keterampilan dasar hidup. Hal tersebut menunjukkan salah satu prinsip PAUD, yaitu.... 
    a. Berorientasi pada kebutuhan anak 
    b. Mengembangkan kecakapan hidup anak 
    c. Merangsang seluruh aspek perkembangan anak 
    d. Kegiatan pengembangan dilakukan melalui bermain 
  2. Tujuan pengelolaan kegiatan pengembangan di Taman Penitipan Anak bagi orang tua, diantaranya adalah …. 
    a. Meningkatkan proses tumbuh kembang anak secara wajar untuk membentuk sumber daya manusia berkualitas 
    b. Memberikan motivasi kepada masyarakat akan pentingnya pelayanan terpadu untuk anak usia lahir – 3 tahun 
    c. Membantu memantapkan rangka fungsi keluarga khususnya dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan anak 
    d. Membantu anak mengembangkan jasmani dan keterampilannya 
  3. Pendekatan pengelolaan kegiatan di TPA yang berdasar pada filsafat pendidikan, salah satunya adalah asih yang merupakan ….
    a. Tindakan untuk meningkatkan kondisi intelektual anak secara optimal, sehat dan berkualitas
    b. Tindakan untuk mewujudkan kualitas kepribadian dan jati diri anak
    c. Pendampingan dan perlindungan dan upaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan anak usia dini
    d. Upaya untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas fisik anak usia dini 
  4. Sebelum memulai kegiatan bermain di sentra, anak-anak perlu diberitahu terlebih dahulu tentang berbagai kegiatan yang akan dilakukan di dalam sentra. Penjelasan yang diberikan harus....
    a. Cepat, tepat dan tegas
    b. Perlahan-lahan, panjang dan diulang-ulang
    c. Rinci, detil dan panjang lebar.
    d. Singkat, jelas, dan mudah dipahami. 
  5. Setelah anak-anak membentuk lingkaran. Ibu guru meminta setiap anak bercerita tentang benda yang mereka bawa dari rumah pada hari itu. Setelah itu Ibu guru dan anak lainnya mengajukan satu pertanyaan pada anak yang baru saja berceritA. Kegiatan tersebut dilakukan untuk melatih anak....
    a. Menyusun karangan dan cerita dengan kaidah yang benar.
    b. Menyusun pertanyaan sesuai tema yang diberikan
    c. Menjawab pertanyaan dan memberi kepuasan pada yang bertanya.
    d. Mengemukakan pendapat, gagasan dan ide
  6. Saat anak baru mengenal permainan balok, biasanya mereka akan membawabawa balok keliling area, baik dengan tangannya maupun menggunakan alat angkut seperti truk mainan. Tahapan bermain balok ini sering disebut sebagai tahap bermain....
    a. Dramatik
    b. Fungsional
    c. Menghubungkan
    d. Menumpuk 
  7. Saat bermain di sentra seni, biasanya sebelum kegiatan berakhir langkah yang dilakukan guru adalah....
    a. Melaporkan kegiatan yang telah dilakukan.
    b. Membantu anak yang belum selesai
    c. Memberi reward atas hasil karya anak
    d. Memajang hasil karya anak 
  8. Penilaian kegiatan pengembangan harus dilakukan secara menyeluruh terhadap semua aspek perkembangan anak dan kegiatan pengembangan dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian, yaitu....
    a. Komprehensif
    b. Integratif
    c. Relevansi
    d. Objektif 
  9. Benny dan Hughes menyatakan bahwa suatu cara atau metode yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden dengan menggunakan tanya jawab secara sepihak, disebut….
    a. Dokumentasi
    b. Observasi
    c. Wawancara
    d. Portofolio 
  10. Ibu Sinta mengambil gambar dengan kamera video saat anak-anak sedang melakukan kegiatan melompat dengan satu kaki dan dua kaki. Tindakan yang dilakukan Ibu Sinta termasuk dalam….
    a. Merekap data dengan berbagai alat
    b. Merekam data melalui berbagai teknik
    c. Menganalisis data dengan berbagai cara
    d. Menilai data melalui berbagai media 
  11. Dalam sentra anak-anak menyalurkan rasa ingin tahunya dengan melakukan kegiatan yang diinginkan dan disukainyA. Hal ini sesuai dengan keterkaitan pengertian sentra dengan pandangan ahli seperti yang dikemukakan John Dewey, yaitu bahwa anak belajar....
    a. Melalui interaksi langsung dengan anak lain dan lingkungannya
    b. Melalui alat belajar yang disipkan dengan hati-hati
    c. Sambil bekerja
    d. Atas kehendak sendiri 
  12. Anak-anak senang sekali bermain dengan bahan-bahan seperti pasir, air, lumpur, adonan tepung maupun bahan cair lainnya. Kegiatan bermain dengan bahan-bahan tersebut dikenal dengan sebutan main....
    a. Peran
    b. Sensorimotor
    c. Pembangunan
    d. Tradisional 
  13. Pelaksanaan kegiatan pengembangan pembentukan perilaku melalui pembiasaan di Kelompok Bermain perlu memperhatikan beberapa prinsip berikut, kecuali....
    a. Penciptaan pembelajaran yang kondusif sehingga anak terangsang untuk belajar
    b. Pemberian motivasi agar anak selalu bersemangat mengikuti kegiatan.
    c. Pemberian contoh dan teladan yang baik pada anak
    d. Penciptaan pola perilaku baru yang disepakati di dalam kelas 
  14. Dalam merencanakan dan mengembangkan sentra, pendidik harus menentukan dan memperhatikan sentra yang paling membutuhkan dan cukup tinggi aksesnya dengan sumber listrik. Hal ini karena sentra ini membutuhkan ....
    a. Pengawasan secara khusus
    b. Area yang tidak mudah diakses anak-anak
    c. Area yang luas
    d. Peralatan khusus 
  15. Sentra persiapan diadakan untuk mengembangkan keaksaraan anak di lembaga PAUD. Dinamakan sentra persiapan karena sentra ini....
    a. Menciptakan tantangan yang harus selalu dihadapi anak dengan kesiapan mental dan fisik
    b. Membantu anak menyiapkan dirinya untuk memasuki jenjang selanjutnya
    c. Mengajarkan pada anak untuk selalu bersiap-siap menghadapi berbagai tantangan kehidupannya.
    d. Selalu dipersiapkan guru dengan matang dan penuh kehati-hatian 
  16. Pendidik PAUD harus memberikan informasi pada anak didiknya tentang alat, bahan dan kegiatan yang akan dilakukan anak-anak saat mereka bermain di dalam sentra persiapan. Penjelasan ini termasuk dalam pijakan....
    a. Setelah main
    b. Sebelum main
    c. Selama main
    d. Lingkungan main 
  17. Perhatikan urutan berikut:
    (1) Menggunting sekitar pinggiran kertas;
    (2) Menggunting di antara 2 garis lurus;
    (3) Menggunting dengan sepenuh bukaan gunting;
    (4) Membuka dan menggunting secara terus menerus sepanjang kertas
    (5) Menggunting bentuk tetapi tidak tepat mengikuti garis. Urutan tahapan menggunting pada anak usia dini adalah....
    a. 3 – 4 – 2 – 1 – 5
    b. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
    c. 5 – 4 – 3 – 2 – 1
    d. 1 – 3 – 4 – 2 – 5 
  18. Sudut buku pada sentra persiapan sebaiknya diisi berbagai buku dengan kriteria yang sesuai untuk anak, yaitu....
    a. Alur cerita sederhana, halaman penuh warna, ilustrasi gambar lebih utama dan banyak pengulangan kata.
    b. Menggunakan bahasa sastra yang indah, gambar besar-besar dan berisi banyak kata-kata baru
    c. Alur cerita sederhana, ceritanya mengandung pemecahan masalah dengan sedikit gambar
    d. Berisi gambar dengan percakapan langsung, warna dibatasi hanya dua saja dan tulisan berukuran standar 
  19. Dalam sentra persiapan anak-anak dilatih keterampilan motorik halusnya sebagai latihan pra menulis, hal ini sesuai dengan rambu-rambu pelaksanaan sentra persiapan, salah satunya adalah....
    a. Membantu anak menyadari materi yang sedang dipelajarinya
    b. Mengembangkan kemampuan keaksaraan sejak dini.
    c. Mengembangkan tahap perkembangan bahasa dan seni anak
    d. Menjelaskan pada anak cara melakukan dan menggunakan peralatan yang ada 
  20. Dalam sentra bermain peran, anak-anak belajar tentang kehidupan dalam keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu sentra bermain peran sangat penting bagi anak karena dalam sentra ini....
    a. Berlatih cara bertinteraksi dengan orang lain
    b. Mengenal silsilah keluarga dan garis keturunannya
    c. Mendidik anak menjadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya kelak
    d. Belajar mengenal dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya
  21. Anak usia satu tahun senang sekali bermain menjawab telepon atu membaca koran. Hal itu termasuk tahapan bermain peran pada tahap pertama, yaitu permainan peran....
    a. Soliter
    b. Sosio drama
    c. Meniru
    d. Khayalan 
  22. Kegiatan bermain peran di pantai dapat dilakukan anak-anak di lembaga PAUD. Kegiatan main peran ini dapat dilakukan untuk memperdalam tema....
    a. Binatang; tanaman; kesukaan; pekerjaan dan alat transportasi
    b. Pekerjaan; kesukaan; diri sendiri; keselamatan dan keamanan, bulan bintang dan matahari
    c. Rumah; sekolah; pekerjaan; alat transportasi dan kehidupan di pantai.
    d. Rekreasi; kehidupan di pesisir dan di pegunungan; pakaian; keamanan, kesehatan dan keselamatan. 
  23. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan mereka juga senang mengeksplorasi lingkungannya untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang timbul dalam dirinya. Semua karakteristik itu dapat difasilitasi dalam sentra....
    a. Balok
    b. Sains
    c. Seni
    d. Persiapan 
  24. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di sentra sains untuk mengajarkan anak tentang asal mula terjadinya sesuatu, adalah....
    a. Melukis dengan menggunakan berbagai media seperti cat, krayon dan adonan tepung.
    b. Mengamati kupu-kupu dengan kaca pembesar.
    c. Menanam biji kacang hijau.
    d. Membuat diorama pedesaan dari bubur koran.
  25. Area bermain balok sebaiknya ditempatkan di tempat yang terlindung dari lalu lalang, hal ini bertujuan agar....
    a. Anak dapat bermain dengan aman dan bangunan balok mereka tidak mudah berbenturan satu sama lain.
    b. Kemampuan anak dapat dipantau oleh pendidik secara lebih detil dan lebih mendalam
    c. Anak bisa bermain tanpa diketahui oleh anak lainnya dan tidak mudah beralih pada permainan lainnya
    d. Seluruh aspek perkembangan anak dapat dikembangkan secara maksimal tanpa intervensi dari pihak luar. 
Jawaban:
  1. b. Mengembangkan kecakapan hidup anak 
  2. c. Membantu memantapkan rangka fungsi keluarga khususnya dalam meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan anak 
  3. c. Pendampingan dan perlindungan dan upaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan anak usia dini 
  4. d. Singkat, jelas, dan mudah dipahami. 
  5. d. Mengemukakan pendapat, gagasan dan ide
  6. b. Fungsional 
  7. d. Memajang hasil karya anak
  8. a. Komprehensif 
  9. c. Wawancara 
  10. b. Merekam data melalui berbagai teknik 
  11. c. Sambil bekerja 
  12. c. Pembangunan 
  13. a. Pengawasan secara khusus 
  14. d. Penciptaan pola perilaku baru yang disepakati di dalam kelas 
  15. a. Pengawasan secara khusus 
  16. b. Sebelum main 
  17. d. 1 – 3 – 4 – 2 – 5 
  18. a. Alur cerita sederhana, halaman penuh warna, ilustrasi gambar lebih utama dan banyak pengulangan kata. 
  19. b. Mengembangkan kemampuan keaksaraan sejak dini. 
  20. d. Belajar mengenal dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya
  21. b. Sosio drama 
  22. d. Rekreasi; kehidupan di pesisir dan di pegunungan; pakaian; keamanan, kesehatan dan keselamatan. 
  23. b. Sains 
  24. c. Menanam biji kacang hijau. 
  25. a. Anak dapat bermain dengan aman dan bangunan balok mereka tidak mudah berbenturan satu sama lain. 

Post a Comment for "Soal Pengelolaan Kegiatan Pengembangan AUD Beserta Jawaban"