Psikologi Perkembangan Anak - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Psikologi Perkembangan Anak Lengkap Jawaban
  1. Pada usia 10 bulan, Loli sudah dapat bicara sepatah kata dan pada usia 18 bulan, ia sudah dapat mengucapkan satu kalimat sederhana. Pernyataan tersebut merupakan contoh dari adanya pengaruh .... 
    a. Periode kritis 
    b. Nonnormatif 
    c. Normatif berdasarkan sejarah 
    d. Normatif berdasarkan usia 
  2. Dari ilustrasi tersebut, periode kritis dicontohkan dengan .... 
    a. Memasukkan Loli ke kelompok bermain pada usia 3 tahun 
    b. Mengajak Loli bicara sejak ia masih bayi 
    c. Membawa Loli dan keluarga besarnya ke Amerika 
    d. Memperkenalkan Loli dengan bahasa Inggris di kelompok bermain
  3. Tahun ini, Bu Linda akan memasukkan Muti yang saat ini berusia 3.5 tahun ke dalam sebuah kelompok bermain (playgroup). Dapat dikatakan bahwa saat ini Muti sedang berada pada tahap .... 
    a. Usia sekolah 
    b. Masa kanak-kanak awal 
    c. Toddlerhood 
    d. Masa bayi 
  4. Bayi di awal kehidupan membutuhkan rasa hangat dari orang tuanya. Ibu dari Jessie menyediakan selimut dan ia selalu menggendongnya serta bernyanyi untuk membuat Jessie merasa hangat dan nyaman. Ibu Jessie memahami kebutuhan anaknya dari sudut pandang.... 
    a. Fisiologis 
    b. Psikologis 
    c. Fisiologis dan psikologis 
    d. Semua pilihan tidak tepat
  5. Dengan pengetahuannya yang baik tentang angkasa luar, Farhan sering diminta oleh teman-temannya untuk bercerita. Dari ilustrasi tersebut terlihat adanya interaksi antara aspek-aspek perkembangan, yaitu aspek .... 
    a. Fisik dan kognitif 
    b. Fisik dan psikososial 
    c. Kognitif dan psikososial 
    d. Fisik, kognitif, dan psikososial
  6. Masalah yang biasa muncul pada anak usia 4-6 tahun ialah masalah .... 
    a. Kesehatan 
    b. Keberanian bertindak 
    c. Makanan dan tidur 
    d. Kepercayaan diri
  7. Pictorial Stage adalah salah satu tahapan menggambar pada anak yang biasa dikuasi pada usia .... 
    a. 2 -3 tahun 
    b. 4 -5 tahun 
    c. 5 -6 tahun 
    d. Diatas 6 tahun 
  8. Manfaat bermain bagi perkembangan fisik-motorik anak usia 4-6 tahun antara lain sebagai berikut, kecuali .... 
    a. Anak dapat mengembangkan kekuatan 
    b. Melatih keterampilan fisik motorik 
    c. Eksplorasi terhadap lingkungan 
    d. Menjadi pemenang 
  9. Kegiatan yang dapat mengembangkan kemandirian antara lain ....
    a. Menjahit 
    b. Makan sendiri 
    c. Berjalan dibalik tirai 
    d. Melipat kertas 
  10. Dampak sosial dari kematangan yang dicapai anak adalah .... 
    a. Berkembangnya sejumlah keterampilan baru pada anak 
    b. Makin terorganisirnya kepribadian anak 
    c. Meningkatnya kesadaran diri terhadap penilaian orang lain 
    d. Meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap anak
  11. Apa yang Anda ketahui tentang perkembangan emosi anak.... 
    a. Emosi sudah ada, tidak perlu diajarkan kepada anak 
    b. Anak lahir tidak memiliki emosi, jadi harus diajarkan 
    c. Emosi tidak diperlukan 
    d. Emosi sudah ada, anak perlu diajarkan untuk mendiferensiasikan dan mengelola emosi 
  12. Yang bukan merupakan anak dalam situasi adalah ....
    a. Korban kerusuhan 
    b. Korban bencana alam 
    c. Yang menjadi pengungsi
    d. Yang tertabrak mobil 
  13. Pasal 53 Pasal 1 memuat tentang .... 
    a. Perlindungan terhadap anak dalam kondisi darurat 
    b. Batasan usia pada anak 
    c. Hak perkawinan 
    d. Tanggung jawab pemerintah dalam memberikan bantuan pada anak dari keluarga kurang mampu, anak terlantar dan tinggal di tempat terpencil 
  14. Anak di bawah usia 3 tahun memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional, di mana bagian atas lebih besar dibandingkan dengan bagian bawah tubuh. Hal tersebut sesuai dengan prinsip .... 
    a. Pertumbuhan otak dan tulang 
    b. Cephalocaudal 
    c. Proximodistal 
    d. Centralisasi 
  15. Cara yang paling mudah untuk mengetahui perkembangan fisik seorang anak adalah dengan cara sebagai berikut, kecuali .... 
    a. Mengetahui kondisi fisik kedua orang tua 
    b. Pola makan dan nutrisi 
    c. penyakit yang diderita anak 
    d. Lingkungan tempat anak berada 
  16. Setiap hari Selasa dan Jumat, sekolah mengadakan kegiatan sarapan bersama. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu dari kebutuhan anak, adalah .... 
    a. Fisiologis 
    b. Rasa aman 
    c. Cinta dan perasaan menjadi bagian 
    d. Penghargaan 
  17. Tiga pembagian besar faktor protektif dan faktor risiko meliputi hal-hal berikut ini, kecuali....
    a. Faktor herediter 
    b. Karakteristik individu 
    c. Keluarga 
    b. Lingkungan 
  18. Berikut ini adalah contoh diri keluarga sebagai faktor ptotektif atau risiko kecuali .... 
    a. Keluarga utuh atau keluarga bercerai 
    b. Lingkungan tempat tinggal keluarga 
    c. Ada-tidaknya ikatan yang kuat antara anak dengan minimal salah satu dari orang tuanya 
    d. Ada-tidaknya kekerasan dalam rumah rumah tangga 
  19. Gambaran diri berikut ini menyangkut ciri-ciri fisik, kecuali .... 
    a. "Gigi saya ompong dua" 
    b. "Mata saya bulat" 
    c. "Kulit saya sawo matang" 
    d. "Saya gemar melompat dan berlari" 
  20. Sahabat bagi anak usia kanak-kanak awal adalah sebagai berikut, kecuali teman .... 
    a. Berbagi cerita 
    b. Bermain masak-masakan 
    c. Yang senang melakukan kegiatan bersama anak 
    d. Saling meminjam mainan
  21. Setiap hari, guru membiasakan anak untuk selalu menaruh sepatu dan tas di tempatnya masing-masing. Apa yang dilakukan guru adalah dalam rangka meningkatkan .... 
    a. Pemahaman diri 
    b. Tanggung jawab terhadap diri 
    c. Perilaku sosial 
    d. Sosialisasi 
  22. Kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman diri anak adalah .... 
    a. Pergi berkunjung ke panti asuhan 
    b. Membacakan buku cerita 
    c. Menggambar diri sendiri di sehelai kertas 
    d. Belajar dalam kelompok 
  23. Hal yang menerangkan bagaimana individu berprilaku terhadap orang lain dalam hidupnya ...
    a. Perkembangan moral
    b. Excahange of favors
    c. Transgresi moral
    d. Fleksibel
  24. Ketika di pasar, Ani meminta ibu membeli pulpen untuk menggantikan pulpen kakak yang sudah habis, tapi Ani juga minta dbelikan pulpen untuk dirinya. Keadaan ini menunjukan Ani berada pada tahap .... 
    a. Perkembangan moral
    b. Excahange of favors
    c. Transgresi moral
    d. Fleksibel
  25. Disekolah, Ani dikenal sebagai anak yang tidak mau berbagi mainan dengan teman lainnya. Tindakan yang dilakukan Ani termasuk ....
    a. Perkembangan moral
    b. Excahange of favors
    c. Transgresi moral
    d. Fleksibel
Kunci Jawaban:
  1. d. Normatif berdasarkan usia 
  2. b. Mengajak Loli bicara sejak ia masih bayi 
  3. b. Masa kanak-kanak awal 
  4. c. Fisiologis dan psikologis
  5. c. Kognitif dan psikososial 
  6. c. Makanan dan tidur 
  7. b. 4 -5 tahun 
  8. d. Menjadi pemenang 
  9. b. Makan sendiri 
  10. d. Meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap anak
  11. d. Emosi sudah ada, anak perlu diajarkan untuk mendiferensiasikan dan mengelola emosi 
  12. d. Yang tertabrak mobil 
  13. d. Tanggung jawab pemerintah dalam memberikan bantuan pada anak dari keluarga kurang mampu, anak terlantar dan tinggal di tempat terpencil 
  14. b. Cephalocaudal 
  15. a. Mengetahui kondisi fisik kedua orang tua 
  16. a. Fisiologis
  17. a. Faktor herediter 
  18. b. Lingkungan tempat tinggal keluarga 
  19. d. "Saya gemar melompat dan berlari" 
  20. a. Berbagi cerita
  21. b. Tanggung jawab terhadap diri 
  22. c. Menggambar diri sendiri di sehelai kertas 
  23. a. Perkembangan moral
  24. b. Excahange of favors
  25. c. Transgresi moral

Post a Comment for "Psikologi Perkembangan Anak - Soal dan Jawaban"