Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Sosial Emosional Lengkap Jawaban
- Dalam penerimaan sosial, anak usia kelas 2 atau 3 SD memiliki harapan yang sama, melakukan kegiatan bersama-sama dan memiliki kedekatan yang cukup baik terhadap teman sebayanya. Tahap ini termasuk dalam....a. An Emphatic Stageb. A Reward Cost Stagec. A Non-Normative Staged. A Normative Stage
- Karakteristik perkembangan anak pada usia 0-2 tahun, salah satunya adalah bahwa anak...a. Membangun rasa positif thinking terhadap lingkungannyab. Membutuhkan cinta dan kasih sayang orang dewasa di sekitarnyac. Mulai merasa memiliki kepercayaan dirid. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya
- Pendidik perlu mengetahui cara yang mudah untuk mengenali gejala emosi dan perilaku sosial anak dan dampaknya bagi anak. Tujuan mengetahui hal tersebut adalah untuk mengambil tindakan….a. Proaktif dan antipatifb. Deaktif dan provokatifc. Prefentif dan interventifd. Transaktif dan pratransaktif
- Pendidik harus mendampingi perkembangan sosial emosional anak ke arah yang sesuai dengan harapannya, caranya yaitu dengan ....a. Menunjukkan semua perilaku baik dan tidak baikb. Menghindari tekanan emosi negatif pada anakc. Bekerjasama dengan orang lain dan lingkungan guna menekan emosi burukd. Memproteksi anak sedemikian rupa dari pengaruh negatif J
- Anak ditekankan untuk ”selalu bisa” dalam setiap bidang pengembangan sehingga terkesan anak dipaksa untuk belajar. Hal ini merupakan penerapan metode ....a. Heart startb. Mind startc. Head startd. Logic start
- Goleman menyatakan bahwa emosi adalah suatu keadaan yang merujuk pada hal-hal berikut, kecuali....a. Suatu perasaan atau pikiran khas anakb. Suatu keadaan biologis dan psikologisc. Serangkaian kecenderungan untuk bertindakd. Serangkaian keinginan individu untuk berpikir
- Ketika individu melihat atau mengalami suatu peristiwa, maka hal tersebut dalam mekanisme emosi menurut Rosenblum termasuk dalam tahap....a. Receptorsb. Elicitorsc. Stated. Ekspression
- Anak-anak yang bermain dalam satu ruangan namun mereka tidak saling mengganggu atau memerhatikan termasuk dalam tahapan bermain....a. Sebagai penontonb. Soliterc. Paraleld. Asosiatif
- Salah satu tahap pembentukan karakter anak dapat dilakukan dengan menstimulasi rasa keindahan. Fungsi stimulasi terhadap rasa keindahan ini adalah untuk....a. Menghaluskan budi pekertib. Meningkatkan rasa empati anakc. Mengembangkan moral kemasyarakatand. Menumbuhkan rasa percaya diri
- Rasa marah pada anak sering muncul sebagai reaksi terhadap frustrasi, sakit hati atau merasa terancam. Rasa marah yang muncul bisa dalam bentuk verbal atau agresi. Rasa marah semacam ini termasuk marah yang bersifat....a. Terhambatb. Eksploratifc. Transaktifd. Impulsif
- Faktor yang dianggap dapat menunjang keberhasilan seseorang yang terkait dengan karakter adalah sebagai berikut, kecuali ....a. Jujur dan dapat diandalkanb. Dapat menerima dan menjalankan kewajibanc. Dapat bekerja mandiri dengan kontrol terbatasd. Sabar, rajin beribadah dan intelektual tinggi
- Perkembangan emosi anak dapat dipengaruhi oleh keadaan di dalam diri individu, diantaranya adalah....a. Usia, fisik, inteligensi dan jenderb. Fisik, usia,inteligensi dan budayac. Jender, fisik, ekonomi dan inteligensid. Usia, potensi, interigensi dan sebaya
- Andri (6 tahun) seka membawa makanan ringan dengan jumlah yang banyak untuk dibagi-bagikan kepada teman-teman sekelasnya. Perilaku Andri ini secara tidak langsung meniru sikap ibunya yang suka memasak dan membagikan hasil masakannya pada para tetangga. Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh ingkungan keluarga, yaitu....a. Status sosial ekonomi keluargab. Keutuhan keluargac. Sikap dan kebiasaan orang tuad. Kelekatan dengan anggota keluarga
- Salah satu kondisi fisik yang memengaruhi perkembangan sosial emosional adalah....a. Kesehatan yang burukb. Ketegangan hubungan antara orang tua dan anakc. Tingkat intelektual di bawah rata-ratad. Sikap orang tua dalam mendidik anak
- Guru PAUD harus mampu menciptakan kondisi yang ideal agar perkembangan sosial emosional anak berkembang secara optimal. Kondisi ideal tersebut merupakan kondisi yang dapat membantu anak untuk ....a. Belajar di Lembaga PAUD secara regularb. Melakukan semua kegiatan dengan teraturc. Melakukan interaksi sosiald. Berkembang tanpa hambatan
- Ketika melihat ada pengemis di tepi jalan, Effie langsung meminta uang pada ibunya untuk diberikan pada pengemis tersebut karena dia merasa kasihan. Ibu Effie merasa tidak pernah mengajari effie tentang tindakan tersebut. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan karakter Effie dipengaruhi oleh faktor....a. Internalb. Eksternalc. Penghargaan sekitard. Pengaruh orang tua
- Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang diakibatkan oleh kompleksitas kehidupan yang dihadapi oleh anak-anak, kecuali ....a. Perilaku kesepian dan pemurungb. Perilaku rendahnya sopan santunc. Anak yang pencemas dan gugupd. Anak yang sopan dan disiplin
- Kecerdasan emosi memiliki arti sebagai kualitas-kualitas emosi yang penting dalam pencapaian suatu keberhasilan. Kualitas tersebut meliputi beberapa indikator berikut ini, kecuali....a. Memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendirib. Empati yang melibatkan perasaan orang lainc. Kemampuan dalam mengungkapkan dan memahami perasaand. Mampu mengalokasikan rasa marah
- Menurut John Locke, anak ketika dilahirkan diibaratkan seperti kertas putih yang masih kosong. Akan seperti apa bentuk akhirnya tergantung pada cara kertas tersebut ditulisi. Arti dari penyataan tersebut adalah bahwa faktor yang paling menentukan dalam perkembangan anak adalah....a. Potensi dan kemauanb. Pengalaman dan lingkunganc. Intelektual dan emosionald. Harapan individu dan pengaruh orang tua
- Anak usia dini suka sekali melakukan suatu kegiatan secara berulang-ulang meskipun beberapa kali dia gagal melakukannya namun dia tak pernah bosan mencoba dan mencoba lagi. Cara tersebut dalam mendapatkan pengalaman sosial dikenal dengan....a. Imitasib. Conditioningc. Convergensid. Trial and error
- Pelaksanaan pendidikan di lembaga PAUD harus berorientasi pada Developmentally Appropripate Practices (DAP) yang salah satu prinsipnya adalah mengembangkan kemampuan anak secara terpadu karena ....a. Perkembangan anak berlangsung secara bervariasib. Semua aspek perkembangan anak saling terkaitc. Pengalaman awal anak memiliki kontribusi langsung maupun tidak langsungd. Perkembangan anak terjadi dalam urutan yang relatif teratur
- Contoh salah satu kegiatan pengembangan yang berdasarkan DAP adalah ”bergiliran”. Kemampuan yang ingin ditingkatkan dalam kegiatan ini adalah anak ....a. Belajar bergabung dalam suatu kelompok kecil dengan sikap positifb. Belajar memberi kesempatan pada orang lainc. Berusaha memecahkan masalahnya melalui diskusid. Berbagi perasaan dan pandangan hingga menghindari perselisihan
- Salah satu alasan penting mengapa guru harus menerapkan prinsip holistik dalam kegiatan pengembangan bagi anak usia dini adalah....a. Setiap guru biasanya menangani anak dengan jumlah dan kemampuan yang berbeda-bedab. Guru memiliki kemampuan yang beragam terkait dengan didaktik metodiknyac. Setiap guru memiliki kemampuan dan pandangan yang berbeda tentang suatu kegiatand. Guru harus dapat menstimulasi setiap fokus perkembangan anak karena terkait antara satu dengan lainnya
- Ketika seorang anak belajar untuk mencoba berbagai contoh perilaku dasar lalu guru mencoba menggali dan meminta anak untuk mengembangkannya lebih luas lagi maka pada saat itu dalam pengembangan sosial emosional secara holistik sedang diterapkan prinsip....a. Pendidikan sesuai lingkungan fisik, psikologi dan budayab. Terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikologikc. Kegiatan merangsang seluruh indra dan gaya belajar anakd. Menekankan pada belajar untuk belajar
- Kegiatan pengembangan yang menerapkan pendekatan berdasarkan ide-ide pokok atau ide-ide sentral tentang anak dan lingkungannya termasuk pengertian pembelajaran ....a. Dengan sistem holistikb. Berbasis temac. Berbasis perkembangand. Berbasis budaya dan minat
Kunci Jawaban:
- b. A Reward Cost Stage
- b. Membutuhkan cinta dan kasih sayang orang dewasa di sekitarnya
- c. Prefentif dan interventif
- b. Menghindari tekanan emosi negatif pada anak
- c. Head start
- d. Serangkaian keinginan individu untuk berpikir
- b. Elicitors
- b. Soliter
- a. Menghaluskan budi pekerti
- d. Impulsif
- d. Sabar, rajin beribadah dan intelektual tinggi
- a. Usia, fisik, inteligensi dan jender
- c. Sikap dan kebiasaan orang tua
- a. Kesehatan yang buruk
- c. Melakukan interaksi sosial
- a. Internal
- d. Anak yang sopan dan disiplin
- a. Memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendiri
- b. Pengalaman dan lingkungan
- d. Trial and error
- b. Semua aspek perkembangan anak saling terkait
- b. Belajar memberi kesempatan pada orang lain
- d. Guru harus dapat menstimulasi setiap fokus perkembangan anak karena terkait antara satu dengan lainnya
- d. Menekankan pada belajar untuk belajar
- b. Berbasis tema
Post a Comment for "Metode Pengembangan Sosial Emosional - Soal dan Jawaban"