Metode Pengembangan Sosial Emosional - Soal dan Jawaban

Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Metode Pengembangan Sosial Emosional Lengkap Jawaban
  1. Dalam penerimaan sosial, anak usia kelas 2 atau 3 SD memiliki harapan yang sama, melakukan kegiatan bersama-sama dan memiliki kedekatan yang cukup baik terhadap teman sebayanya. Tahap ini termasuk dalam.... 
    a. An Emphatic Stage 
    b. A Reward Cost Stage 
    c. A Non-Normative Stage 
    d. A Normative Stage
  2. Karakteristik perkembangan anak pada usia 0-2 tahun, salah satunya adalah bahwa anak... 
    a. Membangun rasa positif thinking terhadap lingkungannya 
    b. Membutuhkan cinta dan kasih sayang orang dewasa di sekitarnya 
    c. Mulai merasa memiliki kepercayaan diri 
    d. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya
  3. Pendidik perlu mengetahui cara yang mudah untuk mengenali gejala emosi dan perilaku sosial anak dan dampaknya bagi anak. Tujuan mengetahui hal tersebut adalah untuk mengambil tindakan…. 
    a. Proaktif dan antipatif 
    b. Deaktif dan provokatif 
    c. Prefentif dan interventif 
    d. Transaktif dan pratransaktif 
  4. Pendidik harus mendampingi perkembangan sosial emosional anak ke arah yang sesuai dengan harapannya, caranya yaitu dengan .... 
    a. Menunjukkan semua perilaku baik dan tidak baik 
    b. Menghindari tekanan emosi negatif pada anak 
    c. Bekerjasama dengan orang lain dan lingkungan guna menekan emosi buruk 
    d. Memproteksi anak sedemikian rupa dari pengaruh negatif J
  5. Anak ditekankan untuk ”selalu bisa” dalam setiap bidang pengembangan sehingga terkesan anak dipaksa untuk belajar. Hal ini merupakan penerapan metode .... 
    a. Heart start 
    b. Mind start 
    c. Head start 
    d. Logic start
  6. Goleman menyatakan bahwa emosi adalah suatu keadaan yang merujuk pada hal-hal berikut, kecuali.... 
    a. Suatu perasaan atau pikiran khas anak 
    b. Suatu keadaan biologis dan psikologis 
    c. Serangkaian kecenderungan untuk bertindak 
    d. Serangkaian keinginan individu untuk berpikir
  7. Ketika individu melihat atau mengalami suatu peristiwa, maka hal tersebut dalam mekanisme emosi menurut Rosenblum termasuk dalam tahap.... 
    a. Receptors 
    b. Elicitors 
    c. State 
    d. Ekspression 
  8. Anak-anak yang bermain dalam satu ruangan namun mereka tidak saling mengganggu atau memerhatikan termasuk dalam tahapan bermain.... 
    a. Sebagai penonton 
    b. Soliter 
    c. Paralel 
    d. Asosiatif 
  9. Salah satu tahap pembentukan karakter anak dapat dilakukan dengan menstimulasi rasa keindahan. Fungsi stimulasi terhadap rasa keindahan ini adalah untuk.... 
    a. Menghaluskan budi pekerti 
    b. Meningkatkan rasa empati anak 
    c. Mengembangkan moral kemasyarakatan 
    d. Menumbuhkan rasa percaya diri 
  10. Rasa marah pada anak sering muncul sebagai reaksi terhadap frustrasi, sakit hati atau merasa terancam. Rasa marah yang muncul bisa dalam bentuk verbal atau agresi. Rasa marah semacam ini termasuk marah yang bersifat.... 
    a. Terhambat 
    b. Eksploratif 
    c. Transaktif 
    d. Impulsif 
  11. Faktor yang dianggap dapat menunjang keberhasilan seseorang yang terkait dengan karakter adalah sebagai berikut, kecuali .... 
    a. Jujur dan dapat diandalkan 
    b. Dapat menerima dan menjalankan kewajiban 
    c. Dapat bekerja mandiri dengan kontrol terbatas 
    d. Sabar, rajin beribadah dan intelektual tinggi 
  12. Perkembangan emosi anak dapat dipengaruhi oleh keadaan di dalam diri individu, diantaranya adalah.... 
    a. Usia, fisik, inteligensi dan jender 
    b. Fisik, usia,inteligensi dan budaya 
    c. Jender, fisik, ekonomi dan inteligensi 
    d. Usia, potensi, interigensi dan sebaya 
  13. Andri (6 tahun) seka membawa makanan ringan dengan jumlah yang banyak untuk dibagi-bagikan kepada teman-teman sekelasnya. Perilaku Andri ini secara tidak langsung meniru sikap ibunya yang suka memasak dan membagikan hasil masakannya pada para tetangga. Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh ingkungan keluarga, yaitu.... 
    a. Status sosial ekonomi keluarga 
    b. Keutuhan keluarga 
    c. Sikap dan kebiasaan orang tua 
    d. Kelekatan dengan anggota keluarga 
  14. Salah satu kondisi fisik yang memengaruhi perkembangan sosial emosional adalah.... 
    a. Kesehatan yang buruk 
    b. Ketegangan hubungan antara orang tua dan anak 
    c. Tingkat intelektual di bawah rata-rata 
    d. Sikap orang tua dalam mendidik anak 
  15. Guru PAUD harus mampu menciptakan kondisi yang ideal agar perkembangan sosial emosional anak berkembang secara optimal. Kondisi ideal tersebut merupakan kondisi yang dapat membantu anak untuk .... 
    a. Belajar di Lembaga PAUD secara regular 
    b. Melakukan semua kegiatan dengan teratur 
    c. Melakukan interaksi sosial 
    d. Berkembang tanpa hambatan 
  16. Ketika melihat ada pengemis di tepi jalan, Effie langsung meminta uang pada ibunya untuk diberikan pada pengemis tersebut karena dia merasa kasihan. Ibu Effie merasa tidak pernah mengajari effie tentang tindakan tersebut. Ilustrasi tersebut menggambarkan perkembangan karakter Effie dipengaruhi oleh faktor.... 
    a. Internal 
    b. Eksternal 
    c. Penghargaan sekitar 
    d. Pengaruh orang tua 
  17. Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang diakibatkan oleh kompleksitas kehidupan yang dihadapi oleh anak-anak, kecuali .... 
    a. Perilaku kesepian dan pemurung 
    b. Perilaku rendahnya sopan santun 
    c. Anak yang pencemas dan gugup 
    d. Anak yang sopan dan disiplin 
  18. Kecerdasan emosi memiliki arti sebagai kualitas-kualitas emosi yang penting dalam pencapaian suatu keberhasilan. Kualitas tersebut meliputi beberapa indikator berikut ini, kecuali.... 
    a. Memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendiri 
    b. Empati yang melibatkan perasaan orang lain 
    c. Kemampuan dalam mengungkapkan dan memahami perasaan 
    d. Mampu mengalokasikan rasa marah 
  19. Menurut John Locke, anak ketika dilahirkan diibaratkan seperti kertas putih yang masih kosong. Akan seperti apa bentuk akhirnya tergantung pada cara kertas tersebut ditulisi. Arti dari penyataan tersebut adalah bahwa faktor yang paling menentukan dalam perkembangan anak adalah.... 
    a. Potensi dan kemauan
    b. Pengalaman dan lingkungan 
    c. Intelektual dan emosional 
    d. Harapan individu dan pengaruh orang tua 
  20. Anak usia dini suka sekali melakukan suatu kegiatan secara berulang-ulang meskipun beberapa kali dia gagal melakukannya namun dia tak pernah bosan mencoba dan mencoba lagi. Cara tersebut dalam mendapatkan pengalaman sosial dikenal dengan.... 
    a. Imitasi 
    b. Conditioning 
    c. Convergensi 
    d. Trial and error 
  21. Pelaksanaan pendidikan di lembaga PAUD harus berorientasi pada Developmentally Appropripate Practices (DAP) yang salah satu prinsipnya adalah mengembangkan kemampuan anak secara terpadu karena .... 
    a. Perkembangan anak berlangsung secara bervariasi 
    b. Semua aspek perkembangan anak saling terkait 
    c. Pengalaman awal anak memiliki kontribusi langsung maupun tidak langsung 
    d. Perkembangan anak terjadi dalam urutan yang relatif teratur 
  22. Contoh salah satu kegiatan pengembangan yang berdasarkan DAP adalah ”bergiliran”. Kemampuan yang ingin ditingkatkan dalam kegiatan ini adalah anak .... 
    a. Belajar bergabung dalam suatu kelompok kecil dengan sikap positif 
    b. Belajar memberi kesempatan pada orang lain 
    c. Berusaha memecahkan masalahnya melalui diskusi 
    d. Berbagi perasaan dan pandangan hingga menghindari perselisihan 
  23. Salah satu alasan penting mengapa guru harus menerapkan prinsip holistik dalam kegiatan pengembangan bagi anak usia dini adalah.... 
    a. Setiap guru biasanya menangani anak dengan jumlah dan kemampuan yang berbeda-beda 
    b. Guru memiliki kemampuan yang beragam terkait dengan didaktik metodiknya 
    c. Setiap guru memiliki kemampuan dan pandangan yang berbeda tentang suatu kegiatan 
    d. Guru harus dapat menstimulasi setiap fokus perkembangan anak karena terkait antara satu dengan lainnya 
  24. Ketika seorang anak belajar untuk mencoba berbagai contoh perilaku dasar lalu guru mencoba menggali dan meminta anak untuk mengembangkannya lebih luas lagi maka pada saat itu dalam pengembangan sosial emosional secara holistik sedang diterapkan prinsip.... 
    a. Pendidikan sesuai lingkungan fisik, psikologi dan budaya 
    b. Terpenuhinya kebutuhan fisik dan psikologik 
    c. Kegiatan merangsang seluruh indra dan gaya belajar anak 
    d. Menekankan pada belajar untuk belajar 
  25. Kegiatan pengembangan yang menerapkan pendekatan berdasarkan ide-ide pokok atau ide-ide sentral tentang anak dan lingkungannya termasuk pengertian pembelajaran .... 
    a. Dengan sistem holistik 
    b. Berbasis tema 
    c. Berbasis perkembangan 
    d. Berbasis budaya dan minat
Kunci Jawaban:
  1. b. A Reward Cost Stage 
  2. b. Membutuhkan cinta dan kasih sayang orang dewasa di sekitarnya 
  3. c. Prefentif dan interventif 
  4. b. Menghindari tekanan emosi negatif pada anak 
  5. c. Head start
  6. d. Serangkaian keinginan individu untuk berpikir
  7. b. Elicitors 
  8. b. Soliter 
  9. a. Menghaluskan budi pekerti 
  10. d. Impulsif 
  11. d. Sabar, rajin beribadah dan intelektual tinggi 
  12. a. Usia, fisik, inteligensi dan jender 
  13. c. Sikap dan kebiasaan orang tua 
  14. a. Kesehatan yang buruk 
  15. c. Melakukan interaksi sosial 
  16. a. Internal 
  17. d. Anak yang sopan dan disiplin 
  18. a. Memiliki kemampuan untuk menghargai diri sendiri 
  19. b. Pengalaman dan lingkungan 
  20. d. Trial and error 
  21. b. Semua aspek perkembangan anak saling terkait 
  22. b. Belajar memberi kesempatan pada orang lain 
  23. d. Guru harus dapat menstimulasi setiap fokus perkembangan anak karena terkait antara satu dengan lainnya 
  24. d. Menekankan pada belajar untuk belajar 
  25. b. Berbasis tema

Post a Comment for "Metode Pengembangan Sosial Emosional - Soal dan Jawaban"