Pengertian Paragraf Beserta Ciri, Fungsi Dan Jenis Paragraf

Paragraf – Secara umum definisi paragraf yakni serangkaian kalimat yang berisi gagasan fatwa yang mempunyai satu pandangan gres pokok pikiran disertai dengan beberapa kalimat kalimat penjelas. Ketika menciptakan goresan pena apapun itu, sadar atau tidak tak jarang Anda membuatnya dalam bentuk paragraf. Dalam dunia penulisan sendiri, paragraf masih dibagi ke dalam banyak sekali macam jenis paragraf dengan abjad yang berbeda. Untuk lebih memahami  hal ini, selain mengetahui pengertian paragraf, Anda juga harus mengetahui ciri-ciri dan juga jenis-jenis paragraf tersebut.


Pengertian Paragraf


Sebelum mengetahui hal-hal lain yang berkaitan dengan paragraf, pertama-pertama yang harus dipahami yakni apa itu paragraf. Paragraf adalah kumpulan kalimat yang berupa pandangan gres atau pikiran, yang mempunyai satu pandangan gres pokok atau pikiran utama serta beberapa kalimat penjelas. Sebuah paragraf ditandai dengan ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan kumpulan kalimat lainnya.


 Secara umum definisi paragraf yakni serangkaian kalimat yang berisi gagasan fatwa ya Pengertian Paragraf beserta Ciri, Fungsi dan Jenis Paragraf


Ciri Ciri Paragraf



  1. Kalimat Pertama Terletak Agak Menjorok


Yang membedakan paragraf yakni karakteristik bentuk tulisannya yaitu diawali dengan kalimat pertama dengan posisi agak menjorok ke dalam. Jaraknya yakni 5 ketukan spasi lebih menjorok ke dalam dan baris selanjutnya kembali normal.



  1. Terdiri dari 2 Jenis Kalimat, Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas


Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, dalam satu paragraf niscaya terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Susunan inilah yang dapat membentuk paragraf menjadi lengkap.



  1. 1 kalimat Utama dan Beberapa Kalimat Penjelas


Meskipun terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas, ciri paragraf yang baik dan benar hanya mempunyai 1 kalimat utama. Sedangkan untuk kalimat penjelas dapat diadaptasi dengan kebutuhan warta dalam paragraf tersebut.


Macam Macam Paragraf / Jenis Paragraf


Setelah mengetahui pengertian paragraf dan ciri-cirinya menyerupai yang disebutkan di atas, hal selanjutnya yang tak kalah penting yakni jenis-jenis paragraf. Jenis paragraf ini dibedakan menurut isinya ada juga yang dibedakan menurut letak kalimat utamanya. Di bawah ini yakni beberapa jenis yang dibedakan menurut letak kalimat utamanya.




  1. Paragraf Deduktif




Berdasarkan pengertian paragraf yang merupakan satu kumpulan kalimat yang terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama itu dapat terletak di belahan awal paragraf maupun di belahan akhir. Nah, paragraf yang mempunyai kalimat utama di belahan awal paragraf inilah yang disebut sebagai paragraf deduktif. Karena terletak di awal paragraf, maka kalimat selanjutnya merupakan kalimat penjelas.




  1. Paragraf Induktif




Jenis kedua dari paragraf yakni paragraf induktif. Jenis paragraf ini mempunyai kalimat utama yang terletak di belahan final paragraf. Pada jenis paragraf ini, isi goresan pena diawali dari kalimat penjelas sampai mencapai final paragraf, lalu ditutup oleh kalimat utama pada satu kalimat terakhir di dalam paragraf. Makara dapat dikatakan kalimat utama pada paragraf ini yakni sebuah kesimpulan.




  1. Paragraf Campuran




Jenis terakhir menurut letak kalimat utama dalam paragraf yakni paragraf campuran. Paragraf ini mempunyai kalimat utama yang berada di awal kalimat namun lalu ditegaskan lagi dengan kalimat yang berbeda namun mempunyai pandangan gres pokok yang sama di belahan final paragraf. Karena itulah jenis ini dinamakan dengan paragraf campuran.


Baca juga : Contoh paragraf deskriptif


Jika berbicara perihal materi paragraf, maka tidak akan dapat dilepaskan dari pengertian paragraf itu sendiri serta ciri-ciri yang menjadi abjad dari sebuah paragraf, atau juga yang mengakibatkan kumpulan kalimat dapat disebut sebagai paragraf. Tak lupa juga ada bermacam-macam jenis paragraf yang dibedakan menurut isi atau tujuan dibuatnya goresan pena dalam bentuk paragraf tersebut. Ada juga jenis-jenis yang dibedakan menurut letak kalimat utama, menyerupai yang sudah dijelaskan di atas.


Hasil Pencarian:

paragraf

Post a Comment for "Pengertian Paragraf Beserta Ciri, Fungsi Dan Jenis Paragraf"